GAMING REVIEW: HP 15-P230AX Bertenaga AMD APU A10 Terbukti Jago Lahap Game Terkini!

Masih ingat kan dengan laptop trendi nan powerful hasil kerjasama AMD dan HP: HP 15-P230AX? Ditenagai AMD APU A10-7300 “Kaveri” dengan 10 Compute Cores (4 CPU + 6 GPU), kartu grafis Radeon™ dedicated  R7 M260 2GB DDR5, dan RAM bawaan 4 GB, notebook ini layak disebut sebagai salah satu notebook untuk mainstream gaming terbaik di kelasnya. Apalagi dengan adanya fasilitas layar hingga resolusi Full HD (1920x1080p) serta dukungan speaker berteknologi BeatsAudio, dijamin kegiatan gaming pun menjadi lebih seru jika menggunakan notebook 6 jutaan ini.

HP 15-P230AX

Nah, untuk membuktikan kualitas gaming notebook ini, kami sengaja melakukan gameplay test menggunakan beragam game populer dari berbagai genre mulai dari First Person Shooter seperti Counter Strike: Global Offensive dan Bioshock Infinite, game balap seperti GRID Autosport, game Stealth seperti Metal Gear Solid V: Phantom Pain, game Sport PES 2016, game Multiplayer Battle Online Arena (MOBA) seperti DoTA 2, hingga game bertema Action-adventure Grand Theft Auto V. Penasaran dengan performa laptop HP 15-P230AX saat menangani game-game terbaru dengan spesifikasi cukup berat ini? Yuk simak hasil pengujiannya satu persatu!

Pengaturan Dasar

Pada pengujian kali ini kami menggunakan sistem operasi Windows 8.1 ditambah dengan dukungan driver AMD Catalyst versi 15.7.1.

HP 15-P230AX

Seperti biasa kami pun memastikan pengaturan pada AMD Catalyst Control Center menu Switchable Graphic Global Setting sudah diatur ke Maximize Performance. Hal ini berguna untuk memaksa notebook mengerahkan kemampuan tertingginya saat menjalankan game dan meminimalkan terjadinya resiko lag yang tak diinginkan. Namun untuk menghemat daya tahan baterai saat sedang tidak menjalankan game Anda bisa mengubah pengaturan kembali ke mode Power Saving.

HP 15-P230AX

Setelah semua persiapan selesai, saatnya melaju ke pengujian yang ditunggu-tunggu!

Counter Strike: Global Offensive

Siapa yang tidak tahu game adu tembak yang satu ini? Terkenal sejak awal tahun 2000-an game ini bisa disebut sebagai game sejuta umat yang sering dipertandingkan di berbagai belahan negara. Berbeda dari game Counter Strike sebelumnya, seri Global Offensive bisa dibilang memerlukan spesifikasi lebih tinggi dengan tampilan grafis yang lebih tajam and fitur yang lebih bervariasi. Berikut spesifikasi minimum CS: GO

  • Processor: AMD Phenom X3 8750
  • Memory: 2 GB RAM
  • Graphics Card:  VRAM 256 MB ke atas, DirectX 9-compatible dengan dukungan Pixel Shader 3.0
  • Hard Drive: 8 GB

HP 15-P230AX

Secara keseluruhan setelah memainkan game ini, kami berani menyimpulkan bahwa HP 15-P230AX mampu menjalankan game CS: GO dengan sangat optimal. Pada pengaturan High di resolusi Full HD (1920x1080p), HP 15-P230AX mampu memainkan game ini pada kisaran frame rate antara 23-66 FPS dengan rata-rata mencapai 46 FPS! Dengan dukungan teknologi BeatsAudio di notebook ini, Anda pun dapat merasakan efek suara langkah kaki musuh yang terdengar lebih jelas, sehingga memperbesar kemungkinan Anda untuk memenangkan pertarungan saat bertanding. Jadi jika Anda berencana berlatih menjadi atlet e-sports professional dalam laga Counter Strike, mengandalkan notebook ini sebagai fasilitas pendukung tentunya merupakan pilihan tepat dimanapun berada.

Bioshock Infinite

Masih seputar game First Person Shooter, kali ini kami akan menjalankan playtest Bioshock Infinite yang dikenal dengan alur ceritanya yang berbeda dan menarik. Saat dirilis, game ini memang direncanakan sebagai game multiplatform yang mendukung beberapa fitur canggih seperti AMD Eyefinity untuk visualisasi multi monitor. Hal ini berarti spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk menjalankan game ini juga akan semakin tinggi. Ini dia spesifikasi minimum untuk menjalankan game Bioshock Infinite:

  • Processor: AMD Athlon X2 2.7 GHz
  • Memory: 2 GB RAM
  • Graphics Card:  ATI Radeon HD 3870, DirectX10 Compatible
  • Hard Drive: 20 GB

Namun, walau terbilang game yang cukup berat, nyatanya HP 15-P230AX terbukti mampu menjalankan game ini dengan baik pada resolusi Full HD 1920×1080p pengaturan Low dan berhasil mencapai framerate maksimum hingga 40 FPS! Namun Anda masih bisa meningkatkan performanya hingga maksimum mencapai 60 FPS dengan menurunkan pengaturan ke tingkat Very Low.

HP 15-P230AX

Pada Resolusi Full HD Anda Bisa Mendapatkan Maksimum hingga 60 FPS dengan Pengaturan Very Low

Namun jika Anda menginginkan kualitas grafis yang lebih maksimal dan memuaskan mata, Anda bisa mencoba menurunkan resolusi ke tingkat HD (1366×768p) dimana pada setting High pun Anda masih mampu mendapat frame rate maksimum hingga 46 FPS. Pada setting Medium Anda bahkan bisa memperoleh permainan yang lebih mulus lagi dengan maksimal frame rate hingga 95 FPS!

HP 15-P230AX

Permainan Mulus hingga 95 FPS bisa Anda Nikmati di Notebook HP 15-P230AX Pada Resolusi HD Setting Medium

GRID Autosport

Masuk ke genre permainan balap, kami pun menguji game GRID Autosport yang cukup populer di kalangan gamers sejak tahun 2014 lalu. Berikut spesifikasi minimum dari game ini:

  • Processor: AMD Athlon X2 5400+
  • Memory: 2 GB RAM
  • Graphics Card:  AMD Radeon HD 2400
  • Hard Drive: 20 GB

Bermain game balap tentunya tak puas jika tidak menggunakan resolusi tertinggi demi merasakan efek suasana racing yang sangat nyata dan tampilan mobil yang semakin Wah! Kabar baiknya HP 15-P230AX bisa menangani game ini dengan mudah pada resolusi Full HD (1920×1080) pengaturan Medium dengan kisaran frame rate rata-rata yang memuaskan yakni sekitar 32 FPS dan maksimum mencapai 40 FPS.

HP 15-P230AX

Metal Gear Solid V : Phantom Pain

Game selanjutnya yang akan kami ujikan pada notebook HP 15-P230AX pastinya sudah tidak asing lagi di telinga kalian. Phantom Pain yang merupakan seri terbaru dari Metal Gear Solid ini baru beberapa bulan lalu saja dirilis sehingga masih terasa segar di telinga.

HP 15-P230AX

Mengusung gameplay open world, tentu menuntut spesifikasi tinggi untuk bisa memainkan game ini dengan baik. Berikut spesifikasi minimum yang harus Anda penuhi untuk bisa menjalankannya:

  • Processor: AMD Quad Core
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics Card:  AMD Radeon™ 2 GB (DX 10, 10.1, 11)
  • Hard Drive: 28 GB

Dari spesifikasi minimum yang diminta, sudah terlihat jelas bahwa game ini merupakan game kelas berat yang membutuhkan prosessor dengan daya tenaga besar dan pastinya akan menyiksa notebook gaming kelas tinggi sekalipun. Itulah sebabnya beberapa gamer ‘bermodal’ rela mengeluarkan biaya mahal untuk memainkan game ini. Tapi jangan takut, dengan HP 15-P230AX kamu bisa memainkan game ini dengan lancar pada resolusi HD 1366 x 768p walau hanya pada pengaturan Low. Kisaran frame rate yang didapat pun cukup untuk menjelajah open world dengan nyaman yaitu antara 25 – 41 FPS dengan rata – rata frame rate sekitar 32 FPS.

HP 15-P230AX

Anda Bisa Memainkan Game MGS V: Phantom Pain pada Notebook HP 15-P230AX dengan lancar Hingga 41 FPS pada Resolusi HD

Pro Evolution Soccer 2016

HP 15-P230AX

Bagi Anda yang menyukai game olahraga, kami juga mengujikan game yang cukup terkenal terutama di kalangan gamers pria yakni PES 2016. Berikut spesifikasi minimum dari game permainan sepak bola yang sangat mendunia ini:

  • Processor: AMD Athlon II X2 240
  • Memory: 1 GB RAM
  • Graphics Card:  ATI Radeon X1300
  • Hard Drive: 8 GB

Berhubung game berat seperti Metal Gear Solid pun bisa dijalankan dengan baik pada notebook ini, Anda tak perlu sangsi lagi untuk menjalankan game sekelas PES 2016 langsung pada setting tertinggi! HP 15-P230AX sudah mampu menangani game ini di resolusi HD (1366x768p) pada pengaturan High dengan maksimal FPS menembus angka 64 dan rata-rata frame rate sekitar 46 FPS. Jadi tidak diragukan lagi Anda pun bisa merasakan cinematic goal yang mulus saat bermain PES 2016 di notebook powerful yang satu ini.

DotA 2

HP 15-P230AX

Masih berkutat pada jenis game sejuta umat yang banyak dimainkan oleh gamers di berbagai belahan dunia, tentunya terasa tak lengkap jika kami tidak mengujikan game online yang sering dipertandingkan secara internasional ini! Mirip dengan CS:GO, game genre MOBA “Defense of the Ancients 2” alias DotA 2 juga mendapat peningkatan fitur yang jauh berbeda dari DotA seri pertama. Itulah sebabnya spesifikasi minimum yang dibutuhkan DotA 2 juga lebih tinggi dari seri pendahulunya, berikut rincian spesifikasinya:

  • Processor: AMD Dual Core 2.8 GHz
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics Card:  ATI/AMD Radeon HD2600/3600
  • Hard Drive: 8 GB

Untuk memainkan game online multiplayer seperti DotA 2, salah satu syarat mutlak yang dijunjung oleh gamers yang ingin memenangkan pertandingan tentunya adalah tingkat FPS yang bagus dan performa tanpa lag. Kabar baiknya HP 15-P230AX sangat cocok penggemar DotA 2 karena mampu menangani game ini dengan lancar hingga resolusi Full HD (1920×1080) sehingga pemain bisa mendapatkan sudut pandang permainan yang lebih luas dan meningkatkan akurasi saat penyerangan.

HP 15-P230AX

Pada resolusi Full HD Anda bisa mendapatkan permainan mulus pada pengaturan Medium dengan frame rate maksimum sekitar 38 FPS. Tapi jika Anda menginginkan pengalaman gaming yang lebih responsif, Anda juga bisa menggunakan pengaturan pada setting Low sehingga bisa menghasilkan frame rate maksimum 45 FPS dengan rata-rata frame rate mencapai 33 FPS.

HP 15-P230AX

Grand Theft Auto V

Game terakhir yang mungkin terbilang paling greget diantara game lainnya yang sudah kita ujikan, tentunya dengan spesifikasi minimum paling menantang, sengaja kami tempatkan di paling akhir untuk membuktikan sekuat apa notebook HP 15-P230AX ini. Ya, saat pertama kali spesifikasi game Grand Theft Auto V ini diumumkan, banyak kalangan gamers yang khawatir tidak bisa memainkan game ini dengan maksimal pada PC mereka. Berikut spesifikasi minimum untuk menjalankan GTA V:

  • Processor: AMD Phenom 9850 Quad-Core Processor (4 CPU) @2.5GHz
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics Card:  AMD HD 4870 1GB (DX 10, 10.1, 11)
  • Hard Drive: 65 GB

Lalu bagaimana performa game ini saat dijalankan pada notebook HP 15-P230AX?

HP 15-P230AX

HP 15-P230AX

HP 15-P230AX

Walaupun mempunyai patokan spesifikasi minimum yang terlihat mengerikan, tak disangka game ini masih mampu berjalan mulus pada resolusi Full HD (1920x1080p) pada notebook HP-15P230AX ini. Menggunakan pengaturan Normal kami berhasil mencapai rata-rata 25 FPS dengan maksimum frame rate menembus hingga 50 FPS! Anda masih bisa menurunkan resolusi ke HD (1366x768p) untuk mendapatkan permainan yang lebih responsif. Kini sudah jelas bukan bahwa Anda tak perlu khawatir tak bisa menjalankan game ini jika Anda memiliki HP 15-P230AX sebagai notebook pilihan Anda.

Dari  sejumlah gameplay test yang telah kami lakukan menggunakan beragam judul game populer dari berbagai genre di atas, tentunya bisa disimpulkan bahwa HP 15-P230AX layak disebut sebagai salah satu notebook mainstream gaming yang handal untuk menangani game – game berat sekalipun asal didukung dengan pengaturan yang tepat. Jika Anda berminat untuk memilikinya sekarang, Anda bahkan berkesempatan mendapat bonus GAME GRATIS ORIGINAL pada masa pembelian sebelum tanggal 31 Desember 2015. Untuk keterangan lengkap mengenai promo menarik ini, Anda bisa langsung berkunjung melihat tutorial lengkap unduh gamenya di sini. Semoga ulasan kami kali ini bisa berguna untuk membantu Anda menemukan notebook idaman!

32 comments

  1. Tian
    Reply

    Mantap Min saya juga udah coba game gratis dari AMD di p230ax saya 😀 btw ini graphicnya switchable atau dual graphic? bagus mana setting max performance atau dual graphic? thanks Min

  2. iqbal nugroho
    Reply

    hehe keren min,oh iya min baru” ini game fallout 4 kan baru keluar kira” bisa dibikin reviewnya nggak, ada rencana pengen beli nih laptop min

    thanks min

  3. Tanto S. Prabowo
    Reply

    Wihh, mantep banget,’Min Laptop’a???!!

    Klo bleh mnta alamat Seller Online atau Offline d’daerah Tang-Sel, dkat Ciputat-Banten, donk,’Admin??!!

    Makasih banyak atas jawaban’a
    (^∇^).!!

    • Admin
      Author Reply

      Wah mimin juga kurang tau nih untuk penjualan notebook HP daerah Tang-Sel mungkin bisa langsung kunjungi toko terdekat di kotamu aja atau bisa juga pesan online di bhinneka.com atau janurtech.com 😀

  4. ardi
    Reply

    Min, mau tanya ini laptop vganya R7 M260 2GB DDR5 tpi sy lihat di beberapa website R7 M260 1GB DDR5 yg bener yg mana min?. Trus Clockspeednya ini brp GHz? Trus memory bandwithnya brp?

  5. yance gusnadi
    Reply

    min mau tanya ne, itu kan di AMD Catalyst Control Center di menu Switchable Graphic Global di Setting ke Maximize Performance.kan nah itu lama-lama ngerusak laptop / gk si ?
    soalnya ane maen dota2 fpsnya kurang ne.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Wayan, coba di maksimalkan performance nya dengan cara klik kanan pada Desktop, Radeon Settings, Preference, Radeon Additional Settings, Power dan di set ke Maximize Performance 😀 Jangan lupa untuk update driver yang terbaru. 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Mimin sarankan untuk mencoba ubah mode power saving (AMD Enduro) ke “High-Performance”. caranya kamu bisa lihat dari video yang dijelaskan oleh komunitas disini :


  6. Ger
    Reply

    Min, itu yang gta v kenapa sampai warna merah (melebihi) video memorynya ? Terus saya punya kenapa kadang layarnya hitam sendiri ya ? Tapi komputer masih hidup…( contohnya: layar hitam tapi musik masih bunyi). Thks responnya 🙂

  7. genta
    Reply

    min saya pake laptop yg lg dibahas dan untuk main dota 2 agak berat di main menu dan gak mulus mulus amat pas main , apa yg harus saya lakukan , btw ini processornya 1,9 Ghz kan? itu bisa di tambah gk / di overclock makasihh

    • Admin
      Author Reply

      Hi Genta, jangan lupa untuk memaksimalkan performance laptop bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀
      Dan juga settingannya disesuaikan ya 😀
      Untuk laptop mimin tidak sarankan untuk dilakukan overclocking karena komponen laptop sangat sensitif 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi JianZhi, mimin belum pernah coba, jadi bisa kamu coba langsung dengan settingan terendah dan jangan lupa untuk Maximize Performance yang bisa dilakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Wardhana, mimin belum mencobanya untuk saat ini, namun berdasarkan minimum spesifikasi yang ada di game tersebut, seharusnya bisa memainkanya dengan baik dengan settingan grafis menyesuaikan 🙂

Tinggalkan Balasan