instalasi driver amd radeon™ software crimson terbaru

Panduan Instalasi Driver AMD Radeon™ Software Crimson Terbaru

Bagi Anda pengguna grafis AMD Radeon™ pasti sudah mengerti betul pentingnya melakukan instalasi driver terbaru. Selain berfungsi agar Operating System (OS) mampu mengenali kartu grafis yang Anda gunakan, penggunaan driver terbaru juga penting untuk mendapat peningkatan performa dan penambahan fitur yang akan berguna memuluskan kegiatan harian Anda yang membutuhkan kekuatan grafik seperti desain, multimedia dan bahkan gaming.

AMD Radeon Crimson Setting

Oleh karena itu pada artikel kali ini kami ingin memberikan tutorial singkat bagaimana melakukan instalasi driver terbaru dari AMD, Radeon™ Software Crimson Edition. Jika Anda menginginkan performa hingga 10x lebih cepat, lebih efisien dan optimal dengan berbagai fitur terbaru serta ingin memainkan game-game terkini berbasis DirectX 12 atau bahkan game Virtual Reality dengan mulus tanpa gangguan, maka menggunakan driver terbaru ini sangat kami sarankan. Berikut langkah mudah untuk melakukan instalasi Radeon™ Software Crimson Edition.

Notice : Bagi kamu pengguna Kartu Grafis atau Processor AMD APU yang sebelumnya memakai AMD Catalyst dan ingin upgrade ke driver AMD Radeon Software Crimson,  disarankan untuk mengikuti Panduan Cara Menghapus Driver sebelum lanjut ke step berikutnya. apabila anda baru menggunakan Kartu Grafis atau Processor AMD APU terbaru, anda bisa langsung lanjut ke step berikutnya.

Step 1: Setelah Anda selesai mengunduh driver yang tepat sesuai dengan tipe kartu grafis Radeon™ yang dimiliki, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan instalasi. Double-Click file driver yang telah selesai diunduh dan tekan tombol Install untuk memulai proses.
AMD Radeon Crimson Setting AMD Radeon Crimson SettingStep 2: Berikutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini:
AMD Radeon Crimson Setting

Sebagai info driver Radeon™ Software Crimson ini tidak hanya berisikan driver untuk menjalankan kartu grafis Radeon™ saja melainkan juga berisi sekumpulan driver  untuk komponen lain dan software tertentu seperti AMD Gaming Evolved App. Jika terdapat driver atau software yang tidak ingin Anda gunakan silakan hilangkan tanda centang pada driver atau software tertentu sebelum klik tombol Install.

Step 3: Setelah Anda klik tombol Install akan muncul tampilan seperti berikut yang memberi informasi proses instalasi sedang berjalan.
AMD Radeon Crimson Setting

Silahkan tunggu hingga proses selesai. Harap diingat, terkadang akan terjadi flickering atau layar berkedip menjadi black screen selama beberapa detik. Namun Anda tidak perlu cemas karena hal ini merupakan bagian wajar dari proses instalasi driver grafis Radeon™ Anda.

Step 4: Langkah terakhir Anda akan diminta untuk melakukan restart pada PC Anda. Klik Restart Now untuk menyelesaikan proses instalasi, setelah itu PC Anda siap digunakan pada berbagai aktivitas dengan performa yang lebih baik berkat Radeon™ Software Crimson terbaru.

AMD Radeon Crimson Setting

Instalasi Radeon Software Crimson Edition untuk Kartu Grafis/Processor AMD APU Lawas

Radeon™ Software Crimson Edition sebenarnya hanya kompatibel dengan produk grafis Radeon™ berbasis Arsitektur GCN terbaru yang di mulai dari:

  • AMD Radeon™ HD 7700-HD 7900 Series sampai Radeon™ Pro Duo untuk produk grafis Desktop,
    AMD Radeon Crimson Setting
  • AMD Radeon™ HD 8180 – HD 8400 Series hingga A-Series APU dengan grafis Radeon™ R3, R4, R5, R6, R7, atau R8 untuk produk APU Mobile/Notebook,
  • AMD Sempron™ APU dengan grafis Radeon™ R3 hingga A-Series APU dengan grafis Radeon™ R4, R5, R6, or R7 untuk APU Desktop,
    AMD Radeon Crimson Setting
  • AMD Radeon™ HD 7700MHD 7900M Series hingga AMD Radeon™ R9 M300 Seriesuntuk grafis diskrit Mobile/Notebook.
    AMD Radeon Crimson Setting

Sedangkan untuk Anda yang menggunakan tipe grafis Radeon™ lawas selain seri yang disebutkan di atas, seperti misalnya Radeon™ HD 5000 Series atau Radeon™ HD 6000 Series masuk dalam mode status “legacy” yang tidak lagi mendapatkan update driver terbaru di masa yang akan datang. Namun, untuk memberikan pengalaman terbaik bagi semua pengguna Radeon™, kini Radeon™ Software Crimson juga bisa dinikmati pada produk grafis Radeon™ lawas melalui hadirnya satu versi Radeon™ Software Crimson Edition khusus versi Non GCN 16.2.1 Beta. Anda bisa mengetahui kompatibilitas dari driver khusus ini pada perangkat Anda dengan melihat release notes di link berikut.
AMD Radeon Crimson Setting

Sedangkan untuk langkah instalasi Anda bisa mengikuti langkah yang sama dengan tutorial sebelumnya.

Temukan panduan lanjutan mengenai driver AMD Catalyst pada artikel berikut:

318 comments

  1. Pingback: Tips and Tricks Ini Dia Tips Maksimalkan Performa Notebook Bertenaga AMD APU | central pc store

Leave a Reply