Panduan Download Driver AMD Radeon™ Software Crimson Terbaru

driver amd radeon™ software crimson terbaru
Bagi Anda pengguna kartu grafis Radeon™ pasti sudah mengetahui betul pentingnya penggunaan driver terbaru untuk dapat memperoleh kinerja maksimal  sebuah kartu grafis. Selain berfungsi untuk membantu Operating System (OS) agar dapat mengenali perangkat yang Anda gunakan, penggunaan driver terbaru juga mampu memberikan perbaikan bugs, peningkatan performa dan penambahan fitur lainnya yang mungkin akan Anda butuhkan di masa mendatang.

AMD Radeon Crimson Setting

Saat ini telah hadir driver terbaru dengan aplikasi Radeon™ Software Crimson yang miliki performa 10x lebih cepat dibanding driver AMD Catalyst versi sebelumnya, siap digunakan langsung pada OS terbaru Windows 10 dengan antarmuka lebih sederhana. Anda akan mendapatkan banyak keuntungan jika menggunakan driver terbaru ini mulai dari peningkatan performa gaming pada game terbaru berbasis DirectX® 12, dukungan Virtual Reality pada perangkat VR terkini seperti HTC Vive atau Oculus Rift, ditambah dengan adanya fitur-fitur inovatif seperti Frame Rate Target Control (FRTC), AMD FreeSync dengan Low Framerate Compensation dan bahkan Virtual Super Resolution (VSR). Dengan hadirnya beragam peningkatan serta fitur terbaru, instalasi driver Radeon™ Software Crimson Edition  tentunya merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan oleh pengguna kartu grafis Radeon™ diskrit maupun pengguna prosessor AMD APU dengan grafis Radeon™ terintegrasi yang mengidamkan performa maksimal dari PC atau notebook mereka.

AMD Radeon Crimson Setting

Driver Radeon™ Software Crimson Terbaru Membawa Beragam Peningkatan & Penambahan Fitur yang Diperlukan oleh Pengguna Radeon™

Lalu bagaimana cara mengunduh driver Radeon™ Software Crimson terbaru dari AMD ini? Mari simak tutorial mudahnya secara lengkap pada pembahasan berikut!

1. Langkah pertama kunjungi halaman berikut http://support.amd.com/en-us/download. Pada halaman tersebut Anda akan melihat tampilan seperti di bawah ini.
AMD Radeon Crimson Setting2. Untuk memudahkan pengguna, AMD memberikan 2 macam cara untuk mengunduh driver.
a. Download dan Install Otomatis

AMD Radeon Crimson SettingOpsi pertama ini sangat disarankan untuk pemula yang belum mengetahui spesifikasi grafis Radeon™ yang digunakannya secara tepat. Dengan menekan tombol Download Now sistem Anda secara otomatis akan mengunduh software kecil yang akan langsung mendeteksi jenis driver yang sesuai dengan perangkat grafis yang terpasang di sistem Anda.

b. Download dan Install Manual

Jika PC atau notebook Anda sedang tidak berada bersama Anda atau di rumah sedang mengalami masalah koneksi internet, kemudian Anda ingin mengunduh driver melalui perangkat lain di kantor atau iCafe terdekat, Anda bisa melakukannya secara manual melalui opsi ini. Namun mungkin diperlukan pemahaman lebih mengenai spesifikasi grafis Radeon™ atau APU yang Anda gunakan untuk dapat menemukan jenis driver yang tepat.

AMD Radeon Crimson Setting

Anda harus melalui beberapa step berikut jika memilih opsi kedua ini diantaranya:

Step 1: Pilih Tipe Produk

Langkah pertama meminta Anda untuk mengidentifikasi tipe dari produk grafis yang Anda gunakan dimana terdiri dari beberapa pilihan sebagai berikut:

  • APU (Accelerated Processors): Pilih tipe ini apabila perangkat yang Anda gunakan adalah notebook mobile, workstation atau PC Desktop yang menggunakan prosessor berbasis AMD APU (A series/E series/FX series) dengan grafis Radeon™
  • Desktop Graphics: Pilih tipe ini apabila perangkat  yang Anda gunakan adalah PC Desktop yang memakai kartu grafis Radeon™ diskrit misalnya AMD Radeon™ HD Series/Radeon™ R Series.
  • Notebook Graphics: Pilih tipe ini apabila perangkat  yang Anda gunakan adalah notebook yang memiliki kartu grafis Radeon™ diskrit misalnya AMD Mobility Radeon™ HD Series/Radeon™ R Series.
  • TV Tuner Products: Pilih tipe ini jika Anda menggunakan TV Tuner yang pernah dibuat oleh AMD/ATI, seperti AMD TV Wonder™ 750 Series.
  • Workstation Graphics: Pilih tipe ini jika Anda menggunakan kartu grafis yang biasa digunakan untuk kebutuhan grafis professional seperti AMD FirePro™ Series.
  • Integrated Motherboard Graphics: Pilih tipe ini jika Anda menggunakan grafis Radeon™ yang terintegrasi ke motherboard misalnya AMD Radeon™ HD4290 Series.
  • Embedded Graphics:  Pilih tipe ini apabila Anda ingin melakukan instalasi driver untuk aplikasi embedded yang miliki perangkat grafis berperforma tinggi. Contohnya adalah prosessor grafis AMD 785E dan 780E.
  • MAC Graphics:Pilih tipe ini untuk Anda yang menggunakan perangkat berbasis Mac, di sini driver Apple Boot Camp sudah disediakan.

Step 2: Pilih Product Family

Langkah kedua meminta Anda untuk mengidentifikasi product family dari grafis yang Anda gunakan. Pada contoh gambar di atas, jika Anda menggunakan tipe Desktop Graphics Radeon™ R9 Fury X, maka untuk “Product Family” dari grafis tersebut sudah pasti termasuk dalam keluarga Radeon™ R9 Series.

Step 3: Pilih Produk

Langkah ketiga meminta Anda untuk mengidentifikasi produk grafis yang Anda gunakan. Pada contoh gambar di atas, jika Anda menggunakan grafis Desktop Radeon™ R9 Fury X, maka sudah pasti Anda memilih Radeon™ R9 Fury Series.

Step 4: Pilih OS

Langkah keempat meminta Anda untuk mengidentifikasi jenis Operating Sytem (OS) yang digunakan pada PC Desktop atau notebook Anda. Pada contoh gambar di atas menggunakan Windows 10 64-Bit. Namun tersedia beberapa pilihan lainnya selain Windows seperti Linux dan juga Mac OSX.

Step 5: Tunjukkan Hasil

Dengan klik pada tombol “Display Results” atau tunjukkan hasil, maka akan muncul hasil pencarian driver yang sesuai dengan pilihan yang telah Anda lakukan pada step-step sebelumnya. Berikut contoh tampilan halamannya.

AMD Radeon Crimson Setting

Pada halaman tersebut, tepatnya pada tab Features, Anda bisa melihat ukuran file termasuk versi paling baru dari driver yang bisa diunduh saat ini.  Anda bisa mengunduh driver dengan klik tombol “Download” dan tunggu hingga proses selesai. Untuk proses instalasi driver akan kami bahas pada artikel terpisah.

Driver Radeon™ Software Crimson Edition untuk Kartu Grafis/Prosessor AMD APU Lawas

Radeon™ Software Crimson Edition sebenarnya hanya kompatibel dengan produk grafis Radeon™ berbasis Arsitektur GCN terbaru yang di mulai dari:

  • AMD Radeon™ HD 7700-HD 7900 Series sampai Radeon™ Pro Duo untuk produk grafis Desktop,

AMD Desktop Product Family Compatibility

  • AMD Radeon™ HD 8180 – HD 8400 Series hingga A-Series APU dengan grafis Radeon™ R3, R4, R5, R6, R7, atau R8 untuk produk APU Mobile/Notebook,
  • AMD Sempron™ APU dengan grafis Radeon™ R3 hingga A-Series APU dengan grafis Radeon™ R4, R5, R6, or R7 untuk APU Desktop,

AMD APU Product Family Compatibility

  • AMD Radeon™ HD 7700MHD 7900M Series hingga AMD Radeon™ R9 M300 Series untuk grafis diskrit Mobile/Notebook.

AMD Mobility Product Family Compatibility

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan tipe grafis Radeon™ lawas selain seri yang disebutkan di atas, seperti misalnya Radeon™ HD 5000 Series atau Radeon™ HD 6000 Series masuk dalam mode status “legacy” yang tidak lagi mendapatkan update driver terbaru di masa yang akan datang. Namun, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna Radeon™, kini Radeon™ Software Crimson juga bisa dinikmati pada produk grafis Radeon™ lawas melalui hadirnya satu versi Radeon™ Software Crimson Edition khusus versi Non GCN 16.2.1 Beta. Anda bisa mengetahui kompatibilitas dari driver khusus ini pada perangkat Anda dengan melihat release notes di link berikut.

 AMD Radeon Crimson Setting

Download Driver Tambahan untuk Chipset Motherboard AMD

Selain melakukan instalasi driver untuk grafis Radeon™ Anda, pengguna produk AMD sangat disarankan untuk mendownload driver lainnya yang disebut AMD Chipset Driver. Hal ini dikarenakan driver ini memungkinkan Operating System (OS) agar dapat mengenali dan mengatur fungsi seluruh komponen yang terhubung ke motherboard baik itu prosessor, grafis, atau perangkat lain seperti mouse atau flashdisk agar dapat bekerja secara optimal. Untuk mengunduhnya, Anda hanya perlu menekan tab Optional Downloads pada halaman hasil pencarian driver dan klik tombol Download. 

AMD Chipset Driver

Temukan panduan lanjutan mengenai driver AMD Catalyst pada artikel berikut:

Latest articles

Related articles

275 Comments

  1. thanks min, sangat membantu untuk pengguna laptop amd tua seperti saya

    • Hi Syanda, untuk memaksimalkan performance laptop bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀

  2. min kenapa pada saat menginstall amd radeon crimson beta 16.2.1 ini layar laptop menjadi hitam gan ? padahal support gan amd saya HD6730M, win 10. Apakah perlu menguninstall driver yang lama terlebih dahulu ? Trims sebelumnya

  3. Hi Admin AMD kemarin sempat saya upgrade AMD catalyst ke AMD crimson Vers Terbaru tetapi resolusi saya tiba2 berubah dan saya coba setting kmbali ke resolusi awal 1920×1080, tetapi layarnya agak ke atas sehingga tidak pass, awal2nya tidak ada masalah ini sama sekali. apakah itu karena AMD Crimson ?? atau Motherboard sya yang masalah ? mohon infonya thanks

    • Hi Hendi, coba kamu cek ke Device Manager dan bagian Display, apakah sudah muncul Radeon, jika tidak klik kanan update sampai dia berubah menjadi Radeon Graphics 😀 Pastikan juga untuk memaksimalkan performance laptop bisa di lakukan dengan cara Klik kanan pada Desktop, pilih Radeon Settings, ke tab Preference, pilih Radeon Additional Settings, ke tab Power dan di set ke Maximize Performance. 😀

  4. Min,masalah nya sama yg diatas terkadang windows stop working.sdh 3 kali uninstal,download,instal..
    Pake tutorial dr mimin jg.Apa mmg harus pakai driver bawaan nya sj?

  5. permisi admin yang bertugas, laptop saya Acer aspire E5 553G amd FX series crossfire tapi yang kebaca kok cuman APU nya saja sementara GPU nya tidak terbaca, dan di radeon setting additional settings tidak tersedia penggunaan APU / APU+GPU, Ty

  6. min mau nanya dong, setelah saya update pas di cek di dxdiag kenapa bagian render ada note isinya
    “The file aticfx64,aticfx64,aticfx64,aticfx32,aticfx32,aticfx32,atiumd64,atidxx64,atidxx64,atiumdag,atidxx32,atidxx32,atiumdva,atiumd6a,atitmm64 is not digitally signed, which means that it has not been tested by Microsoft’s Windows Hardware Quality Labs (WHQL). You may be able to get a WHQL logo’d driver from the hardware manufacturer.”
    mohon bantuanya min

    • Hai. Ini terjadi dikarenakan kamu mengunduh Driver versi Non WHQL yang membuat DXDIAG memunculkan pesan seperti itu. Pesan diatas tidak berpengaruh kepada performa atau apapun. hanya pemberitahuan saja, karena kamu menggunakan driver non WHQL. AMD sudah menyediakan versi WHQL yang saat ini jatuh di versi 16.9.2 mimin lebih mensarankan untuk instal versi WHQL saja 🙂

  7. min yg baik hati, mau tanya soal view di crimson (lenovo g41-35) kok vga yg r5 512 ‘integrated’ malah primary, yg card r5 m430 2gb tertulis linked. jadi ketika saya cek di gpu z kebaca yg 512. cara switchnya gmn ya? makasih

    • Hai, Untuk Notebook yang kamu gunakan tidak support fitur Dual Graphics. jadi, untuk Radeon R5 akan menjadi grafis utama sedangkan R5 M430 menjadi grafis tambahan yang akan aktif hanya saat melakukan aktivitas seperti bermain game 🙂

  8. Min punya saya AMD Radeon R7 + R5 M230 Dual Graphics 2GB DDR3 VRAM,tapi buat pes 2016 VRAM nya 496 mb,dan shared nya 1,7 gb,buat maen masih nge lag min.itu gimana ya?thx

  9. Min , sebelumnya saya pakai AMD catalyst, disitu saya bisa memakai fitur dual graphic . semenjak saya ganti pakai AMD crimson kok gak ada fitur dual grafik nya ya ? mohon pencerahannya ..

    • Halo, untuk fitur Dual Graphics direkomendasikan memakai driver yang sudah disediakan oleh vendor Notebook di website
      resmi. mengingat sudah di test agar bisa berjalan dengan baik. 🙂

  10. HI , min ane make a8-6410 with radeon r5 ( laptop ) ga ada vga tambahan cuma apu aja ,udah make crimson versi 16.9.2 whql dan di update aman ga min? soalnya ada notif dan ane kemaren instal crimson non whql blackscreen :3 makasih

    • Halo, Admin lebih menyarankan untuk mendownload langsung dari situs AMD resmi saja. serta mendownload versi WHQL yang memang
      lebih minim bug daripada non WHQL yang masih BETA 🙂

  11. Min apakah driver amd crimson bisa dijalankan di windows 7?, apakah bisa meningkatkan kinerja laptop saat bermain pes. Saya menggunakan vga amd r5 tapi ngelag saat bermain pes. Hatur nuhun min terimakasih

    • Halo, AMD Crimson, support dengan Windows 7 64 bit, Windows 8.1 32/64 bit dan Windows 10 32/64 bit. mimin sarankan untuk
      upgrade ke driver Crimson. upgrade driver tentu bisa hadirkan performa lebih baik. Mimin sarankan untuk mencobanya terlebih
      dahulu 🙂

  12. min saya sudah uninstall driver lama pakai panduan nya min, trus saya download dan install otomatis. uda ke download dan pas install di 89% malah not installed uda 3x min mohon pencerahan
    asus X550ze-xx065d

  13. Min ,min ,min… saya baru pakai amd fx 7600p, yg pake vga r7+r5…
    Driver nya udah pke crimson, tp ga ada settingan dual vga untuk game y ??? Klo sya ganti ke catalyst settingan dual vga nya bakal ada g y ???
    Coz setting pes high buat pes patah2

    • Hi ardian. Mimin sarankan untuk menginstal driver dari vendor website Notebook. mengingat sudah di test untuk bisa berjalan di dual graphich dengan baik.

  14. Min, saya pakai laptop amd A8-4500m dengan amd hd 8750m win 10, 8gb ram, rencana mau update driver ke crimson, tapi bingung, jadi pake autodetect, eh malah catalyst bkan crimson? Bgimana ini min?

    • Hi Rijas. Kemungkinan, autodetect salah mendeteksi dari driver yang dipakai. mimin sarankan untuk memakai cara manual.
      apabila ada kesulitan memakai cara manual, jangan sungkan untuk tanya kembali 🙂

  15. gan mau nanya dong,ane kan update driver,di laptop ane asus x555DG kan ada stikernya R8 M350DX nah pas di cirmson kenapa kebacanya R7 grapichs sama R5 M330 ya gan?

  16. Min mau tanya.kok di crimson 16.9.2 g muncul menu switchable dual graphics kayak di menu catalyst y? emang gitu ato aku salah install?

    • Hai. Untuk menu Switchable Graphics di AMD Radeon Software Crimson, telah berpindah di menu “Radeon Additional Setting” kamu bisa lihat tutorialnya di video yang sudah dijelaskan komunitas berikut :


  17. Min mau tanya driver amd radeon r4 apakah bisa di update ke yg lebih tinggi? Dan caranya seperti apa saya bingung milih downlotnya?

    • Hai untuk driver bisa memakai driver terbaru. Apabila kamu bermasalah dengan tatacara, kamu bisa mencoba untuk memilih opsi autodetect yang memilih automatis driver yang cocok 🙂

  18. Min mau nanya. Setiap mau update AMD autodettect “can’t connect to AMD web service. Please check your internet connection, then try again”. Padahal koneksi internet normal dan setabil. Mohon pencerahannya.

  19. permisi min,,
    mau tanya saya pengguna hp p230ax r5 + r7 340
    apakah suport untuk fitur dual graphic?
    soalnya di pengaturan additional radeon setting tidak muncul menu gaming dan dual graphic
    dan juga tidak ada menu untuk mengatur fps dan overdrive/overclock
    terima kasih

    • Hai, Menurut info yang mimin ketahui. Untuk Notebook tersebut sudah support dengan fitur AMD Dual Graphics. Namun, untuk menu Dual Graphics. biasanya hanya hadir di driver yang sudah di sediakan oleh website vendor Notebook. coba download dan instal kembali. Untuk Overclock, Notebook ini tidak mendukungnya 🙂

    • Hai, Kemungkinan ini dikarenakan masalah dari fitur AMD Enduro/Swictable Graphics. untuk solusi, Mimin sarankan untuk mencoba apa yang dijelaskan di tutorial yang di buat oleh komunitas disini :


  20. Min
    saya mau tanya,laptp saya HP-Pavilion 15 p229ax
    kan saya baru upgrade ke crimson
    yang kebaca cuman HD 8610G,R7 nya engga
    habis diinstall,resolusi layarnya jadi kayak 1080×640
    lalu pas saya buka AMD radeon setting ada bacaan gini
    ” no AMD graphics driver is intalled,or the AMD driver is not functioning properly.Please install the AMD driver appropriate for your AMD hardware”

    mohon bantuannya min
    terimakasih

    • Hai, Menurut apa yang sudah mimin baca dari penjelasan kamu. Kemungkinan ini dikarenakan grafis terintregrasi (HD 8610G) yang kamu gunakan tidak disupport oleh driver AMD Radeon Software Crimson. Mimin sarankan kamu untuk menginstal kembali driver AMD Catalyst sebelumnya kembali. dengan menghapus terlebih dahulu driver yang ada sekarang 🙂

  21. min kalo laptop hp pav15, proc AMD APU A10-5745M, Dual Graphics 8610g + R7 M206. apakah spek tersebut cocok dengan driver AMD Radeon Crimson?

  22. Min, laptop sy acer e5-552g quad-core amd a10-8700p, dual graphics r6 sama r8 m365dx ram 4GB ddr3l. Yang mau saya tanyakan di laptop sy sudah terpasang amd catalyst, apakah amd crimson wajib untuk di insall? Yang kedua cara mengaktifkan turbo core gmna ya? Apakah harus masuk ke bios dulu atau tidak? Soalnya pernah liat di youtube cara aktivasinya pake power option – lalu pilih opsi yg high performance tp kcptn proc cmn naik sedikit. Itu dulu min pertanyaannya, maaf kebanyakan nanya, soalnya masih awam sama amd hhe. Sblmnya mksh min

    • Hai Hambali, untuk Driver mimin sarankan untuk mencek terlebih dahulu ke situs ACER apakah disana tersedia Crimson atau tidak (Crimson sendiri dimulai dengan versi 16.xx). mengingat, untuk Notebook Dual Graphics direkomendasikan memakai driver dari vendor yang sudah di test. Untuk fitur AMD Turbo Core akan otomatis aktif. Clock Turbo Core yang ada, hanya akan aktif saat kamu masuk dalam posisi penggunaan heavy task (seperti browsing dengan beberapa tab sekaligus) serta grafis terintregrasi yang ada di APU dalam kondisi idle. serta, Turbo Core hanya akan aktif saat suhu Notebook memungkinkan. 🙂

  23. min, laptop sy asus X454YI, RAM 4gb, CUADCORE.
    pas main PES 2016 GPU nya GOOD tp vramnya jd 512mb, pdhl spek laptopx vga radion 5 vram 2gb. kira2 masalahx dimana min? mohon pencerahannya

    • Hai. Kemungkinan ini dikarenakan game tersebut memiliki masalah dengan fitur AMD Enduro. untuk agar aplikasi yang kamu gunakan bisa memanfaatkan grafis diskrit, kamu bisa atur ke mode “High-Performance” kamu bisa mengikuti tutorial yang dijelaskan komunitas disini :


  24. Min tolong infonya setelah saya install driver amd radeon crimson terbaru untuk notebook HD 8670M, saat buka amd raddeon settings muncul box dialog no amd graphic is installed. Tolong bantuannya

  25. min driver amd terbaru untuk ACER E1-451G dengan processor A8-4500M with AMD Radeon HD 8750 yang mana yah downloadnya soalnya waktu itu pernah download tapi malah jadi gak kebaca dan sering error, saya pas OS win10, terima kasih

    • Hi Yovi, sebaiknya Mimin sarankan untuk memilih “Manually Select Your Driver” dan pilih “Notebook Graphics”. Setelah itu, kamu sesuaikan dengan type kartu grafis diskrit serta OS yang kamu pakai. 🙂

  26. min…saya sudah instal amd catalys dan crimson, tapi kena selalu muncul “cant start because api-mi-win-crt-runtime-l1-1-0.dll” saya sudah download di google pun masih tetap muncul, saya menggunakan asus k45dr

    • Hi Syamsul, perlu mimin beritahukan untuk Notebook yang kamu gunakan, tidak mendukung driver AMD Radeon Software Crimson terbaru, dimana hanya support hingga driver AMD Catalyst saja 🙂

  27. Hi Bright, perlu mimin beritahukan terdapat 2 versi ada yang versi standar yang biasa digunakan yakni hadir dengan sekitar 300MB serta minimal setup dengan ukuran sekitar 100MB namun saat instalasi akan menggunakan koneksi Internet untuk unduh data tambahan, mimin rekomendasikan menggunakan versi yang standar 🙂

    • Hi Yandi, perlu mimin beritahukan untuk tampilan yang ada sewaktu-waktu bisa berubah, walaupun begitu decara garis besar kurang lebih sama dengan yang sebelumnya 🙂

  28. min, laptop saya lenovo g41-35. kmren sya maen gta v tpi yg ke detect kok 512mb yah? pdhl harusnya 2gb, dan saya sdh setting ke high perfomance, tetapi belum berpengaruh

  29. min laptop saya lenovo v310-80t2, processor intel core i5-7200u, vga saya intel hd 620 dan amd radeon m430. saya udah install AMD crimson edisi 16.5. nah ketika saya buka, yang muncul di menu AMD crimson nya cuma GAME dan SYSTEM tidak ada menu yang lain (VIDEO, DISPLAY). di bagian menu systemnya tulisannya amd radeon r5 m430 linked. mohon jawaban dan penjelasannya min.

  30. Hi Bagas, perlu mimin beritahukan untuk driver terbaru terdapat perubahan dimana sebagian fitur yang ada di Radeon Additional Setting berpindah ke menu utama Radeon Setting 🙂

  31. min laptop saya asus x555da dengan processor AMD A10-8700P RADEON R6, pas mau cari dengan cara manual kok gk ada ya yg Radeon R6, yg ada cuman R5, R7, R8 dan R9. mohon penjelasannya

  32. min laptop saya asus x555da dengan processor AMD A10-8700P RADEON R6, pas mau cari dengan cara manual kok gk ada ya yg Radeon R6, yg ada cuman R5, R7, dan R9. mohon penjelasannya

    • Hi Alex.

      Perlu mimin beritahukan bagi pengguna laptop yang mendukung teknologi Dual Graphics akan wajar menemui kondisi seperti itu, namun tidak perlu khawatir karena vga diskrit Radeon R8 M435DX yang sebenarnya berjalan di latar belakang untuk merender grafis game.

      Terimakasih.

  33. min numpang tanya. saya pake whql-win10-64bit-radeon-software-crimson-relive-17.7.2-july27 tapi radeon additional setting gak muncul… gmn ya min?

  34. Min mau tanya saya install AMD Catalyst Control tapi keluar seperti ini “AMD Catalyst Control Center cannot be started. There are currently no settings that can be configured using AMD Catalyst Control Center” , solusinya apa ya min , terimakasih

    • Hi Zullazar, untuk driver pada laptop disarankan menggunakan driver bawaan laptop itu sendiri agar lebih stabil dan compatible. Bisa kamu download melalui situs resmi Asus sesuai dengan seri laptop kamu.

  35. Min, minta tolong .. saya pengguna APU A8-7600 Radeon R7. Driver vesion 17.7.2 Crimson Relive
    Setiap kali main Dota2 dengan minimal setting, setelah masuk ke game tiba2 keluar ke desktop, freeze.
    Mohon pencerahan

    • Hi Siti, driver terbaru yang belum final kemungkinan masih ada bug. Untuk itu bila terjadi penurunan performa atau tidak cocok dengan perangkat maupun game yang kamu mainkan, kamu bisa rollback ke versi sebelumnya.

  36. Dear Admin. saya menggunakan laptop merk HP dgn prossesor AMD A10 – 5745M dgn graphic radeon 8610 + 8670m
    sy coba donlod software terbaru tp keterangannya selau tidak sesuai. Mohon arahan sy harus pakai software versi yg mana ?
    tks

    • Hi Mario, untuk driver laptop disarankan untuk menggunakan driver bawaan dari laptop itu sendiri agar lebih stabil dan compatible. Kamu bisa download langsung disitus resmi dari brand laptop yang kamu gunakan sesuai tipe laptop kamu.

    • Hi, driver khusus untuk laptop tersebut yang bisa di download pada situs resmi masing2 brand sesuai dengan tipe laptop yang digunakan. Untuk kartu grafis desktop, juga sama driver khusus dari vendor brand kartu grafis yang biasanya ada di cd dalam paket pembelian.

    • Hi Tri.

      Apabila kamu ingin install driver segera maka pilih opsi express akan tetapi apabila kamu ingin install beberapa komponen seperti driver vga card saja, tanpa ingin install Radeon Setting maka opsi custom pilihanya.

      Kami rekomendasikan memilih opsi express untuk install driver.

      Semoga membantu, salam.

  37. Min ko di radeon additional setting saya menu nya kurang lengkap ya cma menu preset dan power (radeon crimson v16.12.1)?
    Laptop saya asus X454YA BX801D amd a8 r5

  38. Min numpang tanya,Driver terbaru yg cocok buat leptop lenovo AMD A4, yg udh Final gak ada bug nya selain dari Radeon-Softwere-crimson-relive-17.7.2 Apa aja yah?

  39. Min laptop saya asus x550iu , laptop ini sudah ada driver nya apa belum ya? Kalo ada bagaimana cara uninstall nya biar bisa download yg versi crymson , makasih.

    • Hi Dwi,

      Umumnya driver laptop sudah tersedia di paket CD penjualan, kamu bisa menginstall nya secara langsung atau bisa mengunduh driver Radeon Software di website resmi Notebook tersebut.

      Terimakasih, salam

  40. min… laptop saya prosessornya amd e1 2500 apu with radeon ™ hd graphics dan displaynya amd radeon hd 8200/r3 series …. saya bingung waktu mau pilih yang driver apu atau notebook graphics…??

  41. min sy pengguna laptop dell inspiron i5-3567 dengan radeon R5. setelah running driver radeon sesuai auto select download, sy tidak temukan “additional radeon setting” di menu preference. sy kesulitan untuk setting dual VGA nya. bagaimana ya? terimakasih

  42. min, saya kan download pake cara yg detect otomatis, tapi pas semua udah beres dan saya restart laptopnya, malah ada tulisan “api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing” udah saya reinstall berkali kali, tapi tetep aja gitu, solusinya gmna?.
    laptop saya LENOVO G41-35 win7 64 bit

    • Hi Taufik,

      Admin merekomendasikan untuk mencoba download secara manual menggunakan referensi grafis internal (IGP) yang digunakan, namun dengan mengapus driver yang digunakan sebelumnya dengan aplikasi DDU Uninstaller.

      Terimakasih, salam.

  43. min saya pengguna lenovo i320 14 ast. AMD A9 (R7 M440). Cara munculin radeon additional setting gimana ya? karena ketika saya buka dipreference menu tersebut tidak ada.

  44. min, tolong kasih link driver amd untuk laptop asus x452ea sy udh menggunakan os windows 10 pro. amd radeon hd 8210

    • Hi Arya, untuk driver disarankan menggunakan bawaan yang bisa kamu download di situs resmi Asus sesuai dengan tipe laptop yang kamu gunakan.

  45. Salam…
    Admin…saya memakai Notebook Acer Swift 3 2nd Gen AMD (SF315-41)
    dengan spek :
    – AMD RYZEN™ 7 2700U quad-core processor (up to 2 MB L2 cache, up to 3.8 GHz)

    – Windows 10 64bit

    – 15.6″ IPS Full HD 1920 x 1080 with Corning® Gorilla® Glass, Wide viewing angle up to 170 degrees

    – 8GB DDR4 RAM

    – 1TB HDD + 128GB SSD

    – Radeon ™ Vega 10 Graphics

    Dan saya selalu gagal update driver terbaru dai laptop saya…padahal softwarenya sudah sempurna saya download dengan menggunakan IDM. Setelah saya tekan acceft selalu muncul pesan “Unable to find driver for your system”

    mohon petunjuk bagaimana caranya saya bisa update rutin driver notebook saya…

    terimakasih

    • Hi Dicky,

      Untuk hasil yang terbaik, mimin selalu rekomendasikan untuk menggunakan driver yang disediakan oleh website Acer yang telah diuji agar berjalan dengan baik.

      Terimakasih, salam.

    • Hi Agung,

      Untuk laptop ASUS X555DG kami rekomendasikan untuk menggunakan driver yang sudah disediakan oleh website resmi, mengingat sudah diuji untuk berjalan maksimal di perangkat kamu.

      Terimakasih, salam.

  46. min saya mw nanya ini laptop saya toshiba satellite c55-b windows 8 ram 4bg inte core i3-4005u cpu @1.70GHz bisa gak pke ini amd driver crimson

  47. min, saya pke Lenovo G400 5010 windows 8.1 64 bit dengan vga Intel HD grapics dan Radeon HD 8570M, apakah bisa pakai driver crimson yang terbaru? dulu soalnya ada driver crimson yang bluescreen setelah diinstal tapi ada juga yang bisa. mohon dijawab min

    • Hi Iqbal, untuk laptop disarankan menggunakan driver bawaan laptop itu sendiri yang bisa kamu download disitus resmi brand laptop yang kamu gunakan sesuai dengan tipe laptopnya, karena driver tersebut dibuat secara khusus untuk laptop itu, sedangkan driver update dari AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok dengan laptop kamu.

    • Hi Raden,

      Kamu tidak perlu kwatir. Vga diskrit (Radeon 530) lah yang sebenarnya berjalan dilatar belakang.

      Agar berjalan dengan baik. kami sarankan kamu untuk ubah pengaturan powerplan ke high performance.

      Terima kasih, salam.

    • Hi Sandy.

      Perlu kami informasikan kamu tidak perlu kwatir akan hal ini. Karena laptop akan secara otomatis menggunakan vga diskrit saat bermain game dilatar belakang.

      Untuk pastikan hal tersebut berjalan dengan baik. Kami rekomendasikan untuk rubah pengaturan powerplan Windows ke high performance.

      Terima kasih, salam.

  48. Min saya mau tanya, kalau mau update driver ke “Adrenalin Edition 18.9.3 Optional” apa harus unistall terlebih dahulu driver sebelumnya atau timpa saja?, sebelumnya driver saya crimson 17.7 dan laptop saya lenovo i320 AMD A9-9420

  49. Min, mau tanya. Saya pengguna laptop HP 15-BW064AX dengan Grafis AMD Radeon R5 (IGP) dan Radeon 530 dengan VRAM 2GB DDR3 (dedicated). Saya menginstall driver Adrenalin Edition 18.2.1, tapi kok masih suka ngelag ya?
    Kalo saya install Adrenalin Edition 18.5.1 atau Adrenalin Edition 18.10.1 malah suka bluescreen atau suka restart sendiri.
    Seandainya saya install driver Crimson apakah bisa cocok dgn laptop saya? Apakah bakal ngelag/bluescreen/restart sendiri lagi?

  50. Radeon Software Version – 18.5.1
    Radeon Software Edition – Adrenalin
    Graphics Chipset – AMD Radeon R5 Graphics
    Memory Size – 512 MB
    Memory Type – DDR4
    Core Clock – 720 MHz
    Windows Version – Windows 10 (64 bit)
    System Memory – 4 GB
    CPU Type – AMD A10-9600P RADEON R5, 10 COMPUTE CORES 4C+6G
    laptop asus X555Q setelah update radeon software main game jadi lag lag

    • Hi Dodi

      Kami rekomendasikan untuk menggunakan driver yang sudah tersedia melalui website resmi ASUS. Mengingat sudah teruji agar bisa berjalan dengan baik. Serta jangan lupa untuk menghapus driver yang digunakan menggunakan aplikasi DDU Uninstaller.

      Terima kasih, salam.

      Semoga membantu, terima kasih.

  51. [ask]
    laptop saya asus x454Y
    amd A8 7410 Radeon R5 M320
    software crimson18.10.1

    saya bingung min, overdrive GPU Radeon R5 nya kok memory cuman 1gb? padal di system crimson tnya memory 2gb

    tks

  52. Min, saya menggunakan laptop asus x452c, AMD Radeon 8530M.
    Pas klik kanan, lalu klik radeon lg knp muncul ul tulisan “amd catalyst control center cannot be started”.
    Mohon pencerahannya min..

  53. Min, laptop saya Lenovo G470 i5 Amd Radeon HD 6370. Sebelumnya pake catalist trus saya uninstall dan upgrade ke crimson tapi setelah selesai, layar seperti di safe mode kemudian muncul notif kalau graphic tidak sesuai/rendah.
    Gimana solusi nya min?need reply immediatly
    Trims

  54. min saya punya prosesor AMD® Stoney Ridge A9-9420 Processor dan grafis AMD Radeon™ R5 M420 dengan 2GB DDR3 VRAM yang manakah fiturnya lebih cocok dengan softwarenya? drivernya amd crimson atau catalyst???

  55. Min mau tanya nih, laptop saya lenovo g40-70 driver VGAnya amd radeon R5 M230 cocoknya make windows 8 atau 10 ? Dan lebih optimal di windows mana ?

  56. Min mohon solusinya, aku punya laptop acer aspire3 A314-41,
    AMD dual-core Processor A9-9420e
    AMD Radeon r5 graphics
    4GB DDR4 Memory
    1000GB HDD.

    Saya install windows7 64bit, sudah saya download driver di web amd, saya pilih product processor with grapick=>Amd A series processor=> amd A9 series apu for laptop=>7th gen A9 9120 apu..

    Tapi kok gk sukses2 error terus, solusinya gimna min?

    • Hi, untuk driver laptop disarankan untuk menggunakan driver yang disediakan oleh brand laptop yakni Acer, silahkan download drivernya dari situs resmi Acer sesuai dengan tipe laptop kamu.

    • Hi Rozakyu, untuk driver laptop lebih disarankan menggunakan driver bawaan yang di download dari situs resmi brand laptop yang dimiliki sesuai dengan tipenya karena driver laptop tersebut yang paling cocok dan stabil, bila ada update juga mengikuti update dari situs tersebut. Driver update dari situs resmi AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu ada dan cocok untuk perangkat yang kamu gunakan.

  57. min setelah install selesai dan sudah di restart, kenapa tidak muncul amd radeon setting ? di klik kanan tidak bisa

    • Hi Melvin, hanya kesalahan membaca saja, performa dan fisiknya tidak berubah. Untuk driver laptop lebih disarankan menggunakan driver bawaan yang disediakan website resmi brand laptop karena driver tersebut yang paling cocok, sedangkan driver update dari web AMD dibuat secara umum sehingga ada kemungkinan ada bug dan belum tentu cocok dengan perangkat yang kamu miliki.

      Terima kasih,
      AMD Indonesia

    • Hi Maidi, untuk driver laptop silahkan kunjungi website resmi brand laptop yang dimiliki karena driver tersebut yang paling stabil dan cocok untuk perangkat yang kamu gunakan, sedangkan driver pada web AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok dengan perangkat yang kamu gunakan.

  58. min laptop saya asus x454y, klo buka amd radeon sofware muncul tulisan ” No AMD grapic driver is instaled, or the AMD driver is not functioning properly, Please Instal the AMD driver appropriate for your AMD hardware”
    ini saya hars download yg mna??

  59. Min laptop saya ACER E1-451G, saya saat ini pakai Win 10. Saat sedang berjalan sering bluescreen dan ada pemberitahuan ada error “atikmdag.sys”. Saya mencari solusi tetapi kebanyakan menyarankam untuk update driver, tetapi ketika drivernya diupdate driver tidak kompatibel dengan grafiknya (“No AMD graphic driver is installed, or AMD sriver is not functioningproperly, Please Install the AMD driver appropriate for your AMD hardware”)
    Spesifikasi Laptop saya:
    AMD A8-4500M
    AMD RADEON HD7640G + HD8600M

    • Hi Mukhlis, pastikan driver yang kamu download melalui situs resmi Acer untuk perangkat yang kamu gunakan dan untuk Windows 10. Bila tidak dapat menemukannya kamu dapat konsultasikan ketersediaannya dengan Acer Indonesia.

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here