GAMING REVIEW: ACER ASPIRE E5-553G, Notebook 7th Gen APU yang Cepat dan Tangguh

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas bagaimana performa gaming dari Notebook ACER ASPIRE E5-553G varian FX-9800P, yang merupakan notebook pertama di Indonesia yang di tenagai oleh prossesor terbaru AMD APU generasi ke-7 “Bristol ridge”.  AMD 7th Gen APU “Bristol Ridge“ ini mengedepankan desain fitur yang sesuai untuk meningkatkan kinerja produktivitas, multimedia dan efisiensi energi serta performa yang lebih baik di bandingkan generasi sebelumnya. Untuk merasakan pengalaman gaming lebih menyenangkan dengan dukungan DirectX12, AMD Freesync, hingga teknologi HEVC untuk menonton video resolusi 4K dengan lancar bin jaya. Untuk yang penasaran dan ingin tahu lebih dalam tentang spesifikasi lengkap dari ACER E5-553G dengan FX-9800P, Anda bisa lihat di sini.

1

Metode Pengujian

Sebelum tahap pengujian kita persiapkan terlebih dahulu pengaturan awal yang terbaik agar dapat memainkan game secara maksimal. Pada pengujian kali ini kami menggunakan OS Windows 8.1 64-bit dan menggunakan pengaturan ‘Maximize Performance’ yang di atur melalui Radeon Crimson Software Crimson versi 16.3.

Acer E5-553G

Asus X555DG Gaming Review

Dikarenakan game yang kami uji kali ini tidak mendukung fitur Dual Graphic, maka kami memutuskan untuk mematikan fitur tersebut pada pengujian kali ini agar memperoleh hasil yang optimal.

Asus X555DG Gaming Review

Setelah semua persiapan selesai, saat nya kita masuk pembahasan yang sudah di tunggu-tunggu yaitu : Pengujian Performa Gaming ACER E5-553G FX bertenaga AMD APU generasi ke-7 “Bristol ridge” berikut ini.

Counter Strike : Global Offensive

Counter Strike: Global Offensive merupakan seri game ke-4 dari franchise Counter-Strike. Game ini mempunyai grafis visual yang cukup berbeda dengan game klasik nya, bisa dikatakan lebih real dan pastinya butuh spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan versi pendahulunya yang mungkin sering Anda mainkan. Ini dia spesifikasi minimum untuk game ini:

  • CPU: AMD Phenom™ X3 8750 processor or better
  • RAM : 2 GB
  • OS : Windows Vista, Windows 7, Windows 8
  • Video Card : Video card must be 256 MB or more
  • Free Disk Space : 8 GB

Untuk pengaturan in-game kami mengunakan pengaturan seperti berikut :

Acer E5-553G

Untuk hasilnya, dengan menggunakan pengaturan seperti di atas framerate maksimum yang dapat mencapai 50 FPS dan minimum 29 FPS dengan Framerate rata-rata di 38 FPS yang artinya game ini bisa dimainkan dengan lancar dan nyaman. Apabila Anda menginginkan hasil FPS yang lebih tinggi, Anda bisa menyesuaikan kembali settingan gamenya.

Acer E5-553G Acer E5-553G

DOTA 2

DOTA 2 merupakan game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) yang dirilis pada tahun 2013 dimana merupakan generasi kedua dari game Defense of the Ancients (DotA) yang terlebih dahulu diluncurkan oleh publisher Valve Corporation pada tahun 2011. Dengan adanya penambahan fitur serta kualitas grafis yang lebih baik, game online populer DoTA 2 akhirnya harus mengalami peningkatan minimum requirement. berikut spesifikasi minimum nya :

  • CPU : Dual Core AMD 2.8GHz
  • RAM : 4GB
  • Video card : ATI/AMD Radeon HD2600/3600,
  • Free disk space : 8GB, dan
  • OS : Windows 7

Berikut pengaturan in-game dalam pengujian :

Acer E5-553G

Hasilnya, dengan pengaturan di atas, maksimal framerate yang di dapat mencapai 38 FPS dan minimum 25 FPS dengan rata-rata 32 FPS. Dengan demikian terbukti bahwa ACER E5-553G FX-9800P mampu memainkan game ini dengan lancar.

Acer E5-553G Acer E5-553G

Grand Theft Auto V

Selanjutnya game yang akan kita uji adalah Grand Theft Auto V atau biasa disebut GTA V. Game ini merupakan seri ke-15 dari GTA series yang dikembangkan oleh Rockstar North. Game ini juga termasuk dalam game berspesifikasi berat. Sebelum pengujian, kita lihat terlebih dahulu minimum spesifikasi yang dibutuhkan berikut ini:

  • CPU: AMD Phenom 9850 Quad-Core Processor (4 CPUs) @ 2.5GHz
  • RAM: 4 GB
  • OS: Windows 8.1 64 Bit, Windows 8 64 Bit, Windows 7 64 Bit Service Pack 1, Windows Vista 64 Bit Service Pack 2
  • Video Card : AMD Radeon HD 4870 1GB (DX 10, 10.1, 11)
  • Free Disk Space : 65 GB

Untuk pengaturan in-game kami menggunakan pengaturan seperti berikut :

Acer E5-553G Acer E5-553G

Bagaimana dengan hasilnya? Karena pada percobaan kali ini kami menggunakan dua ruangan yang berbeda maka di dapat hasil framerate maksimum mencapai 60 FPS jika bermain di dalam ruangan dan 40 FPS jika bermain di luar ruangan dengan framerate minumum di angka 29 FPS dan rata-rata di kisaran 35 FPS. Dengan hasil yang didapatkan pada pengaturan ini, Anda bisa menikmati game ini tanpa khawatir lag.

Acer E5-553G Acer E5-553G

Overwatch

Satu lagi game terbaru yang ditungu-tunggu di tahun 2016 ini yaitu game Overwatch yang merupakan game terbaru dari Blizzard yang di harapkan dapat menggantikan World of Warcraft. Berikut spesifikasi game ini:

Spesifikasi minimum Overwatch

  • CPU: Phenom II X3 720
  • Video Card: AMD Radeon HD 4850
  • RAM : 4 GB
  • Operating System : Win 7 64 bit
  • DirectX : DX 11
  • Harddisk Drive : 5 GB

Spesifikasi rekomendasi Overwatch

  • CPU: Phenom II X4 900e
  • Video Card: AMD Radeon HD 7950
  • RAM : 6 GB
  • Operating System : Win 7 64
  • DirectX : DX 11
  • Harddisk Drive : 5 GB

Pengaturan in-game pada pengujian kali ini sebagai berikut:

Acer E5-553G

Hasilnya adalah dengan pengaturan medium ini ternyata game ini mampu berjalan pada framerate maksimum 47 FPS dan minimum 29 FPS dengan rata-rata 35 FPS. Anda bisa memainkan game ini dengan lancar tanpa rintangan sedikit pun.
Acer E5-553G Acer E5-553G

Tomb Raider

Tomb Raider adalah game ber-genre action yang dikembangkan oleh Crystal Dynamic dan diterbitkan oleh Square Enix yang juga memiliki cukup banyak perhatian dikalangan gamers. Berikut spesifikasi yang di rekomendasikan :

  • OS : Windows Vista, Windows 7, Windows 8
  • CPU : AMD Phenom II X2 565
  • RAM : 4 GB
  • Graphics : DirectX 11 graphics card with 1 GB Video RAM, AMD Radeon HD 4870

Untuk pengaturan in-game kami menggunakan pengaturan sebagai berikut :

Acer E5-553G

Untuk hasilnya, game ini mampu berjalan dengan framerate maksimum 46 FPS dan minimum 26 FPS dengan rata-rata 37,8 FPS. Dengan settingan high, tentunya kamu bisa merasakan pengalaman lebih dalam bermain game ini dengan lancar.

Acer E5-553G

Dari hasil pengujian diatas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan ACER ASPIRE E5-553G FX-9800P Anda dapat memainkan game-game terkini dengan maksimal. Apa lagi untuk mengerjakan pekerjaan sehari-hari maupun design tentunya semakin mudah. Ditambah dengan bonus game original gratis disetiap pembeliannya. Buruan segera miliki notebook tangguh serba bisa ini!

91 comments

  1. wow.. hasilnya mantap.. memankamd patut ditunggu.. tapi, kayaknya masih harus nunggu zen core nih 2017. semoga reviewnya lanjut terus dan semakin baik min

    • Admin
      Author Reply

      Hi Dodo, untuk harga kisaran Acer E5-553G varian A10 itu 6 jutaan, varian A12 kisaran 7 jutaan, dan varian FX 8 jutaan 😀
      Harga tiap toko bisa berbeda-beda, tergantung kebijakan toko masing-masing 😀

    • Admin
      Author Reply

      Hi Dendi, untuk prosesor AMD APU A12 itu sudah merupakan APU 7th Generation terbaru, sedangkan laptop Asus X555DG APU FX itu merupakan APU Generasi sebelumnya “Carrizo”, keduanya merupakan generasi yang berbeda dan tidak bisa dibandingkan, tapi mimin sarankan untuk menggunakan APU FX yang 7th Gen 😀 Jadi tinggal disesuaikan saja dengan kebutuhan dan budget kamu 😀

    • Admin
      Author Reply

      Halo, untuk game GTA V sendiri, seharusnya bisa dijalankan dalam Mode Dual Graphics. namun, game ini belum support dengan baik. jadi
      terkadang banyak masalah. jadi, sebaiknya di matikan dulu sementara fitur Dual Graphics nya 🙂

  2. ryzki
    Reply

    mau nanya saya pengguna e5 553g saya puas cuman tapi kok main game makin lemot contoh pes medium pun lag saya versi fx apakah harus up date driver

    • Admin
      Author Reply

      Halo, Mimin rasa, game yang kamu mainkan banyak masalah dengan fitur AMD Enduro. sehingga, fitur AMD Dual Graphics nya tidak bisa
      di gunakan dengan baik. Mimin sarankan coba kamu set aplikasi/game yang biasa kamu mainkan, ke “High Performance” untuk tata caranya
      bisa kamu coba tutorial yang dibuat oleh komunitas AMD di sini :


    • Admin
      Author Reply

      Halo test, untuk besaran FPS ini tidak selalu sama antar perangkat. terkadang masalah seperti Operasi Sistem yang
      kurang teroptimalisasi dengan baik juga pengaruh. pacth game yang berbeda dsb.

  3. Joe
    Reply

    min, laptop ane acer e5 553g fx
    nah pas main gta 5 kalo dual graphics di matiin di gta cuma kebaca 500mb vram. fps rata2 20.an fps
    kalo dual graphics dinyalain yg kebaca sama kaya di gambar. tapi map jadi late rendering. fps juga sama aja sekitar 20 fps.
    itu udah di setting ke high performance
    solusinya gimana min?

  4. Mohammad Ichsan
    Reply

    Misi Adminnya… ane mau tanya nih…
    Ada perbedaan yang paling signifikan antara AMD FX ini dengan yang series A12 selain di core clocknya? seperti pada kecepatan untuk shadernya dll? mohon pencerahannya, saya mau untuk pemakaian editing video dan multi tasking yang banyak soalnya hehe

    • Admin
      Author Reply

      Halo Moch Ichsan. untuk perbedaan yang paling signifikan sebenarnya bukan dari Core Clock. karena, keduanya memiliki Clock yang tidak jauh berbeda. perbedaan yang mendasar adalah grafis intregrasi. keduanya sama-sama memakai Radeon R7. namun, untuk AMD FX memakai 8 Compute Unit (Alias 512 Shader Unit) sedangkan AMD A12 hanya memiliki 6 Compute Unit (Alias 384 Shader Unit).

      Untuk editing video dan kegiatan multimedia sudah cukup kok. cuma, mimin sarankan untuk aktifkan akselerasi grafis di aplikasi favoritmu.

  5. Mohammad Ichsan
    Reply

    Misi adminnya, sy mau tanya kalau untuk varian FX dengan A12 apa ada perbedaan yang paling signifikan selain dari core clocknya? dan untuk varian yang A12 bisa dual graphics kan ya? makasih min 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Halo Ichsan, untuk dalam hal Core Clock. keduanya nyaris sama. perbedaan ada dalam hal grafis terintregrasi. keduanya memakai grafis Radeon R7 namun, untuk AMD FX memakai grafis dengan 8 Compute Unit. sedangkan untuk AMD A12 memakai grafis dengan 6 Compute Unit.

      Keduanya sudah support dengan Dual Graphics dipasangkan dengan grafis diskrit AMD Radeon R7/R5 M400 series. 🙂

    • Admin
      Author Reply

      Hai Rizki. Untuk dalam hal spesifikasi, Acer Aspire E5 553G hadir dengan Processor dan Grafis terbaru yang hadir dengan
      performa yang lebih baik. 🙂

  6. sman1pringgabayah
    Reply

    hi admin. koq acer aspire e5-553gnya mouse sering tidak bisa atau sering tidak muncul saat startup? mohon penjelasan. dan saat install window maupun windows mouse tidak muncul ?? mohon bantuannya sangat karna ini sangat mengganggu saya.

  7. min mau nanya saya make aspire e15 fx ,pas main gta v ko aga pecah” yah,sblmnya ga wktu itu laptop nya dibenerin hadwarenya saja. trus waktu pas di setting memori ke high resolution nya katanya gabisa soalnya video memory nya gtu ,sarannya gmna min ?saya sblmnya blm pssang amd radeon software,tp emng berpengaruh klo memakai software tersebut? soalnya blm paham juga hehe ,makasih

  8. min ko saya udh download software AMD nya wktu pas download ada kesalaahan saya hapus, tp pas mau download lgi ko gabisa katanya udh di instaall di driver ? padahal sama saya udh dihapus di recycle juga udh gada ,solusinya gmna? makasih

    • Admin
      Author Reply

      Hi Velly, mimin belum mencobanya di game tersebut, namun berdasarkan spesifikasi yang tertera seharusnya game tersebut bisa dimainkan dengan baik 🙂

  9. arli
    Reply

    Min ane pengguna laptop ini yang fx na waktu main gta v vram yang ke baca cuman 500mb setinggan semua sudah sama semua padahal gimana solusinya

    • Admin
      Author Reply

      Hai, apakah kamu sudah mengikuti tutorial yang ada di Notebook tersebut dengan benar, termasuk menonaktifkan fitur “Ignore Suggessted Limit”? 🙂

  10. Unda
    Reply

    min, ini kan ku punya yang Varian A12 tapi kok pas mau ON kan Dual Graphics gk ada ya min, udh ikutin tutoriala dimana pu tetap gk bisa

    • Admin
      Author Reply

      Hi Unda, klik kanan desktop – Radeon Setting – Preference – Radeon Additonal Setting – Dual Graphics. Pastikan kamu sudah menginstal driver Radeon pada laptop kamu.

Tinggalkan Balasan