fbpx

AMD 7th Gen APU dan Athlon X4, Pilihan Prosessor Desktop Terjangkau untuk Platform AM4 dengan Performa Efisien

7th Gen APU dan Athlon X4 merupakan prosessor platform AM4 harga terjangkau yang telah mendukung RAM DDR4 , USB 3.1 dan Multimedia 4K HEVC/VP9 Terkini.

Athlon X4

Untuk Anda yang mencari prosessor Desktop harga terjangkau di bawah 2 Jutaan Rupiah, tersedia alternatif seperti 7th Gen APU series dan AMD Athlon X4 yang menggunakan soket motherboard AM4.

Athlon X4

AMD 7th Gen APU dan AMD Athlon X4 ini memiliki TDP lebih rendah yakni hanya 65W dengan peningkatan kinerja CPU hingga 17% lebih baik dibandingkan prosessor AMD APU dan AMD Athlon X4 generasi sebelumnya. Tak hanya itu prosessor AMD 7th Gen APU pada soket AM4 ini juga memiliki 27% kinerja grafis lebih baik dengan performa/watt yang lebih baik dibandingkan processor generasi sebelumnya yang memiliki TDP 95W1.

Athlon X4

Prosessor Desktop 7th Gen APU Series hadir dengan kinerja grafis terintegrasi hingga 27% lebih baik dalam bermain game, disertai dengan peningkatan efisiensi yang membuat 7th Gen APU cocok untuk pecinta game eSports. seperti Dota 2, CS:GO, League of Legend dan Overwatch.

Untuk pengguna Athlon X4 terbaru dikarenakan hadir tanpa grafis terintegrasi, bisa menggunakan kartu grafis harga terjangkau seperti Radeon RX 550 yang direkomendasikan untuk eSports gaming.

Athlon X4

Tidak hanya itu, dengan pengguna membangun PC baik itu dengan menggunakan prosessor Desktop  7th Gen APU atau Athlon X4 dengan kartu grafis Radeon RX 550. Pengguna akan mendapatkan dukungan konten multimedia 4K HEVC dan VP9 terkini yang akan hadir menggantikan format standar saat ini.

Athlon X4

Seri AMD 7th Gen A12, Pas untuk Pengguna yang Dambakan Performa Mantap di Harga Mainstream
Athlon X4

AMD hadirkan seri 7th Gen APU A12 di PC Desktop dengan performa mantap di harga mainstream untuk pengguna yang inginkan performa lebih dibanding 7th Gen APU A8 Quad Core atau A10 Quad Core.

7th Gen APU Desktop AM4

Dalam tes performa terkini membuktikan 7th Gen APU A12 Quad Core mampu hadirkan performa yang kompetitif dibandingkan kompetitor dalam benchmark PCMark8 yang menggambarkan simulasi pemakaian aplikasi sehari-hari dan unggul dalam benchmark 3DMark 11 yang mengambarkan simulasi untuk penggunaan game hingga 204% dibandingkan kompetitor2. Sudah dilengkapi grafis terintegrasi yang mumpuni, Anda tidak diwajibkan lagi untuk menggunakan kartu grafis diskrit tambahan dalam merakit PC Desktop harian Anda. Anda bisa mendapatkan prosessor dengan kartu grafis terintegrasi ini hanya pada harga di bawah 2 Juta Rupiah, sehingga sangat cocok untuk membangun PC Desktop unggul pada budget terbatas. Namun jika Anda menginginkan harga yang lebih murah Anda bisa memilih varian lain bertenaga 7th Gen APU A6, A8 atau A10.

Sedangkan untuk Anda yang tidak keberatan untuk mengeluarkan uang tambahan demi dari kartu grafis Radeon diskrit yang mampu berikan performa olah grafis lebih tinggi, bisa memilih prosessor Athlon X4 Quad Core. Untuk pilihan varian selengkapnya dari prosessor Desktop 7th Gen APU dan Athlon X4 berbasis soket AM4, bisa Anda simak di tabel berikut ini.

seri 7th Gen APU Desktop AM4 & Athlon X4 AM4Athlon X4

Mendukung Motherboard Soket AM4 yang Akan Terus Didukung Hingga 2020

am4 platform

Prosessor Desktop 7th Gen APU series dan Athlon X4 mendukung platform AMD AM4 yang juga telah mendukung prosessor AMD Ryzen. Dengan penggunaan satu socket tentunya membuat pengguna tidak perlu kesulitan dalam mencari motherboard yang tepat serta memudahkan untuk upgrade ke prosessor AMD Ryzen dengan kinerja lebih tinggi kedepannya.

am4 motherboard chipset

Platform AM4 hadir dengan dukungan berbagai chipset. Mulai dari segmen PC Desktop biasa (pada tabel berwarna emas) hingga untuk platform mini PC/HTPC (pada tabel berwarna abu-abu). Berbagai chipset yang ada telah mendukung fitur terkini diantaranya mendukung USB 3.1,  SATA Express, PCIe SSD NVMe, serta SATA RAID. Termasuk kehadiran opsi overclocking untuk chipset X370, B350 dan X300.

Athlon X4

Tidak hanya fokus terhadap efisiensi prosessor saja, untuk chipset yang hadir di platform AM4 telah menggunakan TDP yang lebih rendah hingga 70% lebih baik, hadirkan efisiensi yang terbaik dan suhu yang lebih rendah dibanding generasi sebelumnya. Anda juga bisa menikmati dukungan pembaruan dan optimalisasi dari AMD hingga tahun 2020 dengan menggunakan prosessor soket AM4 ini, sehingga selalu kompatibel dengan berbagai aplikasi dan game terbaru yang ingin Anda gunakan hingga beberapa tahun kedepan.

Kesimpulan

PROSESSOR DESKTOP AM4

Dengan adanya produk harga terjangkau seperti prosessor Desktop 7th Gen APU dan Athlon X4 untuk segmen PC Desktop, tentunya pengguna lebih dimudahkan untuk bisa mewujudkan impiannya untuk memiliki PC Desktop dengan performa dan harga yang kompetitif. Tak hanya itu pengguna juga tidak ditutup kemungkinan untuk melakukan upgrade ke prosessor yang lebih baik performanya seperti Ryzen, karena soket AM4 ini akan terus didukung hingga 2020.

 

Catatan Kaki :

1.  Dibandingkan AMD APU 7000 series untuk PC Desktop codename “Kaveri”.

2.  PC Mark 8 : Pentium G4560 hasilkan 3531 Score vs A12 9800 hasilkan 3544, 3DMark 11 Pentium G4560 hasilkan 1158 vs A12 9800 hasilkan 3515.

AMD A12 9800 System : A12 9800 Processor, AMD AM4 Motherboard with Radeon R7 Integrated Graphics, 8GB (2×4 GB DDR4 3200 RAM), Windows 10 RS2 OS.

Pentium G4560 System : Pentium G4560 Processor, Z270 SLI Motherboard with Intel HD Integrated Graphics, 16GB (2×8 GB DDR4 2400), Windows 10 RS2 OS.

Latest articles

Related articles

2 Comments

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here