asus x550ze

GAMING REVIEW: Asus X550ZE Bertenaga AMD APU, Superior Untuk Gaming Berat Masa Kini!

asus x550ze

Hobi main game tapi bingung memilih notebook handal untuk memainkan game-game berat? Kalau iya, kamu tidak boleh melewatkan gaming review kami yang satu ini karena kami akan membahas secara lengkap bagaimana ketangguhan Asus X550ZE yang mampu melibas game masa kini dengan spesifikasinya yang tinggi!

Asus X550ZE

Sedikit perkenalan, ASUS X550ZE merupakan lini notebook yang menggunakan tenaga AMD APU A10 & FX yang superior untuk berbagai kegiatan seperti multimedia dan gaming. Dengan layar lebar 15.6” mendukung resolusi HD (1366 x 768p), tak heran jika notebook ini sangat tepat bagi pengguna yang menginginkan visual berkualitas untuk hiburan mereka. Anda bisa melihat spesifikasi menawan dari notebook Asus X550ZE ini pada artikel berikut.

Namun apakah sebuah notebook dengan harga menengah seperti Asus X550ZE benar-benar bisa menaklukkan game-game populer seperti Metal Gear Solid V: Phantom Pain, Battlefield Hardline, Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution, dan Pro Evolution Soccer 2016? Tanpa basa-basi mari simak langsung pengujian kami berikut ini!

Metode Pengujian

Untuk pengujian kali ini, kami memakai sistem operasi Windows 8.1 dengan driver Radeon Software Crimson Edition versi 15.12.

Asus X550ZE

Untuk mendapatkan performa paling maksimal dari notebook ini kami juga sengaja mengubah pengaturan Radeon Software Crimson ke “Maximize Performance” pada mode plugged in atau dalam keadaan terhubung ke listrik karena untuk memainkan game-game berspesifikasi tinggi pasti akan membutuhkan banyak daya. Anda bisa mengaktifkan menu ini dengan mengakses menu Preferences, Radeon Additional Settings, Power, Powerplay.

Asus X550ZE

Berhubung belum semua game mendukung penggunaan fitur Dual Graphic, kami memutuskan untuk mematikan sementara fitur tersebut pada pengujian kali ini. Kedepannya tidak menutup kemungkinan Anda bisa menikmati peningkatan performa dengan fitur Dual Graphics menggunakan patch game dan driver Radeon Software Crimson Edition versi terbaru yang sudah membawa lebih banyak perbaikan dan optimalisasi.

Asus X550ZE

Metal Gear Solid V: Phantom Pain

Storyline menarik dengan grafis memukau mata membuat game Metal Gear Solid V: Phantom Pain menjadi game yang sangat populer sejak peluncurannya di tahun 2015 lalu hingga saat ini. Namun kualitas grafis game bertitel AAA ini tentunya membutuhkan spesifikasi komputer yang tidak main-main. Berikut spesifikasi minimum yang direkomendasikan untuk memainkan game satu ini.

Spesifikasi Minimum:

  • CPU: AMD FX-8320 5GHz 8 Cores
  • GPU: Radeon HD 5850 2GB GDDR5
  • RAM: 4 GB
  • OS: Win 7 64-bit
  • DirectX: DX 11
  • HDD Space: 28 GB

Asus X550ZE

Terbukti dengan pengaturan dalam game menggunakan resolusi HD (1366x768p) dan mode Fullscreen, dengan mengaktifkan Vertical Sync, mayoritas pengaturan grafis pada tingkat Medium kami berhasil mendapatkan Framerate per detik yang stabil di 30 FPS dengan FPS maksimum mencapai 32 FPS! Sepanjang pengujian yang kami lakukan pada Asus X550ZE, game yang terbilang berat ini mampu berjalan mulus tanpa hambatan berarti. Untuk lebih jelasnya Anda bisa melihat sendiri hasil screenshot permainan kami selama pengujian berlangsung berikut ini.

Asus X550ZE Asus X550ZE Asus X550ZE

Battlefield Hardline

Bagi Anda penggemar game ber-genre First Person Shooter pastinya sudah sangat familiar dengan judul Battlefield Hardline! Game yang dipublikasikan oleh Electronics Arts ini terkenal dengan jalan cerita yang jauh berbeda dari seri sebelumnya dimana lebih berfokus pada baku tembak antara polisi dan pelaku kriminal dibanding peperangan militer. Penyajian storyline unik dengan suguhan grafis seperti nyata membuat suasana kejar-kejaran menjadi lebih menegangkan! Namun ketegangan tersebut harus dibayar dengan spesifikasi minimum yang lumayan menuntut.

Spesifikasi Minimum

  • OS: Windows Vista 64-bit
  • CPU: AMD Athlon II X2 Dual Core 240 2.8GHz
  • RAM: 4GB System Memory
  • GPU RAM: 896MB Video Memory
  • GPU: AMD Radeon HD 5770
  • HDD: 60GB Free Hard Drive Space
  • DX: DirectX 11

Asus X550ZE

Memainkan game ini pada notebook Asus X550ZE nyatanya merupakan pilihan yang sangat tepat, karena Anda bisa menjalankan Battlefield Hardline ini tanpa masalah, stabil di 30 FPS dengan maksimal framerate per detik yang di dapatkan bisa mencapai hingga 39 FPS!

Asus X550ZE Asus X550ZE Asus X550ZE

Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution

Game selanjutnya merupakan game bertema pertarungan yang pastinya sangat digemari oleh pencinta anime terkenal dari Jepang, Naruto! Game Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution ini merupakan game seri ke-5 dari seri game Ultimate Ninja Storm yang dirilis sejak September 2014 lalu namun masih menjadi game yang sangat populer hingga sekarang. Berikut spesifikasi minimum dari game ini.

Spesifikasi Minimum

  • CPU: AMD Athlon 64 X2 Dual Core 4800+
  • GPU: Radeon 2600 XT
  • RAM: 2GB
  • OS: Win XP 32
  • DX 9
  • HDD Space: 8 GB

Asus X550ZE

Menggunakan resolusi HD (1366x768p), kami mampu menjalankan game ini dengan mudah pada notebook Asus X550ZE hingga Framerate maksimalnya, 30 FPS! Perlu diketahui bahwa maksimum 30 FPS merupakan hal yang wajar karena game Naruto Shippuden: Ultimate Ninja Storm Revolution ini merupakan hasil porting dari konsol. Dengan framerate yang stabil tentunya pertarungan Anda yang seru dan menegangkan tidak akan terganggu hanya karena masalah lag atau patah-patah!

Asus X550ZE Asus X550ZE

Pro Evolution Soccer 2016

Jika kamu menyukai game olahraga, Anda pasti sudah tahu dengan game simulasi sepak bola Pro Evolution Soccer dimana untuk seri terbaru Pro Evolution Soccer 2016 atau biasa disingkat dengan PES 2016 merupakan game yang saat ini tengah digandrungi oleh banyak gamer di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Berikut spesifikasi minimum yang dibutuhkan untuk bisa menjalankan game ini dengan baik.

Spesifikasi Minimum:

  • CPU: AMD Athlon II X2 240
  • GPU: Radeon X1300 256MB
  • RAM: 1 GB
  • OS: Win Vista 32
  • DX 9

Asus X550ZE

Tak perlu dipertanyakan lagi, notebook Asus X550ZE ternyata mampu menjalankan game ini tanpa masalah pada resolusi HD (1280x720p) dengan kualitas grafis High! Bahkan Anda bisa mendapatkan framerate per detik stabil di 60 FPS sepanjang permainan. Tentunya sudah terbukti bahwa menggunakan notebook Asus X550ZE merupakan pilihan tepat untuk bisa menikmati pertandingan bola semalam suntuk yang seru bersama kawan Anda tanpa terganggu lag!

Asus X550ZE Asus X550ZE

Tak hanya mampu memainkan game-game populer terkini, bagi Anda yang berniat membeli notebook Asus X550ZE ini sekarang, Anda juga bisa mendapatkan GAME GRATIS seru dari AMD dengan tanggal pembelian hingga tanggal 31 Juni 2016! Berminat? Anda bisa langsung menyimak informasi selengkapnya disini. Anda juga bisa menyimak artikel khusus kami mengenai pengujian notebook superior satu ini menangani game terkenal lainnya: Grand Theft Auto V pada artikel berikut.

32 comments

  1. shabrun jamil
    Reply

    permisi, saya mau nanya,
    kemarin saya beli laptop lenovo g40 AMD A8-6410 APU with AMD Radeon R5 Graphics x 4 ‎(2.00Ghz)‎ , kalo main PES 2016 pake low aja udah agak lag, supaya nggak lag saya mesti ngapain ya ?
    perlu nambah apa ? beli apa ? atau gimanalah gitu min ?

    • Admin
      Author Reply

      Tidak masalah kok, karena walau tidak bisa copot baterai, mekanisme baterai akan otomatis berhenti charging jika sudah 100% full charge, jadi baterai tidak akan bocor 🙂

  2. dysadit
    Reply

    min kalo amd catalys control saya stopped working kenapa ya? jadi kalo mau nge high performance nin sebuah game jadi gak bisa, itu kenapa ya min? tolong jawabannya

  3. Lingga Wahyu
    Reply

    Permisi min .
    Setelah saya baca review yang anda ulas saya merasa sangat tertarik untuk membeli laptop ini tapi yang jadi pertanyaan adalah apakah sudah pasti setiap pembelian Asus X550ZE Apu-FX itu sudah terdapat menu untuk setting di maximize performance amd catalyst . Masalahnya saya baca2 komen ada yg ngeluh kalo laptopnya gak ada menu untuk setting di amd Catalyst.
    Trus misalkan kalo kita beli laptop tersebut apakah sudah termasuk instal driver terbaru ?
    Mungkin itu dulu min Mohon pencerahannya .
    Sukses selalu terimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Hai. Untuk driver terbaru biasanya sudah disediakan oleh vendor di website resminya. kamu bisa mendownload di situs resmi yang sudah disediakan.untuk setting daripada Maximize Performance. sudah hadir juga di driver terbaru AMD Radeon Software Crimson. 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hi, coba maksimalkan performance nya dengan cara klik kanan di Desktop, Radeon Settings, Preference, Radeon Additional Settings, Power, dan di set ke Maximize Performance. Jangan lupa drivernya di update yang terbaru 😀

  4. Kandi
    Reply

    min, masih bingung pilih laptop terbaik untuk grafis dan gaming. Ada rekomendasi selain seri ini kah atau diatasnya? mohon pencerahannya

    • Admin
      Author Reply

      Hi Safril, kedua laptop tersebut sudah mantap untuk gaming, tetapi untuk seri Acer e5-552 FX merupakan generasi terbaru (Carrizo), sedangkan ASUS X550ZE merupakan generasi sebelumnya (Kaveri), jadi tinggal di sesuaikan saja dengan preference dan budget kamu 😀

  5. Adam
    Reply

    min apa benar asus x550ze harus memakai dual channel ram 2x4gb supaya dual graphicnya aktif dan memaksimalkan performa?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Adam, tidak juga, untuk memaksimalkan performance di set dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. Jangan lupa juga untuk update driver terbaru 😀 Tapi kalau memang mau lebih optimal, menggunakan Dual Channel RAM. 😀

    • Admin
      Author Reply

      Halo ef Zet. sayangnya tidak ada. untuk Notebook dengan 11 inch sebagian besar, memakai Processor hemat daya. mengingat, di peruntukan
      untuk kegiatan sehari-hari seperti Office. 🙂

Leave a Reply