Lenovo IdeaPad Z40-75, Notebook Gaming Tangguh Berbekal AMD APU Kaveri Terbaru!

Lenovo kembali punya jagoan baru di ranah notebook gaming yang kali ini bernama Lenovo IdeaPad Z40-75. Tersirat jelas dari judul di atas tentu sedikit banyak Anda dapat menangkap bahwa notebook Lenovo IdeaPad Z40-75 ditenagai oleh AMD APU Kaveri yang merupakan generasi terbaru berbekal fitur-fitur terkini yang lebih jelasnya akan kita bahas tuntas di sini.

 Lenovo-Z40-75-APU-A10 7300-Kaveri

Dibekali APU Kaveri Paling Canggih AMD A10-7300 APU

Dirancang untuk mainstream gaming, Lenovo IdeaPad Z40-75 berbekal komponen untuk mendukung kebutuhan tersebut. Pertama berupa prosesor AMD A10-7300 APU yang merupakan prosesor generasi APU Kaveri.

Sebagai catatan, APU Kaveri merupakan generasi paling mutakhir saat ini sehingga secara otomatis memiliki semua fitur yang dibawa oleh APU Kaveri Mobile.APU ini dibangun menggunakan arsitektur baru bernama Steamroller yang memiliki jumlah Core sebesar 10 Compute Core yaitu mengkombinasikan 4 Core CPU dan 6 Core GPU dalam satu rangkaian sehingga notebook berjalan dengan seluruh potensi prosesor.

APU Kaveri juga mendukung penuh teknologi HSA atau Heterogeneous System Architecture yang memungkinkan CPU dan GPU bekerja secara berkesinambungan sehingga tercipta performa maksimal dengan tingkat efisiensi yang optimal.

Selain itu tentu saja fitur Intelligent Queuing (hQ) yang membuat CPU dan GPU memiliki tugas dan fungsi yang setara, di mana CPU dapat memberikan perintah tugas kepada GPU, begitu juga sebaliknya. Alhasil, metode ini memungkinkan CPU dan GPU bekerja lebih cepat karena setiap alur perintah dilakukan dengan arah yang dinamis.

Dilihat dari kategorinya, prosesor jenis ini masuk dalam tipe ULV atau Ultra Low Voltage yang artinya selain punya performa apik 1,9 GHz hingga 3,2 GHz berkat Turbo Core, Lenovo IdeaPad Z40-75 juga mempunyai tingkat efisiensi yang sangat baik sehingga nilai TDP-nya hanya 19 watt.

Teknologi Dual Graphics Janjikan Tendangan Performa Saat Dibutuhkan

Di bagian grafis, Lenovo IdeaPad Z40-75 membawa komponen AMD Radeon R6 M255DX yang merupakan grafis hasil dari fitur Dual Graphics yang dimiliki perangkat.

Grafis ini dihasilkan dari kombinasi dua grafis, yakni grafis bawaan yang jadi satu dengan komponen APU yaitu AMD R6 Series dan grafis diskrit AMD Radeon R5 M230.

Inilah yang menarik dari teknologi Dual Graphics, merupakan ajang duet dua grafis dalam satu output, di mana perangkat mampu menggunakan dua grafis. Apabila fitur Dual Graphics di Lenovo IdeaPad Z40-75 diaktifkan, maka hasilnya adalah grafis AMD Radeon R6 M255DX yang merupakan seri yang lebih tinggi sehingga punya performa lebih baik dalam menjalankan berbagai aplikasi dan juga program hiburan atau game dengan pengaturan yang pas.

Grafis ini menggunakan arsitektur GCN (Graphics Core Next), yang juga merupakan teknologi grafis AMD teranyar yang mendukung banyak teknologi-teknologi penyertanya. Antara lain, teknologi Mantle sehingga memudahkan pengembang game untuk menciptakan game yang lebih responsif. Kemudian dukungan DirectX 11.2 dan teknologi TrueAudio menghadirkan sensasi suara game yang lebih nyata.

Spesifikasi komponen lain Lenovo IdeaPad Z40-75 terdiri dari layar 14 inci dengan rasio 16:9 yang terbilang pas dan nyaman untuk digunakan dalam waktu yang lama. Terlebih untuk urusan multimedia, notebook ini punya beragam opsi tambahan misalnya DVD drive, dan speaker stereo Dolby.

Meski gaming didukung dengan baik, sektor keyboard juga jadi perhatian khususnya saat notebook digunakan untuk kegiatan lainnya. Untuk itu, Lenovo menyematkan AccuType keyboard yang punya rancangan ramping dan lebih datar sehingga lebih nyaman saat digunakan mengetik.

Aktivitas penggunaan sehari-hari juga nyaman berkat adanya memori penyimpanan berkapasitas 1TB yang sudah barang tentu sangat lega.

Beli Sekarang dan Dapatkan Satu dari Enam Game, Gratis!

PROMO DIRT RALLLY A8 A10 FX

Bagi Anda yang tertarik mendapatkan Lenovo IdeaPad Z40-75, sebaiknya jangan ditunda sebab Lenovo melalui retail-retailnya menawarkan satu game gratis dari enam pilihan yang disediakan yang ditutup pada 31 Desember 2015, antara lain:

  • DIRT Rally
  • LEGO® Batman™ 3: Beyond Gotham
  • Space Run
  • Habitat
  • Tales from Space: Mutant Blobs Attack
  • Guacamelee

Lenovo IdeaPad Z40-75 merupakan pilihan yang paling tepat bila Anda sedang mencari notebook dengan komponen prosesor paling canggih, pas untuk dipakai mengerjakan tugas sehari-hari dan juga handal untuk urusan gaming kelas menengah. Pesan sekarang, cukup siapkan Rp 6.299.000 dan nikmati kehebatannya serta bonus gamenya! Untuk tutorial redeem game bisa Anda lihat di artikel berikut ini.

Latest articles

Related articles

284 Comments

    • Hmm kalo dibandingkan teknologinya lebih baru yang Lenovo dimana sudah Kaveri, kalau yang ASUS kan masih Richland. Tapi soal perbandingan performa mimin kurang tau juga, mungkin bisa liat review2 di google 🙂

  1. min mau nanya nih, untuk performa & heat gaming, AMD A10 7500 sama AMD A10-5750 Lebih bagus yang mana? trus kalau untuk VGA seri R6 sama seri AMD Radeon HD 8670M graphicnya lebih smooth yang mana?

    • Untuk yang ini dari mimin belum mendapatkan perbandingan tabel dari AMD pusat jadi kurang begitu tau juga mana yang lebih bagus ya 🙂
      Kalau secara generasi AMD FX 7500 lebih baru dibandingkan A10-5750 dan karena kaveri jadi mendukung teknologi baru seperti mantle dan yang lainnya…

  2. Min, tertarik neh sama barangnya.. Tapi lagi research dulu, ada 2 pertanyaan:
    1. Di toko ada varian diskrit yang R7 M255 2GB, tapi disini kok diskritnya R5 M230 ya? Apa emg ada beda varian?

    2. Memory DDR3-nya bisa di upgrade sampe brp GB? Kalo pake Corsair Vengeance 8GB dual-channel DDR3 1600, compatible gak?

    Thanks ya Min!

    • Harusnya yang benar R6 M255DX, itu graphic hasil dari fitur dual-graphics antara iGPU dari AMD APU R6 graphics sama VGA diskrit R5 M230 nya.
      Kalau untuk RAM dari mimin kurang tau bisa sampai berapa ya, untuk yang ini lebih jelasnya bisa langsung tanyakan ke pihak Lenovo 🙂

  3. hi min saya pakai z40-75. kok saat dijalankan passmark video card yang m255dx terbaca memory 0mb? saya sudah set high performance pada aplikasi trrsebut. thanks.

  4. min nanti pas CES ini AMD bakal ngeluarin atau ngasih kabar CPU baru atau Kerja sama ama Vendor Laptop ?
    berharap si bisa kerja sama Vendor buat ngeluarin Produk dengan CPU yg setara si Biru buat Multimedia dan Kerja buat render atau melakukan Tugas berat hahaha tapi harga yg tidak begitu mahal dan gak boros Energi si haraapannya :p
    kalau ada kabar besok post dong atau bikin liputannya :p
    Wishlist Tahun ini punya Laptop yg powerful tapi gk boros Energi easy upgradable RAM :v
    dan harga gk mahal

  5. Maaf, Admin laptop lenovo Z40-75 ini kalo di masukan system operasi bagusnya sistem operasi apa ??
    Windows 7 atau Windows 8. Performanya lebih baik mana min..??

  6. Maaf satu lagi min.
    Pada waktu saya install game naruto ninja storm 3 full burst pada saat saya setel full screen kenapa agak lemott ya.. Tetapi kalo resolusinya 800x 640 lancar ya padahal sudah saya setel high performance..??

    • hmm mimin juga kurang ngerti nih, coba hubungi Lenovo di

      001 803 442 173 (Toll Free)

      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)

      8:30 am – 5:30 pm Senin-Jumat

      9 am – 3 pm Sabtu

  7. Saya tanggal 12 Januari 2015 membeli Lenovo z40-75 di Branded Store Plasa Marina Surabaya, dan dekat display ada flyer informasi tentang game gratis, namun penjual menyatakan bahwa tidak ada game gratis, meskipun harga yang saya bayar lebih mahal daripada harga published Rp.6.299.000.
    Mohon informasi, apakah game gratis ada pengecualian?
    Terima kasih.

    • Hi di link artikel di atas kan ada link menuju tutorial cara redeem game 🙂 coba dibaca baik-baik dan ikuti langkah unduh game gratisnya
      http://www.amd-id.com/2014/08/asyik-beli-notebook-amd-apu-a8-dan-a10-dapat-bonus-game-original/

      -Lakukan registrasi menggunakan alamat email aktif melalui http://www.amd.com/gamepromo
      -Lakukan aktivasi akunmelalui email verifikasi yang dikirimkan oleh sistem di dalam email Anda. Periksa bagian SPAM / JUNK jika Anda tidak bisa menemukan email verifikasi tersebut.
      -Login kembali pada website AMD Game Promo dan catat kode verifikasi dan alamat email yang tercantum di halaman tersebut.
      -Unduh dan jalankan aplikasi system checker pada website AMD Game Promo.
      -Ikuti langkah-langkahnya, dan lengkapi data-data yang diperlukan, terutama kode verifikasi dan alamat email yang sebelumnya sudah didapatkan.-
      -Setelah proses verifikasi dinyatakan sukses,sistem akan mengirimkan Unique Coupon Code secara otomatis ke alamat email Anda.
      -Silakan memilih dan mengunduh game yang tersedia pada website AMD Game Promo dengan menggunakan Unique Coupon Code tersebut.

  8. Mau tanya min..saya baru beli lenovoz40-75, saya upgrade memori menjadi 8gb. Os yg saya pakai adalah win 8.1 pro 64bit. Memori saya terdeteksi 8gb, namun yg dapat digunakan/useable hanya 3.4 gb. Saya lihat di resource monitor bahwa ada memori 4 Gb yang terpakai untuk hardware resources..mohon penjelasan apa itu hardware resources, dan bagaimana supaya itu dapat diatur sizenya..karena saya udah coba masuk ke bios namun tidak ada penyettingannya..terima kasih buat reaponnya..

      • Klo ga compatible kan dia tidak akan terdeteksi min..ini dalam system bios dan windows nya terdeteksi 8gb, namun yang useable “cuma” 3.4 GB. Yg 4.6 di resource monitor windows sy liat d pake buat hardware reserve..masa utk hardware sebesar itu? Memori add on saya bli corsair, d liat dr pc, tipe ddr dan voltagenya sama sy lihat..mohon bantuannya min..

        • Iyah betul, kayaknya bener deh ini karena windows kamu 32 bit, kalau RAM lebih dr 4GB sebaiknya pakai yang 64bit biar semua RAM kebaca 🙂 jangan lupa unduh driver terbarunya ya yang sesuai OS kamu yg baru

      • Upgrade ram di toko tempat saya beli. RAM nya sama kaya bawaan dr tipe DDR, PC, dan voltage nya. Dan itu terdeteksi oleh sistem bios dan windowsnya, jadi total 8GB. Namun yg useable ‘hanya’ 3.4 GB sedangkan 4.6 GB lainnya saya lihat diresource monitor terpakai sebagai hardware resources. Apakah ada setingan untuk mengubah itu? Saya udh cek d bios, namun tidak ada option untk mengubah hal tersebut..bagaimana jalan keluarnya? Terima kasih..

        • Oh kamu pakai Windows yang 32 bit ya? Kalau memori nya lebih dr 4GB musti pakai yang 64 bit, soalnya kalau pakai 32 bit ga bakal kebaca semua RAMnya. Nah, kalau ubah windows otomatis harus unduh driver yang baru juga, unduh di website resmi laptop aja ya 🙂

          • Ga min. Kan saya sudah infokan di awal klo windows saya 8.1 pro 64 bit..klo sekedar 32 dan 64 bit syaa mengerti. Sudah saya googling juga tp tidak nemu jawabannya..oleh karena itu saya tanya ke sini..apakah dgn upgrade driver vga masalah bisa teratasi?klo iya akan saya coba..ini bios udh versi terakhir, saya cek keluaran nov 2014

          • Hi, oh ya mimin lupa baca yang sebelumnya.
            Jadi begini, Lenovo Z40-75 kan menggunakan processor APU yang memiliki iGPU didalamnya. Biasanya VRAM yang ada di iGPU tersebut diambil dari RAM yang available dan value-nya biasanya AUTO. Jadi saat ini kan available RAM nya atau RAM kosongnya masih banyak jadi diambil cukup banyak untuk dijadikan VRAM, nanti kalau sudah mulai buka program yang lain dan kepakai RAM nya, laptopnya sendiri akan menyesuaikan sendiri ya. Jadi tidak perlu dikhawatirkan ya 🙂

    • Mimin juga kurang tau mengenai masalah ini, tapi memang banyak laporan seperti itu, sebaiknya tanya langsung sama pihak Lenovonya di telpon aja

      001 803 442 173 (Toll Free)
      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8:30 am – 5:30 pm Monday – Friday
      9 am – 3 pm Saturday

  9. mau tanya min saya baru beli Lenovo z40-75, kan prosesornya 1,9 GHz kalau saya ingin menaikkan prosesor menjadi 3,2 GHz apa saya harus mengupgrade prosesornya? kalau memang harus ganti kira2 harganya berapa ya??

    • Hi untuk laptop sebaiknya hanya pakai driver bawaan dari vendor 🙂 karena kalau dari amd suka ga kompatibel. Jangan lupa aktifkan high performance di AMD catalyst control centre bagian power 🙂

      • min, saya sudah serahkan laptop z40 75 ini ke service center resmi lenovo, diganti pula driver gpu nya. tapi tetap saja problem color banding nya masih ada. gradasi sangat sangat buruk, dan mereka mengklaim semua laptop lenovo amd seri terakhir bergejala demikian dan pihak lenovo sudah complain ke pihak amd untuk segera dikeluarkan fix nya. sampai kapan saya harus menunggu fix dari amd???

        • Hi coba kamu colok ke layar LCD eksternal dengan koneksi HDMI, apakah gradasi masih terlihat di layar LCD eksternalnya, dan apakah bisa minta screenshot juga? di upload ke link external saja biar bisa mimin lihat

  10. min, mohon harap dibalas cepat. saya baru membeli lenovo ini, z40-75. bagaimana saya bisa mendapatkan game gratis dari amdnya?? saya sudah membuka situs amd nya dan login apa yang harus saya lakukan selanjutnya ?? untuk mendapatkan game gratis tersebut. karena batas waktu yg ditetukan hanya tinggal sedikit. tolong pencerahannya min :’)

  11. Admin
    tadi sore tgl 29 Jan 2015 jam 4 sorean meluncur ke glodok- GK Komputer beli Lenovo Z10-75, gak ada tawarin game segala, pulang cuma bawa laptop,charger,cd instalasi,tas..sudah itu aja , ya lumayan juga dapet DVD GAME ORIGINAL

  12. LAPTOP ini bermasalah di color depth / gradasi warna yang tidak smooth. hasil gradasi warna terlihat sangat buruk. setelah di klaim ke pihak lenovo, ternyata teknisi membenarkan ada masalah dengan chipset amd terbaru nya. bagaimana tanggapan amd???

    • Hi coba kamu colok ke layar LCD eksternal dengan koneksi HDMI, apakah gradasi masih terlihat di layar LCD eksternalnya, dan apakah bisa minta screenshot juga? di upload ke link external saja biar bisa mimin lihat

  13. min, saya punya kasus nih. Kemaren saya mau maen Assassins Creed 3. Sebelum maen, saya cek dlu di game debate ( situs gaming gitu ) apakah lenovo z40 – 75 kuat utk maen AC 3 dan hasilnya kuat dgn settingan medium sampai high. Nah masalahnya pas saya coba kok gk kuat padahal graphic ny udh low semua.Yg jd pertanyaan saya, ada hubungannya gk sama settingan amd CCC ? Klo ada, settingan yg paling bagus buat maen game2 berat gimana ? Mohon pencerahannya min, udh galau mikirin ini. Tengkiu

  14. Min, kalo dibandingin sama laptop hp pavilion P229Ax bagus mana min. Soalnya untuk harga beda tipis. Lalu untuk processor laptop Hp lebih unggul sedikit a10 7300M sama A10 5745. Lalu untuk grafisnya sama tapi untuk yang Hp udah FHD sama layar 15″. Pilih yang mana Min Enaknya???

  15. bang admin mo nanya nih, ane beli notebook z40-75 PID udah download AMD Product Verification, pas mau buka aplikasi itu (AMDProductVerification) tulisannya
    “No Internet Connection, We are sorry blablabla”
    padahal status wifi nya terkoneksi internet “sp*edy”, coba pake kabel UTP pun sama hasilnya,
    makasih sebelumnya

  16. min untuk main game bf3 , COD MW3 , Sleeping dogs , watch dogs dll jika di set high di lenovo z40-75 akan lagh ga ? trus saya main thief untuk aktitin mantle nya di setting belah mana ?

    • mimin belum coba sih, mending coba dulu di set low atau medium, kalau lancar bisa coba dijadiin ke high. untuk aktifkan mantle itu di pengaturan dalam game, yang ada directxnya diganti mantle

  17. Dear admin, saya ada masukan. Mohon anda jangan hanya menjawab tidak tahu mengenai masalah gradasi layar lenovo tipe ini. Saya sudah mengalami sendiri membeli versi Z40-75 dan kecewa karena memang gradasinya parah. Saya sudah bertanya ke service center Lenovo di Jogja dan katanya memang hal itu terjadi di semua produk tipe ini. Saya dengar isu ini juga terjadi pada seri G yang AMD 8. Menurut saya bisa dikatan ini termasuk produk gagal, karena mereka mengakui kalau gradasi seperti itu tidak normal. Saya hanya diminta meninggalkan nomor dan menunggu entah sampai kapan solusi dari Lenovo pusat keluar. Jika memang admin mau jujur, silahkan kekurangan berupa gradasi warna yang kasar tersebut dicantumkan di bagian review supaya pembeli lain tidak kecewa. Terima Kasih.

  18. min saya pengguna lenovo mengapa dota 2 nya patah-patah ya? seharusnya dengan amd 10 justru performa gamingnya lebih bagus, udah saya set ke high performance hasilnya sama aja, plus layarnya bergradasi pula, apa ini kena tipu atau bagaimana?

    • Hi coba kamu colok ke layar LCD eksternal dengan koneksi HDMI, apakah gradasi masih terlihat di layar LCD eksternalnya, dan apakah bisa minta screenshot juga? di upload ke link external saja biar bisa mimin lihat

  19. hai pengemar AMD, Sorry numpang disini
    ane mau jual neh LENOVO A10-7300, VGA ATI Radeon R6 M255 2GB, beli tgl 29 Jan 2015, bon 6.275 juta ( jual sesuai harga bon ) , cuma 5 hari aja , sisanya taru di dusnya , alesan ane jual AMD A10 APU Kaveri belum bisa buat hackintosh – pengen bisa ngedit pake FCP , semuanya masih gress, masi garansi 1 tahun lah Kontak ane di WA 0896 2863 7533 – prefer WA sms selama ada pulsa aja,lokasi di jakarta timur , thx admin

  20. hai Admin
    miungkin pengemar AMD mau laptop baru Z40-75 PID,ane mau sale aja neh kontak ane 0896 2863 7533 ( prefer WA ,sms selagi ada pulsa ) , thx

  21. buat yg sudah udah beli lenovo z40-75 nanya gan. Ada yang bilang bermasalah dengan gradasi layar.
    1) apakah maksudnya ini tampilan layar semula normal kemudian berubah menjadi agak kebiruan/ kemerahan/kekuningan?
    2) atau laptop ini jika dilihat dari samping (saat keadaan nyala juga) layarnya seperti tv burek?

    agan yang udah beli mohon pencerahan..

  22. min saya beli dapet driver untuk win 8.1 tapi saya mau pake win 7. amdnya install berhasil tetapi tidak pengaruh. dx diag saya cek cuma 8 bit. ada solusinya?

  23. Saya udah nyoba ngecek layarnya dengan lenovo g400s sebagai perbandingan

    -Untuk z40-75 entah kenapa warna putih lebih dominan (ex:di z40-75 warna kuning jadi kuning agak putih,ungu gelap jadi ungu terang) apakah karena warna dari layar / pencahayaannya.

    -Untuk gradasi,mungkin yg dimaksud adalah perpindahan warna dari satu ke yg lainnya seperti ada pembatas/garis. Di g400s garis-garis tidak ada tapi di z40-75 terlihat jelas
    saya mengeceknya menggunakan gambar di bawah.
    http://primaadi.net/wp-content/uploads/2014/01/Screenshot-from-2014-01-03-222049.png
    pada gambar tersebut terlihat garis-garis vertikal di z40-75.

    Semoga pihak lenovo segera menindaklanjuti permasalahan ini karena sangat merugikan konsumen.

  24. mau tanya min, saya baru beli itu lenovo, tapi driver vganya kok gk bisa diinstal, OSnya saya pake windows 8.0
    mohon penjelasannya

    • Hi, windowsnya harus pakai versi yang 8.1 dan driver harus sesuaikan dengan versi windowsnya. Coba unduh lagi di support.amd.com/en-us/download pakai amd autodetect

  25. Apakah permasalahan berupa gradasi masih belum terpecahkan oleh pihak lenovo & amd? saya juga beli unit baru z40-75 dan hasilnya gradasinya sangat buruk. Keterangan dari service center juga belum memuaskan dan diakui juga terjadi pada seri g40-45. Mohon pencerahannya

  26. ane baru memakai laptop dan belum banyak tau perihal gradasi warna pada laptop yang menjadi keluhan pada seri z40-75. Ketika ane buka game terdapat layar yang rada gelombang gitu apakah itu yg disebutkan gradasi warna pada laptop…? jika iya apakah ada solusinya soalnya rada terganggu ni….., jika tidak ada apakah pihak lenovo akan memberikan garansi..? oh iya bagi siapa yg tau website resmi lenovo mengenai laporan keluhan setiap produknya ane minta ya hehehehehe

  27. Min mantep banget ni lenovo z40-75 nya saya udah beli dan saya upgrade ram nya saya tambah 4 gb dan di dalem slotnya cuma 2 DDR3L versi terbaru itu hbs saya upgrade vga nya kok juga ikut nambah ya min dari 4 gb jadi 6 gb itu kok bisa ya min.terimakasih

  28. min ane belum paham ni gradasi warna yang di alami lenovo z4-75 soalnya ane baru beli kemarin eh pas liat blog ini udh ada komentar negatif mengenai seri yang ane beli

  29. Min kok main fifa 15 ngelag sih min padahal sudah di low semuanya. trus FPS nya naik turun solusinya gimana min?

  30. min, saya sdah membeli produk z40-75 ini, dan ada beberapa kekecewaan saya diantaranya :
    1. nih lenovo cepat panas, bahkan merembet kecasing nya jadi pada saat tangant terletak di bagian casing atas keyboard jadi tidak mengenakkan karena panas tersebut. apalagi pada saat bermain game online yg mana tangan kiri diatas keyboard yang panas.
    2. gradasi warna terlihat jelas misalkan pada saat bermain game Online : LOL.
    3. divernnya win 8.1 dan apakah tidak bisa dibuat win 7 min? karena saya lebih suka bermain dengan win 7 dibanding win 8 yg banyak kekurangan. karena cd driver bawaan adalah driver win 8.1?
    4. masih juga terasa lelet tidak terasa letak kenikmatan bermain dengan “laptop gaming&multimedia” nya.
    mau kemana saya bawakan keluhan saya min, apakah ke lenovo centernya atau gmna?

    • 1. untuk masalah cepat panas, gunakan cooling pad berkualitas dan main lah di ruangan yang sejuk, dan perhatikan apakah lubang sirkulasi udara tertutup debu, jika ya dibersihkan terlebih dulu untuk pelancar sirkulasi
      2. gradasi warna bisa minta ke SC lenovo untuk penggantian layar, jika tidak dilayani bisa langsung email ke [email protected] untuk ditindaklanjuti
      3. Berhubung lenovo memang mhanya menyediakan driver untuk 8.1 berarti memang paling cocoknya untuk windows 8.1, jika ingin ke windows 7 mungkin bisa coba catalyst yang di support.amd.com/en-us/download
      4. terasa lelet bisa coba aktifkan high performance di amd catalyst control centre bagian power option

  31. Salam kenal buat admin…
    Saya pengguna lenovo z40-75,cuma mau review sedikit.
    Soal masalah gradasi warna saya sama sekali ga ngalamin,overall bagus.
    Maen game resident evil revelation 2 chapter 1 setting all medium dengan anti aliasing fxaa di aktifkan lancar,dapet fps rata-rata 20-30fps.
    Laptop saya masih default,rencana mau upgrade RAM jd dual channel.
    Banyak keterbatasan wajar,karena memang laptop ini cuma buat game mainstream.
    Segitu dulu dari saya

    • Terima kasih atas testimoninya, memang untuk gradasi warna ada yang mengalami, tapi ternyata setelah dicek lebih lanjut masalah bukan pada chip grafis AMD melainkan LCD karena ketika colok ke monitor eksternal tidak terjadi apa-apa dan warna tetap bagus. Oleh karena itu bagi mereka yang alami gradasi warna silakan minta penggantian layar ke pihak Lenovo sebagai produsen notebook tersebut. Terima kasih.

  32. Min mau tanya, saya udh beliLENOVO IdeaPad Z40-75 tp kok saya main game need for speed rival berat nya minta ampun padahal udh setting ke high performance?

    • minimum requirement game tersebut cocok tidak untuk Lenovo Z40-75? Kamu bisa cek minimum requirement yang dibutuhkan untuk jalankan game ke game-debate.com

  33. dear admin yang baik hati..
    HP Pavilion 15-P229AX atau lenovo z40-75 ?
    dari kedua pilihan itu mana yang lebih baik performanya untuk gaming HD dan design ?

    • Pertama bisa set dulu ke high performance di AMD Catalyst Control Centre bagian POWER optionnya 🙂 atau coba ke menu pinned di AMD Catalyst Control Cntre, browse PES 2015 dan set high performance

  34. lenovo z40-75 lapis gitu, layar laptopnya klw disambungin ke layar eksternal baik2 aja,,, tp klw pakai layar bawaan jadi kek kue lapis legit gitu gradasinya,,, solusi nya gimana? admin AMD kasih tau dunk ke lenovo, mereka cuci tangan aja tu,,,

    • Hi, ini merupakan masalah pada layar LCDnya, bukan pada chip grafis AMD, dibuktikan dengan adanya penyambungan ke eksternal monitor yang tidak menimbulkan gradasi buruk pada monitor eksternal tersebut yang membuktikan chip amd berfungsi baik, mengenai masalah gradasi layar bisa minta solusi penggantian layar pada SC lenovo karena lenovo adalah produsen notebook tersebut 🙂

  35. min,ane pasang windows 7 di z40 75 ane,tapi ada beberapa driver yang gabisa seperti video controller dan ethernet controller. itu kenapa ya min? makasih

    • Sudah gunakan driver yang bawaan laptopnya belum yang ada di CD? Kalau masih bermasalah mungkin bisa langsung kontak ke Lenovo Indonesia di +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8:30 am – 5:30 pm Monday – Friday
      9 am – 3 pm Saturday

    • coba ke lenovo service centre karena stelah diuji coba masalah bukan pada chip AMD melainkan pada LCDnya, coba tes menggunakan layar eksternal maka gambar pada layar eksternal tidak terdapat masalah

  36. Pagi min.. Mau tanya.. Lenovo Z40 70 amd a10, apa memang starting windowsnya lama banget ya? Saya baru aja beli nih.. Install windows.. Starting windowsnya saya hitung undah 85 detik sendiri,, apa memang begitu atau bagaimana.. mohon pencerahannya min.. Thanks..

  37. Untuk laptop gaming yang menggunakan AMD A10. Yg paling bagus apa ya min?
    Ane udah beli yg z40-75 tapi kurang puas dari segi layar…warnanya kasar

    • Mungkin bisa coba asus x550ze dengan APU A10 atau bahkan FX yang lebih bagus, kalau mau yang super lagi bisa coba beli asus n551zu 🙂 udah pakai APU FX 12 COMPUTE CORE + R9 M280X

    • Mungkin bisa coba yang HP 15-P229AX karena secara grafis dia lebih tinggi dibanding Lenovo Z40-75, tapi untuk processor memang lebih tinggi yang lenovo karena sudah prosessor kaveri hanya saja sebelum beli periksa dulu layarnya apakah ada gradasi atau tidak 🙂

  38. Min saya mau nanya Kalo RAM nya 4gb bawaan dan saya menambah 2 gb di slot lainnya itu ada masalah gak min ??

    Tapi saya udah tambah 2 gb di channel lainnya

    sekalian laptop lenovo ini RAM nya jenis apa ya ..
    saya kalo mau beli takut salah..

    • Daripada salah mending telpon dulu ke service centre resminya di +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8:30 am – 5:30 pm Monday – Friday
      9 am – 3 pm Saturday

  39. Min.. Mau tanya, lenovo z40 70 amd a10, starting windowsnya apa emang lama banget ya? Ane itung 75 detik sendiri dari start sampai ke windows.. Mohon pencerahannya..

  40. Min saya mau nanya klo laptop ini ram bawaan 4gb tambah di channel lainnya 2gb akan ada masalah ga ??

    Sekalian ram yang coxok di laptop ini apa ya??

  41. Admin yang saya hormati, mau tanya mending beli yang mana

    HP Pavilion 15-N243CL Touch Screen [Detail] AMD QuadCore A10 5745M-2.1Ghz Turbo 2.9Ghz, RAM 4GB, HDD 1TB, DVD/RW/ VGA AMD RADEON HD8610G, Screen 15″ LED, Windows 8.1 Rp 6,300,000

    atau

    Lenovo Z40-75 PID (Ready Stock !!!) [Detail] AMD A10 7300 1.9 Ghz, Wifi, DDR3 4 GB, HDD 1TB Sata, AMD Radeon™ R7 M255 DDR3L 2G. DVD-RW, Card Reader, Camera, LCD 14.1”, DOS Rp 6,100,000

    liat2 di kliknklik lenovo dah ada win 8 nya, apa bener itu?
    maksudnya preinstaled win 8 apa ya gan?

    bingung neh mw ambil yang mana

  42. min, saya mau instal aplikasi yg butuh spek sangar.

    Minimum system requirements
    OS: Windows XP, Vista, 7, 8 (32- and 64-bit) and
    DirectX 9.0c or later. Windows 32-bit is only suitable
    for simple scenes.
    System memory: 6GB (for simple scenes)
    Graphics card: NVidia GeForce GTS 450 or ATI/AMD
    Radeon HD 4890 (minimum 1,500 PassMark points),
    with at least 1GB dedicated memory (not shared
    system memory). Avoid Quadro and FirePro cards.
    Harddrive: 7.5GB of disk space
    Using Lumion via Remote Desktop is not supported
    Lumion 3 requires an internet connection

    kalo ideapad z40-75 ini bisa ga? atau ada yang lebih bagus leptop apa ya?

    • Hi APU FX merupakan APU tertinggi di lini prosessor mobile AMD, jadi tentu asus x550ze dengan APU FX bisa dibilang sangat powerful untuk jalankan aplikasi terkini

  43. Min.. Saya Ada rencana beli laptop , namun bingung Mau beli Yg mana..
    Bisa mimin Bantu , antara Lenovo z50-75 dengan asus x550ze-xx065d menurut mimin bagusan mana..
    Apakah kasus gradasi layar sepeti lenovo z40-75 terjadi juga di 2 model ini… Mohon pencerahannya min..

    • Sampai saat ini tidak ada keluhan mengenai Lenovo Z50-75 dan Asus X550ZE. Untuk performa lebih powerful yang ASUS X550ZE dengan APU FX-7600P dibanding Lenovo Z50-75 dengan APU FX-7500 🙂 hanya saja untuk lenovo lebih hemat daya

    • Hi Rizky, tentunya lebih bagus yang HP 15-P229AX karena grafisnya sudah lebih tinggi dari Lenovo Z40-75 🙂 dan layar juga sudah 15.6″ dan dukung FHD resolution

  44. Saya baru beli Lenovo Z4075 tapi bundle gamenya tidak ada kata dealernya belum di distribusikan ke masing2 dealer Lenovo tolong admin dibantu, kalau memang itu sudah paket tolonglah diberikan ke pelanggan. Terima kasih

    • Hi Agung untuk paket bundle game memang tidak melalui toko tapi langsung unduh dengan mengikuti tutorial berikut:
      http://www.amd-id.com/2014/08/asyik-beli-notebook-amd-apu-a8-a10-fx-dapat-bonus-game-original/

      -Lakukan registrasi menggunakan alamat email aktif melalui http://www.amd.com/gamepromo.
      -Lakukan aktivasi akun melalui email verifikasi yang dikirimkan oleh sistem di dalam email Anda. Periksa bagian SPAM / JUNK jika Anda tidak bisa menemukan email verifikasi tersebut.
      -Login kembali pada website AMD Game Promo kemudian masuk ke menu AMD Product Verification.
      -Catat PIN Code dan email yang tertera di halaman website AMD Product Verification dan JANGAN tutup halaman ini.
      -Unduh dan install aplikasi system checker untuk jalankan AMD Product Verification dan masukkan PIN Code dan email yang sudah dicatat ke aplikasi tersebut.
      -Setelah proses verifikasi dinyatakan sukses, aplikasi akan otomatis tertutup dan pada halaman website AMD Product Verification akan ditampilkan menu untuk pemilihan judul game yang tersedia.
      -Pilih salah satu game yang Anda inginkan, klik Confirm, tunggu beberapa saat hingga Game Keys secara otomatis tampil di halaman website. Informasi ini secara otomatis juga akan terkirim ke alamat email Anda.
      -Silakan unduh game menggunakan Game Keys yang sudah diberikan.

  45. Min, kalo di taro game kaya gini
    OS = Windows X atau yang diatasnya (e.g Windows7)
    CPU = Core 2 Duo E6600 2.4Ghz
    VGA = GeForce 8800 GT
    RAM = 2 GB
    Bisa ga lancar ga min?

    • Maksudnya kalau ditarok apps dengan spek yang kamu sebutin ya? Bisa kok karena procie dan grafis Lenovo Z40-75 ini udah sangat mencukupi dengan kecepatan procie hingga 3.2GHz dan kecp grafis hingga 825MHz, tapi sebelum membeli periksa dulu layarnya ya takutnya ada gradasi, sebaiknya beli langsung di toko biar bisa kelihatan langsung layarnya. Selain itu sebelum menjalankan aplikasi di maximize performance di AMD Catalystnya 🙂

  46. min kalo di taro game spek gini

    Minimum system requirements: Recommended system requirements:
    CPU: Pentium 4 2.4 GHz/ Athlon 64 2800+ (Intel & Athlon 1.8 GHz Dual Core or better supported
    CPU: 2.4 GHz dual core or better is recommended
    RAM:
    http://gamesystemrequirements.com/
    512MB RAM (768MB for Vista)
    RAM:
    http://gamesystemrequirements.com/
    1 GB (2 GB for Windows Vista)
    GPU: 128MB 3d Hardware Accelerated card required-100% DirectX 9.0c compatible and latest drivers (NVIDIA GeForce 6600+ / ATI Radeon 9800 Pro+)
    GPU: 3.0 Shader Support recommended. Nvidia Geforce 7800 or better or ATI Radeon X1800 or better
    DX: DirectX 9.0c
    DX: DirectX 9.0c
    OS:
    http://gamesystemrequirements.com/
    Windows XP/Vista only
    OS:
    http://gamesystemrequirements.com/
    Windows XP/Vista only
    HDD: 8 GB of uncompressed free hard disk space (plus 600 MB for Windows swap file)
    HDD: 8 GB of uncompressed free hard disk space (plus 600 MB for Windows swap file)
    ODD: 6X DVD-ROM
    ODD: 6X DVD-ROM
    bisa ga min?

    • Buat pes bagus kok, kalau mau beli yang windows 8.1 pastikan sama penjual kamu mau belli yang udah ada OSnya bukan yang kosongan, dan pastikan layar ga gradasi ya jadi sebelum beli cek dulu layarnya apakah ada gradasi burruk atau tidak

  47. permisi min saya user z40 75,kenapa laptop saya ketika menyalakan dual grapich performa sangat menurun drastis ?
    dan lg kok laptop saya juga sering blue screen,apakah karena saya memakai windows 7,tolong penjelasannya ya

    • Mimin ssarankan untuk laptop baru sebaiknya hanya memakai windows yang didukung oleh driver bawaan laptop. Coba cek ke website lenovo apakah lenovo z40-75 ada driver yang dukung windows 7 atau tidak. Berhubung tidak semua aplikasi mendukung dual graphic sebaiknya dinonaktifkan saja dual graphicnya

    • Hi, untuk masalah gradasi bisa kamu konsultasikan langsung ke service centre Lenovo

      001 803 442 173 (Toll Free)
      +62 2130 0210 90 (Standard Charges Apply)
      8.30 WIB – 17.30 WIB Senin – Jumat
      9.00 WIB – 15.00 WIB Sabtu

  48. Boleh ikut nimbrung soal gradasi seperti hanya merek lenovo saja yang ada gradasi tetapi merek lain seperti HP tidak ada. Sy pernah mencarikan teman laptop cari yg lenovo tapi untung tokonya baik, ditunjukkan masalah gradasi pada lenovo akhirnya jadi beli yg merek HP pavilion 15 229 sdh fullHD keren untuk nonton film grafis sdh R7. Kemungkinan itu cacad produk dari lcdnya lenovo. terima kasih

  49. min screen brightnessnya punya ane kok ga jalan ya.. ga ngefek pas di rubah gt..? apa gara2 ane pke windows 8..?
    terus ane coba download amd pake yg auto detect kok vganya ga ke detect ya..? Amd driver sama Ati driver udah ane install semua.. Help ane min.. Tks

    • AMD Driver udah diinstall ya udah kalo gitu tinggal klik kanan desktop liat udah ada menu AMD Catalyst Control Centre belum, kalau udah berarti ga ada masalah. Atau bisa liat di device manager apakah pada graphic nya sudah terdeteksi ada radeon sesuai yang kamu pakai sekarang. Kalau ada sudah tidak perlu diapa-apakan lagi.

      Mengenai masalah brightness kebanyakan masalah dari windowsnya. Jadi mungkin bisa simak tips dari windows berikut https://www.youtube.com/watch?v=BZw3wD8oTRI

      Btw kamu pakainya windows 8.1 kan? Kalau windows 8, AMD ga support drivernya

    • Kalau notebook sih sebaiknya tidak di overclock karena tidak ditanggung untuk garansinya, turbo boost setau mimin ga bisa dimatikan 🙂 dan malah sebaiknya dinyalakan saja supaya performa tetap tinggi dan efisien daya karena turbo boost dimaksudkan untuk menaikkan performa laptop di saat beban kerja berat secara otomatis 🙂

  50. Min saya baru beli laptop ini tapi prosesor AMD FX 7500, tapi knapa tampilan grafiknya kurang bagus yahh cntohnya : kalo gambar bergradasi meskipun beresolusi tinggi pixel gradasinya kurang bagus, terus ada sebagian tampilan window seperti pada saat qt buka manage pada my conputer itu tulisannya agak blur. Min mohon pencerahannya

    • Hi Eko, jadi Lenovo IdeaPad Z40-75 itu Dual-Graphic yaitu dengan GPU Discreet Radeon R5 M230 dan GPU Onboard nya Radeon R6 Graphic menjadi R6 M255DX 😀

  51. min mau tanya processornya lenovo z40 Amd A10-7300 Radeon R6 kok punya saya ke detect 1,9 GHz. lah artikel” ngungkapinnya sampai 3,2 GHz. itu gimana maksimalkannya
    maaf newbie. trims…

    • Hai, CPU Clock sebesar 3.2 Ghz ini adalah Clock yang berasal dari fitur AMD Turbo Core. Kamu akan mendapatkan Clock Turbo saat mendapatkan keadaan penggunaan full load yang menggunakan beban CPU tanpa menggunakan akselerasi grafis terintregrasi. seperti contoh browsing, office dsb. serta akan aktif, hanya jika suhu memungkinkan, Mimin sarankan untuk menggunakan pendingin tambahan agar mendapatkan suhu yang terjaga 🙂

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here