AMD E1 Series

Harga Ekonomis, Kinerja Efektif, Daya Efisien: Notebook AMD APU E1 Solusinya!

Memilih notebook yang sesuai dengan kebutuhan personal memang tidak selalu mudah. Selain dari segi harga dan penampilan, Anda sebagai konsumen juga harus jeli melihat dari segi kualitas atau kemampuan yang ditawarkan. Jika salah memilih tentu akan timbul rasa kecewa karena harapan yang tidak sesuai dengan uang yang sudah terlanjur dikeluarkan. Oleh karena itu perlu adanya pertimbangan matang mengenai kemampuan spesifik apa yang ingin Anda peroleh dari sebuah notebook yang akan dibeli.

Nah, bagi Anda yang menghabiskan sebagian besar waktu untuk mengerjakan tugas harian seperti mengerjakan laporan dengan aplikasi Office, browsing atau surat-menyurat melalui email secara intensif, tentunya Anda tidak harus membeli notebook kelas atas dengan harga selangit. Asalkan sudah mampu menjalankan aplikasi standar secara efektif, Anda sudah bisa kok menyelesaikan pekerjaan dengan sebuah notebook berharga terjangkau. Alangkah baiknya Anda juga memilih notebook dengan daya tahan baterai tinggi karena akan sangat mengganggu jika di tengah-tengah pekerjaan penting Anda harus repot mencari sumber listrik untuk mengisi ulang. Namun adakah notebook yang mampu memenuhi semua kriteria vital di atas? Mari simak ulasan berikut yang mungkin bisa membantu menjawab pertanyaan Anda.

Solusi Tepat Tingkatkan Produktivitas Harian

Dengan prosessor inovatif AMD APU E1 Dual Core, kini AMD hadir berikan solusi bagi konsumen yang membutuhkan jajaran notebook dengan harga ekonomis namun bisa diandalkan menangani tugas-tugas pokok yang menunjang kegiatan pembelajaran atau kepentingan professional. Bagi Anda yang berminat untuk memilikinya, kali ini kami akan menampilkan notebook bertenaga AMD APU E1-6010 “Beema” Dual Core yang sudah dilengkapi grafis terintegrasi RadeonTM R2 Graphics Series.

AMD APU E1-6010 ini memiliki kecepatan sekitar 1,35 GHz yang cukup mumpuni untuk menjalankan aplikasi-aplikasi ringan, sehingga sangat cocok untuk mereka yang sering berkutat dengan pekerjaan sekolah, kuliah atau kantoran yang membutuhkan dukungan aplikasi Office. Kabar gembiranya, dengan penggunaan arsitektur Beema, AMD mampu menghemat penggunaan daya hingga 20% dibanding generasi APU sebelumnya sehingga Anda bisa menikmati jangka hidup baterai yang lebih tahan lama.

AMD E1 Series

AMD APU E1-6010 yang Menggunakan Arsitektur Beema Terbukti Lebih Hemat Daya Hingga 20%

Bahkan dengan tambahan teknologi pendukung seperti AMD EnduroTM Anda juga dimanjakan dengan notebook yang mampu mengatur penggunaan dayanya sesuai kebutuhan secara otomatis. Hal ini tentunya sangat menguntungkan terutama bagi mereka dengan mobilitas tinggi yang tidak selalu bisa menemukan sumber listrik saat diperlukan. Tak hanya itu notebook bertenaga AMD APU E1 ini juga memiliki teknologi ekstra yang memudahkan Anda untuk segera mengakses pekerjaan yang tertunda dalam hitungan detik saja dengan teknologi AMD Start Now.

Bagaimana Dengan Kemampuan Multimedia?

Untuk keperluan berkaitan dengan pengolahan grafis dan multimedia, AMD APU E1-6010 ini juga sudah dilengkapi dengan GPU terintegrasi RadeonTM R2 Graphic Series berkecepatan hingga 350MHz yang memungkinkan Anda untuk melakukan kegiatan editing video, gambar atau foto sederhana dengan baik. Khusus untuk menunjang kegiatan ini, AMD APU E1-6010 sudah dipersenjatai dengan teknologi tambahan AMD Perfect Picture yang mampu meningkatkan kualitas gambar atau foto dan AMD Steady Video yang mampu memperbaiki kualitas video dengan menghilangkan getaran atau jittering. Anda bahkan bisa menikmati film dan streaming video hingga kualitas Full HD 1920x1080p dengan lancar tanpa terputus-putus berkat teknologi AMD Quick Stream. Tak lupa teknologi AMD Wireless Display untuk berbagi konten dengan mudah seperti musik dan film ke berbagai jenis perangkat tanpa harus menggunakan kabel.

Dengan kelengkapan dan segudang fasilitas ekstra yang diberikan tentunya notebook entry-level ini terbilang sangat layak untuk dipertimbangkan. Bagi Anda yang berminat untuk memilikinya, berikut beberapa varian notebook dengan AMD APU E1-6010 Dual Core yang mungkin cocok dengan selera Anda.

Acer E5-421

AMD E1 Series

Notebook Acer E5-421 Memiliki Daya Tahan Baterai Hingga 7 Jam

Hasil kerjasama AMD dan Acer satu ini menawarkan sebuah notebook ringan yang praktis dibawa kemanapun dengan ukuran layar 14” resolusi HD (1366×768). Dilengkapi dengan RAM bawaan 2 GB yang mampu di upgrade hingga 16 GB memungkinkan Anda untuk memaksimalkan lagi kemampuan notebook ini demi mendapat kinerja multitasking yang lebih baik. Berkat baterai 6 Cell Anda juga dimanjakan dengan daya tahan baterai yang sangat tinggi hingga 7 jam! Tak lupa kapasitas Harddisk yang cukup besar hingga 500 GB untuk menyimpan koleksi foto, musik dan video kesayangan Anda. Dengan semua fasilitas ini Anda bisa memperolehnya dengan harga Rp 3.849.000 saja di toko terdekat. Penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Anda bisa membacanya di artikel berikut ini.

Asus X454WA dan Asus X552WA

Masih menggunakan prosessor AMD APU E1-6010 Dual Core, notebook hasil kerjasama AMD dengan Asus hadir dalam dua varian unik yakni Asus X454WA dan Asus X552WA. Dibanderol pada harga Rp. 3.599.000,keduanya memberikan fasilitas akomodasi RAM bawaan sebesar 2 GB dimana bisa di upgrade lagi hingga 8 GB. Spesifikasi kedua varian Asus ini sebetulnya tidak jauh berbeda. Perbedaan paling mencolok terlihat dari ukuran layar yang disediakan. Bagi Anda yang menyukai sudut pandang luas mungkin akan lebih menyukai Asus X552WA dengan layar 15.6” sedangkan bagi Anda yang lebih mementingkan kepraktisan mungkin lebih memilih Asus X454WA dengan ukuran lebih mungil. Keduanya sudah mendukung resolusi HD (1366×768) sehingga sudah bisa memutar film atau video di resolusi yang cukup memuaskan. Dengan kedua notebook ini Anda juga sudah bisa menikmati kualitas Audio sinematik dengan teknologi Sonic Master dan interaksi lebih nyaman berkat teknologi Smart Gesture yang memungkinkan Anda mengontrol berbagai perintah seperti Zoom In/Out, Swipe Left/Right, Scroll Up/Down lewat TouchPad dengan mudah.

AMD E1 Series

Dengan Layar 15.6” Notebook Asus X552WA Mampu Memberi Sudut Pandang Lebih Luas Bagi Pemakai

AMD E1 Series

Notebook Asus X454WA Dengan Ukuran Standar Terbilang Praktis & Mudah Dibawa Kemanapun

Kabar gembira untuk mereka yang akan segera membeli kedua notebook terjangkau ini karena akan ada Cashback sebesar Rp. 100.000,00 untuk setiap pembelian! Sayangnya waktu promo sangat terbatas, sehingga bagi kalian yang sudah berminat jangan tunda lagi keinginan Anda. Kapan lagi bisa mendapatkan notebook dengan harga sangat terjangkau dengan penawaran menguntungkan seperti ini?

PROMO CASH BACK ASUS AMD APU E1

Lenovo G40-45

AMD E1 Series

Notebook Lenovo G40-45 Terlihat Professional dengan Balutan Warna Hitam

Bagi Anda yang menyukai notebook terjangkau dengan tampilan professional mungkin bisa memilih Lenovo G40-45 berbobot 2,1 kg ini sebagai teman pendukung aktivitas harian. Masih menggunakan AMD APU E1-6010 Dual Core, notebook ini sangat cocok untuk menyelesaikan pekerjaan minimalis dan bahkan gaming ringan. Anda bisa menyimak spesifikasi notebook berukuran layar 14” ini lebih lengkap di artikel berikut. Dengan performa tidak mengecewakan Anda bisa mendapatkannya pada bilangan harga Rp. 3.399.000.

Tak Hanya Fungsi Essensial, Gaming Pun Bisa!

Walau hanya termasuk notebook dengan kelas entry-level, jangan anggap Notebook bertenaga AMD APU E1 ini tidak mampu memainkan game terkini. Kami akan melakukan pembuktian dengan melakukan pengujian khusus menggunakan sampel Notebook Lenovo G40-45 bertenaga AMD APU E1-6010 Dual Core yang dilengkapi grafis RadeonTM R2 Graphics Series terintegrasi. Disini kami menggunakan sistem operasi Windows 8.1 32-bit dengan Driver AMD Catalyst 13.3 bawaan standar dari Lenovo. Mari kita lihat sejauh mana kemampuan gaming dari notebook ini.

AMD E1 Series

AMD E1 Series

Driver AMD Catalyst 13.3 dengan Setting Maximize Performance

Kami memutuskan untuk memainkan game Pro Evolution Soccer 2015 (PES 2015) dimana termasuk game sepakbola yang banyak digemari oleh pengguna PC dan notebook di Indonesia. Tentunya kami memilih game populer ini dengan harapan bisa memberi gambaran yang cukup relevan bagi mayoritas pembaca. Kami memainkan game ini dengan menghubungkan notebook langsung ke sumber listrik sehingga pengaturan Power Plan otomatis berpindah ke “Maximize Performance” pada AMD Catalyst Control Centre. Hal ini sengaja kami lakukan untuk mendapatkan performa tertinggi saat gaming.

AMD E1 Series

Dengan setting Low Quality dan Resolusi 1280×720 kami memperoleh hasil yang cukup mencengangkan menggunakan notebook ini, dimana game mampu berjalan pada rata-rata 54 FPS hingga maksimal 62 FPS! Mengingat spesifikasinya yang sangat terbatas, hanya dengan RAM bawaan berkapasitas 2 GB dan prosessor Dual Core berkecepatan 1,35 GHz, hal ini sebetulnya sungguh di luar dugaan!

 AMD E1 Series

Terbukti Game Terkini PES 2015 Mampu Dijalankan Dengan Sangat Baik oleh Notebook Bertenaga AMD APU E1

Kesimpulan

Notebook entry-level bertenaga AMD APU E1 sangat cocok digunakan oleh anak usia sekolah, mahasiswa dan bahkan pekerja kantoran dengan kemampuannya yang mampu menangani tugas-tugas mendasar tanpa lag. Tak berhenti sampai disana, notebook ini juga terbukti mampu memberi lebih dengan segudang teknologi ekstra yang disematkan oleh AMD dan partner disertai kemampuan hiburan multimedia dan gaming yang lumayan mumpuni. Mulai dari game populer PES 2015 hingga game online seperti Ayo Dance dan Point Blank bisa dinikmati oleh kalangan muda untuk mengisi waktu luang setelah lelah beraktivitas. Tentunya dengan begitu banyaknya fasilitas “wah” yang bisa Anda dapatkan pada tingkatan harga terjangkau, tidak ada lagi alasan untuk ragu memiliki salah satunya. Dengan banyaknya pilihan alternatif semoga Anda tidak bingung memilih notebook yang pas di hati.

83 comments

      • whis
        Reply

        Oh ya min saya ada keinginan buat beli laptop yang bisa maenin game berat sama buat kerjain tugas cuma masih bingung milih ya nah diantara ya ada Acer Aspire E5-551 sama asus x550ze -XX033D yang baru kira2 kalo menurut mimin lebih bagusan mana?

        • Admin
          Author Reply

          Kemampuan keduanya hampir setara sih, hanya saja untuk yang ASUS x550ze yang kamu maksud ini yang pakai apu fx atau yang a10 ya? kalau pakai yang FX lebih baik pilih yang asus aja karena sudah 12 compute core 🙂

    • Ario Sambodo
      Reply

      mimin AMD E1-6010 APU sama AMD Radeon R2 Graphics yang asaya punya ini bisa gak buat main game berat macam COD MW2,MW3,assassin’s creed sama CS GO.kalo gak bisa terus game bagus apa aj yang muat?

      • Admin
        Author Reply

        Mimin pernah uji, PES 2015 bisa di set low, CS GO juga bisa kok, tapi untuk COD MW2, MW3, Assassin creed mimin blum pernah coba, paling kalau mau set low aja 😀

  1. min saya pake vga msi r7 240 2gb ddr3 pake driver amd catalyst 15.5 beta tiap mode sleep monitor mati (bukan cpu) di gerakin mouse ato keyboard, monitor malah blank hitam ga bsa nyala, kecuali di restar pencet tombol reset baru normal lg tp pas sleep monitor gtu lg..
    kenapa yah? apa ada yang salah setingan nya atau cara instal catalyst nya? atau vga nya?
    mohon d bls min.. nyari d google ga ada solusinya..

    • Admin
      Author Reply

      Hi, coba kamu ganti driver nya ke 14.12 dulu aja yang versi final, takutnya yang 15.5 ini kan masih beta jadi kemungkinan masih ada bug

  2. Anpri
    Reply

    Min nanya saya pake laptop hp a4 5000 ,vga radeon 8330 ko vran vga nya cma 256mb kecil bnget ,klo saya tambah ram jadi 4gb ,bisa nambh ga vram vga misal jadi 512 atau 1gb gitu ,soalnya vram 256 maen game pes 2015 aja setting nya ga bagus

    • Admin
      Author Reply

      Bisa sih, tapi kayaknya harus setting lagi di Bios deh untuk set memori shared maksimalnya berapa, itupun kalau laptop kamu mendukung. Sebaiknya konsultasi dulu aja ke teknisi vendor laptop tersebut

  3. min kalo pc saya
    process:a4-4020
    vga radeon hd 6570 2gb
    ram 8gb kira-kira bisa maen game berat gk semacam gta v,kalo gk bisa apanya yg haru di update ya min,tolong jawab ya min

  4. Riefz
    Reply

    min, kalo AMD Trinity A10-5800K sama AMD Vishera FX-8320E bagusan mana ?
    kalo maen game mortal kombat x mending pake prosesor mana ?
    thanks

    • Admin
      Author Reply

      Tergantung kebutuhan, kamu butuh yang budget murah hemat daya atau mentingin performance? Kalau dua duanya sih sudah bisa main mortal kombat x, dimana kalau A10-5800K kan udah sama GPU jadi tanpa VGA diskrit udah bisa jalanin game, sedangkan FX powerful, tapi karena tidak punya GPU terintegrasi ya harus tambah VGA lagi 🙂 kalau kamu udah punya VGA mumpuni pilih FX aja

  5. irsyad
    Reply

    Min, ane punya lenovo all in one c20-05 pake proc AMD E1 6010 ram dah di update 6 gb. Kondisi saat ini ane masih belum puas sama performancenya. Kalau ane mo ganti processornya menjadi AMD A8-6410 kira-kira bisa compatible gak? Soalnya ane suka banget sama AMD, tolong ya min di kasih advisenya, thanks a lot.

  6. trituanda
    Reply

    Min mau tanya
    Saya pake asus x454wa
    Si layar nya kalau baru di nyalain suka nge blank warna item
    Terus pes 2013 nya juga suka lag
    Kira” kenapa yah min ?

    • Admin
      Author Reply

      Pastikan aktifkan maximize performance pada amd catalyst control centre bagian power play (baik battery dan plugged in nya), kalau kamu ada budget mimin sarankan untuk upgrade RAM ke 4gb ya 🙂

  7. Ayuko
    Reply

    Min, AMD APU E1 ini bisa ga buat maen game kyk di bigfishgames.com? Contoh nya kyk game time management seperti cake mania, emily’s delicious, dinner dash. Trs game2 hidden object gt. Saya msh bngung mau ngambil laptop amd ini ato intel celeron n2840.

    • Admin
      Author Reply

      Hmm mungkin kalau 4 jutaan kurang enak sih ya untuk multimedia dan ngegame, kalau 5 jutaan kamu bisa pilih #AMDNotebook dengan APU A8 🙂 seperti asus x550dp

  8. Untuk amd processor Series E1 ini apakah tidak berkurang kemampuannya dengan kondisi ram single (pasang satu keping)?
    Karena saya punya amd series A8 yang harus dipacu dual ram (dua keping ram) agar performanya maximal, dan akan turun 50% apabila menggunakan ram single (satu keping)

    • Admin
      Author Reply

      Hi Achmad, untuk AMD Processor Series E1, dirancang untuk kegiatan sehari-hari seperti menjalankan aplikasi office, atau sekedar multimedia. Dengan penggunaan RAM Single Channel, cukup untuk memenuhi kebutuhan dari laptop ini dan masih bisa di tambah performanya dengan mengupgrade RAM tambahan. 😀

  9. Saeful
    Reply

    min mau taya, saya pakek asus X454Y AMD Apu E1 7010, waktu saya beli pakek os windows 8.1 tapi karna tiba-tiba eror dan di servis ke toko tempat beli akhirnya di ganti jadi windows 7. akibatnya CD Driver nya gak bisa di instal. ini gimana solusinya..??

    • Admin
      Author Reply

      Hi Dava, mimin belum pernah coba, tapi mimin sarankan kalau untuk mau gaming mainstream lebih baik menggunakan laptop dengan minimal A8 ataupun A10 untuk performa yang lebih jos. Untuk A4 itu lebih ke hemat daya, dan kebutuhan sehari hari seperti word processing, dan lain lain 😀

  10. adeeeee
    Reply

    min saya pengguna asus x454w series, saya suka main pointblank nah masalah nya saat saya nginstal pointblank d laptop saya ko nge lag banget ya? barang kali bisa kasih saran

    tnks min^^

    • Admin
      Author Reply

      Hi Adeeeee, mimin sarankan kalau untuk gaming seperti Point Blank, kamu menggunakan laptop dengan prosesor minimal A8 ataupun A10, karena E1 itu lebih ke hemat daya dan kegiatan multimedia, dan word processing 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Syaiful, kalau untuk design mimin sarankan untuk menggunakan laptop dengan jumlah core yang banyak ataupun A8 dan jika memungkinkan upgrade RAM jadi 8gb 😀

  11. Irwan
    Reply

    Min ,lepi ane
    CPU:amd dualcore e1 6010 1.35GHz
    VGA:amd radeon tm r2

    klo buat game, spek game udh memenuhi tapi kadang patah2, kadang buat main game online sama buka chrome juga lemot, apa masalah memory vga?
    bisa diganti yg bagusan? atau diupdate?
    mohon solusinya, terimakasih…

    • Admin
      Author Reply

      Hi Irwan, kalau untuk gaming, mimin sarankan untuk menggunakan minimal A8 atau lebih, karena prosesor E1 itu merupakan prosesor yang lebih ke hemat daya dan kegiatan sehari hari seperti multimedia, Microsoft Word, Excel dan lain lain 😀

  12. Fiqri Ramadhan
    Reply

    min, saya pake Lenovo g40 amd e1 dengan ram 2gb, untuk menjalankan office atau transfer data ke fd agak lag dan berat, mungkin karna processornya hanya 1,35 ghz, karna processor gk bias di upgrade, gimana jika ram nya di upgrade bisa mengurangi lag nya juga?

    • Admin
      Author Reply

      Halo, Untuk Processor tidak bisa di upgrade. Mimin rasa, masalah yang kamu hadapi dikarenakan ukuran RAM yang dipakai hanya 2 GB.
      Mimin merekomendasikan untuk upgrade ke 4 GB. agar performa lebih baik 🙂

  13. Ustad sugiono
    Reply

    Min , mau nanya … prossr Gua amd e2 6110 APU – Radeon R2 Graphics .. Bisa Gak min Buat Main Game ? Kira2 PB bisa gak min ? :”V

  14. Rasyid
    Reply

    Lumayan lah amd e1 6010, saya udah main assassin creed high graphic, CODMW high graphic, lancar 30 – 40 fps setelah upgrade ram ke 6 gb, tapi kenapa ya GTA IV ngelag

    • Admin
      Author Reply

      Hai Rasyid. mimin sarankan kamu untuk coba ubah mode AMD Enduro ke “High-Performance” seperti yang sudah dijelaskan oleh salah
      satu komunitas AMD disni :


  15. Syafiq Majdi
    Reply

    Min mau tanya,kalau laptop ram 4 gb amd e1 radeon r2 graphic,bisa dipake game pes 2016 sama point blank garena ga????

    • Admin
      Author Reply

      Halo, Mimin belum mencoba. Kamu bisa coba tanya di grup komunitas game untuk hal ini. seharusnya sih bisa dijalankan dengan
      settingan grafis rendah. 🙂

    • Hi Tuti,

      Laptop bertenaga processor AMD E1 sangat direkomendasikan untuk menonton film HD karena didukung daya tahan baterai yang tahan lama.

      Semoga bermanfaat, salam.

  16. Hi Min,

    Mau tanya dong, Untuk AMD E1-7010 dan graphic AMD RadeonTM R5 Graphics, dalam Asus X540YA, bisa untuk editing animasi ga ya? Photoshop, Illustrator, After Effect, Flash dan premiere pro dkk

    • Admin
      Author Reply

      Hi, disarankan menggunakan A9 atau A10 agar lebih optimal, karena prosessor E1 merupakan prosessor hemat daya untuk kegiatan harian, seperti office dan browsing.

Tinggalkan Balasan