AMD APU A4

GAMING REVIEW: Yuk Simak Kemampuan Gaming Notebook Entry-Level AMD APU A4 Quad Core “Beema” yang Tak Terduga!

Bagi Anda pelajar dan mahasiswa yang menginginkan notebook terjangkau untuk tugas harian namun sekaligus juga bisa diandalkan untuk gaming ringan dan bahkan game online di sela waktu luang, notebook bertenaga AMD APU A4 Quad Core berarsitektur “Beema merupakan rekomendasi tepat untuk Anda. Mengapa? Walau termasuk dalam jajaran notebook entry-level tak disangka-sangka notebook ini ternyata mampu menjalankan proses yang membutuhkan tenaga besar seperti menjalankan game terkini! Anda bisa menilai sendiri setelah membaca pembuktian kami melalui artikel ini yang akan menguji salah satu varian notebook bertenaga AMD APU A4: Lenovo G40-45 dengan prosessor AMD APU A4-6210 Quad Core berkecepatan hingga 1,8 GHz.

Sebelum masuk ke pengujian ada baiknya membahas spesifikasi umum notebook yang akan diujikan. Notebook ini  menyediakan ukuran layar 14” yang mengizinkan Anda menikmati sajian film dan visual gaming memadai hingga kualitas HD berkat Radeon R3 Graphics terintegrasi APU. Tak hanya itu, notebook ini juga sudah memiliki hard disk berkapasitas besar hingga 500GB sehingga Anda tak perlu pusing lagi mencari tempat menyimpan koleksi game, musik, film atau foto favorit Anda. Belum lagi adanya RAM bawaan sebesar 2GB yang masih bisa ditingkatkan lagi dimana sangat mendukung keperluan multitasking. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, harga Rp 3.599.000,00 tentu terbilang sangat ramah di kantong.

AMD APU A4

Dibanderol dengan harga 3 jutaan Anda bisa Mendapatkan Notebook Lenovo G40-45 yang bisa Diandalkan untuk Berbagai Keperluan

Penasaran bagaimana performa gaming dari notebook entry-level satu ini? Mari kita simak pengujiannya sebagai berikut.

Metode Pengujian

Kami sengaja memilih beberapa judul terkenal seperti Grid Autosport, Pro Evolution Soccer 2015,dan Tomb Raider yang terbilang populer di kalangan gamers, khususnya di Indonesia dengan tujuan memudahkan pembaca di Indonesia mendapat acuan umum yang mudah dipahami. Sedangkan untuk sistem operasi kami menggunakan Windows 8.1-32 bit dan driver AMD Catalyst 13.3 yang sudah disediakan oleh vendor dan sengaja mengatur Power Plan pada AMD Catalyst Control Centre ke Maximize Performanceuntuk mendapatkan performa paling maksimal dari notebook ini.

AMD APU A4
 AMD APU A4

AMD Catalyst Driver 13.3 dengan Pengaturan Power Plan “Maximize Performance” untuk Dapatkan Performa Tertinggi

 

GRID AUTOSPORT

Ingin merasakan ketegangan menjadi seorang pembalap? Anda bisa mendapatkannya dengan memainkan game GRID Autosport berikut ini. Pada saat memainkan game balap GRID Autosport kami melakukan pengaturan resolusi di 1366x768p (HD) dan Quality di Ultra Low dengan menggunakan Multisampling 2xMSAA. Anda bisa melihat pengaturanselengkapnya pada gambar berikut.

AMD APU A4

AMD APU A4

Pengaturan in-game GRID Autosport pada Pengujian Notebook bertenaga AMD APU A4 Quad Core “Beema”

Ternyata hasil pengujian kami membuktikan bahwa notebook bertenaga AMD APU A4 Quad Core “Beema” layak dipakai untuk menjalankan game populer terkini seperti GRID Autosport karena hasil pengujian menghasilkan angka-angka yang terbilang tinggi, dimana minimum FPS mencapai 30 FPS, FPS rata-rata mencapai 53 FPS dan maksimum FPS mencapai hingga 67 FPS.

AMD APU A4

Pro Evolution Soccer 2015

Bagi Anda yang gemar dengan permainan sepak bola pasti tahu game populer Pro Evolution Soccer (PES 2015) berikut yang dikembangkan oleh perusahaan game ternama KONAMI. Kali ini kami akan melakukan pengujian kemampuan gaming PES 2015 pada notebook bertenaga AMD APU A4-6210 Quad Core dengan pengaturan Quality Low dan resolusi HD (1280x720p).

AMD APU A4

Hasil yang didapatkan ternyata sangat memuaskan! Dengan standar ukuran minimal memainkan game lancar adalah sebesar 30 FPS, bisa disimpulkan bahwa Anda tidak akan mengalami hambatan berarti dikarenakan notebook ini mampu mencapai FPS rata-rata hingga 55 FPS dan maksimum 63 FPS dalam memainkan game olahraga satu ini. Tentunya permainan Anda akan semakin seru dan terasa senyata aslinya tanpa adanya lag yang mengganggu.

Tomb Raider

Masuk pada pengujian terakhir kami sengaja memilih game yang paling berat di antara seluruh game yang sudah kami ujikan, yakni Tomb Raider, untuk membuktikan bahwa notebook bertenaga AMD APU A4 tidak hanya mampu menangani pekerjaan ringan namun juga mampu melibas game 3D berat terkini yang biasanya memerlukan spesifikasi tinggi untuk dimainkan. Kami melakukan pengujian pada pengaturan rendah di resolusi 800x600p dan Quality Low.

AMD APU A4

AMD APU A4

Pengaturan in-game Tomb Raider pada Pengujian Notebook bertenaga AMD APU A4 Quad Core “Beema”

 

Bisakah Anda menebak berapa angka FPS yang berhasil kami dapatkan? Mungkin Anda tidak mengira bahwa sebuah notebook entry-level dengan spesifikasi standar RAM 2GB, tanpa tambahan GRAFIS DISKRIT dan hanya mengandalkan APU A4-6410 Quad Core 1,8 GHz ini bisa mendapatkan angka FPS rata-rata hingga 36 FPS dan angka maksimum mencapai 42 FPS saat memainkan game yang terbilang berat ini. Tentunya dengan angka setinggi ini terbukti bahwa Anda masih bisa menikmati game 3D dengan kualitas permainan yang mulus tanpa hambatan dengan notebook bertenaga AMD APU A4 Quad Core “Beema”.

AMD APU A4

AMD APU A4

Permainan Tomb Raider berjalan Lancar pada Notebook AMD APU A4 Quad Core “Beema” dimana Mampu Mencapai Angka Maksimum 42 FPS

Kesimpulan

Opini mengenai jajaran notebook entry-level yang seringkali dicap sebagai notebook yang hanya mampu menjalankan aplikasi-aplikasi minimalis ternyata mampu dibantah dengan adanya notebook bertenaga AMD APU A4 Quad Core “Beema” yang berhasil melewati berbagai pengujian. Notebook ini terbukti mampu menjalankan kegiatan yang menuntut kinerja cukup tinggi seperti aplikasi multimedia dan bahkan gaming 3D populer sekelas Grid Autosport, PES 2015 & Tomb Raider hanya dengan spesifikasi standar dan RAM bawaan sebesar 2GB saja! Jadi bagi Anda yang menginginkan notebook serba bisa berperforma mumpuni sekaligus hemat daya dengan biaya yang terjangkau, tak perlu merasa ragu lagi! Yuk segera beli notebook ini di toko terdekat di kota Anda sebelum kehabisan.

29 comments

  1. Frans Bastian
    Reply

    Min kenapa tidak make driver 15.7 :v kan udah hebat tuh drivernnya 🙂 dan ane juga udah install drivernya dan hasilnya memuaskan gan dan benar2 sudah saya uji di laptop X550ZE FX Series gan. :). Dan buat agan2 yang ingin ngincar laptop ini ato bagi sudah beli ane ingin mempromosikan grup kami gan 🙂 ini linknya : https://www.facebook.com/groups/371259483063712/?ref=bookmarks silahkan bergabung yang ingin berdiskusi seputar XZE dan AMD. Sekian.Terimakasih. 🙂

  2. sabda
    Reply

    Min, ada ga artikel/link/rekomendasi laptop amd untuk design grafis, harga 5 jutaan kebawah.. udah searching2 belom ketemu2..thanks

    • Admin
      Author Reply

      Untuk desain grafis sepertinya memang kurang jika menggunakan laptop dengan harga 5 jutaan ke bawah, karena spek yang dibutuhkan berat, sebaiknya beli laptop dengan harga 7 jutaan untuk desain grafis yang intens atau berat. Tapi kalau hanya sekedar photoshop sih bisa pakai yang 5 jutaan ke bawah contoh Lenovo G40-45 A8 atau Acer E5-421 A6

  3. Luqman
    Reply

    Min, rencana saya mau beli laptop dgn budget ~5jt
    nah kbtulan saya lirik Asus X550DP, dgn A8 & Dual Graphic (HD8550G + HD8670M)

    sebenernya kebutuhan saya itu, buat dibidang multimedia & gaming. Kebetulan jg saya mw upgrade-in jadi Windows 10.

    kira2 worth it g ya,min? trus buat laptop dgn spek ky gtu, apa driver’y cocok & support bwt di windows 10 ,yg dgn fitur Dx 12?

    -makasih min, sebelumnya

    • Admin
      Author Reply

      Untuk ASUS X550DP A8 ini udah support windows 10 dan DX 12 kok 😀 soalnya graphicnya udah GCN. Untuk multimedia dan gaming juga udah mumpuni karna udah pakai 2 grafik yang bisa di dual 😀 Tapi untuk gaming yang berat mungkin hanya bisa sampai set low-medium. Kalau untuk gaming kasual sih lancar banget 😀

  4. lin
    Reply

    min, rencana saya mw beli laptop dg budget -6jt
    kebutuhannya buat multimedia desain grafis, termasuk editing video
    ada rekomendasi laptop min?

  5. Ardian
    Reply

    Min ane juga punya laptop mirip spek itu
    Tapi merek acet ES1-421-43DM
    Masa Gak bisa GTA V kan kalau Ram diupgrade Sampai 16gb dan vga juga amd r3 di gta v minimumnya juga amd radeon hd 5000an?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Ardian, prosesor A4 itu lebih ke hemat daya, dan untuk gaming memang disarankan untuk menggunakan minimal A8 😀
      Jadi besarnya kapasitas VRAM itu di-shared secara otomatis oleh APU-nya sendiri dan disesuaikan dengan pemakaiannya, dengan arti bahwa pada saat menjalankan aplikasi berat seperti gaming, VRAM akan bertambah sampai dengan 2 GB maksimal tergantung RAM utama yang terpasang, dan begitu juga sebaliknya. 😀

  6. Fandy Ahmad
    Reply

    Min Amd A6 6310 + Radeon HD R4 6310 + 6Gb Ram itu software yang bagusnya versi berapa ya ? Soalnya dicoba buat main game DOTA 2 sama GTA IV itu Fps cuma rata-rata di 20an dan terkadang bisa sampai turun jadi 8 Fps, padahal udah di setting Gaming + High Perfomance.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Tama, mimin belum mencobanya namun berdasarkan spesifikasi yang ada seharusnya bisa memainkanya dengan baik, mimin rekomendasikan untuk menggunakan Ram 4GB agar hadirkan pengalaman bermain game yang lebih baik 🙂

Tinggalkan Balasan