Prosesor Datacenter AMD EPYC ™ Diluncurkan dengan Pencatatan Rekor Performa, Platform yang Dioptimalkan, dan Dukungan Ekosistem Server Global

─ Dell, HPE, Lenovo, Mellanox, Samsung Electronics, Supermicro, VMware, Xilinx, dan masih banyak lagi membentuk ekosistem global yang kuat untuk prosesor EPYC ™ ─

 

─ Pelanggan cloud datacenter Microsoft Azure dan Baidu mengumumkan penggunaan EPYC ─

 

AUSTIN, Texas – 21 Juni 2017AMD (NASDAQ: AMD), dan mitra ekosistem server global, hari ini menandai era baru pada datacenter dengan peluncuran prosesor datacenter berkinerja tinggi AMD EPYC ™ 7000 series. AMD bergabung dengan beberapa pelanggan dan mitra pada acara peluncuran global dalam menghadirkan beragam sistem, demonstrasi kinerja, dan testimonial pelanggan. Inovasi, rancangan AMD EPYC yang mencatat rekor baru, dengan maksimal 32 core “Zen” berkinerja tinggi dan rangkaian fitur yang tak tertandingi, memberikan kinerja yang lebih baik daripada kompetitor di ranah pengujian integer, floating point, bandwidth memori, dan I / O serta beban kerja.

 

“Dengan keluarga prosesor EPYC kami, AMD memberikan kinerja terdepan di industri pada enterprise, cloud, dan beban kerja mesin pintar,” kata Lisa Su, President and CEO, AMD. “Prosesor EPYC menawarkan kinerja tanpa kompromi untuk sistem soket tunggal sembari meningkatkan kinerja server soket ganda ke tingkat yang lebih tinggi, mengalahkan persaingan pada setiap titik harga. Kami bangga membawa pilihan dan inovasi kembali ke datacenter dengan dukungan kuat dari mitra ekosistem global kami. ”

 

Produsen server terbesar di dunia memperkenalkan produk berbasis prosesor AMD EPYC 7000 series pada peluncuran hari ini, meliputi HPE, Dell, Asus, Gigabyte, Inventec, Lenovo, Sugon, Supermicro, Tyan, dan Wistron. Hypervisor utama dan penyedia sistem operasi server Microsoft, Red Hat, dan VMware memamerkan dukungan yang dioptimalkan untuk EPYC, sementara mitra ekosistem perangkat keras utama Mellanox, Samsung Electronics, dan Xilinx juga ditampilkan dalam platform yang dioptimalkan oleh EPYC.

 

 

Platform OEM Server Terkemuka

“Prosesor EPYC mewakili pergeseran paradigma dalam komputasi dan akan mengantarkan era baru ekosistem TI,” kata Antonio Neri, EVP and General Manager Enterprise Group, HPE. “Dimulai dengan Cloudline CL3150 dan berkembang ke lini produk lain akhir tahun ini, kedatangan EPYC dalam sistem HPE akan disambut oleh pelanggan yang ingin menyebarkan kinerja dan inovasi yang diberikan EPYC.”

 

“Sebagai pemimpin industri, kami berkomitmen untuk mendorong Transformasi TI bagi pelanggan kami,” kata Ashley Gorakhpurwalla, president, server solutions division di Dell EMC, “Server PowerEdge generasi berikutnya adalah fondasi pusat data modern yang dirancang untuk Memaksimalkan skalabilitas bisnis dan otomasi cerdas dengan keamanan terpadu. Kombinasi kemampuan kinerja dan keamanan PowerEdge dan AMD EPYC akan menciptakan solusi komputasi yang unik bagi pelanggan kami untuk mempercepat beban kerja dan melindungi bisnis mereka. ”

 

Cloud Datacenter dan Enterprise Customers

Penyedia layanan datacenter dan cloud juga menyambut EPYC ke pasaran saat ini. Anggota penyedia layanan datacenter “Super 7”, termasuk Baidu dan Microsoft Azure, serta 1 & 1, Bloomberg, Dropbox dan LexisNexis, semuanya menyuarakan dukungan mereka saat EPYC diluncurkan.

 

“Sebagai mesin pencari bahasa Cina terbesar dan perusahaan AI-Tech terkemuka, Baidu membanggakan diri untuk menyederhanakan dunia yang kompleks melalui teknologi,” kata Dr. Zhang Ya Qin, presiden Baidu. “Prosesor AMD EPYC dengan server soket tunggal dapat meningkatkan efisiensi komputasi datacenter secara signifikan, mengurangi TCO dan mengurangi konsumsi energi. Kami akan mulai menggelar peluncuran AMD EPYC dan saya menantikan kerjasama kami yang mengarah pada adopsi EPYC tahun ini, dan inovasi yang sedang berlangsung. ”

 

“Kami telah berupaya membuat platform cloud pada Microsoft Azure kelas enterprise yang kuat, yang membantu memandu kesuksesan pelanggan kami, tidak peduli ukuran atau geografi mereka,” kata Girish Bablani, corporate vice president, Azure Compute, Microsoft Corp. “Untuk memberi kekuatan pada Azure, kami memerlukan infrastruktur terdepan dan kemajuan terbaru dalam ranah silikon sehingga kami berniat menjadi penyedia cloud global pertama yang menghadirkan AMD EPYC, dan kombinasi antara kinerja dan nilai tinggi, kepada pelanggan.

 

Mencatat Rekor Kinerja EPYC

Kegembiraan seputar EPYC didorong oleh beberapa pengujian rekor baru server yang diraih oleh soket EPYC yang menggunakan sistem socket tunggal dan soket ganda.

Prosesor AMD EPYC menetapkan beberapa catatan kinerja, meliputi:

  • Server Soket Ganda
    • AMD EPYC 7601- berdasarkan skor sistem 2360 pada SPECint®_rate2006, lebih tinggi dari skor sistem soket ganda manapun­1

 

  • Server Soket Tunggal
    • AMD EPYC™ 7601- berdasarkan skor sistem 1200 pada SPECint®_rate2006, lebih tinggi dari skor sistem soket tunggal berbasis x-86 manapun 2
  • AMD EPYC 7601- berdasarkan skor sistem 943 pada SPECfp®_rate2006, lebih tinggi dari skor sistem soket tunggal berbasis manapun3

Semua prosesor EPYC menggabungkan fitur keamanan yang inovatif, keandalan kelas enterprise, dan dukungan fitur lengkap. Sistem soket tunggal AMD EPYC ™ 7601 mengubah harapan untuk kinerja server soket tunggal, membantu menurunkan total biaya kepemilikan (TCO), memberikan penghematan CapEx hingga 20% dibandingkan dengan Intel Xeon E5-2660 v4- Berbasis sistem soket ganda2. Pada setiap titik harga yang ditargetkan untuk prosesor soket ganda, EPYC mengungguli persaingan, dengan kinerja hingga 70% lebih tinggi di kisaran harga delapan ratus dolar dan kinerja hingga 47% lebih tinggi di pasar high-end dikisaran harga empat ribu dolar atau lebih5.

 

Gambaran Produk EPYC

  • System on Chip (SoC) yang sangat skalabel dengan rentang 8-core hingga 32-core, mendukung dua thread berkinerja tinggi per core-nya.

 

  • Memori bandwidth terdepan di kelasnya, dengan 8 channel memory disetiap perangkat EPYC. Pada server soket ganda, mendukung hingga 32 DIMM DDR4 pada 16 channel memory, memberikan kemampuan hinnga 4 terabytes dari kapasitas total memory.

 

  • Dukungan yang belum pernah ada sebelumnya untuk I / O berkecepatan tinggi dan terintegrasi dengan 128 jalur PCIe® 3 pada setiap produk

 

  • Struktur cache yang sangat optimal untuk komputasi berkinerja tinggi dan hemat energi

 

  • AMD Infinity Fabric interkoneksi koheren yang menghubungkan CPU EPYC dalam sistem soket ganda

 

  • Perangkat keras keamanan khusus

EPYC Product Lineup

Model Core / Thread Base Freq. Max Boost TDP
EPYC™ 7601 32 / 64 2.2 GHz 3.2 GHz 180W
EPYC™ 7551P 32 / 64 2.0 GHz 3.0 GHz 180W
EPYC™ 7501 32 / 64 2.0 GHz 3.0 GHz 155/170W
EPYC™ 7451 24 / 48 2.3 GHz 3.2 GHz 180W
EPYC™ 7401P 24 / 48 2.0 GHz 3.0 GHz 155/170W
EPYC™ 7351P 16 / 32 2.4 GHz 2.9 GHz 155/170W
EPYC™ 7301 16 / 32 2.2 GHz 2.7 GHz 155/170W
EPYC™ 7281 16 / 32 2.1 GHz 2.7 GHz 155/170W
EPYC™ 7251 8 / 16 2.1 GHz 2.9 GHz 120W

 

 

Sumber Pendukung :

  • EPYCon AMD.com
  • Learnmore about the “Zen” x86 core
  • Follow AMD datacenter developments on Twitter @AMDServer

 

Dukungan Penyedia Layanan Cloud

 

Bloomberg

“Di Bloomberg, kami menangani arus informasi bagi para profesional di pasar modal. Kami menantikan kepemimpinan AMD di komunitas standar terbuka, seperti OCP, NVMe, GenZ, dan CCIX, untuk membantu mempercepat adopsi solusi data center, penyimpanan, dan interkoneksi yang inovatif di seluruh dunia, “kata Justin Erenkrantz, head of compute architecture for Bloomberg, the global finance, media and tech company yang berbasis di kota New York. “Dengan kepadatan yang lebih tinggi dan penyimpanan NVMe latency yang rendah, fitur utama yang diberikan oleh prosesor AMD EPYC, kami sepenuhnya berharap dapat mewujudkan tingkat baru kinerja dan efisiensi biaya.”

 

Dropbox

“Pelanggan Dropbox mengharapkan akses yang cepat dan dapat diandalkan ke konten mereka yang kami dan EPYC memberikan persyaratan tersebut. Kami telah bekerja sama dengan AMD selama tahap evaluasi EPYC di lingkungan kami dan melihat potensi signifikan dalam menurunkan total biaya kepemilikan sambil meningkatkan kinerja dalam desain soket tunggal, “kata Akhil Gupta, vice president of infrastructure di Dropbox.”Sistem evaluasi kami mengambil keuntungan dari 128 jalur PCIe EP yang terdepan di industri untuk kinerja dan kapasitas penyimpanan. Dropbox mengeksplorasi opsi penyebaran untuk EPYC akhir tahun ini, dan saya yakin masa depan terlihat cerah untuk hubungan dengan AMD dan EPYC. ”

 

LexisNexis

Pada LexisNexis® Risk Solutions, kami percaya pada kekuatan data dan analisis lanjutan untuk manajemen risiko yang lebih baik. Sebagai penyedia analisis data tepercaya untuk organisasi yang mencari wawasan yang dapat ditindaklanjuti untuk mengelola risiko dan memperbaiki hasilnya sambil mempertahankan standar keamanan dan privasi tertinggi, “kata Flavio Villanustre, Vice President, Technology, LexisNexis Risk Solutions, RELX Group. “LexisNexis memproses lebih dari 90 juta transaksi per jam dengan HPCC Systems®, solusi open source yang terbukti untuk Big Data. LexisNexis Risk Solutions dan AMD telah bekerja sama untuk mengoptimalkan platform HPCC Systems untuk memanfaatkan keuntungan dari kepadatan threads, kinerja core, bandwidth memori dan industri yang memimpin 128 jalur PCIe per soket dari prosesor AMD EPYC. ”

 

Dukungan OEM / ODM

 

ASUS

“Kami mengenali secara dini potensi kinerja dan skalabilitas EPYC yang signifikan untuk sejumlah platform ASUS yang mencakup HPC dan beban kerja virtualisasi,” kata Robert Chin, head of ASUS Server business unit. “Sebagai mitra teknologi AMD yang sudah lama, kami sangat senang merancang produk berbasis EPYC yang akan mengubah pengalaman datacenter dan TCO bagi pelanggan kami.”

 

Gigabyte Technology

“GIGABYTE Technology berkomitmen untuk mendorong batasan desain di pasar server enterprise, dan dengan CPU AMD EPYC, kami dapat membawa pengalaman pelanggan ke tingkat berikutnya dengan solusi soket tunggal,” kata Daniel Hou, Vice President, Research & Development, GIGABYTE Technology. “Dengan mengemas kinerja yang meningkat, bandwidth memori dan I / O ke dalam ukuran yang lebih kecil, EPYC akan memungkinkan kami memperluas portofolio dan mitra saluran dan integrator sistem di sasaran pasar baru.”

 

Inventec

“Inventec berdedikasi untuk mendorong inovasi di sejumlah industri dengan menggabungkan teknologi AMD CPU dan GPU pada platform kami, dan AMD adalah mitra teknologi kunci untuk Inventec di pasar datacenter cloud,” kata Jack Tsai, general manager, Inventec EBG. “Dengan mengintegrasikan CPU EPYC baru ke dalam portofolio server kami, kami dapat memberikan solusi kinerja yang lebih kompetitif, terukur dan lebih tinggi kepada pelanggan datacenter di seluruh dunia.”

 

Lenovo

“Prosesor AMD EPYC menghadirkan peluang unik bagi pelanggan kami untuk menurunkan Total Cost of Ownership melalui keseimbangan core, bandwidth memory, dan I / O yang belum pernah terjadi sebelumnya. Kami sangat antusias untuk berkolaborasi dengan AMD dan beberapa pelanggan Hyperscale global untuk mengembangkan dan menggunakan soket tunggal dan server berbasis EPYC soket ganda, “kata Paul Ju, vice president and general manager, Lenovo Global Hyperscale Business.

 

Supermicro

“Supermicro generasi baru dari solusi server yang mendukung prosesor AMD EPYC akan membuka banyak peluang bagi pelanggan datacenter untuk memanfaatkan platform inovatif ini,” kata Don Clegg, vice president of Marketing and Business Development at Supermicro. “Prosesor AMD EPYC dengan core yang lebih banyak, lebih banyak bandwidth memori, dan lebih banyak I / O terintegrasi dengan mudah dengan platform aplikasi Supermicro yang dioptimalkan untuk memberikan kinerja per watt dan per dolar untuk mengoptimalkan data center TCO. Kami senang dapat merangkul kesempatan ini untuk memperkuat dan mengembangkan kemitraan teknologi yang saling menguntungkan dengan AMD. ”

 

Tyan

“Tyan memiliki sejarah panjang untuk mendukung AMD, dan kami sangat antusias dengan dampak pengembalian perusahaan ke pasar datacenter terhadap pelanggan kami,” kata Danny Hsu, vice president of MiTAC Computing Technology Corporation’s TYAN Business Unit. “Kami melihat janji besar untuk penyimpanan dan platform HPC dengan CPU EPYC, serta kemungkinan baru untuk solusi GPU gabungan, yang memungkinkan beragam aplikasi baru untuk pelanggan di seluruh dunia.”

 

Wistron

“Wistron senang bekerja sama dengan AMD untuk menyediakan solusi penyimpanan array flash yang paling hemat biaya untuk bisnis yang bersaing dalam lanskap teknologi yang terus berubah,” kata Peter Tung, chief operating officer Enterprise Business Group, Wistron. “Proposisi nilai untuk CPU EPYC AMD, terutama aplikasi penyimpanan memori non-volatile, adalah pembeda utama, dan memungkinkan pelanggan datacenter dan enterprise untuk mencapai solusi penyimpanan IOPS dan throughput yang tinggi.”

 

Dukungan Mitra Perangkat Keras

 

Mellanox

“Di dunia data-sentris, kita perlu menganalisis jumlah data yang terus bertambah dan untuk dapat menemukan wawasan data secara real time. Kombinasi antara throughput data dan kapasitas EPYC yang tak tertandingi dan solusi interkoneksi cerdas dari Mellanox akan memungkinkan pelanggan dan mitra memaksimalkan kinerja aplikasi dan pengembalian investasi pusat data secara keseluruhan. “Kata Michael Kagan, chief technology officer di Mellanox Technologies. “Kami senang menjadi penyedia solusi interkoneksi yang lebih disukai untuk platform AMD EPYC dan berharap dapat terus berkolaborasi dengan AMD dan mitra OEM untuk memungkinkan platform data center terdepan di dunia.”

 

 

Samsung Electronics

“Samsung, dalam melanjutkan kolaborasi berkelanjutan kami dengan AMD, telah berupaya menghadirkan solusi penyimpanan memori dan flash terdepan yang akan ditingkatkan oleh EPYC,” kata Jim Elliott, corporate vice president, Samsung Semiconductor, Inc. “Bandwidth memori terdepan dan kapasitas I / O yang luar biasa yang dihadirkan oleh EPYC memungkinkan Samsung dan AMD untuk secara kolektif menawarkan tingkat kinerja dan efisiensi yang sangat tinggi kepada pelanggan pusat data. Solusi Samsung yang dikombinasikan dengan kekuatan EPYC direncanakan akhir tahun ini, menawarkan sebuah Platform canggih untuk in-memory database dan analitik, beban kerja komputasi berkinerja tinggi, dan banyak lagi. ”

 

Xilinx

“Peluncuran prosesor AMD EPYC menandakan sebuah tonggak penting dalam industri ini,” kata Victor Peng, chief operating officer di Xilinx. “Bersama perangkat Xilinx All Programmable, platform EPYC memberikan kinerja yang luar biasa saat mempercepat aplikasi data center. Kami juga senang bisa bekerja sama dengan AMD dalam memajukan standar pusat data terbuka, seperti interkoneksi CCIX, untuk menyediakan solusi komputasi heterogen yang diperlukan untuk beban kerja generasi berikutnya.”

 Catatan kaki :

  1. Skor berdasarkan pengujian internal AMD pada CPU 2 x EPYC 7601 di memori Supermicro AS-1123US-TR4, Ubuntu 16.04, x86 Open64 v4.5.2.1 Compiler Suite, 512 GB (16 x 32 GB 2Rx4 PC4-2666) 1 x 500 GB SSD. Pada tanggal 29 Mei 2017. Lihat spec.org untuk informasi lebih lanjut. NAP-11

 

  1. Skor berdasarkan pengujian internal AMD CPU 1 x EPYC 7601 di memori HPE Cloudline CL3150, Ubuntu 16.04, x86 Open64 v4.5.2.1 Compiler Suite, memori 256 GB (8 x 32GB 2Rx4 PC4-2666), SSD 1 x 500 GB . Perbandingan tidak termasuk akselerator Intel Xeon Phi. Pada tanggal 29 Mei 2017. Lihat spec.org untuk informasi lebih lanjut. NAP-09

 

  1. Skor berdasarkan pengujian internal AMD CPU 1 x EPYC 7601 di memori HPE Cloudline CL3150, Ubuntu 16.04, x86 Open64 v4.5.2.1 Compiler Suite, 256 GB (8 x 32GB 2Rx4 PC4-2666), SSD 1 x 500 GB . Pada tanggal 29 Mei 2017. Lihat www.spec.org untuk informasi lebih lanjut. NAP-10

 

  1. Dengan biaya sistem 1 x EPYC 7601 (1 x $ 2100 harga AMD 1k) dengan memori 256 GB (8 x 32GB 2Rx4 PC4-2666) (8 x $ 300), SSD 1 x 500 GB ($ 165), dan Biaya sasis ($ 500) dengan total biaya sistem sebesar $ 5,165; Dibandingkan dengan sistem 2 x E5-2660 v4 (2 x $ 1445) dengan memori 256 GB (8 x 32GB 2Rx4 PC4-2666 berjalan pada 2133) (8 x $ 300), SSD 1 x 500 GB ($ 165), dan biaya Sasis ($ 500), ditambah chipset Intel C612 ($ 54 per ark.intel.com), dan soket tambahan (sekitar $ 35), prosesor heatsink Solusi Termal Intel STS200P ($ 34.99 per CDW), 12 soket DIMM FCI / Amphenol 10124677 -0001001LF $ 5,18 per mouser.com), 5 x VRs (masing-masing seharga $ 3), catu daya (sekitar $ 51), dan papan, pendinginan dan misc. Komponen (sekitar $ 20), dengan biaya keseluruhan sistem sebesar $ 6.228. NAP-08

 

Berdasarkan perkiraan skor SPECint®_rate_base2006. Nilai Intel Xeon E5 2P selain E5-2699Av4 diturunkan oleh AMD dari hasil uji berbasis kompiler ICC berikut yang dipublikasikan di www.spec.org, dikalikan dengan 0,575 untuk mengkonversi dari kompiler ICC ke compiler GCC-02 v6.1 yang digunakan. Untuk pengujian EPYC: E5-2698v4 = 1620, E5-2695v4 = 1440, E5-2680v4 = 1270, E5-2650v4 = 1000, E5-2640v4 = 865, E5-2630v4 = 814, dan E5-2620v4 = 683. Skor EPYC 2P berikut adalah proyeksi yang dibuat oleh laboratorium AMD (data uji terukur untuk produk pra-produksi ini saat ini tidak tersedia): EPYC 7301 = 845, EPYC 7281 = 760, dan EPYC 7251 = 485. Semua nilai lainnya berdasarkan pengujian internal AMD. 2P E5-2699A v4 di Intel Server System R1208WT2GSR mencetak 943 pada 6/5/2017, dengan Ubuntu 16.04, GCC-02 v6.3, 512 GB (16 x 32GB 2Rx4 PC4-2666 berjalan pada 2133), SSD 1 x 500GB. 2P EPYC 7601 di Supermicro AS-1123US-TR4 mencetak 1390, dengan Ubuntu 16.04, GCC-02 v6.3, 512 GB (16 x 32GB 2Rx4 PC4-2666 berjalan pada 2400), 1 x 500GB SSD. Skor EPYC 2P berikut diuji dengan menggunakan sistem referensi “etanol” AMD dengan Ubuntu 16.04, GCC-02 v6.1, 512 GB (16x32GB 2Rx5 PC4-2667 yang berjalan pada 2400), SSD 1 x 500GB: EPYC 7551 = 1345, EPYC 7451 = 1218, EPYC 7401 = 1120, EPYC 7351 = 939. Kisaran harga berdasarkan harga yang disarankan oleh Intel per ark.intel.com, dan harga AMD 1Ku.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here