Fitur AMD Dual Graphics Terbukti Tingkatkan Performa Gaming Terkini pada Notebook AMD 7th Gen APU!

Notebook adalah perangkat harian yang sering dipakai oleh kalangan masyarakat terutama pelajar dan professional untuk kegiatan diluar ruangan. Notebook berfungsi layaknya sebuah PC Desktop, namun memiliki bentuk yang ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Dengan meningkatnya penggunaan Notebook sekarang ini, AMD baru saja menghadirkan prosessor AMD APU generasi ke-7 untuk memberikan Anda pengalaman menggunakan notebook dengan lebih baik.

HP Dual Graphics

HP Dual Graphics

AMD APU generasi ke-7 yang lebih dikenal dengan 7th Gen APU ini menawarkan banyak fitur unggulan untuk tenagai notebook andalan Anda, diantaranya adalah:

  • Bekerja Lebih Cepat, Bermain Lebih Lama : Berikan peningkatan pada performa gaming lebih baik hingga 38% dan juga peningkatan dalam efisiensi daya hingga 36% lebih hemat dibandingkan dengan generasi sebelumnya.
  • Grafis dan Visual yang Lebih Memukau : Dengan notebook bertenaga AMD 7th Gen APU Anda bisa merasakan pengalaman bermain game lebih mulus dan berkat dukungan RAM terbaru DDR4 serta fitur AMD Dual Graphics yang bisa berikan peningkatan kinerja. Dengan dukungan teknologi HEVC yang sudah tersemat pada APU, Anda juga bisa merasakan pengalaman menonton video favorit Anda hingga resolusi 4K.
  • Utamakan Performa Diatas Segalanya : Didukung dengan teknologi AMD Turbo Core, membuat prosesor ini secara otomatis tingkatkan kinerja secara real-time dalam penggunaan aplikasi sehari-hari.

Kenali Lebih Dekat Fitur AMD Dual Graphics di Prosessor AMD 7th Gen APU

HP Dual Graphics

Seperti sudah kita ketahui, prosessor AMD APU merupakan gabungan dari komponen CPU (Central Processing Unit) sebagai “Otak” yang mengolah aplikasi sehari-hari termasuk mengatur operasi sistem dan GPU (Graphics Processing Unit) sebagai “Otak” yang mengatur grafis, display dan juga multimedia. Kedua komponen yang digabung menjadi satu ini menghasilkan sebuah prosessor yang bisa dipakai untuk segala jenis kegiatan mulai dari office, browsing, multimedia hingga gaming.

Lalu, bagaimana dengan performa notebook yang hadir dengan kartu grafis diskrit? Apakah grafis terintegrasi yang ada di APU dan kartu grafis diskrit pada notebook khususnya yang menggunakan tenaga 7th Gen APU bisa di pakai bersamaan untuk meningkatkan performa?

Jawabannya adalah BISA dengan Aktifkan Fitur AMD Dual Graphics!

HP Dual Graphics

Dengan fitur AMD Dual Graphics, pengguna notebook dengan prosessor AMD APU yang dilengkapi dengan kartu grafis diskrit bisa mendapat peningkatan kinerja hingga 40% saat fitur AMD Dual Graphics diaktifkan. AMD Dual Graphics akan menggabungkan kinerja dari grafis terintegrasi yang ada di prosessor AMD APU dengan kartu grafis diskrit AMD Radeon™ yang tersemat pada notebook Anda.

Konfigurasi Dual Graphics pada notebook 7th Gen APU

HP Dual GraphicsPengujian Performa Dual Graphics Saat Bermain Game TerkiniTidak hanya secara performa saja, Anda akan mendapatkan perubahan penamaan seri dari hasil penggabungan Dual Graphics ini. Salah satu contoh adalah AMD RadeonTM R8 M455DX yang merupakan hasil dari Dual Graphics grafis terintegrasi yang ada di AMD 7th Gen APU dengan Radeon™ diskrit R7 M440. Anda bisa melihat informasi selengkapnya dengan membaca artikel mengenai sistem penamaan Dual Graphics.

HP Dual Graphics

Setelah penjelasan secara singkat mengenai teknologi AMD Dual Graphics, berikut ini adalah hasil pengujian dari performa gaming saat fitur AMD Dual Graphics diaktifkan. Tapi sebelum itu, mari kita bahas bagaimana cara untuk mengaktifkannya.

HP Dual Graphics

Untuk pengujian kali ini, kami menggunakan notebook HP 15-ba004ax yang ditenagai oleh prosessor AMD 7th Gen APU A10-9600P dengan dual graphics R8 M445DX.  Sistem operasi yang di gunakan adalah Windows 10 64-bit, dan sudah menggunakan Radeon Software versi 16.5.2.1.

Berikut langkah untuk mengaktifkan fitur Dual Graphics pada notebook bertenaga 7th Gen APU milik Anda:

HP Dual Graphics

  1. Buka aplikasi AMD Radeon Settings dengan cara, klik start menu >> All Programs >> AMD Radeon Settings. Setelah itu, silahkan tuju ke bagian tab “Gaming” dan klik ke opsi “Global Setting”.
  2. Setelah itu, Anda bisa nyalakan “AMD CrossFire” ke ON, begitupun juga dengan “Frame Pacing” untuk menjaga performa saat Dual Graphics di aktifkan. “Frame Pacing” hadir untuk meminimalisir masalah seperti stuttering dan tearing yang mungkin terjadi di game lawas yang belum mendukung penuh dengan fitur “AMD CrossFire” sehingga mampu hasilkan performa dan grafis lebih baik. Usai menyalakan kedua fitur tersebut, Anda bisa klik apply untuk mengaktifkannya.HP Dual Graphics
  3. Jangan lupa untuk mengatur Notebook ke “High Performance” agar performa lebih maksimal! Untuk mengaturnya Anda bisa ke Radeon Setting, kemudian bagian tab “Preferences” yang ada dibagian bawah dan klik “Radeon Aditional Setting”. Kemudian akan muncul pop-up seperti diatas, Anda bisa menuju ke bagian “Power” klik “Switchable Graphics Application Setting” dan dibagian games yang Anda mainkan ubah mode Power Saving menjadi “High Performance”. Apabila belum ada di list, Anda bisa menambahkannya dengan cara klik “Add Application”.

Setelah itu, Anda bisa melihat hasil peningkatan performa yang dihasilkan saat kami menguji game titel AAA “Battlefield 4” yang merupakan game genre First Person Shooter yang populer di kalangan gamers. Kali ini kami menggunakan pengaturan grafis Medium.

HP Dual Graphics

Pada saat Dual Graphics dalam keadaan OFF, FPS maximum yang dihasilkan hanya sebesar 27 FPS, sedangkan rata-rata FPS adalah 24 FPS. Lalu bagaimana hasil yang didapatkan setelah kami mengaktifkan Dual Graphics?

HP Dual Graphics

HP Dual Graphics

Saat AMD Dual Graphics diaktifkan, FPS maximum yang dihasilkan ternyata mampu meningkat hingga 33 FPS dengan rata-rata FPS adalah 30 FPS!

HP Dual Graphics

HP Dual Graphics HP Dual Graphics

Berdasarkan hasil pengujian ini, terbukti fitur AMD Dual Graphics mampu meningkatkan performa notebook bertenaga 7th Gen APU untuk menjalankan game terkini dengan memberikan dorongan performa sekitar 30%! Jumlah yang cukup tinggi untuk mendapat pengalaman lebih nyaman saat bermain game favorit Anda.

HP Dual Graphics

Kesimpulan

HP Dual Graphics

Bermain game merupakan hiburan yang paling digemari oleh banyak orang. Namun beberapa pengguna lebih memilih untuk memainkan game kesayangannya menggunakan notebook karena selain bisa dibawa kemanapun saat dibutuhkan juga lebih praktis digunakan tanpa harus merakit komponen terlebih dahulu. Menjawab kebutuhan itulah, AMD menghadirkan notebook bertenaga prosessor 7th Gen APU yang memiliki berbagai peningkatan baik dari performa maupun efisiensi daya. Tak hanya itu, dengan fitur AMD Dual Graphics terbukti mampu  tingkatkan performa notebook Anda saat menjalankan game terkini, sehingga siap untuk memberikan pengalaman yang lebih baik untuk pengguna. Semoga informasi kali ini bisa menjadi tambahan wawasan bagi Anda yang sedang mencari notebook andalan untuk kebutuhan harian Anda termasuk hiburan gaming di kala senggang. Anda bahkan berkesempatan mendapatkan bonus GAME ORIGINAL GRATIS untuk setiap pembelian notebook bertenaga 7th Gen APU. Berhubung promo ini sangat terbatas, tunggu apa lagi? Segera dapatkan notebook AMD idaman Anda di toko terdekat sebelum kehabisan bonusnya!

Latest articles

Related articles

123 Comments

  1. hi Min..
    Bener saya sdh pakai hp 15 ba004ax lancar jaya, malah dark soul 3 juga playable.
    saya mo tanya, saya pakai driver bawaan HP kenapa menu crossfire ngga ada ya?
    adanya di game profile saja, dan saya pakai crossfire=default mode, sisanya ngga ngerti gunanya spt afr frendly, optimize dll. tp game juga sdh jalan mulus sih.
    tolong bantu jelasin min..big thanks

    • halo ristu. untuk menu Crossfire ini hanya ada di driver AMD Crimson versi terbaru saja. Mimin sarankan untuk Notebook dengan fitur Dual Graphics agar menggunakan driver yang sudah disediakan oleh vendor saja. mengingat sudah ditest agar bisa berjalan dengan baik 🙂

    • Halo, kemungkinan ini dikarenakan driver terbaru yang belum teruji untuk fitur Dual Graphics. Mimin sarankan untuk mencoba
      memakai driver yang sudah disediakan oleh vendor Notebook di website ACER sendiri 🙂

    • Halo, Mimin sarankan untuk gunakan driver yang sudah disediakan oleh vendor Notebook. mengingat sudah teruji dengan baik untuk
      Dual Graphics. jangan di update, karena nanti Dual Graphics akan disable. dikarenakan driver yang dipakai belum teruji berjalan
      dengan baik di fitur AMD Dual Graphics 🙂

    • Hai Bagus, Mimin belum mencobanya. sepertinya agak tidak yakin bisa menjalankan aplikasi SolidWorks dengan baik. Namun, kamu tidak ada salahnya mencoba.
      jangan lupa, untuk aktifkan fitur akselerasi hardware/hardware acceleration di perangkat lunak nya apabila ada. untuk improve performa 🙂

  2. Admin tolong pencerahannya.
    Saya beli laptop AMD di toko online BL.COM tapi yg dikirim kapasitas VGA cuma 512MB,pdhl dlm keterangan jualannya 2GB. Penjual itu telah menipu saya, dan BL.COM mengabaikan keluhan saya.
    Yg ingin saya ketahui adalah
    ” Apakah VGA 512MB bisa diupgrade ke 2GB atau 4GB? ”
    ” Harga 2GB brp, harga 4GB brp?, di Surabaya atau Toko online bisa dibeli dimana? ”

    Dell Inspiron 15-5555-8700p-12gb
    AMD QuadCore A10 8700P-1.8Ghz Turbo 3.2Ghz, RAM 12GB, HDD 1TB, VGA Dual AMD RADEON R6 up to 4GB, Screen 15.6″, Windows 8.1

    • Hai Dani, menurut info yang mimin ketahui, Apa yang disebutkan penjual adalah benar.Notebook Dell Inspiron 15 yang dipakai memakai grafis Radeon R6 M345DX. perlu kamu ketahui, Notebook kamu sebenarnya mendukung teknologi Dual Graphics. Yakni menggabungkan kinerja grafis terintregrasi yang ada di AMD APU A10 8700P yakni Radeon R6 dengan VRAM sebesar 512MB dengan grafis diskrit Radeon R5 M330 dengan VRAM sebesar 2GB. menghasilkan sebuah grafis Radeon R6 M345 dengan VRAM sebesar 2GB.

      Untuk efisiensi, Dual Graphics akan aktif hanya saat penggunaan kegiatan berat saja seperti gaming. untuk kegiatan ringan, Grafis terintregrasi yang akan aktif. untuk info lengkapnya silahkan tuju ke tautan berikut :
      http://www.amd-id.com/2016/10/fitur-amd-dual-graphics-terbukti-tingkatkan-performa-gaming-terkini-pada-notebook-amd-7th-gen-apu/

    • Hai, Untuk Notebook. APU 7th Gen dengan codename “Bristol Ridge” saat ini adalah APU dengan performa terbaik 🙂
      Sedang untuk PC desktop GODAVARI adalah codename untuk APU dengan performa terbaik 🙂

  3. min laptop saya asus x550z amd fx r7 kenapa waktu istal amd crimson kalau gak salah ada kata seperti ini “aplication could not be found”

  4. hy min, laptop saya adalah lenovo g40-45, namun dual graphicnya gak akitf, di amd catalyst nya juga gak ada fitur untuk aktifkannya, bagaimana yah?

    lalu untuk over drive, ada warning ‘driver anda tidak ditemukan’
    bagaiamana min?
    terimakasih

    • Hi jopiza, perlu mimin beritahukan untuk Notebook yang kamu gunakan tidak mendukung fitur AMD Dual Graphics, sedangkan untuk AMD Overdrive perlu mimin beritahukan bahwa tidak semua Processor Notebook support dengan aplikasi ini 🙂

  5. Mau tanya, kalau saya mau enable dual graphics mode (crossfire) di speksifikasi ini bisa gak ya? AMD A8 7410 (R5 graphics) dan AMD R5 M430

    • Hi Fahrul, bila kamu menggunakan laptop maka disarankan menggunakan driver bawaan dari vendor laptop tersebut karena driver tersebut dibuat khusus untuk laptop tersebut, sedangkan driver dari website resmi AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok dengan laptop kamu.

  6. Min Saya Mau Tanya nih Untuk Laptop Saya Bermerek ACE z3-451 pada saat saya instal dan bermain Point Blank koq Grafis Nya ngelag ya (Ga Lancar) dan ga berjalan sesuai dengan kenyataan nya (Saat main game tidak berjalan Mulus) Mohon untuk pencerahannya min Terima kasih atas sebelumnya … !

    • Hi, apakah sudah di maximize performance? Caranya di control panel bagian power option. Kemudian pastikan sudah menginstall driver melalui situs resmi Acer.

  7. Nanya dong, saya ada laptop asus x555dg. yg saya baca di spek online nya sih vga nya R5 dan R6. Tapi pas cek di radeon setting malah R6 M340DX dan R6 Graphics. Itu gmn maksudnya ya?

    • Hi Fauzynurn.

      Hasil di website akan berbeda karena anda sedang mengaktifkan mode Dual Graphics yang merubah nama seri kartu grafis diskrit sehingga menjadi Radeon R6 M340DX.

      Terimakasih, semoga membantu.

  8. min saya bingung semua game yang saya mainkan memakai R5 graphics dan VRamnya hanya 512 mb . Tidak ada yang memakai R7. semua cara udah saya ikuti min. kira kira mimin ada solusi ga? thx 🙂

  9. Mau tanya.Saya beli laprop lenovo ideapad 110-15AST. Kata penjualnya support dual graphics karena sudah terintegrasi graphics pada apu a9 dan dedicated amd r5 m430.
    Cara setting dual graphics nya gimana min saya mengalami kesulitan
    mohon pencerahannya

    • Hi Deni, kamu bisa setting laptop kamu ke maximize performance untuk menggunakan kartu grafis diskritnya, dan setting ke minimize performance untuk menggunakan igpunya.

  10. min, cara ganti primary & linked kayak di situ gimana ya? disini r8 saya terbaca linked dan r7 terbaca primary. mohon penjelasannya

    • Hi Inkofauzan.

      Hal tersebut wajar adanya, mengingat DXDIAG hanya mendeteksi grafis utama yakni IGP Radeon R7. Namun kamu tidak perlu khawatir karena fitur Dual Graphich tetap aktif.

      Semoga membantu, salam.

    • Hi, crimson terbaru menu dan tampilannya sudah berubah. Dan untuk laptop lebih disarankan menggunakan driver bawaan dari website Asus saja agar lebih kompatibel.

  11. Min mau nanya… Saat kini saya punya vga R7 250… Gini nih saya mau upgrade processor… Processor yg cocok biar bisa dual graphic sama R7 250 saya itu apa ya yg series A?

    • Hi, untuk prosessor yang bisa di dual grafik dengan R7 250 adalah A10-7850K. Kalau aplikasi yang sering kamu jalankan support dual grafik maka dual grafik adalah pilihan yang tepat. Namun bila tidak support, mimin sarankan gunakan prosessor biasa saja, seperti Athlon agar APU nya tidak mubazir.

  12. Hi Min, saya mau tanya, saya kalau main game berat di setiap graphic setting nya selalu yg ke detect Radeon R5 (512 MB) ,, padahal ada juga R7 M340. Driver saya sudah update ke Adrenalin 17.2, tetapi Radeon Additional Setting jadi gak ada… Apakah saya harus pertahankan versi driver saya yg skrng atau restore ke versi awal (Crimson ReLive) ?? Di dxdiag juga yg kedetect R5, tetapi approx. Total memorynya 4321 MB.. Apakah notebook saya mendukung dual graphic atau hanya switchable??

    HP BW069AX 8 GB, HDD 1 TB, AMD A10-9620P,,, Radeon R5 Graphic,, Radeon R7 M340, driver awal Crimsone ReLive, sekarang Adrenaline 17.2.1

    • Hi, untuk laptop lebih disarankan menggunakan driver bawaan agar lebih stabil dan kompatibel. Kemudian pastikan setting ke maximize performance laptopnya di control panel bagian power option. kemudian pada game kebanyakan serta dxdiag memang biasanya hanya membaca atau memperlihatkan informasi dari vram igpu nya saja. Yang penting sudah kamu maximize performance nanti yang berjalan adalah kartu grafis diskrit dengan vram 2gb tersebut dan iya laptop kamu tidak support dual graphics, hanya bisa switchable saja.

  13. Min Processor A8 7600 + R7 250 bisa di jadikan dual graphic ga ? kalau bisa tapi kok mode crosfire tidak ada ya , padahal sudah update versi terbaru

    • Hi Abdul,

      Untuk opsi Dual Graphics di driver terbaru telah berpindah di tab Gaming, setelah itu tuju ke Global setting dan cari opsi “Crossfire” dan aktifkan,

      Terimakasih, salam.

    • Hi Kevin,

      Berdasarkan informasi yang mimin ketahui, HP 15 seri tersebut tidak mendukung Dual Graphics, melainkan hanya mendukung swictable graphics saja.

      Terimakasih, salam.

  14. kalo asus amd a9 + radeon m420 itu dual graphic atau switchable . trus kalau switchable itu bedanya sama dual graphic itu apa?

    • Hi Rizky,

      Perlu kami informasikan, untuk laptop A9 dengan grafis Radeon M420 hanya mendukung teknologi Swictable graphics saja.

      Sedangkan perbedaan dengan Dual Graphics, untuk Dual Graphics grafis integrasi dan grafis diskrit berkerja secara berbarengan

      Sedangkan untuk Swictable graphics, kedua grafis berkerja secara bergantian dan tersinkron. Grafis integrasi untuk aplikasi sehari-hari dan diskrit untuk gaming.

      Terimakasih, salam

  15. Min, lenovo 320 R5+Radeon 530 (2gb) itu switchtable ya… kenapa setelah di switch gpu nya kok masih nge baca R5 terus ( Link 0 )..
    disini sy mencoba aplikasi adobe premiere pro cc…
    informasi HDD sudah SSD dan RAM 8GB
    Trimakasih

    • Hi Lufti,

      Perlu kami infokan untuk stabilitas dan performa lebih baik aplikasi non gaming seperti Adobe CC untuk dijalankan pada IGP (Radeon R5-Red).

      Terimakasih, Salam.

    • Hi Temi,

      Perlu kami informasikan untuk spesifikasi laptop yang kamu sebutkan tidak mendukung fitur Dual Graphics.

      Namun keduanya dapat bekerja secara bergantian otomatis dimana vga Radeon R5 akan digunakan saat kegiatan ringan dan Radeon 530 untuk kegiatan berat seperti gaming dengan fitur AMD Enduro.

      Terima kasih, salam.

  16. min mau nanya,asus x555qg ,proc apu a10 9620 vga r6 m435 2gb, kalo di game terdekteksi 1gb napa ya min??cara supaya terdeteksi 2 gb gimana min?

    • Hi Kiet.

      Perlu kami infokan hal ini wajar sering terjadi pada banyak game. Mimin rekomendasikan untuk merubah powerplan ke High-performance.

      Nantinya walau terdeteksi VRAM 1GB akan tetapi yang akan berjalan adalah vga diskrit R6 M435 2GB di background.

      Semoga membantu.

  17. Min, laptop saya Lenovo Ideapad 320 14ast agar main game GTA V gak lag, pake driver dari situs ini atau driver dari lenovo ya?

    • Hi Dimasrc

      Benar laptop ini sudah mendukung fitur Dual Graphics akan tetapi di driver Crimson terbaru berubah nama menjadi CrossFire.

      Kamu bisa aktifkan melalui tab Gaming > Global Setting.

      Semoga membantu, salam.

  18. Kak laptop lenovo ideapad 320 saya dengan dual grafik, cara aktifin nya gimana kak? Dengan sofware AMD radeon versi berapa ya kak? Di laptop saya AMD radeon nya tidak ada crossfire nya kak

    • Hi MPM.

      Fitur Dual Graphics secara otomatis akan aktif di game yang mendukung. Agar performa gaming maksimal, mimin sarankan kamu untuj merubah powerplan Windows ke High- Performance.

      Terima kasih, salam 🙂

  19. halo amd, saya pake procecor A8 7650k apu grafik R7, sama vga RX580, mau saya crossfire, tapi kok di menu aplikasi radeon adrenalin setting nya gak ada yaa, gimana cara aktifin crossfire R7 + RX580 nya ?? makasih

  20. Min Kan laptop saya HP 14S-CF0070TX dia kan GPU dedicatednya Radeon 520/530 2GB, nah setelah update driver kok GPU saya malah jadi R7 M440 ya? lalu setelah saya download manual driver Radeon 530 eh pas di install malah jadi R7 M440 lagi, mohon bantuannya min

    • Hi, Untuk pengguna laptop disarankan menggunakan driver AMD bawaan dari brand laptop masing-masing, karena driver bawaan lebih stabil, admin sarankan agar kamu meng-unisntall drivernya menggunakan aplikasi pihak ketiga agar lebih bersih, kemudian download driver AMD dari website resmi brand laptop kamu.

  21. Min,, lenovo e 420 udah support dual graphic?
    Saya ini beli second udah dual graphic intel hd 3000 sama amd radeon 6600m&6700m series mohon penjelasannya min

    • Hi Padli, sudah support dual-graphics ya, tapi pastikan kamu menggunakan versi driver dari manufaktur laptopnya, karena driver tersebut sudah dibuat khusus untuk laptop kamu sehingga lebih stabil

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here