logo amd

Ringkasan Strategi Fokus AMD pada Financial Analyst Day 2015

Teknologi dan produk generasi selanjutnya didesain untuk mendorong pertumbuhan yang menguntungkan antar-gaming, platform-platform yang mendalam, dan memberikan keuntungan yang signifikan untuk datacenter

NEW YORK — May 8, 2015 — Hari ini, pada acara 2015 Financial Analyst Day yang bertempat di Nasdaq MarketSite, AMD (NASDAQ: AMD) memberikan strategi detail tahunan perusahaan untuk mendorong pertumbuhan keuntungan berbasiskan pada teknologi generasi selanjutnya yang memperkuat kinerja tinggi secara luas, diferensiasi produk-produk inti pada area gaming, platform-platform yang mendalam dan data center.

“Kami melihat peluang pertumbuhan jangka panjang yang kuat pada pasar-pasar yang berbeda dari komputer berkinerja tinggi dan kemampuan visualisasi yang hanya AMD yang bisa menyediakannya,” kata AMD President dan CEO Dr. Lisa Su. “Kami memfokuskan investasi kami pada peluang terkuat kami untuk membantu pelanggan kami dalam menciptakan produk-produk luar biasa yang mendorong batasan-batasan dan memungkinkan AMD mencapai keuntungan yang bertumbuh pada tahun-tahun mendatang.”

IP dan Core Technology Updates

AMD memamerkan sejumlah inovasi pada acara tersebut, termasuk detail pada generasi mendatang 64-bit x86 dan ARM core prosesor, core grafis masa depan yang diharapkan memberikan  peningkatan kinerja 2x per watt dibandingkan yang ditawarkan generasi saat ini[1] dan metode terobosan desain modular yang mengurangi biaya pengembangan system-on-chip (SoC) dan memercepat waktu penjualan ke pasar.

Teknologi-teknologi yang diumumkan adalah:

  • Pengembangan core prosesor baru x86 bernama Zen yang diharapkan mendorong AMD dalam memasuki pasar desktop dan server berkinerja tinggi melalui peningkatan perintah per clock di atas 40%, dibandingkan core prosesor x86 AMD saat ini. Zen juga akan berfiturkan simultaneous multi-threading (SMT) untuk jumlah material yang lebih tinggi dan sebuah subsitem cache baru.
  • Core ARM 64-bit yang pertama, core “K12” di-update. Kelas  enterprise 64-bit core ARM didesain untuk efisiensi dan cocok untuk server dan beban kerja yang embedded.
  • AMD berencana melanjutkan kepemimpinannya pada teknologi grafis dengan menawarkan  processing unit (GPU) berkinerja tinggi yang pertama di industri berfiturkan die stacked High Bandwidth Memory (HBM) menggunakan sebuah silikon 2.5D silicon berdesain interposer. AMD berencana untuk mengenalkan solusi inovatif  mengemas material itu tahun ini dengan GPU terbaru.

Selain mendiskusikan software, keamanan dan platform-platform inti lainnya, AMD menyoroti teknologi barunya, network-on-chip (NoC) yang berkinerja tinggi, sebuah pendekatan desain modular yang meningkatkan IP yang ada untuk memaksimalkan efisiensi. Desain terobosan ini diharapkan bisa lebih menurunkan biaya dan waktu jual ke pasar baik untuk produk standard AMD maupun produk-produk semi-kustom.

 “Kami melipatgandakan investasi kami pada IP core dalam mensejajarkan kekuatan pengembangan tradisi kami untuk memenuhi kebutuhan pasar utama bagi kinerja dan pilihan kustomer melalui kinerja tinggi, 64-bit x86 yang terukur dan core ARM CPU dan melanjutkan kepemimpinan grafis,” kata Mark Papermaster, senior vice president and chief technology officer, AMD. “Selain itu, kami telah membangun sebuah sistem untuk desain modular pada teknologi baru kami network-on-chip yang didesain untuk secara substansial meningkatkan pengembangan lebih ringan.”

Update Segmen Computing dan Graphics

Selain itu, AMD mengumumkan update dari produk roadmap Computing and Graphics (CG) untuk accelerated processing unit (APU),central processing unit (CPU),dan produk GPU yang direncanakan akan dikenalkan pada sekitar tahun 2016. Produk-produk akan datang itu memenuhi prioritas utama kustomer, termasuk peningkatan kinerja, beterai yang berusia lebih panjang dan peningkatan efisiensi energi. AMD juga menyediakan detail-detail lebih lengkap dan mendemonstrasikan generasi ke-6 dari APU A-Series, yang sebelumnya bernama Carrizo, sama dengan yang ditawarkan GPU generasi selanjutnya yang akan diluncurkan beberapa bulan ke depan.

Update produk roadmap CG AMD adalah:

  •  AMD FX CPU baru berbasiskan pada core Zen dan dibangun menggunakan proses teknologi  FinFET. Berfiturkan jumlah core tinggi dengan SMT atau jumlah material dan kompatibilitas DDR4, CPU-CPU itu akan berbagi infrastruktur  AM4 socket dengan APU Desktop AMD 2016.
  • APU AMD generasi ke-7 akan memampukan sebuah pengalaman discrete-level GPU dan kinerja penuh HSA di dalam FP4 Ultrathin Mobile Infrastructure.
  • Generasi mendatang GPU berkinerja tinggi akan berbasis pada proses teknologi  FinFET , yang akan berkontribusi pada penggandaan kinerja per watt. Grafis discrete canggih ini akan menyertakan teknologi HBN generasi kedua.

Update Segmen Enterprise, Embedded,dan Semi-Custom

AMD mendetailkan strategi jangka panjang untuk Enterprise, Embedded dan Semi-Custom Business Group (EESC) guna menumbuhkan sejumlah prioritas tinggi pasar yang berbasiskan pada core CPU dan GPU berkinerja tinggi yang memungkinkan kustomer untuk membangun solusi-solusi diferensiasi. Wacana paling dekat adalah akan memberikan fokus lanjutan pada kemampuan skalabilitas, solusi-solusi semi-kustom dan pertumbuhan di dalam kanal embedded. Melihat ke depan, generasi mendatang core Zen dan K12 akan memberikan kinerja tinggi pada datacenter, sebuah ruang di mana AMD berencana untuk mendapatkan kembali pangsa pasar dengan portofolio yang didalamnya ada prosesor x86 dan ARM, meningkatkan efisiensi daya, dan memperbarui pasar server berkinerja tinggi x86.

 “IP AMD berkinerja tinggi, metode desain modular efisien dan evolusi model bisnis semi-kustom akan memerkuat peluang pada pasar-pasar multi,” kata Forrest Norrod, senior vice president and general manager, EESC. “ Tambahan untuk mengendalikan pertumbuhan berkelanjutan pada bisnis semi-kustom dan embedded kami, kami menegaskan kembali komitmen kami untuk server komputasi berkinerja tinggi yang berbasis pada sejumlah produk baru yang kami tawarkan.”

Detail AMD EESC roadmap adalah:

  • Prosesor AMD Opteron™ generasi baru, berbasikan pada core  “Zen” yang mentargetkan server-server mainstream yang akan memampukan sejumlah besar spektrum dari beban kerja dengan peningkatan signifikan dalam  I/O dan kapasitas memori.
  • Membangun ketersediaan sistem berbasis  “Seattle”- dalam tahun ini, rencana detail untuk generasi selanjutnya dari prosesor ARM berfiturkan core “K12”.
  • AMD juga memberikan sekilas  kinerja tinggi APU baru yang ditargetkan untuk  pasar HPC dan workstation yang ditujukan untuk memberikan peningkatan-peningkatan secara masif pada aplikasi-aplikasi vektor dengan kinerja grafis skala tinggi, kemampuanHSA, dan asitektur memory yang dioptimalkan.

 

Sumber-sumber Pendukung:

[1] Based on internal AMD estimates for 2016 Graphics Core Next GPU compared to previous generation GPU

Leave a Reply