fbpx

Tiga Produsen Scaler Terbesar Berkomitmen Mendukung AMD’s Project FreeSync

Kolaborasi teknologi terbaru membuka jalan untuk ciptakan monitor dengan fitur bebas lisensi AMD untuk hilangkan screen tear dan sendatan dalam game dan video

 

SUNNYVALE, Calif. — Sept. 18, 2014— Hari ini, AMD (NYSE: AMD) umumkan kerja sama dengan vendor scaler MStar, Novatek dan Realtek untuk membuat scaler dengan dukungan DisplayPort™ Adaptive-Sync dan AMD Project FreeSync di akhir tahun.[1]

“Sejak dimulainya era hardware-accelerated graphics, gamer mendambakan gameplay yang halus dan lancar tanpa tersendat,” kata Matt Skynner, corporate vice president and general manager, Graphics Business Unit, AMD. “AMD Project FreeSync ditargetkan untuk dapat merealisasikan mimpi tersebut dengan pendekatan terbuka, terstruktur, dan bebas lisensi dengan banyak pilihan serta harga terjangkau.”

Di bawah kerja sama ini, MStar, Novatek dan Realtek masing-masing akan mengembangkan scaler yang mendukung DisplayPort™ Adaptive-Sync untuk diterapkan pada perangkat monitor pada Q1 2015. Monitor yang dilengkapi dengan scaler yang mendukung DisplayPort™ Adaptive-Sync akan memperbolehkan beberapa kartu grafis AMD Radeon™ untuk melakukan sinkronisasi atau mencocokkan refresh rate monitor dengan framerate kartu grafis melalui Project FreeSync untuk hadirkan game bebas sendatan (stutter) dan screen tear dengan angka latency yang rendah.

“Pelanggan kami sangat senang dengan teknologi FreeSync dari AMD,” kata Yee-Wei Huang, vice president, Realtek. “Keuntungan FreeSync dalam industri gaming sudah jelas dan kami percaya dengan mengadopsi DisplayPort Adaptive-Sync berstandar VESA menjadi pendekatan terbaik untuk membuat teknologi ini bisa dirasakan semua orang.”

Scaler terbaru dari MStar, Novatek dan Realtek juga akan memberikan akses lengkap bagi produsen monitor yang sebelumnya tidak tersedia untuk teknologi dynamic refresh lainnya. Beberapa contoh fiturnya antara lain: picture scaling, on-screen display (OSD), input HDMI®/DVI dan DisplayPort™ High Bit Rate Audio.

“Project FreeSync merupakan bentuk perbaikan di industri monitor dan game dalam rangka hadirkan gameplay yang halus dan lancar untuk pengguna PC antusias,” kata Richard Hung, director, iHome SBU – SC, Novatek. “Dengan mengedepankan usulan pengesahan teknologi DisplayPort™ Adaptive-Sync, AMD secara cerdas telah membuka jalan bagi scaler Novatek untuk dapat menjadi motor bagi perangkat monitor-monitor baru yang menawarkan teknologi dynamic refresh rate.”

Pada akhirnya, scaler dari MStar, Novatek dan Realtek yang kompatibel dengan Project FreeSync akan menjadi kekuatan utama bagi para produsen monitor dengan input DisplayPort™ untuk mengakomodasi panel jenis FHD dan QHD dengan frekuensi 144Hz, atau panel UHD dengan frekuensi hingga 60Hz.

“Dengan spesifikasi yang sudah memiliki standar, Project FreeSync dan DisplayPort™ Adaptive-Sync bisa menjadi contoh teknologi yang bersahabat bagi pelanggan,” kata Henry Lan, marketing deputy director, Display Group, MStar. “MStar senang bergabung dengan ekosistem AMD Project FreeSync yang mampu sajikan gameplay lancar ke dalam monitor generasi baru.”

AMD dan para partner produsen monitor akan mengungkap monitor dengan dukungan Project FreeSync berbasis scaler dari MStar, Novatek atau Realtek kepada media untuk program review pada Q1 2015.

Sumber Pendukung :

 

[1] FreeSync adalah teknologi dari AMD yang dirancang untuk meminimalisisr atau menghilangkan screen tear di dalam game dan video dengan cara mengizinkan kartu grafis agar dapat mengatur refresh rate pada monitor. Dibutuhkan monitor dengan DisplayPort 1.2a yang mendukung DisplayPort Adaptive-Sync serta kartu grafis AMD Radeon™ R7 Series atau R9 Series dengan driver yang juga sudah mendukung FreeSync. Ke depannya direncanakan akan mendukung penggunaan lebih dari satu monitor. Pastikan dengan masing-masing merek sebelum membeli.

Latest articles

Related articles

Leave a Reply