R9 Nano

AMD Radeon™ R9 Nano: Si Mini yang Sanggup Libas Game 4K!

R9 Nano

R9 Nano

AMD Radeon R9 Nano merupakan salah satu dari keluarga kartu grafis terbaru AMD yang menggunakan Graphics Processing Unit (GPU) dengan core Fiji berteknologi revolusioner High Bandwidth Memory (HBM). AMD R9 Nano diluncurkan secara resmi pada tanggal 27 Agustus 2015 sebagai kartu grafis mini-ITX (6.7″ x 6.7″) dengan ukuran hanya 6″, nyaris tidak melebihi ukuran PCI Express (PCIe) sewaktu dipasang pada motherboard! Tentunya dengan ukuran yang sangat mungil, kartu grafis Radeon™ R9 Nano tidak akan memakan tempat banyak pada ruangan Anda, sangat pas sekali untuk user yang mementingkan small form factor dari sebuah PC.

R9 Nano

R9 Nano

Ukuran Mungil Tidak Lebih dari 6” Membuat Radeon™ R9 Nano Sangat Menghemat Tempat

Namun jangan salah, walaupun ukurannya termasuk mungil, grafis Radeon™ R9 Nano ini merupakan satu-satunya grafis mini-ITX yang mampu melibas gaming hingga resolusi ULTRAHD 4K dengan sempurna lho! Hal ini dikarenakan AMD Radeon™ R9 Nano ditenagai oleh GPU core yang persis sama dengan yang ada pada kartu grafis tertinggi AMD saat ini yakni AMD Radeon™ R9 Fury X, dengan 4.096 Stream Processors (SP), 4GB High Bandwidth Memory (HBM) dan bandwidth 4.096-bit. Tak heran jika kartu grafis ini digelari sebagai kartu grafis mini-ITX tercepat di dunia!1

R9 Nano

Spesifikasi Teknis Lengkap Radeon™ R9 Nano

R9 Nano

Dibanding Grafis Mini-ITX lainnya, Radeon™ R9 Nano Merupakan Satu-Satunya Yang Mampu Libas Gaming UltraHD 4K dengan Maksimal

Anda bisa melihat sendiri keunggulan performa grafis mini-ITX AMD Radeon™ R9 Nano pada pengujian gaming di resolusi 4K2 berikut ini. Pada pengujian tersebut jelas terlihat bahwa Radeon™ R9 Nano mampu lebih cepat setidaknya 30%3 jika dibandingkan dengan grafis kompetitor NVIDIA GeForce GTX 970 mini-ITX saat menjalankan game terbaru berspesifikasi berat seperti The Witcher 3, Shadow of Mordor, GTA V, Far Cry 4, Crysis 3 & Battlefield 4.

R9 Nano

Tapi walaupun AMD Radeon™ R9 Nano merupakan kartu grafis mini-ITX dengan performa tinggi, Anda tak perlu khawatir soal tagihan listrik. Hal ini dikarenakan AMD Radeon™ R9 Nano juga merupakan kartu grafis mini-ITX yang sangat efisien dalam penggunaan daya. Bayangkan, sebuah AMD Radeon™ R9 Nano hanya mengkonsumsi daya sebesar 175 Watt! Hal ini dibuktikan dengan desainnya yang hanya membutuhkan 1 buah power connector 8-pin dari power supply sebagai sumber tenaga.

Tak hanya itu, performa tinggi dari AMD Radeon™ R9 Nano juga tidak menyebabkan kartu grafis ini menjadi bising ataupun panas. Terbukti walau hanya menggunakan sebuah kipas sebagai sistem pendingin, AMD Radeon™ R9 Nano mampu mempertahankan suhu di kisaran 75°C dengan tingkat kebisingan hanya 16 Dba yang setara dengan kesunyian di sebuah perpustakaan.

R9 Nano

Radeon™ R9 Nano Mampu Mempertahankan Suhunya di Kisaran 75°C Pada Pemakaian Standar

R9 Nano

Noise Radeon™ R9 Nano Saat Beroperasi Sangat Minim Setingkat dengan Suara di Perpustakaan!

Keunggulan dari segi ukuran, suhu & performa ini tak lain tak bukan disebabkan oleh rancangan Radeon™ R9 Nano yang memiliki desain industri premium! Bahan aluminium dan metal pada rangka luar, membuat kartu grafis ini kokoh dan tak mudah rusak oleh benturan. Sistem pendingin yang digunakan juga sangat berkualitas menggunakan Dual Vapor Chamber & Heat-Pipe Thermal Solution yang mampu meningkatkan efisiensi sebaran panas, konduktivitas suhu yang lebih baik dan mengurangi berat dari kartu grafis itu sendiri sehingga cukup ringan dibawa-bawa. Kartu grafis ini juga sudah dilengkapi dengan Heat-Pipe tambahan untuk mendinginkan Voltage Regulator secara terpisah. Ditambah dengan desain chip GPU berbasis High Bandwidth Memory (HBM) yang menerapkan desain bertingkat untuk penempatan memorinya, memungkinkan kartu grafis ini mampu menghemat ruang pada Printed Circuit Board tanpa menghilangkan kemampuannya untuk menghasilkan tenaga olah grafis yang powerful.

R9 Nano

R9 Nano

Desain Radeon™ R9 Nano Dibuat Sangat Premium Untuk Menghasilkan Kualitas Terbaik Bagi Pengguna

AMD Radeon™ R9 Nano juga telah menggunakan arsitektur Graphics Core Next (GCN) versi terbaru yakni GCN 1.2 yang sudah mendukung low-level API termutakhir seperti DirectX 12, Vulkan, dan Mantle dari AMD dimana mampu mempercepat performa saat gaming. Selain mendukung ke-3 low-level API tersebut, AMD Radeon™ R9 Nano juga telah mempunyai fitur eksklusif dari AMD, diantaranya:

Virtual Super Resolution (VSR)

R9 Nano

Virtual Super Resolution (VSR) memberikan Anda akses kepada tingkat resolusi lebih tinggi dari yang sanggup ditampilkan oleh layar secara native. Fitur ini berguna untuk memperluas tampilan pada layar hingga menghasilkan kualitas gambar lebih halus berkat kepadatan pixel lebih tinggi. Dengan fitur ini Anda bisa menampilkan gambar sekelas 4K pada layar 1080p lho!

AMD Freesync

R9 Nano

AMD Freesync berguna untuk menyelaraskan jumlah frame per detik yang digambar oleh kartu grafis dengan jumlah frame yang ditampilkan oleh layar monitor sehingga mencegah timbulnya efek patah-patah atau stuttering saat menjalankan game favorit Anda.

AMD Eyefinity

R9 Nano

AMD Eyefinity memungkinkan Anda menggabungkan hingga 6 layar dengan kartu grafis AMD Radeon™ R9 Nano yang memiliki 3 Displayport 1.2 dan 1 port HDMI. AMD Eyefinity berguna untuk memperluas tampilan dan meningkatkan produktivitas saat melakukan pekerjaan maupun untuk pengalaman gaming yang lebih immersive.

AMD LiquidVR™

 R9 Nano

AMD LiquidVR™ merupakan teknologi khusus yang ditanamkan pada grafis Radeon™ high-end yang bertujuan untuk mewujudkan pengalaman Virtual Reality tanpa cela, tanpa latensi serta penyajian gambar dengan frame rate konsisten sehingga membuat pengguna bisa merasakan pengalaman Virtual yang persis sama seperti di dunia nyata.

AMD Crossfire

R9 Nano

Jika Anda memerlukan kekuatan grafis lebih dari satu untuk resolusi lebih tinggi, kualitas gambar lebih baik, frame rates lebih banyak dan jalankan berbagai aplikasi berat & gaming 4K, Anda dapat memasang hingga 4 kartu grafis AMD Radeon™ R9 Nano untuk performa yang sangat luar biasa! AMD Radeon™ R9 Nano sudah mendukung teknologi multi GPU AMD Crossfire™ melalui XDMA sehingga Anda tidak lagi memerlukan Crossfire Bridge. Anda cukup memasang kartu grafis AMD Radeon™ R9 Nano pada slot PCIe yang tersedia dan mengaktifkan fitur Crossfire™ melalui AMD Catalyst Control Center.

Frame Rate Target Control

R9 Nano

Frame Rate Target Control atau yang disingkat dengan FRTC merupakan teknologi terbaru yang berguna untuk membatasi frame per detik yang dihasilkan oleh kartu grafis sesuai dengan kemampuan layar monitor. Teknologi ini memungkinkan Anda untuk menghemat energi listrik yang diserap kartu grafis, meminimalkan noise dan panas sehingga kartu grafis AMD Radeon™ R9 Nano Anda menjadi lebih efisien, sunyi dan lebih dingin dengan performa yang tetap optimal.

R9 Nano

R9 Nano

AMD Radeon™ R9 Nano memungkinkan Anda membangun PC berukuran mini dengan kemampuan gaming 4K dan Virtual Reality (VR) yang sangat mumpuni, tak kalah dengan AMD Radeon™ seri tertinggi saat ini Radeon™ Fury X! Ia mampu hadir dengan kemasan lebih kecil, menggunakan energi lebih sedikit, dan berpendingin udara berkat desain industri premium dan mutakhir dengan penggunaan memori berbasis HBM. Tentu Anda setuju, revolusi yang diwujudkan AMD melalui Radeon™ R9 Nano ini merupakan sebuah mahakarya yang membuka banyak kemungkinan baru di dunia kartu grafis, salah satunya dengan mematahkan teori kartu grafis high-end  haruslah berukuran besar dan menggunakan liquid-cooling. Berkat AMD, kini Anda bisa menikmati gaming resolusi tinggi tanpa khawatir mengenai tagihan listrik, masalah panas ataupun sempitnya space di ruangan Anda.

Catatan:

 

  1. Pengujian dilakukan oleh teknikal AMD pada referensi sistem optimal untuk AMD. Konfigurasi berbeda dapat menyebabkan hasil yang berbeda pula. 3DMark FireStrike pada resolusi 3840×2180, Ultra preset, 0xMSAA, 0XAF dipakai untuk mensimulasikan performa GPU; Radeon™ R9 Nano memakai sistem dengan prosessor Intel® Core™ i7-5960X 3.0GHz processor, memori 16GB (4x4GB) DDR4 2666 MHz, Windows 10 64-bit, dan AMD Catalyst Driver 15.201 mendapatkan angka 3411 sementara Sapphire Radeon™ R9 380 Mini ITX pada sistem yang sama dengan AMD Catalyst Driver 15.20 mendapat angka 1551, GTX 970 Mini ITX pada sistem yang sama dengan GeForce Driver 355.60 WHQL mendapat angka 2593, GTX 960 Mini ITX pada sistem yang sama dengan GeForce Driver mendapat angka 1297 GRDT-73.

 

  1. Pengujian dilakukan pada 17 Agustus 2015 dalam Lab Performa AMD dengan AMD Radeon™ R9 Nano vs. NVIDIA GeForce GTX 970 Mini ITX resolusi 4K. Games yang diujikan menggunakan pengaturan sebagai berikut: Battlefield 4, 3840×2160, High, FXAA, 0XAF; Crysis 3, 3840×2160, High, 0XAA, 0XAF; Far Cry 4, 3840×2160, High, SMAA, 0XAF; GTA V, 3840×2160, High, 0XAA, 4XAF; Shadow of Mordor, 3840×2160, High, 0XAA, 0XAF; Witcher 3, 3840×2160, High, 0XAA, 0XAF. Konfigurasi sistem: Sistem Pengujian menggunakan prosessor Intel® Core™ i7-5960X 3.0GHz, 16GB (4x4GB) DDR4 2666 MHz memory, Windows 10 64-bit. AMD Catalyst Driver 15.201 and NVIDIA 355.60 WHQL Driver GRDT-78.

 

  1. Pengujian dilakukan oleh teknikal AMD pada referensi sistem optimal untuk AMD. Konfigurasi berbeda dapat menyebabkan hasil yang berbeda pula. Far Cry 4 pada 3840×2180, Ultra High Preset, SMAA, 0XAF dipakai untuk mensimulasikan performa GPU; Radeon™ R9 Nano memakai sistem dengan prosessor Intel® Core™ i7-5960x 3.0 GHz, memori 16 GB (4X4GB) DDR4 2666 MHz, Windows 10 64-bit, dan AMD Catalyst Driver 15.201 menghasilkan 37.966 fps semantara GTX 970 Mini ITX pada sistem yang sama dengan GeForce Driver 355.60 WHQL menghasilkan 27.345 fps GRDT-70.

Leave a Reply