fbpx

AMD Memberikan Harapan untuk Server Performance dengan Meluncurkan Brand Processor EPYC untuk Datacenter

—  Peluncuran EPYC yang akan Datang Menjanjikan Sistem Dual-Socket Dinamis,dan Solusi Platform Single-Socket yang Inovatif

 

SUNNYVALE, California – 18 Mei 2017AMD (NASDAQ: AMD) hari ini mengantarkan era baru untuk prosesor server dan dataceter berkinerja tinggi dengan prosesor EPYC ™. Dengan jumlah inti yang banyak, bandwidth memori yang superior, dan dukungan yang tak tertandingi untuk jalur input / output berkecepatan tinggi dalam satu chip1, EPYC bertujuan untuk merevolusi pasar server dual-socket sekaligus membentuk kembali harapan untuk server single-socket. Sebelumnya dikenal dengan kode nama “Naples”, keluarga baru produk berkinerja tinggi untuk datacenter berbasis cloud dan tradisional ini akan menghasilkan mesin pemrosesan x86 “Zen” yang sangat sukses yang ditingkatkan hingga 32 cores fisik2. Server berbasis EPYC yang pertama akan diluncurkan pada bulan Juni dengan dukungan luas dari Original Equipment Manufacturers (OEM) dan channel partner.

 

“Dengan prosesor EPYC yang baru, AMD mengambil langkah berikutnya dalam perjalanan kita dalam komputasi berperforma tinggi,” kata Forrest Norrod,  senior vice president and general manager of Enterprise, Embedded & Semi-Custom Products. “Prosesor AMD EPYC akan menetapkan standar baru untuk performa dan skalabilitas dua soket. Seperti yang telah kami tunjukkan hari ini, kami melihat peluang lebih jauh dengan solusi satu soket pertama tanpa kompromi. Kami percaya bahwa produk baru ini memiliki potensi untuk membentuk kembali bagian pasar datacenter yang signifikan dengan kombinasi kinerja, fleksibilitas desain, dan TCO yang inovatif. ”

 

Hari ini, pada AMD Financial Analyst Day 2017, sebuah prosesor EPYC tunggal diperlihatkan melebihi kinerja platform mid-range, two-socket / two-processor dengan perbandingan langsung. EPYC melebihi penawaran kompetitif teratas saat ini pada parameter kritis, dengan core 45% lebih banyak, kapasitas input / output (I/O) 60% lebih banyak2, dan bandwidth memori 122% lebih banyak3.

 

“Dropbox saat ini sedang mengevaluasi CPU AMD EPYC secara internal, dan kami terkesan dengan kinerja awal yang kami lihat di beban kerja dalam konfigurasi soket tunggal,” kata Akhil Gupta, vice president of infrastructure at Dropbox. “Kombinasi kinerja inti, bandwidth memori, dan dukungan I/O membuat EPYC menjadi penawaran unik. Kami berharap dapat terus mengevaluasi EPYC sebagai pilihan untuk infrastruktur kami. ”

 

Fitur EPYC

  • Desain sistem-on-a-chip (SoC) 32-core yang sangat skalabel, dengan dukungan dua thread per core berkinerja tinggi.
  • Bandwidth memori terdepan di industri, dengan 8 kanal memori per perangkat EPYC3. Pada server dual-socket, mendukung hingga 32 DIMM DDR4 pada 16 kanal memori, memberikan hingga 4 terabyte kapasitas total memori.
  • SoC lengkap dengan I/O terintegrasi, dengan kecepatan tinggi yang mendukung 128 jalur PCIe® 3, meniadakan kebutuhan akan chip-set terpisah.
  • Struktur cache yang sangat optimal untuk kinerja tinggi, komputasi hemat energi
  • Infinity Fabric interkoneksi koheren untuk dua CPU EPYC dalam sistem dual socket
  • Perangkat keras keamanan khusus

 

“Penawaran server single-socket hari ini mendorong pembeli untuk membeli server dua soket yang lebih mahal hanya untuk mendapatkan bandwidth memori dan I/O yang mereka butuhkan untuk mendukung kinerja komputasi dari inti,” kata Matthew Eastwood, senior vice president, IDC. “Tidak ada prosesor server berkinerja tinggi dengan fitur lengkap yang ada saat ini dalam konfigurasi satu soket. EPYC mengubah dinamika itu dengan menawarkan solusi prosesor tunggal yang memberikan jumlah core berkinerja tinggi, memori, dan I/O yang tepat untuk beban kerja yang diperlukan saat ini. ”

 

Sumber-sumber Pendukung :

 

Catatan kaki :

  1. Prosesor AMD EPYC menawarkan hingga 64 jalur I/O PCI Express kecepatan tinggi per soket, dibandingkan prosesor Xeon E5-2699A v4 dengan 40 jalur per soket. NAP-05
  2. Prosesor AMD EPYC mencakup hingga 32 core CPU dibandingkan prosesor Xeon E5-2699A v4 dengan 22 core CPU. NAP-02
  3. Prosesor AMD EPYC mendukung hingga 21,3 GB / s per channel dengan DDR4-2667 x8 channel (total 170,7 GB / s), dibandingkan prosesor Xeon E5-2699A v4 pada 19,2 GB / s dengan channel maksimum DDR4-2400 x 4 (Total 76,8 GB / s). NAP-03

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here