AMD Menguasai 83% Market Share untuk Sistem VR Global, Memimpin Pengalaman VR untuk Konsumen dan Pengembang

– AMD memperluas ekosistem VR dengan demonstrasi Polaris 10 GPU untuk pertama kalinya, dan program untuk GPU baru bersertifikat untuk VR –

 

SAN FRANCISCO, California – 15 Maret 2016AMD (NASDAQ: AMD) mengumumkan hari ini di Game Developer Conference 2016 bahwa perusahaannya akan menggaris bawahi dominasinya dari pasar sistem virtual reality secara global. AMD mengungkapkan kemajuan baru dalam hardware dan software untuk jangkauan lebih jauh dari VR. AMD juga meluncurkan program GPU  baru bersertifikasi untuk menyederhanakan adopsi teknologi VR bagi konsumen dan pembuat konten.

“AMD terus menjadi kekuatan pendorong dalam virtual reality,” kata Raja Koduri senior vice president and chief architect, Radeon Technologies Group, AMD. “Kami membawa teknologi kepada lebih banyak orang di seluruh dunia melalui upaya kami untuk memperluas ekosistem VR dengan VR i-Cafe di Cina, Oculus Rift terbaru dan HTC Vive headset, serta berbagai mitra konten untuk game, hiburan, pendidikan , ilmu pengetahuan, kedokteran, jurnalistik dan beberapa bidang menarik lainnya.

AMD juga membuat VR lebih mudah diakses oleh konsumen dan pembuat konten dengan program GPU bersertifikasinya yang menampilkan tingkatan baru “Radeon VR Ready Premium” dan “Radeon VR Ready Creator”. GPU Polaris yang akan datang dan teknologi AMD LiquidVR ™ yang telah memenangkan berbagai penghargaan, keduanya  secara bersamaan akan melakukan terobosan grafis untuk VR yang telah dioptimalkan.

 

Memperluas Ekosistem VR

  • Memimpin pangsa pasar – AMD memperkuat mayoritas sistem VR hiburan rumahan di seluruh dunia, dengan perkiraan 83 persen pangsa pasar1. Pangsa pasar ini didorong sebagian oleh teknologi AMD pada konsol game yang mendukung VR yang terinstall di jutaan rumah secara global.
  • Memperkuat VR headset premium di 2016 – AMD bermitra dengan produsen Oculus Rift dan HTC Vive headset untuk memastikan ekosistem Radeon™ siap untuk mengambil keuntungan dari peluncuran mereka yang sangat diantisipasi tahun ini.
  • Berkolaborasi untuk mengembangkan form factor baru – AMD bekerja sama dengan Sulon Technologies Inc lewat Sulon Q™ headset, pertama dan satu-satunya headset all-in-one di dunia, tether-free, headset “wear and play” untuk virtual reality, augmented reality, dan komputasi spasial. Didukung oleh grafis Radeon™ dan memanfaatkan teknologi AMD LiquidVR ™ untuk pengalaman AR dan VR yang halus dan responsif, headset Sulon Q ™ memungkinkan pengguna dengan mudah meningkatkan pengalaman dunia nyata melalui aplikasi augmented reality, serta transisi yang mulus dari dunia nyata ke dunia maya.
  • Memperkuat pengalaman VR premium di luar gaming – AMD bekerja sama dengan organisasi terkemuka untuk mengimplementasikan kekuatan VR di luar game, bekerja sama dengan perusahaan untuk perawatan kesehatan, hiburan, pendidikan, media, pelatihan dan simulasi. AMD sudah melihat hasil dari upaya dalam proyek itu diantaranya General Electric “The Neuro VR Experience” pengalaman simulasi aktivitas otak, pengalaman pada The Smithsonian Museum’s ” First: The Story of Orville and Wilbur”, dan cerita yang luar biasa di VR melalui kolaborasi yang baru-baru ini diumumkan bersama Associated Press.

Memajukan teknologi untuk memperkuat pengalaman VR premium

  • Menampilkan generasi GPU masa depan yang telah dioptimalkan untuk VR – AMD hari ini menunjukkan untuk pertama kalinya GPU yang akan segera hadir, Polaris 10 GPU yang menjalankan demo dari Aperture Science Robot Repair dari Valve yang didukung oleh HTC Vive Pre. Sampel GPU menampilkan arsitektur GPU Polaris yang baru-baru ini diumumkan yang dirancang untuk 14nm FinFET, dioptimalkan untuk DirectX 12 dan VR, dan menawarkan perbaikan arsitektur yang signifikan dibandingkan arsitektur AMD sebelumnya meliputi dukungan monitor HDR, pemimpin industri untuk performance-per-watt2, dan generasi keempat dari arsitektur Graphics Core Next (GCN)
  • Menumbuhkan adopsi teknologi GPUOpen LiquidVR™ – teknologi AMD LiquidVR™ membantu mengatasi hambatan di konten, kenyamanan dan kompatibilitas yang bersama-sama membawa industri selangkah lebih dekat menuju sempurna, tampilan yang hampir nyata di game VR, aplikasi dan pengalaman pengguna. Saat ini teknologi AMD LiquidVR ™ sedang digunakan di seluruh VR software stack oleh berbagai produsen headset, termasuk Oculus, HTC, para pengembang game engine dan pembuat konten.

 

Menyederhanakan adopsi VR untuk konsumen dan pembuat konten

AMD hari ini akan mengumumkan Program GPU baru bersertifikat untuk VR, yang memungkinkan OEM, perancang sistem, dan mitra AIB untuk segera berkomunikasi dengan konsumen di mana produk Radeon™ bersertifikat dapat digunakan untuk memberikan pengalaman VR yang luar biasa dengan Oculus Rift dan HTC Vive headset.

  • “Radeon™ VR Ready Premium” solusi untuk pengalaman VR yang luar biasaKartu grafis Radeon™ R9 290 dan di atasnya yang bersertifikat, dan sistem yang dibangun menggunakan kartu grafis tersebut, sekarang memenuhi syarat untuk “Radeon™ VR Ready Premium.” “Sistem VR yang dioptimalkan seperti HP ENVY Phoenix secara khusus dikonfigurasi dengan kualitas, kinerja dan kekuatan komputasi untuk memungkinkan pengalaman virtual yang menakjubkan,” kata Kevin Frost, vice president and general manager, consumer personal systems, HP Inc. “HP bekerja dengan AMD untuk menghadirkan VR-Ready HP ENVY Phoenix tower untuk pengalaman out-of-the-box yang lancar. dengan program Radeon™ VR Ready Premium, itu akan membantu pelanggan untuk memilih grafis VR yang tepat.”
  • Radeon™ VR Ready Creator” solusi untuk VR profesional, desainer berpengalaman, dan pengembang – “Radeon™ VR Ready Creator” menunjukkan kinerja yang belum pernah terjadi sebelumnya dan inovasi industri terkemuka yang memberdayakan pembuat konten VR dan desainer dengan tools yang powerful. Menampilkan sebuah kartu grafis yang akan datang dengan AMD LiquidVR SDK (software developer kit), yakni “Radeon™ VR Ready Creator” istilah yang menandakan kinerja tertinggi untuk pembuatan konten maupun konsumsi untuk VR profesional.

 

Sumber-sumber Pendukung

  • See how AMD is working with the top content creators in VR in this video
  • Learn more about AMD LiquidVR™ technology and download the SDK at GPUOpen.com here
  • The Sulon Q™ headset
  • Read about the Radeon™ VR-Ready Premium and Radeon™ VR-Ready Creator programs here live at 8:30 p.m. EDT (5:30 p.m. PDT)
  • Become a fan of AMD on Facebook
  • Follow AMD on Twitter
  • Learn more about Radeon™ graphics
  • Learn more about Gaming with AMD

 

Catatan kaki :

  1. Menurut Jon Peddie Research pada tanggal 11 Maret, 2016, AMD diperkirakan menguasai 83% dari total pasar yang dialamatkan untuk Head Mounted Display VR.
  2. Sample dari Next-gen GPU berbasis arsitektur Polaris memberikan hingga 2X performance-per-watt dibandingkan dengan GeForce GTX 950. Pengujian dilakukan oleh AMD Performance Labs pada Desember 2015 dengan i7 4790K Intel Core di batas daya 80% dengan 4x4GB memori DDR3 pada 1600Mhz dan 120GBSSD. Sistem diuji menggunakan power meter  yang mengukur konsumsi daya sistem pada steker. Produsen PC mungkin beragam konfigurasi menghasilkan hasil yang berbeda. Star Wars ™ Battlefront ™ diuji pada X-wing Training Map menggunakan FRAPS. Sampel GPU berbasis arsitektur Polaris di Med Preset @ 1080p mencetak 60 fps dan mengkonsumsi 86W dengan driver 15.30 beta. GTX 950 kartu di Med Preset @ 1080p mencetak 60 fps dan mengkonsumsi 140W dengan driver 358,87. POL-1

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here