amd-notebook-apu-a8-hp-14-g008au

HP Pavilion 14-g008AU, Notebook AMD APU A8 Quad-Core “Beema” yang Tangguh

Jajaran perangkat notebook HP kembali memperoleh pendatang baru kali dengan julukan HP Pavilion 14-g008AU yang mempunyai sederet amunisi apik. Untuk menghantarkan performa tersebut HP menggandeng AMD sebagai rekanan, menghadirkan teknologi APU Mobile dengan codename Beema yang terkenal dengan efisiensinya yang memukau.

Sebelum kita bahas jeroan perangkat, baiknya kita coba kenali dulu satu per satu bagian demi bagian notebook, kita mulai dari spesifikasi hardware dan fitur eksternal lainnya.

Segi eksterior perangkat punya daya tarik tersendiri, tidak neko-neko, sederhana namun kental dengan kesan tangguh berkat balutan warna hitam. Notebook HP 14-g008AU ini memiliki layar berukuran 14 inci dengan teknologi WXGA, menawarkan kualitas tampilan yang apik dan nyaman saat dipergunakan dalam waktu yang lama. Layar ini juga menjadi andalan ketika memutar video maupun film sebagai sarana hiburannya. Tidak hanya itu, HP juga memasukkan kamera ke dalam sektor multimedia dari notebook ini.

 amd-notebook-apu-a8-hp-14-g008au

Penyimpanan data berupa file penting, gambar, video, maupun musik, dan juga game, dapat disetor ke hard disk yang berkapasitas 500 GB. Kapasitas ini tentu terbilang lega meskipun dengan peningkatan porsi penggunaan data yang dewasa ini makin membengkak. Dukungan slot DVD RW dan port USB 3.0 menjadi tambahan yang cukup membantu pekerjaan Anda.

Dapur Pacu Prosesor 2.0 GHz Tangguh dan RAM 2GB

Teknologi prosesor AMD Elite Quad Core A8-6410 APU besutan AMD dipercaya HP untuk menjadi otak penggerak notebook ini. Anda tentu penasaran dengan performa komponen ini. Bicara performa model ini jelas punya sesuatu yang istimewa, kecepatan clock ada di angka 2.0 GHz namun dapat digenjot hingga 2,4GHz dengan bantuan teknologi Turbo Core dan dukungan yang sangat memadai dari RAM DDR3 sebesar 2GB yang bisa di-upgrade untuk mendapatkan tambahan performa.

Artinya HP Pavilion 14-g008AU dengan lancar mampu menjalankan aplikasi berat saat dibutuhkan, termasuk kemampuan multitasking yakni menjalankan berbagai aplikasi dalam waktu yang bersamaan. Kemampuan ini akan jadi jawaban paling tepat bagi Anda yang mencari perangkat yang mampu mengakomodasi kebutuhan kerja baik di kantor ataupun tugas-tugas akademik.

Grafis Radeon yang Memukau Berbasis Arsitektur GCN Terbaru

Berikutnya HP Pavilion 14-g008AU berbekal grafis AMD Radeon R5 Graphics berbasis GCN (Graphics Core Next) dengan kecepatan clock sebesar 800MHz yang siap memanjakan Anda dengan pengalaman multimedia terbaik. Bahkan bagi yang ingin menikmati game di waktu senggang, bila Anda pilih pengaturan yang tepat, HP Pavilion 14-g008AU mampu menjalankan game tertentu dengan pengaturan yang sesuai.

Notebook seberat 1,9kg ini menggunakan APU Beema. APU ini merupakan hasil pengembangan APU Puma+ milik AMD dengan tingkat efisiensi yang lebih baik. Pada APU Beema ini, AMD berhasil mengurangi kebocoran arus listrik yang menjadi penyuplai tenaga untuk menjalankan APU-nya. Hasilnya, APU Beema ini memiliki efisiensi dan kecepatan yang lebih tinggi dibanding dengan APU pendahulunya.

Dipercaya untuk menjadi notebook yang bersaing di kelas entry level membuat notebook HP Pavilion 14-g008AU ini lebih ditargetkan untuk para profesional di dunia kerja, pelajar dan mahasiswa, dengan kapasitas kerja normal yang lebih dari memadai.

HP Pavilion 14-g008AU saat ini sudah tersedia di toko-toko komputer di Indonesia dengan label harga Rp 4.399.000. Tertarik? Siapkan dulu koceknya ya!

Promo Dirt Rally

Tapi, tunggu dulu! Ada kabar gembira nih. Bagi Anda yang membeli perangkat-perangkat platform AMD APU A8, termasuk HP 14-g008AU berkesempatan untuk mendapatkan satu dari lima judul game berikut: Lego Batman 3 Beyond Gotham, Space Run, Habitat, Guacamelee dan Mutant Blobs Attack. Syaratnya Anda tinggal melakukan redeem game pilihan Anda di halaman ini. Ingat, promo ini hanya berlaku sampai akhir September 2015, jadi siapa cepat dia yang dapat! Info promo selengkapnya bisa dibaca di artikel berikut ini.

121 comments

    • Admin
      Author Reply

      Wah mimin juga kurang tau kalo soal ini mungkin bisa tanya langsung ke lenovonya atau bisa coba mampir ke forum yang membahas pertanyaan seputar laptop 🙂

  1. Fathurrahman
    Reply

    min numpang tanya.. upgrade RAM untuk produk Hp yang ini bisa di upgrade maksimal berapa? dan satu hal lagi, kok gak support AMD Overdrive? soalnya inikan resmi powered by amd.. -makasih ^^ btw ane udah playing Crysis 3 ama tomb raider setting high kuat nih laptop.. mantab abiiissssss…

    • Admin
      Author Reply

      coba periksa pakai antivirus takutnya ada virus yang bikin kerja komputermu jadi berat. Dan kalau ada waktu coba bersihkan komputer dari sampah2 ga berguna dengan CCleaner dan defragment harddisknya supaya data yang berantakan bisa rapi kembali.

  2. Wahyu Gani
    Reply

    min, ane baru beli laptop hp 14-g008au minggu lalu. Kok disk nya 100% terus ya? Padahal belum banyak yg diinstall. Untuk membuka windows explorer aja perlu beberapa lama. Ane pake windows 8.1Pro. Mohon pencerahannya min

  3. ardiat
    Reply

    Min mau tanya. Apa bedanya AMD Radeon R5 Graphics dengan AMD Radeon R5 Graphics yang ada diskritnya? dan graphic hp ini apakah amd radeon r5 m230?

    • Admin
      Author Reply

      Hi, AMD Radeon R5 Graphics ini adalah iGPU yang terdapat pada processor APU A8 tersebut ya, jadi bukan AMD Radeon R5 M230. Untuk laptop ini tidak terdapat VGA Diskrit 🙂

  4. Moch Rizal F
    Reply

    Min ane mau tanya , slot ramnya laptop type ini ada berapa yah ? kok pas ane bongkar cuman ada satu . katanya sih ada dua bener gak min ?

  5. Min Nanya donk Ini Slot Ramnya ada Berapa ya ?Kan Ram Ane 2GB,Nah Ane nemu Ram 2GB lagi ,kira kira kalo digabungin bisa ga ya ? biar jadi 4GB ,Thx

  6. razy
    Reply

    misi admin, mau tanya kalau HP Pavilion 15-P229AX vs HP Pavilion 14-g008AU vs ASUS X550DP dari segi kinerja prosesor dan grafis (untuk penggunaan desain 3d modeling arsitektur) bagus yang mana ya…?

    • razy
      Reply

      satu lagi, saya mau tau berbedaan seperti apa yang ditimbulkan dalam perbedaan jumlah cache nya ? semisal AMD Quad core A10-5745M (2.1 – 2.9 GHz, 4MB L2 Cache), apa perbedaan yang ditimbulkan antara 4MB L2 Cache dengan semisal 8MB L2 Cache ?

    • Admin
      Author Reply

      untuk spek paling tinggi bisa dibilang sih hp 15-p229ax dan asus x550dp ya karena keduanya sudah punya grafis diskrit 🙂 sedangkan hp 14-g008au itu masih pakai APU A8 beema untuk keperluan harian aja. jadi kalau mau pakai untuk design yang enak memang antara hp 15-p229ax atau asus x550dp

  7. Selamat siang AMD,
    mau tanya min, seri laptop ini slot ram apa cuma 1? Trus menggunakan tipe ddr3 biasa apa tipe ddr3L? Maksimal upgrade ram sampe berapa min? Makasih

  8. anto
    Reply

    Mohon maaf min tolong dong kasih review notebook HP Pavilion 15-P229AX terus kalo dibandingkan dengan Notebook Lenovo Z40 75 apa keunggulan dari masing-masing ni notebook min?

    • Admin
      Author Reply

      nanti mimin terbitkan artikel baru tentang hp, kal bandingkan dengan lenov jelas bagusan lenovo dr segi apunya, karena lenovo sudah kaveri a10-7300. hp unggul dari layar yang bisa full hd dan grafisnya udah pakai R7, tapi lenovo walau masih R6 + R5 M230 sudah bs dual grafis

  9. Robert
    Reply

    admin saya mau tanya nih, saya punya VGA merk powercolor model radeon HD6870x2 (2GPU). apakah masih bisa untuk game – game terbaru?

  10. Hai Admin misalkan ane upgrade ram jadi 8 gb vram saya yang semula 256 MB bisa nambah ga ? oh ya nanya juga emang ini beneran slot ramnya 1 ? setau saya seharusnya keluaran 2014 2 slotnya…

  11. Doglas
    Reply

    min, untuk memaksimalkan perfoma vga laptop hp 14-g008au gimana caranya ya? soalnya saya tidak bisa main PES 2015 karena muncul notofikasi kalau VGAnya tidak sesuai standar minimum

  12. REMON
    Reply

    Min, kok saya baru beli laptop hp 14 g008AU ini, trus saya instal drivernya.
    tp kenapa kok tombol FN + (f2-F12) nya ga bisa ya. kayak ngecilin volume, aktifkan wifi, dan mengecilkan cahaya itu ga bisa.
    mohon pencerahannya.
    thanks

    • Admin
      Author Reply

      Hi coba install drivernya yang dari bawaan semuanya apakah sudah diinstal? Dan coba baca manualnya untuk tau cara aktifkan wifi dan lain lain

    • Fathurrahman
      Reply

      kalo laptop Hp.. pengen ngubah suara atau brightness dan tombol fungsi lainnya gak make Fn.. kalo mau make tombol F1, F2 dsb baru make Fn. jadi bukan masalah brightness

  13. swedy
    Reply

    ma , mau nanya , bisa gak vga nya di upgrade ?? standar kan 256 mb ya ??
    pengen ditambah 2 gb caranya kayak mana tu , harus beli apa ??

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin bisa coba di resolusi low dan aktifkan high performance di AMD catalyst di bag power option, dan jangan lupa upgrade ram ke 8gb

    • Admin
      Author Reply

      Mungkin bisa coba diturunkan settingnya ke low dan resolusinya juga diturunkan sampai mendapat fps yang diinginkan, karena game ini memang cukup berat, mengingat pada hp 14-g008au hanya terdiri atas APU A8-6410 tanpa grafis tambahan.

          • Admin
            Author

            Hi Danil untuk processor laptop tentu tidak bisa dibandingkan dengan komputer karena beda kelas 🙂 kebetulan di AMD sendiri laptop HP-14G008AU ini diperuntukkan untuk notebook harian dan tidak memiliki grafis dedicated sehingga hanya mengandalkan grafis terintegrasi saja pada APUnya dan VRAM nya juga meminjam dari RAM utama jadi pasti berat jika tidak mencukupi, maka itulah untuk mengoptimalkan APUnya mimin sarankan upgrade RAM 4GB, kalau di komputer kan pasti sudah pakai VGA terpisah dari processor yang punya VRAM sendiri oleh karena itu lebih powerful.

    • Admin
      Author Reply

      Kurang menurut mimin, sebaiknya beli yang lenovo g40-45 soalnya udah ada grafis diskritnya (tapi sebelum beli periksa dulu layarnya apakah ada gradasi atau tidak), atau kalau mau beli ASus X550DP A8, ini juga udah ada grafis diskritnya, jadi kuat untuk desain

  14. min ada penjelasan tentang pengaturan amd catalys ga, biar performanya lebih optimal ? soalnya saya main pes 2015 di low resolution masih lag, padahal ramnya sudah diupgrade menjadi 8gb

  15. irham nofrianda
    Reply

    min, laptop hp g008au ini buat budget 4-4,5 juta emang paling bagus ga buat game? , atau ada laptop yg lain dg harga segitu tapi performa buat game lebih bagus , mohon rekomendasi laptop 4-4,5 juta paling bagus buat game

    • Admin
      Author Reply

      Kalau untuk performa game masih agak kurang sih kalau game yang kamu maksud itu yang berat-berat, tapi untuk game ringan kaya pes 2015 itu bisa kok, kalau mau naikin performa enaknya sih tambah RAM lagi minimal ke 4gb 🙂

      Kalau mau yang 5 juta, Lenovo g40-45 dengan APU A8 lebih mantap tuh soalnya udah ada grafis tambahannya lagi selain yang di prosessor APU 😀

    • Admin
      Author Reply

      Untuk HP 14-G008AU ini agak susah sih main game berat apalagi ga ada grafis diskritnya, mungkin kalau sebangsa PES 2015 masih sanggup tapi kalau crysis 3 kayanya ga bisa deh, paling kalau penasaran mau coba bisa di setting low dulu dan resolusi rendah 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi, bisa coba untuk di maximize performance laptopnya dengan cara klik kanan pada Desktop, Radeon Settings, Preference, Radeon Additional Settings, Power, dan di set ke Maximize Performance 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ramadhani, terima kasih atas dukungannya.
      Jangan lupa rekomendasi laptop ini ke teman-teman kamu lho biar mereka bisa merasakan kemampuannya juga 🙂

  16. danang
    Reply

    Min, saya mau ganti ram ke 4gb. spek ramnya apa ya?? katanya yang jual dulu haswell. emang beda sama yang biasa?? kalo ada minta link belanja RAM On line nya ya… takut salah beli. kalo di toko part komputer tempat ane (malang) harganya pasti masih mahal.
    ini laptop kelebihannya waktu pakai sangat lama (kalo di wi-co bisa 2-3 jam tanpa charging), kalo ram saya naikin apajadi lebih pendek (drastis)??
    Trims.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Danang, yang penting kapasitas RAMnya sama dengan RAM bawaan dari laptop 😀 Kalau untuk baterai laptop itu tergantung pemakaian kamu 😀

  17. Fatkhun
    Reply

    Hp 14-g008au ane bongkar ramnya dan di situ ada tulisan 2GB 1RX16 PC3L 12800S. Maksud dr PC3L 12800S itu apa?

    Trus misalkan saya upgrade ram jdi 4gb tpi pakek tipe PC3L 17000 bisa gk? Atau memang hrs sesuai tipe sebelumnya.
    Terimakasih.

    • Admin
      Author Reply

      Hi untuk upgrade RAM harus sesuai dengan tipe yang sebelumnya 🙂 paling kalau mau coba konsultasi ke HP service centre juga biar gak salah ya 😀

  18. ilham
    Reply

    Min laptop ini saya up jadi ram nya jdi 8gb vram nya naek jadi 1gb..
    Kalo di up ke 16gb bisa ga ya?
    Soalnya di dxdiag vga ada 2gb

    Saya nanya di fanspage hp ga di bales2 min..

    Mohon di jawab ya, terima kasih

Tinggalkan Balasan