logo amd

AMD FirePro Menjadi Pemuncak Green500 List

─ Super komputer paling hemat energi di dunia ditenagai oleh GPU AMD FirePro™ S9150 ─

 

NEW ORLEANS, Louisiana — Nov. 20, 2014 — AMD (NYSE: AMD) menjadi sumber kekuatan di balik L-CSCCluster yang ada pada fasilitas penelitian GSI, menjadikannya sebagai pemuncak jajaran super komputer versi Green500™ List, yaitu 500 super komputer paling hemat energi di dunia, yang dikenal memiliki performa komputasi GPU (HPL) paling efisien di dunia. L-CSCCluster digunakan oleh fasilitas penelitian GSI Helmholtzzentrum für Schwerionenforschung GmbH di Darmstadt, Jerman, dan ditenagai oleh GPU server AMD FirePro™ S9150.

“Misi kami dalam Komputasi dan Grafis di AMD adalah untuk mengantarkan produk kelas dunia kepada pelanggan kami setiap saat,” kata John Byrne, senior vice president and general manager, computing and graphics business group, AMD. “Dengan terdaftar di dalam Green500 List, jajaran solusi kartu grafis profesional AMD FirePro kami kembali memenuhi target – performa terbaik dengan efisiensi daya luar biasa yang mampu hadirkan solusi terbaik seperti L-CSCcluster yang ada pada GSI.”

L-CSC GSI cluster dengan 600 GPU server AMD FirePro S9150 mampu melewati performa cluster lainnya. Dengan performa 5.27 GFLOPS per watt, L-CSC GSIcluster yang menggunakan GPU server AMD FirePro S9150 hadirkan efisiensi hingga 20 persen lebih baik dibanding cluster terbaik versi Green500 List Juni 2014. L-CSC GSICluster menggunakan sistem komputasi Lattice Quantum Chromo Dynamics (Lattice QCD) yang mengimplementasikan OpenCL™ tercepat di dunia.

“AMD bangga menjadi pemuncak Green500 List,” kata David Cummings, senior director and general manager, professional graphics, AMD. “Posisi ini hanya bisa dicapai dengan menghadirkan inovasi terus-menerus. AMD menawarkan pelanggan yang menggunakan GPU HPC jajaran lengkap kartu grafis AMD FirePro S-series, mulai dari entry-level hingga ultra-high-end yang mendukung ekosistem software yang kaya fitur.”

“Super komputer tak terelakkan lagi saat ini. Bidang penelitian membutuhkan komputer dengan performa secepat mungkin, namun kita tetap harus memerhatikan konsumsi daya dan biaya,” kata Professor Dr. Volker Lindenstruth, professor at Goethe University of Frankfurt, head of IT department of GSI, and chairman of Frankfurt Institute for Advanced Studies. “Kami bangga bisa memuncaki Green500 List melalui super komputer L-CSC dan ingin berterima kasih kepada AMD dan ASUS untuk kerja sama yang luar biasa. Super komputer L-CSC di dalam fasilitas GSI meliputi server ASUS ESC4000 G2S dan GPU AMD FirePro menyajikan kemampuan komputasi ekstra yang dibutuhkan dalam penelitian kami.”

“ASUS bangga bisa berkolaborasi dengan AMD dalam memuncaki Green500 List,” kata Tom Lin, ASUS server business unit, general manager. “ASUS sangat tertatik dengan segmen HPC, sama seperti AMD dalam menghadirkan solusi GPU dengan performa maksimal.”

Sebagai satu-satunya solusi yang mengandalkan single-GPU untuk hadirkan performa double precisionDGEMM dua teraflops secara konsisten, AMD berhasil menjadi pemuncak Green500 List. Dengan performance/watt1terbaik, konfigurasi memori2 terbaik, dan dukungan OpenCL™ 3 terbaru, GPU server AMD FirePro S9150 memiliki performa tak tertandingi.

GPU server AMD FirePro S9150 adalah yang tercepat dan paling efisien saat ini. Jajaran produk AMD FirePro S-series dirancang untuk dapat menunjang cluster dengan multi-GPU untuk menangani proyek komputasi skala besar. Pengakuan Green500 List membuat GPU profesional AMD mampu sajikan inovasi melebihi batas dalam efisiensi daya dan performa per-FLOP, termasuk meningkatkan performa keseluruhan sistem melalui proses GPU secara paralel.

Sebagai tambahan dalam mengamankan posisi pemuncak Green500 List, CPU server AMD Opteron™ berhasil menduduki peringkat kedua TOP500 List.

AMD memamerkan AMD FirePro S9150 dan teknologi server AMD pada ajang SC ’14 di New Orleans, Ernest Memorial Convention Center booth #839 mulai 17 hingga 20 November.

Sumber Pendukung

 

  1. Daya maksimal dari AMD FirePro™ S9150 adalah 235W dan memberikan hingga 2.53 TFLOPS puncak ganda dan hingga 5.07 puncak presisi tunggal performa floating point. Performa tertinggi dari kartu server milik Nvidia di market sejak Juni 2014 adalah Tesla K40, dengan daya maksimal 235W, dan dapat mencapai hingga 1.43 TFLOPS puncak ganda dan hingga 4.29 puncak tunggal, dan pada K10, memiliki daya maksimal 225W, dan dapat mencapai hingga lebih dari 4.58 TFLOPS puncak tunggal dan 190 GFLOPS puncak presisi ganda. Kunjungi http://www.nvidia.com/object/tesla-servers.html untuk spesifikasi produk Nvidia. FP-97
  2. AMD FirePro™ S9150 memiliki kapasitas memori 16GB GDDR5, dan performa server GPU tertinggi Nvidia yang terdapat di market sejak Juni 2014 adalah Tesla K40 dengan kapasitas memori 12GB GDDR5. Kunjungi http://www.nvidia.com/object/tesla-servers.html untuk spesifikasi produk Nvidia. FP-98
  3. OpenCL™ 1.2 dapat dilihat pada S9150 dan S9050. AMD berencana untuk meluncurkan driver OpenCL™ 2.0 untuk AMD FirePro S9150 dengan server GPUs pada Q4-2014; pengujian direncanakan dilaksanakan pada saat itu. Generasi terdahulu dari produk AMD FirePro mungkin tidak dapat mendukung OpenCL™ 2.0.

Tinggalkan Balasan