fbpx

Lenovo G41-­35: Notebook APU A8 Quad Core yang Hemat Daya dengan Performa Lebih Baik!

Di jaman yang serba sibuk ini, banyak dari kita para pekerja maupun pelajar yang membutuhkan sebuah perangkat yang memiliki beragam fungsi dan bermanfaat untuk menunjang kegiatan sehari-hari dengan kinerja terbaik namun mudah dibawa kemana-mana. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, maka notebook adalah jawaban yang tepat. Anda bisa mengerjakan tugas-tugas Anda bahkan bermain game mainstream dimana saja.

Cek Laptop Gaming Lenovo Terbaru : Lenovo Legion 5: Laptop Gaming Dengan Prosesor Pertama 7nm Wujudkan Performa Idaman Para Gamer

Lenovo G41-35

Lalu, seperti apa Notebook yang cocok bagi Anda? Notebook segment menengah yang notabene merupakan notebook yang banyak di minati karena punya kinerja yang mumpuni dengan harga terjangkau ini bisa jadi pilihan Anda. Adapun salah satu Notebook dalam segment ini adalah Lenovo G40-45. Berbekal prosessor AMD A8-6410 Quad Core serta didukung oleh kartu grafis RadeonTM M230/M330 cukup membuat Notebook ini menjadi incaran terutama untuk generasi muda seperti mahasiswa atau pelajar bahkan professional sekalipun. Mengingat Notebook ini bisa diandalkan untuk kegiatan harian dengan harga sekitaran 3-5 Jutaan Rupiah.

Lenovo G41-35

Namun kini, Lenovo menghadirkan versi terbaru dari Lenovo G40-45 yakni Lenovo G41-35. Dimana Notebook ini hadir dengan spesifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pendahulunya. Hadir dalam 2 varian yang bisa Anda pilih diantaranya adalah :

  1. Lenovo G41-35 dengan Prosessor AMD A87410 Quad Core 2.5 Ghz dan kartu grafis RadeonTM R5 M430 2GB : Berbekal prosessor AMD A8 Quad Core dan kartu grafis diskrit, Notebook ini sudah pasti bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan harian hingga hiburan multimedia bahkan gaming mainstream. Dibanderol dengan harga sekitar 4,6 Jutaan.
  2. Lenovo G41-35 dengan Prosessor AMD A87410 Quad Core 2.5 Ghz dan kartu grafis RadeonTM R5 Intregrated Graphics : Walau hanya dengan grafis terintregrasi yang ada pada prosessor AMD A8-7410, Notebook ini masih tetap handal untuk kegiatan harian, termasuk hiburan seperti menonton video atau mendengarkan musik kesukaan. Dibanderol dengan harga sekitar 3,9 Juta Rupiah.

Perkenalkan AMD APU A8 Generasi ke- 6 “Carrizo-L”, Prosessor Quad Core yang Bertenaga dan Hemat Daya

HP 14-an002ax

Lenovo G41-35

Lenovo kali ini menyematkan prosessor generasi yang lebih baru pada Lenovo G41-35, yaitu AMD APU Generasi Ke-6 “Carrizo-L”. Prosessor ini memiliki 4 Buah Core (Quad Core) dan siap untuk memberikan performa optimal pada Notebook Anda. Berbasiskan arsitektur “Puma+” yang hemat daya, prosessor ini juga mempunyai kinerja yang lebih baik hingga 20% dibandingkan generasi sebelumnya1.

Lenovo G41-35

Dan berkat adanya kartu grafis RadeonTM R5 Graphics yang tertanam dalam prosessor, Anda tak perlu cemas dengan kualitas gambar saat sedang streaming atau menonton video favorite Anda. Tidak hanya itu, AMD APU generasi ke enam ini juga lebih efisien, menawarkan performa yang lebih tinggi namun TDP lebih rendah, sehingga lebih hemat daya dibandingkan generasi sebelumnya.

Tangguh untuk Multimedia, Hadirkan Beragam Teknologi Terkini!   

Lenovo G41-35

Selain memberikan performa kinerja komputasi yang mumpuni, AMD juga berikan beberapa fitur multimedia dan perangkat lunak tambahan yang bisa menambah pengalaman pengguna AMD A8 generasi ke-6 ini menjadi lebih baik, diantaranya adalah :

  1. Video and Streaming : Nikmati hiburan video berbasis Full HD baik melalui hardisk ataupun streaming dengan kualitas terbaik melalui teknologi AMD Perfect Picture with AMD Steady Video yang merupakan gabungan dari kumpulan teknologi hardware dan software yang secara otomatis aktif untuk menyuguhkan kualitas video memukau.  Dan dengan teknologi AMD Quick Stream yang berfungsi agar video streaming lebih lancar di Notebook Anda2.
  2. Best User Experience : Software tambahan berupa AMD Gesture Control yang memungkinkan Anda bisa mengatur beberapa aplikasi pilihan dengan menggunakan telapak tangan, serta AMD Face Login dengan teknologi facial recognition yang memungkinkan Anda menggunakan wajah Anda sendiri untuk login ke perangkat maupun Account Anda3.
  3. Best Android Experience : Berkerjasama dengan Bluestack, Anda bisa merasakan pengalaman menggunakan aplikasi Android terkenal di Notebook dengan lancar berkat adanya kehadiran support akselerasi grafis di RadeonTM R5 Graphics4.

Siap untuk Gaming dengan kartu grafis diskrit RadeonTM  R5 M430 2 GB Video Memory

Lenovo G41-35

Selain tersemat prosessor handal, Lenovo juga hadirkan versi G41-35 dengan kartu grafis diskrit RadeonTM R5 M430 2GB. Tentunya, dengan kartu grafis diskrit ini memungkinkan Anda untuk bisa mainkan game mainstream dengan lancar.

Lenovo G41-35

Kartu grafis ini juga di dukung dengan teknologi penghemat daya yang pintar bernama AMD Enduro. Teknologi ini mampu menyesuaikan performa kartu grafis yang ada dengan aplikasi yang Anda pakai. Alhasilkan daya tahan lebih lama, tanpa mengurangi performa kinerja!

Notebook Tipis dan Ringan Bantu Mudahkan Mobilitas

Lenovo G41-35

Notebook Lenovo G41-35 ini memiliki design yang cukup tipis yakni dibawah <1 inch lebih tipis dari rata-rata Notebook sekelas serta memiliki berat yang cukup ringan yakni, 2.1 kg. Hal ini tentu sangat membantu Anda yang suka mobilitas mengingat dengan body yang lebih tipis, tentu akan lebih mudah untuk dibawa kemanapun.

Kualitas Audio Premium dengan Dolby® Advanced Audio™ dan Teknologi Battery Saving

Lenovo G41-35

Bagi Anda yang memiliki hobi menonton video atau mendengarkan musik melalui Notebook, Anda akan lebih dimanjakan dengan kualitas audio premium berkat kehadiran teknologi Dolby® Advanced Audio™ pada Lenovo G41-35 ini. Selain itu, Notebook ini juga hadir dengan perangkat lunak Lenovo Energy Management yang melindungi baterai dan teknologi power saving yang membuat daya tahan menjadi lebih lama.

Beli Notebook Baru Gratis Game Original Terbaru!

Lenovo G41-35 Lenovo G41-35

Beli Notebook GRATIS GAME ORIGINAL? Kapan lagi! Anda bisa mendapatkan game original gratis setiap pembelian Notebook dengan AMD APU! Adapun game yang bisa Anda pilih diantaranya LEGO 3 Batman: Beyond Gotham, Space Run, Sonic & All-Stars Racing Transformed, Guacamelee dan Tales from Space: Mutant Blobs Attack.

Kesimpulan

Lenovo G41-35

Lenovo G41-35 yang hadir sebagai penerus dari Lenovo G40-45 patut untuk Anda pertimbangkan sebagai pilihan notebook untuk menemani aktifitas harian Anda. Berbekal prosessor AMD APU A8-7410 Quad Core yang hemat daya dan juga di dukung oleh kartu grafis diskrit RadeonTM R5 M430 2GB, Notebook ini mampu hadirkan kinerja yang mumpuni namun tetap hemat daya sehingga tidak masalah dibawa kemanapun. Tidak ketinggalan, fitur Dolby® Advanced Audio™ dan Teknologi Battery Saving Lenovo Energy Management menambah nilai plus dari Notebook ini. Anda bisa memperolehnya di pasaran Indonesia mulai dari harga 3,9 Juta Rupiah (dengan kartu grafis RadeonTM R5 Graphics) dan 4,6 Juta Rupiah (dengan kartu grafis RadeonTM R5 M430).

Detail Produk

  • Sistem Operasi : DOS
  • Prosesor : AMD QuadCore A8 7410 2.2Ghz Turbo 2.5Ghz dengan Kartu Grafis Terintregrasi Radeon R5 Graphics
  • Kartu Grafis : AMD RadeonTM R5 Graphics / RadeonTM R5 M430 2GB
  • Memori : 4 GB DDR3 RAM, HDD 500 GB
  • Ukuran Layar : 14 Inch, Resolusi Layar 1366 x 768 pixel
  • Wifi + Bluetooth : Ya, Combo Wi-Fi+ BT 4.0
  • Kapasitas Penyimpanan Hardisk : 500 GB
  • Optical Drive Type – Ya, SuperMulti DVD-RW

Catatan:

  1. Dibandingkan Processor AMD APU Generasi ke empat Kabini dengan arsitektur “Jaguar”.
  2. Teknologi AMD QuickStream akan secara otomatis utamakan bandwith internet untuk streaming dibandingkan yang lain.
  3. Atur aplikasi menggunakan telapak tanganmu dan login windows menggunakan wajahmu. support Windows 8.1/10 aplikasi bisa di unduh di link berikut : http://www.amd.com/en-us/innovations/software-technologies/elite-experiences
  4. Download bluestack disini : http://www.bluestacks.com/id/index.html

Latest articles

Related articles

136 Comments

    • Halo mimin belum mecobanya. apabila kamu mengeluhkan masalah degradasi. ada versi Lenovo B41-35. spesifikasi kurang lebih sama, perbedaan ada pada layar yang sudah ada anti glare dan fingerprint.

  1. Untuk layar gmn min? Kan kalo g40-45 layarnya jelek, apakah di seri ini sudah diperbaiki bagian layarnya? Atau sama saja?

    • Hai, Mimin sendiri belum mencobanya. seharusnya menjadi lebih baik. atau bagi kamu yang ingin utamakan layar ada versi lain yakni
      B41-35 dengan Layar Anti Glare dengan spesifikasi tidak jauh berbeda 🙂

    • Hai untuk review gaming saat ini belum ada. namun, kamu bisa mencoba untuk browsing/searching di Youtube yang kemungkinan ada user yang sudah review
      sebelumnya 🙂

    • Halo, Mimin belum mencoba dari game GTA 5 tersebut. Namun jikalau dilihat dari spesifikasi untuk yang memakai Grafis Diskrit seharusnya
      bisa menjalankanya dengan baik 🙂

    • Hai Imam, kalau yang dimaksud kamu adalah grafis terintregrasi. masih bisa memainkan Casual Games seperti Game Online DOTA 2.
      dengan settingan grafis yang di sesuaikan 🙂

  2. min mau nanya,, itu laptop pake dual grapich?
    lebih hebat mana yg g41 35 atau yang g 4045?
    mimin kok gk reviews game test g41 35 ?
    kalo buat jalanin battlefield 4 kuat gk?

    • Halo, untuk Notebook ini tidak mendukung fitur Dual Graphics. untuk Notebook Lenovo G4045 Mimin rasa sudah susah untuk ditemukan, mengingat
      sudah digantikan Notebook terbaru.

      Untuk masalah game test, untuk saat ini belum ada. untuk game Battlefield 4 sendiri, berdasarkan spesifikasi. harusnya bisa dijalankan
      dengan baik di Notebook tersebut.

    • Halo, untuk Lenovo G41-35 sendiri hanya support dengan Single Channel Memory. namun, Notebook ini dengan dua slot memory yang
      bisa di expansi hingga 8GB DDR3. 🙂

    • Hai KML, Sayang nya Mimin rasa kurang mumpuni untuk memainkan game Sleeping Dogs untuk yang versi itu. disarankan kalau untuk yang hobi bermain game untuk memilih versi yang memakai grafis diskrit 🙂

    • Bisa kok, kawan saya udah main sleeping dogs di lenovo g40 45 amd a8 dgn radeon r5 onboard, pengaturan dibawa otomatis oleh game, no lag kok

  3. min untuk tipe yg memakai grafis diskrit, apakah kuat untuk programming, desain grafis dan video editing seperti Adobe Premiere dan After Effect?

    • Hi, untuk Notebook Lenovo G41-35 yang memakai grafis diskrit sudah cukup mumpuni untuk kebutuhan desain grafis standart dan video editing.
      namun, Mimin menyarankan untuk selalu melihat di bagian pengaturan aplikasi dan aktifkan “akselerasi hardware” agar aplikasi desain grafis
      dan multimedia yang kamu pakai, bisa memanfaatkan komponen kartu grafis dengan baik 🙂

    • Hai Taufieq, menurut sepengetahuan mimin, untuk HP 14-AN004AU memiliki spesifikasi yang sama dengan Lenovo G41-35 namun, untuk HP tidak memiliki grafis diskrit. yakni hanya memakai grafis terintregrasi saja. 🙂

      Keputusan ada di tangan kamu sendiri 🙂

    • Hai Kemal. untuk seri B41-35 di targetkan untuk segmen bisnis. hadir dengan layar Anti Glare, Fingerprint serta improvisasi di sisi keyboard. dibanding
      seri G41-35 🙂

    • Halo, untuk daya tahan batterai Lenovo G41-35 mencapai sekitaran 4-5 Jam untuk kebutuhan ringan (Browsing menonton video).
      Mimin sarankan untuk set Power Plan di bagian Control Panel Windows ke “Power Saver” untuk lebih menghemat daya 🙂

  4. Min, mau tanya, kalo lenovo g41 35 yg vga nya cuma terintegrasi (ngga ada yg dedicated) apa kah ada slot untuk menambahkan vga dedicatednya?

    • Hai, untuk grafis terintregrasi ini, komponen grafis yang sudah terintregrasi dengan Processor AMD APU A series. sedangkan untuk grafis diskrit ini adalah komponen grafis tambahan untuk memberikan peningkatan kinerja grafis Notebook.

      Jadi, untuk Notebook dengan grafis diskrit, akan hadirkan performa bermain game yang lebih baik 🙂

  5. Min, itu yg seri pake VGA Diskrit stiker di body laptop ad 1 apa 2 ya? Soalnya saya ragu ad toko yg bilang pake VGA nya Diskrit, tapi stiker di bodi cuma stiker “A8” doang.. Setau saya klo yg ad VGA diskrit ad stiker tambahan “Radeon” klo ga salah… takutnya ditipu dibilang yg diskrit ternyata yg integrated…
    Sama cara ngecek kalo mau cek VGA tapi windows belum terinstal.. thanks sebelumnya..

    • Hai. Untuk masalah stiker, Berdasarkan sepengetahuan Mimin Lenovo hanya memakai stiker AMD A8 saja baik di Notebook dengan grafis terintregrasi maupun dengan memakai grafis diskrit. untuk cara mencek spesifikasi. kamu bisa cek di buku manual yang ada di paket penjualan. biasanya, vendor akan berikan spesifikasi lengkap 🙂

  6. Min mau tanya nihh..
    Apakah untuk spesifikasi seperti lenovo g41 ini sudah bisa untuk digunakan menjalankan sony vegas pro 13?
    Mohon penjelasannya min

      • Itu G41 yang ada vga diskritnya atau yg tanpa vga diskrit min?
        Maksudnya vga diskrit itu dual graphics kan ya min?
        Terus saya cari amd radeon M430 kok ga ada ya min, kebanyakan yg keluar M330, apakah sama saja min?

        • Hai. untuk seri G41-35 ada yang memakai grafis AMD Radeon R5 Graphics yang sudah terintregrasi dengan Processor AMD APU, serta ada juga yang memakai komponen grafis diskrit Radeon R5 M430 yang memberikan kinerja tambahan. untuk Radeon R5 M430 tidak support dengan fitur Dual Graphics. Untuk masalah ketersediaan. apakah kamu sudah mencari di mall terkenal di kota kamu ?? Mengingat, Radeon M330 hanya tersedia di Lenovo G40 yang merupakan versi pendahulu dari Notebook ini. sedangkan G41 memakai Radeon M430.

  7. min, kan saya beli g41-35 tapi yang Prosessor AMD A8–7410 Quad Core 2.5 Ghz dan kartu grafis RadeonTM R5 Intregrated Graphics bukan yang RadeonTM R5 M430 2GB, nah bisa ga min yang Intregrated Graphics ini pindah ke yang M4320 2GB?

    • Hai, Kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga bernama GPU-Z. nanti akan ada menu dropdown yang bisa memilih opsi untuk melihat spesifikasi grafis terintregrasi Radeon R5 Graphics maupun Radeon R5 M430 sekaligus 🙂

  8. Selamat pagi min.. mau nanya driver bawaan laptop saya kan support winfows 10. Kalo saya downgrade ke windows 8.1 ada yg support ga driver vga nya? Soalnya kmaren saya coba cari driver vga nya gak kedetect di win 8.1.. windows 10 terlalu berat untuk gaming. Dan kalo saya mau ganti prosesornya yg lebih high ada rekomendasi ga min.. thx btw

  9. Min. ini kan No Os aku belinya. Ini laptopnya cuma bisa diinstal Os Windows 10 ? soalnya kata penjualnya drivernya windows 10. Misalkan aku install windows 8 bisa gak ?? Trus ada yg bermasalah atau gak drivernya?

    • Hai Hajar, untuk Notebook Lenovo G41-35 mendukung ekpansi RAM hingga 8GB DDR3/DDR3L 1866 Mhz (2x4GB). Notebook ini berisikan 2 slot RAM yang sudah terisi satu slot RAM untuk 4GB RAM dari pabrikan 🙂

  10. Min mau nanya nih, kalau mau upgrade ram jd 8gb sebaiknya itu ditambahin lagi 4gb (2x4gb) yang satu pabrikan, apa sebaiknya ram yg dari pabrikan juga ikut diganti (2x4gb) dua2nya ram baru? Thanks 🙂

    • Hi Yusuf, untuk Upgrade Ram kamu cukup untuk menambahkan Ram 4GB lagi di slot Ram yang disediakan. kamu bisa upgrade Ram yang digunakan di service center atau toko komputer terdekat 🙂

    • Hi Bobo, berdasarkan spesifikasi yang tertera Notebook tersebut sudah cukup untuk kegiatan editing grafis, namun mimin rekomendasikan untuk Upgrade Ram yang ada dengan ukuran 8GB DDR3 untuk hadirkan kinerja lebih baik 🙂

    • Hi Tri, untuk VRAM grafis intregrasi Radeon R5 Graphics menggunakan Shared VRAM yang akan menyesuaikan dengan ukuran Ram yang ada di Notebook kamu, semakin besar Ram yang terpasang maka akan semakin besar VRAM yang terpasang 🙂

  11. Author, Ram yg tertanam di Lenovo G41-35 ini : 4GB DDR3 (1×8) PC3L-12800S – 16K
    Saya mau expand Ram jadi 8GB karena ada sisa 1 slot, dan kata admin G41 ini tdk support dual channel.
    Jadi tolong saran dari admin, apakah saya Tambah 1 keping Ram dengan merk berbeda tapi bench sama atau saya ganti jadi 1 keping ram 8GB?

    • Hi F Kyo, perlu mimin beritahukan walau secara spesifikasi Processor AMD APU yang ada di Notebook tidak mendukung Dual Channel, namun tidak ada berbeda dalam hal upgrade Ram, layaknya Notebook lainya kamu cukup membeli Ram tambahan yang sesuai dengan spesifikasi yang disarankan (PC 12800) dan tambahkan di slot yang tersedia 🙂

  12. Lenovo G41-­35 A8 Quad Core RadeonTM R5 M430 2GBdan Lenovo Ideapad 110 A9 9400 Radeon R5 M430 2GB bagus mana ya kalo untuk gaming?

    • Hi Tom, keduanya sudah bagus untuk gaming tinggal kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan selera kamu saja. Serta game yang ingin kamu mainkan lebih mementingkan core atau clock speed.

    • Hi Febry, jangan lupa untuk setting laptop kamu ke maximize performance caranya ada di Radeon Setting atau Catalyst Control Center bagian Power. Pastikan juga sudah menginstal driver dengan sempurna.

    • Hi, untuk bermain game GTA V disarankan minimal laptop AMD APU A10 dengan kartu grafis diskrit. Untuk PES 2017 dan Naruto Strom Revolution bisa dengan settingan disesuaikan.

  13. Min, gimana cara cek kartu grafis yang digunakan, RadeonTM R5 M430 atau RadeonTM R5 Intregrated Graphics ?

    Lalu, saya cek di dxdiag.exe – Display, tertulis Approx. Total Memory = 2032 MB
    Kemudian saya cek di Radeon Settings – System – Hardware, tertulis Memory size = 512 MB
    Kok bisa gitu min ?

    • Hi MSAA,

      Perlu kami beritahukan untuk laptop ini menggunakan grafis utama Radeon R5 Graphics untuk display, sedangkan untuk vga diskrit Radeon R5 M430 akan digunakan secara otomatis untuk bermain game saja.

      Kombinasi keduanya menghasilkan daya tahan baterai yang lebih baik.

      Terimakasih, salam.

    • Hi, untuk hal itu mimin sarankan dibawa langsung ke service center resmi Lenovo agar bisa diperiksa lebih lanjut baik hardware maupun softwarenya.

    • Hi Reyhan, besaran vram yang dishared tidak bisa ditentukan karena hal tersebut dilakukan secara otomatis, namun yang pasti apabila kamu upgrade RAM utama maka vram juga akan bertambah maksimal vram yang dishared adalah 2GB.

  14. Maaf min buat bluestack lancar kan min…..buat main mobile legends??…jawab min satu lagi set medium bisa kan hehehe mau tarik ni laptopnya

  15. Min Saya ingin tambahkan Memory di Slot yang tersedia (1 yang kosong) dengan Spesifikasi:
    Memory Configuration : SODIMM
    Memory Type : DDR3L
    Package Memory Format : SODIMM
    Package Memory Pin : 204
    Performance Profile : none
    Memory Size : 8GB Kit (1 x 8GB)
    SPD Latency : 9-9-9-24
    SPD Speed : 1600MHz
    SPD Voltage. : 1.5V
    Speed Rating : PC3-12800 (1600MHz)
    Tested Latency : 11-11-11-28
    Tested Speed : 1600MHz
    Tested Voltage : 1.35V

    Apakah sesuai Min?

Leave a Reply