AMD Crimson Relive

Radeon Software Crimson ReLive Edition Hadirkan Fitur Game Capture Terbaru dan Peningkatan Performa

AMD Crimson Relive

Untuk hadirkan performa yang lebih optimal serta dukungan untuk game terbaru, AMD melalui divisi grafis Radeon Technology Group selalu memberikan update driver kartu grafis terbaru secara berkala guna memastikan produk yang digunakan oleh pengguna bisa berjalan dengan baik dan siap digunakan dalam berbagai kegiatan komputasi baik itu bermain game ataupun memenuhi kebutuhan sehari-hari.

AMD Crimson Relive

Dan salah satu driver terbaru yang belum lama ini diluncurkan adalah Radeon Software Crimson ReLive Edition, dimana driver ini suguhkan banyak fitur terbaru dan peningkatan performa hingga lebih stabil dibandingkan driver versi sebelumnya. Anda penasaran dengan kelebihan-kelebihannya? Simak pada artikel berikut ini.

Dukungan Lebih Baik Hadirkan Driver yang Lebih Stabil dibandingkan Sebelumnya

AMD Crimson Relive

Untuk memberikan kualitas driver yang lebih baik, AMD terus menerus meningkatkan kualitas QA dari setiap driver yang ada, termasuk mengajak user untuk membantu memberikan saran dan masukan untuk pengembangan driver kedepannya sehingga beberapa top bug akan diselesaikan setiap rilis driver terbaru.

AMD Crimson Relive AMD Crimson Relive

Sajikan Berbagai Fitur Terbaru Tanpa Perlu Mengganti Kartu Grafis Anda

AMD Crimson Relive

Radeon Chill : Untuk membangun kartu grafis idaman bagi para gamers, AMD tidak hanya berikan performa yang lebih baik namun juga berusaha untuk membuat kartu grafis menjadi lebih efisien. Oleh karena itu, AMD menghadirkan fitur bernama Radeon Chill. Dengan adanya fitur ini, kartu grafis akan secara otomatis menyesuaikan Frame-Rate dengan keadaan pengguna saat bermain game, dimana akan meminimalkan penggunaan daya disaat pengguna sedang dalam keadaan tidak banyak bergerak dalam game1,
AMD Crimson Relive

Dengan adanya metode tersebut membuat konsumsi daya menjadi semakin hemat dikarenakan Frame Rate yang digunakan telah disesuaikan dengan kondisi pengguna.

AMD Crimson Relive AMD Crimson Relive

Dengan konsumsi daya yang lebih rendah, otomatis suhu yang dihasilkan juga akan menjadi lebih rendah. Selain itu kartu grafis juga menjadi lebih hening karenanya. Fitur Radeon Chill akan aktif secara otomatis di beberapa game yang telah mendukung dan akan terus bertambah untuk kedepannya.

AMD Crimson Relive

Radeon WattMan Mendukung Lebih Banyak Produk : WattMan yang merupakan singkatan dari WattManager adalah sebuah tools yang hadir semenjak versi AMD Radeon Software Crimson meluncur. Dimana dengan Radeon WattMan, Anda bisa membuat kinerja kartu grafis lebih optimal dengan menggunakan metode Overclock yang kini dipermudah. Tidak hanya itu fitur Radeon Chill bisa kamu sesuaikan juga disini2 Dan kabar baiknya, kini telah mendukung lebih banyak seri kartu grafis AMD Radeon.

AMD Crimson Relive

Hadirkan beberapa peningkatan dalam sektor Display: Diantaranya adalah peningkatan dalam Video Calling dengan menggunakan salah satu aplikasi panggilan video Skype, AMD FreeSync yang kini bisa digunakan secara otomatis sebagai “Plug and Play” dan juga telah mendukung penggunaan monitor HDR untuk bermain game3. Tak hanya itu, kehadiran dukungan VP9 Decode memungkinkan PC desktop dan notebook bisa streaming konten video berbasis VP9 yang telah diadopsi oleh website streaming ternama seperti Youtube dengan lancar4
AMD Crimson Relive
AMD Crimson Relive

Rekam, Edit dan Share Moment Bermain Game Anda : Salah satu update terkini yang ada dalam Radeon ReLive adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk merekam game favorite maupun aplikasi desktop yang sedang digunakan, adapun beberapa fitur unggulan lainnya yang ada pada Radeon ReLive ini adalah :

  • Recording : Rekam berbagai aktivitas bermain game serta pekerjaan yang Anda lakukan dengan hasil yang terbaik! Fitur ini sudah dioptimalkan khusus untuk kartu grafis Radeon dan Processor AMD APU sehingga tidak mengganggu performa bermain game atau pekerjaan Anda5.
  • Streaming : Jadikan kualitas streaming video Anda lebih tinggi dengan dukungan terhadap resolusi QHD / WQHD (2560×1440) secara langsung ke situs ternama seperti Youtube dan Twitch.
  • Overlay : Bagi Anda yang tak hanya ingin sekedar merekam aktifitas bermain game Anda fitur ini bisa hadirkan informasi tambahan di dalam video yang Anda buat, seperti spesifikasi PC Desktop/Laptop yang digunakan, Camera hingga menampilkan logo di dalam video seperti logo website pun bisa dilakukan.
  • HotKey dan APP In Toolbar : Untuk memudahkan dalam penggunaan, ReLive telah dilengkapi dengan kombinasi Shorcut tertentu seperti Ctrl+Shift+R untuk merekam aktifitas game serta bagi yang belum terbiasa dengan kombinasi banyak shortcut, dibekali juga Toolbar khusus yang bisa diaktifkan saat bermain game untuk memudahkan dalam merekam game favorit.
 Bermain Game Terkini dengan Lebih Baik serta Merekam Game Favorit Tanpa Mengganggu Saat Gaming
AMD Crimson Relive AMD Crimson Relive

Lantas bagaimana dengan performa dari driver terbaru ini? Dalam pengujian yang telah dilakukan terlihat bahwa terdapat peningkatan performa dalam game terkini pada kartu grafis AMD RadeonTM RX 480 hingga mencapai 10% lebih baik hanya dengan mengupdate driver terbaru saja.6
AMD Crimson Relive

Sedangkan dalam pengujian merekam game terkini menggunakan AMD Radeon ReLive terlihat performa menurun hanya sedikit sekali, bahkan kurang dari 5% pada judul game ternama, sehingga tidak mengganggu Anda saat bermain game yang sedang Anda mainkan.

AMD Crimson Relive

Salah satu kunci dari performa yang optimal dari fitur Radeon ReLive adalah dikarenakan Prosessor AMD APU dan kartu grafis AMD Radeon semenjak seri HD 7000 telah hadirkan komponen hardware khusus yang sudah terintegrasi kedalam grafis Radeon bernama Video Codec Engine (VCE). Dengan VCE ini, performa hasil rekam video saat bermain game menjadi lebih baik tanpa membuat performa berkurang drastis dibandingkan menggunakan Prosessor biasa saja.

AMD Crimson Relive

Sedangkan untuk fitur AMD Radeon Chill, terlihat peningkatan efisiensi daya hingga 33% lebih rendah dalam bermain game. Dikarenakan konsumsi yang lebih rendah membuat kartu grafis pun menghasilkan suhu yang lebih rendah saat bermain game.

AMD Crimson Relive

Radeon Chill juga menghasilkan Input Lag yang lebih rendah saat bermain game sehingga membuat pengalaman bermain game lebih lancar dibandingkan sebelumnya yang Anda bisa dapatkan hanya dengan update driver ke versi terbaru.

Kesimpulan

AMD Crimson Relive

AMD Radeon Software Crimson ReLive Edition, merupakan update driver besar-besaran yang sudah dihadirkan oleh AMD. Anda bisa mendapatkan berbagai kelebihan mulai dari fitur terbaru seperti fitur hemat daya Radeon Chill, fitur Game Capture Radeon ReLive dan hadirkan peningkatan performa lebih baik dalam bermain game maupun saat menggunakan aplikasi harian. Nantikan versi update driver Radeon selanjutnya.

Catatan Kaki :

  1. Fitur Radeon Chill tidak bermasalah digunakan bersamaan dengan fitur frame limiter lainya seperti FRTC, dikarenakan Radeon Chill telah disesuaikan melalui profile yang sudah AMD sediakan.
  2. Selain kartu grafis yang sudah disebutkan, Overclocking bisa dilakukan dengan bantuan fitur AMD Overdrive termasuk mengaktifkan fitur Radeon Chill.
  3. Tidak perlu setting lebih lanjut cukup colok konektor HDMI/Display Port monitor FreeSync ke port HDMI/Display Port yang tersedia.
  4. VP9 Decode hanya support di kartu grafis Radeon RX Series, Radeon R9 Fury/R9 Nano hingga resolusi 4K . Serta AMD APU hingga resolusi FullHD.
  5. Membutuhkan dukungan Processor AMD APU dengan grafis internal mulai dari seri Radeon HD 7000 series dan kartu grafis AMD Radeon HD 7000 series.
  6. Test yang dilakukan menggunakan konfigurasi sistem : Intel Core i7 6700K @4Ghz, Reference Radeon RX 480, Motherboard ASUS Z170A, 8GB DDR4 2666 Mhz, 2TB Seagate Barracuda, Samsung 4K Display Monitor dan Driver Radeon Software Crimson ReLive Edition.

38 comments

    • Admin
      Author Reply

      Hi tidak bisa, dual graphic hanya didukung grafis versi Radeon R7 240/250 🙂 tapi walau tidak bisa dual graphic performanya sudah jauh lebih powerful dengan RX 460 dibanding dual graphic dengan seri R7

    • Admin
      Author Reply

      Hi, untuk notebook sebaiknya memang hanya install update driver dari website vendor langsung, karena belum tentu kompatibel secara penuh. Untuk sementara silakan kembalikan dulu ke driver versi sebelumnya ya 🙂

  1. Prayoga Putra
    Reply

    min, kenapa ini layar hitam setelah instal amd radeon crimson relive, mohon konfirmasinyaa min 🙁

    • Admin
      Author Reply

      Hi Abbi, untuk driver laptop disarankan menggunakan driver bawaan dari laptop kamu yang bisa di download disitus resmi HP agar lebih stabil dan compatible karena driver update dari AMD dibuat secara umum sehingga belum tentu cocok dengan laptop kamu.

    • Hi Raimon,

      Kami rekomendasikan untuk update driver kartu grafis, mengingat fitur Radeon Chill untuk laptop baru hadir semenjak di versi Radeon Software Adrenalin.

      Semoga bermanfaat, salam.

    • Hi Adha,

      Untuk mencoba menghadirkan fitur AMD ReLive, untuk menghapus driver dengan bersih menggunakan DDU Uninstaller setelah itu mencoba install driver kembali.

      Terimakasih, salam.

  2. heggar
    Reply

    @amd
    gimana ya saat saya ganti.monitor itu kok gak bisa record dekstop gan,padahal scrren shoot bisa lainya bisa cuman mau record dekstop udh di pencet gak mau ngrecord bantuan dong sapphire rx 550 ganti Monitor LG freeFree

    • Admin
      Author Reply

      Hi Mitchel, untuk laptop lebih disarankan menggunakan driver bawaan dari laptop itu sendiri agar lebih kompatibel dan cocok.

    • Admin
      Author Reply

      Hi Mitchel, bedanya terletak kepada versi yang lebih baru sehingga bug yang ada dalam versi sebelumnya telah di perbaiki dan juga menghadirkan fitur2 terbaru.

  3. arya
    Reply

    Min bedanya driver software crimson relive edition dengan driver software crimson relive edition (option) . Itu bagusan yang mana?

  4. Limpat Budhi Wasesa
    Reply

    Min leptop saya pakek Radeon HD 8500. Tapi kok di sofeware AMD radeon crimson. Kebaca nya kok versi Radeon R5? Saya download sofewarenya melalui cara yang download dan install otomatis

  5. william steven
    Reply

    min, saya ingin menggunakan fitur relive untuk merekam layar, tetapi mengapa tidak berjalan ya ? saya amd radeon r7 200 series

    • Admin
      Author Reply

      Hi William,

      Bisa dijelaskan lebih lengkapnya, seri kartu grafis diskritnya serta apakah william menggunakan PC Desktop ataukah laptop?

      Terimakasih, salam

  6. Erick Tan
    Reply

    min ask ya.
    1. Laptop asus amd A9-Radeon 5.
    2. Apa jika instal driver adrenalin 2019 terbaru 3.2 sudah ada software relive diatas.
    3. Atau saya hrs download terpisah yaitu -driver adrenlin 2019.
    -driver relive crimson edition.
    4. Minta link download amd clean uninstaller.

    5. tanks untuk mewakili. semua user amd

    • Hi Erick,

      Fitur AMD ReLive sudah terdapat pada driver Radeon Software Adrenalin 2019 terbaru, sehingga kamu tidak perlu install driver Radeon Software ReLive Edition yang lebih lawas.

      Terimakasih, salam.

Tinggalkan Balasan