menghapus driver amd radeon™ software crimson

Panduan Menghapus Driver AMD Radeon™ Software Crimson Terbaru

menghapus driver amd radeon™ software crimson

Setelah sebelumnya kami sudah memberikan panduan lengkap untuk menemukan model dan manufaktur kartu grafis AMD Radeon™, mengunduh Radeon™ Software Crimson, dan panduan instalasi Radeon™ Software Crimson, kali ini kami juga akan menghadirkan tutorial bagaimana cara untuk menghapus Radeon™ Software Crimson. Menghapus driver versi sebelumnya merupakan langkah yang sebaiknya dilakukan oleh pengguna sebelum menginstall driver yang baru agar memperoleh hasil instalasi yang sempurna tanpa cacat.

Lalu apa saja langkah yang harus dilakukan untuk melakukan penghapusan driver AMD Radeon™ Software Crimson? Simak selengkapnya pada pembahasan berikut ini!

Step 1:  Bagi Pengguna Windows 7

Pertama klik Start dan pilih menu Control Panel

Uninstall AMD Radeon Crimson

Pilih menu Programs – Uninstall a Program

Uninstall AMD Radeon Crimson

Anda akan masuk pada tampilan yang memperlihatkan daftar aplikasi yang sudah terinstall pada PC atau notebook Anda. Klik dua kali pada aplikasi yang bertulisan AMD Install Manager untuk melakukan penghapusan AMD Radeon™ Software Crimson.

Uninstall AMD Radeon Crimson

Langkah selanjutnya akan berlanjut pada Step 2.

Step 1:  Bagi Pengguna Windows 8.1/10

Klik kanan pada tombol Windows dan pilih Control Panel dari menu yang ada.

Uninstall AMD Radeon Crimson

Pada Control Panel silakan pilih Programs and Features

Uninstall AMD Radeon Crimson

Anda akan masuk pada tampilan yang memperlihatkan daftar aplikasi yang sudah terinstall pada PC atau notebook Anda. Klik dua kali pada aplikasi yang bertulisan AMD Install Manager untuk melakukan penghapusan AMD Radeon™ Software Crimson.

Uninstall AMD Radeon Crimson

Langkah selanjutnya akan berlanjut pada Step 2.

Step 2: Uninstall Radeon™ Software Crimson

Setelah Anda melakukan klik dua kali pada AMD Install Manager maka akan muncul tampilan seperti berikut:

Uninstall AMD Radeon Crimson

Silakan centang semua pilihan yang ada dan klik tombol Uninstall.

Catatan:

Jika sebelumnya Anda pernah melakukan instalasi driver AMD lebih dari satu versi, biasanya akan muncul prompt lain yang memberikan pilihan untuk menghapus semua driver yang pernah diinstall (All Versions) atau hanya menghapus driver versi terakhir yang pernah diinstall (Current Version). Direkomendasikan untuk memilih All Versions untuk menghapus semua driver dan aplikasi terkait untuk memastikan PC atau notebook Anda bersih dari driver versi sebelumnya sehingga aman untuk menginstall driver yang terbaru.

 Uninstall AMD Radeon Crimson

Setelah klik tombol Uninstall silakan tunggu proses penghapusan driver AMD Radeon™ Software Crimson hingga selesai. Sama halnya seperti pada proses instalasi, beberapa dari Anda mungkin akan merasakan layar yang berkedip atau Flickering selama proses berlangsung. Namun hal ini adalah sesuatu yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Uninstall AMD Radeon Crimson

Setelah proses selesai, klik tombol Restart Now untuk menyelesaikan proses penghapusan driver.

Terjadi Masalah Saat Proses Instalasi/Uninstall, Apa yang Harus Dilakukan?

Sama seperti software lainya driver pun kadang memiliki masalah seperti halnya driver error di kala penggunaan, gagal saat melakukan instalasi driver terbaru, gagal saat proses uninstall driver melalui cara biasa, dan masalah lainnya yang dapat mengganggu kenyamanan pengguna saat menggunakan grafis Radeon™. AMD sendiri sudah menyediakan solusi untuk mengatasi hal ini dengan merilis software bernama AMD Clean Uninstall Utility.

Uninstall AMD Radeon Crimson

Dengan menggunakan software AMD Clean Uninstall Utility ini, seluruh driver dan aplikasi terkait akan dihapus “paksa” hingga bersih! Hal ini membantu menghilangkan masalah yang mungkin ditemui oleh pengguna secara cepat dan praktis hanya dengan menggunakan satu aplikasi yang mudah sekali untuk digunakan.

Pertama-tama, silakan download AMD Clean Uninstall Utility melalui link berikut.

Catatan:

AMD Clean Uninstall Utility hanya dapat digunakan untuk Sistem Operasi Microsoft Windows® 7 ke atas.

Uninstall AMD Radeon Crimson

Kemudian silakan klik dua kali untuk membuka aplikasi AMD Clean Uninstall Utility yang telah diunduh.

 Uninstall AMD Radeon Crimson

Akan muncul pop-up pemberitahuan atau peringatan seperti yang Anda bisa lihat diatas. Klik OK untuk meneruskan proses penghapusan total seluruh komponen driver yang telah ter-install pada notebook atau PC Anda, atau klik Cancel untuk membatalkan.

Uninstall AMD Radeon Crimson

​​​​Setelah klik “OKAMD Clean Uninstall Utility akan di minimized ke bagian area notification (system tray) dan proses penghapusan driver akan berjalan di background. Untuk mengetahui progress silakan arahkan kursor ke icon AMD Clean Uninstall Utility seperti terlihat pada gambar di bawah ini.​

Uninstall AMD Radeon Crimson

Catatan:

Pada saat proses Uninstall driver menggunakan AMD Clean Uninstall Utility sedang berjalan, mungkin akan terjadi layar berkedip atau biasa disebut dengan “Flickering”. Tak perlu khawatir karena proses ini terbilang normal saat sistem sedang mengaplikasikan pengaturan baru.

Uninstall AMD Radeon Crimson

Setelah uninstall selesai, sebuah pesan berisi tulisan “The AMDCleanUpUtility has successfully completed” akan muncul menyatakan bahwa proses telah sempurna dilaksanakan. Klik “View Report” untuk melihat daftar komponen yang sudah sukses di uninstall, atau klik “Finish” untuk keluar dari AMD Clean Uninstall Utility.​​​

Uninstall AMD Radeon Crimson

Untuk menyempurnakan proses uninstall silakan klik tombol “Yes” untuk reboot PC atau notebook Anda.

Jika terdapat masalah saat Anda menjalankan AMD Clean Uninstall Utility Anda bisa melakukan recover system ke kondisi sebelumnya memakai system restore point (AMD Cleanup Utility Restore Point) yang telah diciptakan secara otomatis oleh AMD Clean Uninstall Utility sebelum melaksanakan proses pembersihan driver.

Setelah proses permbersihan selesai, Anda bisa kembali mencoba melakukan instalasi ulang driver pada PC atau notebook Anda dan diharapkan tidak akan lagi terjadi error atau masalah seperti yang Anda alami sebelumnya. Namun jika setelah melakukan semuanya masih terdapat error silahkan mengisi form di link berikut untuk memberikan feedback Anda secara langsung ke AMD pusat (form tersedia dalam bahasa inggris) dimana akan langsung ditindaklanjuti dan perbaikan akan dihadirkan pada rilis driver versi selanjutnya.

Temukan panduan lanjutan mengenai driver AMD Catalyst pada artikel berikut:

85 comments

  1. Fernanda
    Reply

    Halo min, mau tanya Laptop saya Acer E5-552G, nah baru aja install crimson, tapi kenapa pas main Dota tiba2 layar menjadi hitam ya ?

  2. hilmy
    Reply

    mau tanya min, sy punya laptop toshiba satellite e45dw-c, driver sy bermasalah, membuka amd radeon setting failed karna tidak bsa membaca driver meskipun di app autodetect sdh uptodate, ketika di upgrade driver (device manager) / uninstall, beranda windows 10 selalu blink kedip2 tanpa bisa d klik apa2 kecuali ctrl+alt+del, sdh 2x sy restore, solusinya gmn agar bisa kembali normal drivernya ? terimakasih…

  3. Numpang nanya gan, kok setelah update windows ke anniv buat main game jadi berat, dulu main dota2 set med masih dapet 40-50an FPSnya. Setelah ane install ulang pun masih sama saja, buat main dota2 set low pun cuma dapet FPS 30-40an kalo pas WAR rame objeknya 5v5 jadi lag banget kadang berhenti sejenak. driver : amd crimson 16.9.2
    itu kenapa ya? Mohon pencerahannya dan gimana solusinya?

    • Admin
      Author Reply

      Hai, Mimin sarankan kamu untuk Rollback ke build sebelumnya atau kamu update game yang ada ke versi terbaru. mengingat ini
      adalah masalah dari game dan OS nya. Driver AMD Crimson 16.9.2 sudah support dengan Windows 10 Anniversary.

  4. fahmii muhammad
    Reply

    Min laptop saya asus x452 cp .. baru instal ulang . Pas mau nginstal amd crimson kok laptop ngehank terus yaa ?? .
    Mohon jawabannya

    • Admin
      Author Reply

      Hi Sofyan, Tidak ada masalah kok driver akan otomatis memperbaharui driver yang lawas. artikel ini di pakai hanya untuk kebutuhan khusus
      seperti eror saat process update driver, tidak bisa instal driver baru dsb. 🙂

  5. sandy pratama
    Reply

    Mohon bantuan dong min
    Saya udah instal amd crimson terbaru tp setelah instal ga bisa dibuka terus ada keterangan seperti ini “radeon setting are currently not available”.
    Itu kenapa ya?
    Laptop saya asus x550ze amd a10

  6. Heka
    Reply

    Min waktu kmarin driver saya tiba-tiba ga bisa dibuka dan saya instal ulang, sebelum instal ulang saya uninstal menggunakan ddu,setelah itu instal ulang lancar. Cuman di game pes2016 dan pes2017 kok hanya terbaca 512mb dan bukan 2gb untuk vram ??? Saya sudah mengatur di amd crimson untuk high perfomance dan crossfire on.. tapi tidak terbaca seperti dulu yg 2gb. Mohon bantuannya min.

    • Admin
      Author Reply

      Hai Dimas, untuk pengaturan “AMD Swictable Graphics” di Radeon Software Crimson telah berpindah ke bagian Preferences >> Radeon Addition Setting 🙂

  7. bayu
    Reply

    min,knapa kok saya abis instal driver amd versi crimson yg terbaru malah suka bntar-bntar ngefreeze pas main game online?padahal sebelum update ke versi baru lancar-lancar aja. apa emng koneksi saya aja yg aneh? tapi klo buat download ini itu malah cepet. trus saya coba speedtest hasilnya lancar-lancar aja.

  8. Rian Setya Budi
    Reply

    min, tab dual graphics kok ilang ya di additional setting saya? jadi gak bisa mau enable ato disable.. cara na gimana ya ?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Rian, untuk driver versi terbaru opsi Dual Graphics sudah berpindah tempat, kamu bisa mengaksesnya dengan membuka tab “Gaming” dan tuju ke opsi “Global Setting” dan atur menu “AMD CrossFire” ke on 🙂

  9. tanta
    Reply

    Min, mau tanya dong. Saya baru aja beli laptop mode dos, setelah saya instal window 10 64bit dan pake driver amd crimson relive versi 16.2 kok jadi sering restart sendiri. Dan ada tulisan check video_tdr_failure. Apa ada versi khusus untuk win 10 64bit nya? Laptop saya lebovo ip110-14ast vga radeon r5 grafis integrated

    • Admin
      Author Reply

      Hi Tanta, mimin rekomendasikan untuk menggunakan driver yang sudah disediakan oleh pihak Lenovo biasa hadir dalam bentuk disc pada paket penjualan, apabila tidak ada bisa mengunduhnya lewat website resmi dari Lenovo dikarenakan driver yang ada sudah dibuat khusus untuk Notebook tersebut 🙂

  10. Pungki
    Reply

    mohon maaf saya mau tanya saya pakai catalyst tapi kok tidak ada AMD Catalyst control centernya ya? yang ada cuma additional setting yang isinya cuma pengaturan display, power dan audio? mohon bantuannya.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Pungki, mimin rasa kamu sudah menginstall driver versi terbaru yakni Radeon Software Crimson Edition hadirkan Radeon Setting sebagai pengganti Catalyst Control Center dengan tampilan lebih modern 🙂

  11. iqbal
    Reply

    min, nanya dong. saya kan mau install driver pakai catalyst, setelah saya pakai amdcleanuputility trs saya pakai auto detect driver nah trus berhasil, trus kok ada amd additional settingnya ya?

  12. gandi
    Reply

    min laptop saya amd A10 7400p R6 .windows 10 .setelah instal driver amd terbaru.habis direstar destop laptop saya berkedip-kedip ngk jelas.kenapa ya?

    • Admin
      Author Reply

      Hi Gandi, untuk laptop disarankan agar menggunakan driver bawaan karena tidak semua driver update compatible dan stabil pada laptop. Saran mimin kamu bisa install kembali driver bawaannya.

  13. Sudrajat Fajar
    Reply

    Min, saya mau tanya. Saya memakai driver AMD Radeon Crimson 17.4.2 (bawaan laptop), namun setelah meng-upgrade ke 17.4.4 jadi sering auto restart. Dan ketika di downgrade ke versi sebelumnya masih auto restart. Solusinya dong min?
    .
    Lenovo Ideapad 110 | AMD A9 with Radeon R5 | Windows 10 | 4GB

    • Admin
      Author Reply

      Hi Sudrajat, untuk laptop memang disarankan menggunakan driver bawaan, coba install ulang drivernya, hapus driver sebelumnya dengan aplikasi pihak ketiga kemudian install lagi driver bawaannya.

  14. Yoga
    Reply

    min udah di hapus semua sampe bersih, udah di instal radeon crimson 17.4.4, pas udah mau dibuka radeon setting nya ngga bisa tulisannya “No AMD graphics driver is installed, or the AMD driver is not functioning properly. Please install the AMD driver appropriate for your AMD hardware.” itu gimana min?
    Spec:
    Laptop HP Notebook
    Windows 10 64-bit
    Intel Core i5-6200U
    ram 4gb
    driver intel HD Grapichs 520 sama AMD Radeon R5 M330

    • Admin
      Author Reply

      Hi Yoga, untuk laptop disarankan menggunakan driver bawaan dari laptop itu sendiri karena tidak semua driver update compabtible dan stabil pada laptop. Kamu bisa uninstall dan install kembali driver bawaan yang didownload dari situs resmi HP ya.

  15. min mau tanya pas baru update windows 10 setelah update dan komputer berjalan seperti biasa kenapa saat menjalankan amd radeon setting muncul pemberitahuan “No AMD graphics driver is instaled, or the AMD Driver is not functioning properly, please instal the AMD Driver appropriate for your AMD Hardware.” , padahal sebelum melakukan update amd setting saya berjalan normal. mohon pencerahannya . trimakasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi, driver AMD nya juga di update agar compatible dengan windows 10 ya. Bila kamu menggunakan laptop maka driver bisa di download disitus resmi brand laptop yang sedang kamu gunakan, apabila kamu menggunakan PC atau desktop, kamu bisa download driver di support.amd.com/en-us pilih sesuai spesifikasi yang sedang kamu gunakan.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Aidi, kalau boleh tahu perangkat yang saat ini sedang kamu gunakan apa? Bila laptop, maka disarankan untuk menggunakan driver bawaan agar lebih stabil dan compatible karena tidak semua driver update cocok untuk laptop. Kemudian bila desktop, terjadinya penurunan performa juga memungkinkan mengingat driver update ada yang masih beta sehingga masih terdapat bug, oleh karena itu bila mengalami penurunan performa setelah upgrade driver, maka kamu bisa kembalikan driver ke versi sebelumnya sambil menunggu driver update yang sudah final.

  16. Muhammad Dannis
    Reply

    min kok pas saya install drivernya layarnya jadi hitam gitu.. tapi pas di uninstall malah blue screen gimana nih min.. apa saya salah driver?

  17. ADZka
    Reply

    Hai min.. saat saya update driver Radeon crimson menjadi Radeon crimson relive edition. Mengapa layar menjadi blank ( bukan flickering) . Tolong solusi min. Saya sudan uninstall driver sebelumnya

    • Admin
      Author Reply

      Hi, driver laptop disarankan menggunakan driver bawaan dari laptop yang bisa didownload disitus resmi brand laptop tersebut agar lebih stabil dan kompatibel.

  18. Carlos
    Reply

    Min mau tanya saya install amd crimson relive ada pesan eror pas selesai install tapi menu amd seting di dekstop tidak ada itu knp ya min

    • Hi Carlos.

      Mimin rekomendasikan untuk mencoba kembali install driver dengan melakukan penghapusan driver terlebih dahulu. Menggunakan aplikasi DDU Uninstaller. Setelah itu silahkan dicoba kembali

      Terima kasih, salam.

  19. Faisal Sidiq
    Reply

    Min kok saya abis update driver AMD Adreline ko pas restat stuck di “getting windows ready dont turn off your computer” solusinya gimana

  20. Alwi
    Reply

    Min… saya menginstal update terbaru driver dari autodetect driver amd…. karena berat.. saya coba uninstal aplikasi yg bernama Amd Software pake Revo Uninstaler… registry nya tidak keluar, dan proses uninstalnya tiba tiba hilang sendiri… dan VGA saya AMD 8200 yang tadinya berukuran 2 Gb an jadi tulisan undetected…layar jadi terang sekali… g bisa di redupin… saya udah coba uninstal manager tapi yang muncul malah “driver has already installed”….. laptop saya Asus X452E… mohon solusinya min…

    • Hi Alwi,

      Perlu kami mengingatkan untuk metode menghapus secara bersih, kami hanya rekomendasikan menggunakan dua aplikasi yakni DDU Uninstaller dan AMD Uninstall Utilities.

      Kami sarankan kamu mencoba kembali, menggunakan salah satunya.

      Terimakasih, salam

  21. min ane instal AMD Radeon Crimson Relive Edition 17.4.4 setelah itu ane main pes 2013 tapi kenapa vram dan gpu ane jadi unable,vram ane dari 256 mb jadi 0 mb gimana min cara mengatasinya?

    • Hi Rhoma,

      Kami rekomendasikan untuk melakukan reinstall driver dengan menghapus driver yang digunakan menggunakan DDU Uninstaller, setelah itu bisa install kembali.

      Terimakasih, salam.

  22. min urgent nih, ane pake amd cleanup utility (terus berhasil). pas mau install crimson buat amd A8-6600k itu gagal. ane mau restore ke driver lama. tapi letak restore point dari cleanup utility nya itu dimana? ane kan letakin amd driver cleanupnya di c:\downloads itu langsung program.exe tapi mau restore ga ada opsi atau apapun disitu

    • Hi Kharisma,

      AMD clean uninstall utility bertugas untuk menghapus driver secara bersih dan tidak membuat restore point dari driver yang sudah dihapus sebelumnya,

      Jadi disarankan untuk kamu bisa menginstall ulang kembali.

      Terimakasih, salam.

  23. hendrik silangit
    Reply

    min mau tanya….utuk samsung np355v4x window7 32 bit saya punya amd a6-4400 HD ….jadi kalau mau instal driver setelah instal windows bisa langsung instal radeon crimson relife atau radeon adrenalin…? cd bawaan laptop saya sudah hilang min…

    • Admin
      Author Reply

      Hi Hendrik, untuk driver laptop disarankan untuk menggunakan driver bawaan agar lebih kompatibel, kamu bisa kunjungi website resmi Samsung untuk mendownload driver bawaan dari laptop yang kamu gunakan.

  24. Ray Store44
    Reply

    Min mau tnya.. sya pke ryzen 2400g with vega graphics. Nah sya udh installed version 18.10 tp setelah di restart sya cek di driver nya kok msh 17.7 aja. Itu knp y ? Mksh.

    • Hi Ray,

      Admin rekomendasikan untuk menginstall kembali, dengan menghapus secara bersih menggunakan aplikasi driver uninstall utilities, setelah itu kamu bisa install kembali.

      Terimakasih, salam.

  25. Rizki Ramadanil
    Reply

    Min, kenapa setelah install drivernya muncul RadeonSettings.exe-System Error “The program can’t start because api-ms-crt-runtime-|1-1-0.dll is missing from your computer. Try reinstalling the program to fix this problem. Saya sudah menggunakan Amd Clean Uninstall Utily. Saya sudah menginstall dan menguninstallnya beberapa kali tetapi hasilnya tetap sama.
    Spesifikasi laptop saya:
    Lenovo G40-45 AMD A8-6410 APU with AMD Radeon R5 Graphics 2.00 GHz RAM 4GB 64-bit Operating System.
    Mohon solusinya min.

    • Hi Hilal,

      Kami rekomendasikan untuk mencoba install kembali. Namun dengan menghapus driver yang ada sampai bersih dengan DDU Uninstaller. Setelaj itu coba install kembali driver terbaru.

      Terima kasih, salam.

  26. alvo
    Reply

    Min, tampilan uninstall driver saya kok beda ya sama di atas…? Wkwkwk

    Btw, yang saya tanyakan kalau kita uninstall driver kartu grafis via control panel, apakah driver chipset ikut ter-uninstall juga?

    Saya pakai sistem full amd dari cpu, chipset, gpu

    Terima kasih

Tinggalkan Balasan