fbpx

GAMING REVIEW: Pengalaman Gaming Mengesankan dengan Acer Aspire E5-551!

gaming-review-pengalaman-gaming-mengesankan-dengan-acer-aspire-e5-551 (1)

Mainkan game terkini pada notebook? Kenapa tidak! Dengan notebook hasil kerjasama AMD & Acer satu ini yakni Aspire E5-551 kebutuhan harian, multimedia hingga gaming mainstream dapat terpenuhi dengan mudah!

Acer E5-551

Acer Aspire E5-551 yang sudah dibekali dengan APU sekelas A10 tentunya sangat nyaman digunakan untuk berbagai kegiatan termasuk gaming dimana sudah ditenagai oleh prosesor AMD APU A10-7300 dengan 10 Compute Cores (4 CPU + 6 GPU) yang dapat dipacu di 1.9GHz hingga 3.2GHz dengan teknologi Turbo Core. Grafis yang ditanamkan juga tidak sembarangan karena AMD juga telah membenamkan GPU dedicated AMD Radeon™ R7 M265 dengan VRAM 2GB DDR3 untuk diaktifkan saat notebook menuntut performa maksimal. Apalagi ditambah dengan adanya RAM dual channel 2x2GB bawaan pada notebook yang masih bisa diupgrade hingga 2x8GB untuk menggenjot performa. Tidak percaya dengan kemampuannya menjalankan deratan judul game dengan spesifikasi berat? Anda bisa simak hasil pengujiannya secara lengkap di bawah ini!

Pengujian

Kami memilih beberapa judul game dengan reputasi yang cukup menyiksa performa perangkat. Ada pun pengaturan yang digunakan dalam pengujian ini adalah menggunakan pengaturan “Maximize Performance” pada AMD Catalyst Control Centre untuk mendapatkan performa terbaik notebook. Pada saat pengujian ini berlangsung kami menggunakan sistem operasi Windows 8.1 dan driver Catalyst versi 15.7.1. Namun Anda bisa menggunakan driver Radeon Crimson untuk meningkatkan performa notebook Anda yang bisa Anda unduh di sini.

Acer E5-551

Pengujian Menggunakan Driver AMD Catalyst Versi 15.7.1

Acer E5-551

Pengaturan Menggunakan Maximize Performance untuk Dapatkan Performa Paling Optimal

Batman Arkham Origins

Game yang satu ini merupakan suksesor dari video game Batman: Arkham City yang dirilis 2011 lalu. Pada seri ketiga Batman: Arkham ini, Warner Bros menyajikan sebuah permainan bergenre action-adventure yang lebih istimewa. Namun untuk bisa menjalankan game Batman: Arkham Origins, dibutuhkan minimum system requirements yang cukup tinggi, yakni:

  • CPU AMD Athlon X2 2.8GHz
  • RAM 2GB
  • Video card AMD Radeon 3850
  • Minimum OS Windows Vista/7/8

Acer E5-551

Anda sudah bisa memainkan game ini menggunakan notebook Acer Aspire E5-551 pada pengaturan All Off, DX11 Enhanced, dan resolusi 1336x768p dengan hasil yang memuaskan. Acer Aspire E5-551 bisa menjalankan game Batman: Arkham Origins dengan FPS rata-rata 30 FPS hingga maksimum 48 FPS.

Mad Max

Mad Max dirilis pada bulan September 2015 lalu oleh publisher Warner Bros Interactive Entertainment. Sama seperti game sebelumnya, Mad Max juga merupakan video game bergenre action-adventure yang memiliki minimum requirement tinggi hanya saja game ini jauh lebih sulit dijalankan dibandingkan dengan Batman: Arkham Origins. Anda bisa melihat spesifikasi yang dibutuhkan game ini disini:

  • CPU AMD Phenom II X4 965 3.4GHz
  • RAM 6GB
  • Video card AMD Radeon HD 7870 minimal 2GB VRAM
  • Free disk space 32GB, dan
  • Minimum OS 64-bit Windows Vista/7/8.

Acer E5-551

Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa langsung mencoba game Mad Max ini pada Acer Aspire E5-551 dimana dengan pengaturan Normal & resolusi 1366x768p Anda bisa mendapat kualitas permainan yang sangat mulus. Anda bisa mendapatkan rata-rata 36 FPS hingga maksimal mencapai 45 FPS. Melalui pengujian ini terbukti game seberat Mad Max pun ternyata mampu dijalankan oleh Acer Aspire E5-551 tanpa halangan berarti.

DOTA 2

DOTA 2 merupakan game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dirilis pada tahun 2013 dimana merupakan generasi kedua dari game Defense of the Ancients (DotA) yang terlebih dahulu diluncurkan oleh publisher Valve Corporation pada tahun 2011. Dengan adanya penambahan fitur serta kualitas grafis yang lebih baik, game online populer DoTA 2 pun akhirnya harus mengalami peningkatan minimum requirement. Anda bisa menyimak spesifikasi perangkat yang dibutuhkan untuk bisa menjalankannya dengan baik sebagai berikut:

  • CPU Dual Core AMD 2.8GHz
  • RAM 4GB
  • Video card ATI/AMD Radeon HD2600/3600,
  • Free disk space 8GB, dan
  • Minimum OS Windows 7.

Acer E5-551

Dengan menggunakan Acer Aspire E5-551, Anda bisa memainkan game ini pada resolusi 1366x768p dengan pengaturan Low untuk mendapatkan hasil yang mulus. Pada pengaturan tersebut, game bisa berjalan dengan minimum 29 FPS, rata-rata 35 FPS hingga maksimal mencapai 42 FPS. Dengan ini terjawab sudah bahwa Acer E5-551 mampu menjalankan game online populer sekelas DoTA 2 dengan baik sehingga cocok untuk Anda yang menginginkan notebook terjangkau namun sudah bisa dipakai untuk berkompetisi dalam permainan populer ini.

Metal Gear Solid V: Phantom Pain

Masuk ke pengujian selanjutnya, kami pun memutuskan untuk memainkan Metal Gear Solid V: Phantom Pain yang baru saja dirilis bulan September 2015 lalu. Game besutan Konami ini mengusung genre open world action-adventure yang membutuhkan spesifikasi perangkat yang lumayan menuntut kerja keras perangkat yang digunakan. Berikut minimum requirement yang harus disiapkan jika ingin memainkan game satu ini!

  • CPU AMD Quad Core 3.4GHz
  • RAM 4GB
  • Video card mendukung DirectX 11.
  • Free disk space 28GB
  • Minimum OS 64-bit Windows 7/8.

Acer E5-551

Kendati terbilang berat dan termasuk dalam titel AAA atau high quality games, Acer Aspire E5-551 ternyata masih mampu memainkan game Metal Gear Solid V: Phantom Pain ini pada pengaturan Low dengan resolusi 1366x768p. Dengan rata-rata FPS yang bisa dihasilkan adalah 30 FPS hingga maksimal 36 FPS game masih terbilang nyaman dimainkan pada notebook Acer E5-551 satu ini.

Bioshock Infinite

Acer E5-551

Bioshock Infinite merupakan game bergenre first-person shooter yang dirilis oleh 2K Games. Mengangkat tema cerita berbeda dengan konsep American Exceptionalism membuat game first person shooter satu ini mampu menarik perhatian penggemar yang mungkin sudah jenuh pada tema militer yang umum diangkat oleh game dengan genre yang sama. Minimum system requirements untuk game Bioshock Infinite ini bisa dibilang tidak terlalu berat, yakni:

  • CPU AMD Athlon X2 2.7GHz
  • RAM 2GB
  • Free disc space 20GB
  • Minimum video card ATI Radeon HD 3870 512MB dengan dukungan DirectX 10.

Dengan notebook Acer E5-551, Anda bisa menjalankan game ini hingga pengaturan High dengan rata-rata 33 FPS hingga maksimal mencapai 53 FPS. Kesimpulannya jelas, Bioshock Infinite bukanlah game yang perlu dikhawatirkan untuk Anda pengguna Acer Aspire E5-551. Bahkan Anda bisa mendapat jumlah FPS lebih tinggi dengan kualitas permainan lebih responsif dengan menurunkan pengaturan ke Medium & Low dimana Anda bisa mendapatkan mulai dari 36 FPS hingga maksimal 95 FPS!

Dari apa yang berhasil dicapai oleh notebook Acer Aspire E5-551 di atas, banyak orang mungkin beranggapan notebook ini dibanderol dengan bilangan harga sangat mahal. Tapi, pada kenyataannya notebook Acer Aspire E5-551 ini bisa Anda peroleh dengan harga hanya Rp 6,699,000 saja dimana merupakan harga yang sangat terjangkau untuk kelas notebook yang bisa memainkan berbagai game berat dengan lancar. Terbukti dari hasil pengujian di atas Anda tak perlu khawatir untuk menjalankan berbagai game mainstream hingga berat selama menggunakan pengaturan yang tepat. Jika Anda membelinya sebelum 31 Januari 2015 Anda bisa mendapatkan game gratis original, dimana salah satunya adalah game Dirt Rally. Jika berminat segera beli di toko terdekat sebelum kehabisan!

Latest articles

Related articles

41 Comments

  1. saya baru membeli AMD FX, kenapa tidak bisa mendownload game gratis dirt rally,, sebelum nya code verification yang saya ikuti expired,padahal belum 1 jam? mohon bantuan nya

  2. Min sedikit review dong tentang layar acer, kebetulan sy punya pengalaman yg agak buruk, 2 laptop dengan merek acer setelah setaun penggunaan normal mulai timbul guratan guratan putih horizontal gitu dilayar. Lalu pada saat praktikum komputasi dikampus, dimana pada saat tersebut temen2 pd rame rame bawa laptop semua, nah disana sy juga bisa liat kebanyakan yg laptop merk acer terdapat guratan2 putih horizontal dilayar, dan denger2 untuk servisnya kepatok harga sekitar 750ribu (untuk ganti layar), gimana min? Ada saran? Sementara ini minat mau memboyong pulang acer e5 551, tp agak kapok sama layar ACER, 🙁

    • Untuk Acer E5-551 ini sih mimin tidak pernah ada masalah 🙂 mimin juga punya laptop acer e5-421 sudah setahun masih baik-baik saja, mungkin tergantung sama perawatan juga. Ada baiknya mengenai masalah layar langsung konsultasi ke service centre Acer 😀

  3. min mau tanya, saya pke acer e5 551. nah cara setting biar high performance gitu gimana sih min? trus kok klo tiap buka dota2 layarnya crash ada bintik ijo gitu,trus ada nontification “amd driver has stopped and has successfully recovered” itu gimana ya?thx min

    • Hi, coba turunkan settingan gamenya dan periksa apakah ada aplikasi back end yang sedang berjalan dan memakan banyak RAM (antivirus/firewall). Jika ada coba dimatikan dulu selama bermain, atau bisa coba tambah RAM. Jika masih bermasalah bisa coba install ulang driver dengan yang terbaru. Langkah untuk high performance bisa kamu lihat di artikel di atas kok 🙂

    • Hai, Mimin sarankan untuk kamu coba instal driver yang sudah diberikan oleh vendor di website resminya. jangan diupdate, mengingat sudah di test agar bisa berjalan dengan baik di mode Dual Graphics 🙂

    • Hi Dimas, mimin sendiri belum pernah coba, jadi bisa kamu coba langsung dengan settingan yang disesuaikan 😀
      Jangan lupa untuk memaksimalkan performance laptop bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀

Leave a Reply