6th Generation APU "Carrizo"

[COMPUTEX] Hands-On Notebook AMD 6th Generation APU “Carrizo”

6th Generation APU "Carrizo"
Hands-On AMD 6th Generation APU “Carrizo”

Sesuai janji, kali ini kita akan membahas kemampuan dari notebook yang berbasis 6th Generation APU“Carrizo” ini. Pada peluncurannya kemarin, AMD membawa beberapa unit notebook prototype (tanpa merk) yang mendemokan beberapa pengujian. Penasaran seperti apa kemampuan 6th Generation APU ini? Simak terus artikelnya berikut!

6th Generation APU "Carrizo"Inilah wujud notebook prototype AMD dengan 6th Generation APU.

Notebook dengan 6th Generation APU pertama yang dibawa AMD menggunakan form factor classic clamshell. Namun dapat dipastikan 6th Generation APU ini nanti akan hadir dalam berbagai bentuk menarik dan ditujukan untuk berbagai segmen pengguna. Hal tersebut dapat diwujudkan karena APU ini sudah mengadopsi arsitektur SoC (System on Chip) yang efisien, baik dari segi konsumsi daya, maupun ukuran yang lebih ringkas. Mari kita lihat “jeroan” dari notebook berbasis 6th Generation APU ini.

6th Generation APU "Carrizo"

Isi dari notebook prototype 6th Generation APU.

Adam Kozak berbaik hati memberikan kesempatan untuk “menelanjangi” isi dari notebook prototype 6th Generationn APU ini. Dari ukuran keseluruhan notebook, dapat dilihat bagian utama hardware APU ini hanya memakan tempat sekitar 1/4-nya saja! Seperti penjelasan diatas, hal tersebut dapat dilakukan karena APU ini sudah mengadopsi arsitektur SoC yang mengintegrasikan north dan south bridge kedalam APU, yang biasanya pada notebook konvensional berada pada bagian motherboard. Jadi tidak mengherankan jika nanti kita bisa melihat 6th Generation APU dalam bentuk tablet 2-in1 ataupun notebook berukuran yang sangat tipis dan mungil, namun tetap bertenaga.

6th Generation APU "Carrizo"

Saat peluncurannya, terdapat 3 varian 6th Generation APU“Carrizo”, yaitu FX-8800P, A10-8700P, dan A8-8600P.

Varian 6th Generation APU yang digunakan pada notebook prototype AMD adalah FX-8800P. APU tipe ini adalah varian teratas untuk 6th Generation APU “Carrizo” dengan spesifikasi prosesor QuadCore (4 true core) menggunakan kecepatan maksimal 3,4GHz (Boost), GPU 8 Cores dengan clock 800MHz, dan memory hingga DDR3 2133MHz. Yang menarik adalah, dengan spesifikasi se-“gahar” itu, AMD hanya mematok TDP (Thermal Design Point) dari 6th Generation APU dengan range 12W-35W, atau angka optimalnya pada TDP 15W saja!

Pengujian Komputasi 6th Generation APU“Carrizo”

6th Generation APU "Carrizo"

Pengujian komparasi notebook 6th Generation APU APU FX-8800P VS Core i5-5200u Broadwell.

Salah satu kekuatan utama dari APU AMD sejak dari generasi Kaveri adalah, kemampuannya untuk melakukan komputasi tidak hanya mengandalkan kemampuan prosesor saja, tetapi AMD dapat menggunakan resource dari kemampuan GPU yang ada didalam APU tersebut untuk turut melakukan komputasi menjadi lebih maksimal, atau biasa disebut juga dengan HSA/OpenCL. Kini 6th Generation APU ini sudah siap untuk mengeksekusi HSA 1.0 yang memiliki performa jauh lebih baik, dan akan semakin banyak digunakan dimasa mendatang (Windows 10).

Dari serangkaian pengujian aplikasi komputasi yang dilakukan antara FX-8800P (6th Generation APU) VS Core i5 5200u (Broadwell), terlihat notebook AMD lebih unggul dalam mengeksekusi berbagai aplikasi yang diujikan seperti Adobe Photoshop CC, WinZip, dan Adobe Premiere Pro CC.

Begitu saat dilakukan pengujian multitasking pada berbagai aplikasi office sehari-hari seperti Excell, Outlook, Powerpoint dan pada saat yang bersamaan notebook melakukan streaming konten 4K. Terlihat jika notebook kompetitor tidak dapat bersaing dengan notebook berbasis 6th Generation APU ini.

Pengujian Video Playback 4K

Salah satu fitur utama yang ditawarkan AMD pada 6th Generation APU adalah tertanamnya chip HEVC (High Eficiency Video Coding) yang dapat membantu prosesor untuk melakukan pengolahan video dengan resolusi tinggi (4K) tanpa membebankan pada prosesor. 6th Generation APU ini merupakan prosesor notebook pertama yang dilengkapi dengan HEVC .

6th Generation APU "Carrizo"

Notebook dengan 6th Generation APUdapat memutar konten video 4K dengan sangat mulus, tetapi load yang dibebankan prosesor tidak lebih dari 15% saja.

6th Generation APU "Carrizo"

Notebook Core i5 tampak cukup berat dan tidak dapat berjalan mulus saat menjalankan konten video 4K. Terlihat pada beban ke empat prosesor yang mencapai hingga 99%, kewalahan untuk melakukan decoding konten resolusi tinggi.

Hardware HEVC yang dibenamkan kedalam 6th Generation APU ini terbukti mampu memberikan keunggulan telak bagi AMD terhadap kompetitor saat melakukan video playback dengan resolusi 4K. Tidak sampai disitu saja, selain performanya yang sangat tinggi dalam hal video playback, notebook berbasis 6th Generation APU ini juga dapat berjalan jauh lebih efisien, berimbas pada hematnya daya baterai yang digunakan hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan prosesor APU generasi sebelumnya.

Pengujian Gaming

6th Generation APU "Carrizo"6th Generation APU yang sudah siap untuk DirectX 12, skor pengujian drawcall menunjukkan peningkatan mencapai 7x lipat lebih tinggi dibandingkan DirectX 11.

Gaming dengan AMD? Tentu saja keduanya merupakan pasangan yang serasi! Apalagi kini 6th Generation APU sudah dipersenjatai dengan GPU teknologi GCN generasi terbaru yang lebih optimal dengan beberapa fitur baru, dan tentu saja mendukung DirectX 12 sebagai standar gaming di masa mendatang.

6th Generation APU "Carrizo"

Dota2 1080p Max Setting

6th Generation APU "Carrizo"

League of Legends 1080p Max Setting

Dota2 dan League of Legends cukup mewakili sebagai game PC yang paling banyak dimainkan oleh gamer di seluruh dunia saat ini. Kedua game ini dapat dimainkan dengan sangat lancar diatas 30 fps menggunakan 6th Generation APU “Carrizo” tanpa memerlukan kartu grafis diskrit. Namun jika Anda seorang gamer yang menginginkan pengalaman gaming lebih tinggi lagi, AMD masih akan memberikan fitur Dual Graphics yang lebih sempurna dengan kartu grafis diskrit Radeon. Varian dengan kartu grafis R9 juga mungkin akan ditemukan pada varian notebook gaming kelas atas.

6th Generation APU "Carrizo"

Daya tahan baterai hampir dua kali lipat lebih lama saat bermain game tanpa charger

Daya tahan baterai juga kini menjadi lebih tahan lama jika dibandingkan dengan APU berbasis Kaveri sebelumnya. Hal ini dapat tercapai karena arsitektur 6th Generation APU yang lebih efisien.

Gaming dan streaming sekaligus? Kenapa tidak. Kedua kegiatan ini dapat dilakukan sekaligus dengan lancar pada notebook 6th Generation APU ini. Dibandingkan dengan notebook kompetitor, 6th Generation APU “Carrizo” dapat memberikan performa konstan dan stabil pada frame rate yang lebih tinggi.

IPC Lebih Tinggi Dengan Daya Lebih Efisien!

6th Generation APU "Carrizo"

Pada slide yang ditunjukkan saat perilisan 6th Generation APU ini, disebutkan jika Carrizo akan memiliki peningkatan IPC atau disebut juga Instruction per Clock sekitar 15% jika dibandingkan dengan APU generasi sebelumnya. Menggunakan pengujian Cinebench R15 yang hanya membebankan kemampuan prosesor, APU FX-8800P menghasilkan skor 271cb, atau sekitar 30 poin lebih tinggi dibandingkan dengan APU FX-7600P “Kaveri”. Hasil tersebut membuktikan jika pernyataan mengenai peningkatan IPC pada 6th Generation APU ini benar adanya.

Fakta lain yang lebih mengejutkan adalah, skor lebih tinggi yang dihasilkan APU FX-8800P ternyata menggunakan turbo clock lebih rendah 200 MHz (3,4GHz) dibandingkan FX-7600P yang menggunakan turbo clock maksimal 3,6GHz. Fakta tersebut menunjukkan jika peningkatan performa clock per clock ratio 6th Generation APU ini bisa mencapai lebih dari 15% jika diujikan pada kecepatan clock yang sama. CPU-Z mendeteksi jika FX-8800P ini tercatat menggunakan maksimum TDP 15 Watt saja. Namun hal ini belum bisa dikonfirmasikan akurasinya, mengingat ini adalah APU 6th Gen pertama yang diujikan,  ada kemungkinan jika CPU-Z belum bisa membaca detail APU ini dengan akurat.

Penutup

6th Generation APU "Carrizo"

Secara keseluruhan, performa yang ditawarkan oleh 6th Generation APU ini patut diacungi jempol! Yang lebih luar biasa lagi, dari peningkatan performa yang diberikan baik dari segi komputasi, video playback, maupun gaming, pada saat yang bersamaan AMD juga memberikan peningkatan efisiensi daya yang jauh lebih baik. Dengan range harga 400-700$, notebook berbasis 6th Generation APU ini dapat menjadi notebook terbaik dikelasnya. Mari kita tunggu saja kehadirannya di Indonesia tidak lama lagi!

2 comments

  1. dandi
    Reply

    Halo, Min bagaimana dengan Laptop Toshiba satelite Radius E45DW AMD FX-8800P, Ram 4GB, AMD Radeon R7 Graphics up to 4 GB DDR3 (12 core) (3810 Shared, 512 Dedicated). Apakah sanggup untuk play GTA V? dan editing video (sony vegas) ? terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Dandi, maaf mimin belum pernah coba laptop ini, jadi mimin kurang tahu 🙂 Tapi berdasarkan spesifikasi laptopnya, sudah cukup untuk keperluan editing video. Kalau untuk memainkan game GTA V, mimin sarankan untuk meng-upgrade RAM-nya menjadi Dual Channel (jika memungkinkan) 😀

Tinggalkan Balasan