AMD Hadirkan Athlon™ X4 Series Terbaru: Prosessor Terjangkau & Tangguh dengan Update Pendingin!

Athlon X4 Series

Anda penyuka gaming? Ya, di masa kini gaming merupakan salah satu hobi yang mungkin telah berubah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian besar orang! Beragam judul permainan bermunculan di pasaran menawarkan hiburan tersendiri bagi para penggemarnya. Hanya saja semakin berkualitas grafis suatu game maka mau tak mau penikmat gaming juga harus melakukan upgrade perangkat ke spesifikasi yang mumpuni. Salah satu penentu mulus atau tidaknya sebuah game bergantung pada kualitas performa prosessor yang Anda miliki.

Athlon X4 Series

Oleh karena itulah AMD hadir menjawab kebutuhan Anda akan PC berperforma tinggi dengan menghadirkan prosessor  AMD Athlon™ X4 Series terbaru! Mengusung tenaga Quad Core, Anda bisa mendapatkan kualitas gaming responsif dan efisien dengan harga terjangkau yang Anda impikan, hanya sekitar 1 jutaan Rupiah saja! Apalagi jika dipadukan dengan grafis Radeon™ seri R7/R9 300 Series terbaru, Anda bisa mendapat performa paling optimal untuk PC Gaming Anda!

Athlon X4 Series

Athlon X4 Series

Varian terbaru dari prosessor AMD Athlon™ X4 Series pertama yang bisa menjadi pilihan Anda antara lain adalah Athlon™ X4-845. Prosessor yang hadir bersamaan dengan diluncurkannya AMD APU A10-7860K ini memiliki kelebihan tersendiri dengan penggunaan core Excavator yang telah lebih dulu dikenal penerapannya pada notebook bertenaga APU Generasi Ke-6 “Carrizo”. Berkat penggunaan core  Excavator terbaru, prosessor Athlon™ X4-845 terbilang memiliki performa yang lebih efisien dengan konsumsi daya lebih rendah dibanding pendahulunya yang masih menggunakan core Steamroller. Hal ini terbukti dari TDP nya yang hanya sekitar 65W.

Athlon X4 Series

Namun walau berdaya rendah, Anda tak perlu khawatir soal performa karena dengan kecepatan mulai 3.5GHz-3.8GHz prosessor ini terbilang cukup tangguh untuk menjalankan kegiatan komputasi harian seperti pekerjaan kantoran ataupun multimedia. Sayangnya, bagi Anda yang ingin melakukan overclock pada prosessor ini demi mendapat performa lebih tinggi, terpaksa harus memilih varian AMD Athlon™ X4 Series lainnya karena prosessor Athlon™ X4-845 dirilis dengan multiplier terkunci atau multiplier locked yang memang ditekankan untuk penggunaan harian yang efisien dan hemat daya. Jadi, jika Anda termasuk mereka yang menginginkan performa tinggi tanpa kompromi untuk melaksanakan tugas komputasi berat seperti halnya gaming Anda bisa memilih varian kedua yakni prosessor Athlon™ X4-870K.

Athlon X4 Series

Prosessor Athlon™ X4-870K Quad Core yang telah memiliki kecepatan 3.9GHz-4.1GHz sangat tepat digunakan untuk Anda penggila gaming namun memiliki budget terbatas untuk merakit PC High-End. Untuk mendapat performa tinggi, Anda hanya tinggal menyandingkannya dengan kartu grafis AMD Radeon™ R7 Series terjangkau di bawah 3 jutaan Rupiah seperti Radeon™ R7 360 atau Radeon™ R7 370 yang sudah mendukung teknologi terbaru DirectX® 12! Seperti bisa Anda lihat sendiri, game-game online populer seperti halnya League of Legends®, DOTA™ 2 dan Counter Strike: Global Offensive™ semuanya bisa dimainkan di atas 60 FPS mulus dengan menggunakan detail grafis di tingkat High pada resolusi Full HD 1080p2. Harga terjangkau, performa memuaskan, siapa yang tidak menginginkannya?

Athlon X4 Series

Tak hanya game online populer yang sanggup dilibas, saat disandingkan dengan kartu grafis AMD Radeon™ R7 Series, prosessor Athlon™ X4-870K Quad Core ini juga sanggup memainkan game berat terkini tanpa hambatan dengan spesifikasi menuntut sekalipun! Mulai dari Tomb Raider®, Watch Dogs™, Middle Earth: Shadow of Mordor©, Far Cry® 4, Battlefield 4™, Grand Theft Auto™ V, hingga StarCraft® II, semua game tersebut mampu berjalan pada bilangan FPS tinggi di atas 45 FPS di resolusi Full HD 1080p menggunakan detail pengaturan grafis Medium3. Masih belum puas dengan performanya? Anda bisa melakukan overclock pada prosessor Athlon™ X4-870K ini! Dengan performa tinggi yang masih bisa ditingkatkan lagi melalui overclock tentu prosessor Athlon™ X4-870K Quad Core ini merupakan pilihan ideal bagi Anda pencinta gaming yang menginginkan kualitas dengan harga masuk akal!

Athlon X4 Series

Kombinasi Athlon™ X4-870K Quad Core dengan kartu grafis Radeon™ yang mendukung teknologi DirectX® 12 terbaru, dijamin tangguh memainkan game terkini lancar di resolusi Full HD dengan harga terjangkau.

Namun tak hanya membawa performa tinggi dengan arsitektur baru yang lebih efisien, prosessor Athlon™ X4 Series juga hadir membawa kabar baik lainnya berupa bundling dengan update pendingin “Quiet Thermal Solution”. Menggunakan teknologi serupa seperti yang diterapkan pada pendingin Wraith Cooler yang sempat menghebohkan dengan desain supernatural berlampu LED menawan, 95W Quiet Thermal Solution yang hadir bersama peluncuran prosessor Athlon™ X4 Series terbaru juga tak kalah dari segi kualitas! Anda bisa mendapatkan update pendingin terbaru ini jika membeli  prosessor Athlon™ X4-845, Athlon™ X4-860K dan Athlon™ X4-870K.

Athlon X4 Series

Lalu apa saja kiranya kelebihan yang dibawa oleh pendingin 95W Quiet Thermal Solution ini? Berikut uraian singkatnya yang bisa Anda simak di bawah ini!

  • Lebih Hening : Bagi Anda yang sering mengeluhkan kipas pendingin prosessor yang berisik, Anda tak akan lagi merasakannya setelah menggunakan solusi pendingin Quiet Thermal Solution dari AMD. Menggunakan teknologi serupa dengan Wraith Cooler, solusi pendingin terbaru untuk seri prosessor Athlon™ X4 Series ini mampu berjalan di tingkat kebisingan hanya 36 dB saja yang faktanya lebih rendah dari suara rintik hujan di pagi hari atau setara dengan ketenangan di perpustakaan. Dengan suara lebih hening, tentunya Anda bisa melakukan segala kegiatan Anda dengan tenang tanpa perlu terusik dengan suara kipas PC yang mengganggu.
  • Desain Simpel, Fungsi Optimal : Quiet Thermal Solution yang terdapat pada bundling Athlon™ X4 Series terbaru ini sebenarnya hampir sama dengan solusi pendingin terbaru yang diluncurkan untuk APU A10-7860K. Hanya saja jika pendingin terbaru pada APU A10-7860K dilengkapi dengan heatpipe tambahan untuk memastikan pendinginan mampu berjalan lebih cepat, solusi pendingin yang ditemukan pada bundling Athlon™ X4 Series terlihat lebih sederhana dengan heatsink lebih tinggi dan padat tanpa tambahan heatpipe. Namun jangan khawatir, desain sederhana yang dimilikinya sudah cukup menahan panas prosessor secara optimal hingga TDP 95W1! Tampilannya juga tetap terlihat menarik dengan sentuhan warna merah khas AMD.

Kesimpulan :

Athlon X4 Series

Kinerja mumpuni untuk menangani tugas harian bahkan bermain game terkini, mulai dari game online hingga game berat populer membuat prosessor AMD Athlon™ X4 Series menjadi pilihan yang paling ideal untuk Anda yang menginginkan prosessor Quad Core berperforma tinggi, efisien daya dengan harga yang terjangkau hanya 1 jutaan Rupiah! Apalagi ditambah dengan solusi pendingin terbaru 95W Quiet Thermal Solution yang lebih hening dan maksimal dalam menahan panas, tentunya akan memberikan pengalaman komputasi dan gaming yang jauh lebih nyaman bagi konsumen!

Catatan:

  1. TDP (Thermal Design Power) adalah perhitungan energi panas yang di keluarkan oleh prosessor. Semakin besar TDP prosessor maka butuh pendingin yang lebih baik. Contoh: AMD Athlon™ X4-845 Quad Core memiliki TDP 65W, oleh karena itu AMD menghadirkan pendingin bawaan “Quiet Thermal Solution” yang mampu menahan panas hingga TDP 95W untuk pendinginan lebih optimal.
  2. Pengujian oleh Lab Internal AMD pada 26 Agustus 2015 menggunakan prosessor AMD Athlon X4-870K, grafis Radeon™ R7 360, memori 2x8GB DDR3-2401, Windows 10 64-bit, motherboard Asus A88X-PRO, dan AMD Catalyst Driver 20 beta09. Semua game berjalan pada resolusi 1080p dengan detail grafis di tingkat High. Konfigurasi berbeda mungkin dapat menyebabkan perbedaan hasil pengujian. Pada game Counter-Strike: Global Offensive, sistem mampu memperoleh rata-rata 152.26 FPS. Pada League of Legends, sistem mampu memperoleh rata-rata 64.15 FPS. Pada DOTA 2, sistem memperoleh rata-rata 93.27 FPS.
  3. Pengujian oleh Lab Internal AMD pada 26 Agustus 2015 menggunakan prosessor AMD Athlon X4-870K, grafis Radeon™ R7 360, memori 2x8GB DDR3-2401, Windows 10 64-bit, motherboard Asus A88X-PRO, dan AMD Catalyst Driver 20 beta09. Semua game berjalan pada resolusi 1080p dengan detail grafis di tingkat Medium. Konfigurasi berbeda mungkin dapat menyebabkan perbedaan hasil pengujian. Pada Tomb Raider, sistem mampu memperoleh rata-rata 80.1 FPS. Pada Watch Dogs, sistem mampu memperoleh rata-rata 44.7 FPS. Pada Shadow of Mordor, sistem mampu memperoleh rata-rata 50.98 FPS. Pada Far Cry 4, sistem mampu memperoleh rata-rata 50.66 FPS. Pada Battlefield 4, sistem mampu memperoleh rata-rata 49.47 FPS. Pada StarCraft II, sistem mampu memperoleh rata-rata 81.72 FPS.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here