Cara meningkatkan performa autocad dengan AMD Radeon

Grafis AMD Radeon Mampu Dongkrak Performa AutoCad berkat fitur Hardware Acceleration!

AMD mempunyai pengalaman yang matang dalam menghadirkan inovasi di bidang komponen prosessor dan juga grafis. Sejumlah inovasi di sektor ini terus dilahirkan setiap tahun. Contohnya pada segmen prosessor, AMD telah berhasil menelurkan prosessor APU yang memiliki keunggulan dimana di dalamnya telah diintegrasikan CPU dan GPU Radeon sekaligus dalam satu chip. Dengan demikian, selain lebih compact komponen juga mampu memberikan daya gedor performa yang lebih baik dibandingkan CPU biasa atau konvensional.

Sementara di sektor kartu grafis, AMD punya sejumlah seri Radeon dengan kemampuan mumpuni dalam menjalankan berbagai kebutuhan-kebutuhan khusus seperti editing video, editing gambar, visual grafis, dan tentunya gaming. Kebutuhan-kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi secara optimal oleh grafis-grafis biasa, mereka membutuhkan komponen yang memang dirancang untuk itu. Satu lagi yang tak boleh dilupakan, yaitu kemampuan grafis Radeon dalam menyokong aplikasi desain gambar tingkat tinggi dalam model 3D, misalnya AutoCad.

AutoCad adalah sebuah aplikasi atau piranti lunak komputer yang digunakan untuk membuat gambar dalam model 2D dan 3D, misalnya merancang rumah, gedung dan objek lain dalam dua model 2D dan 3D. Aplikasi AutoCad sering dipergunakan oleh perusahaan atau individu yang berkecimpung di jasa kontruksi, konsultan kontruksi, industri dan pengembang properti.

Oleh karena kegunaannya yang kompleks, pengguna AutoCad biasanya membutuhkan perangkat yang memadai agar dapat menjalankan program dengan mulus tanpa hambatan. Tetapi secara default, CPU adalah komponen utama yang paling banyak bekerja ketika menjalankan AutoCad, sedangkan grafis walaupun ikut serta namun peranannya sangat minim.

Tetapi pengguna dapat melakukan pengaturan lanjutan agar sistem komputer melibatkan GPU untuk memproses AutoCad dengan cara mengaktifkan fitur Hardware Acceleration. Hasilnya aplikasi AutoCad dapat berjalan dengan lebih ringan dan mulus, sebab CPU yang tadinya bekerja lebih dominan kini telah disokong oleh dorongan performa powerful dari komponen GPU.

Genjotan performa akan lebih terasa apabila Anda menggunakan APU besutan AMD, dikarenakan di dalam 1 chip APU buatan AMD telah tertanam dua komponen CPU dan GPU sekaligus. Alhasil, untuk urusan efisiensi dan performa, APU ini jelas lebih moncer tanpa perlu tambahan grafis diskrit.

Tetapi bagaimana dengan pengguna GPU Radeon? Sama saja! Pengguna GPU Radeon apabila sudah mengaktifkan hardware acceleration juga akan merasakan gebrakan performa saat menjalankan AutoCad.

Ada dua cara yang dapat Anda lakukan untuk mengaktifkan Hardware Acceleration.

Cara pertama

  • Temukan ikon yang diberitanda lingkaran merah di gambar ini.

Cara meningkatkan performa autocad dengan AMD Radeon

  • Klik ikon tersebut kemudian saat muncul menu seperti ini, beri tanda centang pada opsi Hardware Acceleration.

Cara meningkatkan performa autocad dengan AMD Radeon

Cara Kedua

  • Dalam posisi aplikasi berjalan, klik kanan pada kanvas gambar kemudian klik Options.

Cara meningkatkan performa autocad dengan AMD Radeon

  • Klik menu tab System dan lanjutkan dengan mengklik Performance Settings.

Cara meningkatkan performa autocad dengan AMD Radeon

  • Di jendela popup berikutnya klik Manual Tune.

Cara meningkatkan performa autocad dengan AMD Radeon

  • Kemudian beri tanda centang pada kotak Enable hardware acceleration. Dan terakhir klik tombok OK untuk menyimpan perubahan.

Cara meningkatkan performa autocad dengan AMD Radeon

Kelebihan grafis AMD Radeon dalam menjalankan aplikasi-aplikasi yang membutuhkan sokongan grafis tinggi seperti AutoCad tak perlu diragukan lagi, karena komponen grafis Radeon maupun APU sudah ditempa dan digodok untuk mengakomodir kebutuhan tersebut. Bayangkan jika produk AMD yang sudah terkenal powerful untuk gaming dipakai untuk aplikasi lainnya, pastinya hasil performa juga sama memuaskan bukan? Bahkan lebih!

Dengan demikian, grafis Radeon dan APU AMD merupakan solusi yang paling tepat bagi Anda yang menginginkan performa AutoCad yang lebih ringan dan lancar. Ikuti cara yang ditunjukkan di atas, dan rasakan tendangan performanya dalam menjalankan aplikasi ini. Selamat mencoba!

21 comments

  1. solarcell10solarcell
    Reply

    Mau tanya nih…

    Saya sempat dibikin psing sama dual graphic ini. dimulai ketika m’install ACAD Mechanical 2015.
    Knpa pergerakan tidak smooth, berbayang?? Apakah ada sttingan ideal untuk program2 macam ini? dan apakah hubungan dengan Graphic acceleration? karena ketika dimatikan jd berfngsi normal.

    Notebook : Acer E1-451G

    • Admin
      Author Reply

      Harga 4 jutaan sih mungkin lebih cocok untuk notebook harian dengan kemampuan grafis ringan 🙂 Kalau boleh tau keperluan grafis seperti apa nih yang kamu prlukan?

  2. min mau tanya nih saya pake asus x550ze amd fx tapi amd catalys contol center nya kaga ada yah uda klik kanan , tapi yang munculnya cuma amd radeon setting doang kemaren sih ada cuman pas saya instal amd crimson-radeon ko catalyt control centernya gak ada yah mohon pencerahannya saya pake win 10

    • Admin
      Author Reply

      Kalau sudah install yang crimson memang catalyst control centre nya jadi ga ada karena sudah diganti sama crimson. Coba kamu klik menu start aja type di search program & files nya “Crimson”

  3. yanto
    Reply

    mohon bantuan agan, setelah install vga atiradeon,rx 470, autocad 2013 malah ga bisa runing, setelah driver vga di-uninstal autocad bisa runing, saya penasaran coba install vga driver kemali, autocak kembali tidak bisa runing, bagaimana solusinya ya

    • Admin
      Author Reply

      Hai Yanto. Apakah kamu sudah menginstal driver versi terbaru ??
      Kalau misalnya masih seperti itu juga. mimin sarankan untuk kamu mencoba matikan fitur “akselerasi grafis” di bagian setting AUTOCAD

  4. Deni
    Reply

    Min mau tanyo vga amd ATI radeon R5 m230 dengan R5 grafis lebih bgus yang mana untuk main games di laptop?? Trus laptop lenovo b40-80 AYID sama g41-35 lebih baik pilih yang mana??

    • Admin
      Author Reply

      Hai. Untuk “AMD Radeon R5 Graphics” adalah nama grafis terintregrasi yang ada di AMD APU. sedangkan Radeon R5 M230 adalah grafis diskrit yang hadirkan performa lebih baik dibandingkan grafis terintregrasi. 🙂

  5. Rumah Milo
    Reply

    Min laptop saya asus x555qg, amd a12, ram 4gb instal solidwork 2012 kok tidak bisa, mohon sarannya min….

Tinggalkan Balasan