fbpx

AMD Memamerkan Generasi Selanjutnya dari Produk-Produk Unggulan Ryzen, Radeon, dan EPYC pada Gelaran Computex 2018, Mendorong Batasan-Batasan CPU dan GPU

— Grafis profesional/pusat data 7nm Radeon™ “Vega” dan prosesor 12nm AMD Ryzen™Threadripper™ Generasi kedua 2nd Gen AMD Ryzen™Threadripper™ didemonstrasikan —

— Mengumumkan perluasan ekosistem penyedia jasa cloud dengan CPU yang ditenagai oleh EPYC™, platform HPE yang baru, dan detil server Cisco pertama yang ditenagai oleh AMD —

 

TAIPEI, Taiwan — 6 Juni, 2018 —AMD (NASDAQ: AMD) hari ini mendemonstrasikan produk-produk unggulan dari CPU dan GPU generasi selanjutnya pada siaran langsung konferensi pers di gelaran COMPUTEX TAIPEI 2018. AMD memperlihatkan tampilan pertama performa GPU 7nm AMD Radeon™ Vega yang akan diluncurkan tahun ini, prosesor 12nm AMD Ryzen™ Threadripper™ Generasi kedua dengan hingga 32 core yang akan diluncurkan pada kuartal ketiga tahun ini, dan adopsi produk-produk Ryzen™ dan Radeon™ pada perangkat kelas konsumer premium OEM yang belum pernah ada sebelumnya. AMD juga mengumumkan empat pencapaian terbaru dari prosesor EPYC™, yaitu: ketersediaan langsung prosesor EPYC melalui Jasa Cloud Tencent, sebuah sistem soket tunggal HPE yang baru, detil platform server UCS Cisco pertama, dan dimulainya proses sampling generasi prosesor 7nm EPYC selanjutnya, dengan kode nama “Rome”, pada paruh kedua 2018.

Computex 2018

“Pada Computex 2018 kami mendemonstrasikan bagaimana portofolio produk CPU dan GPU terkuat di industri ini menjadi jauh lebih kuat pada bulan-bulan kedepan,” kata AMD President and CEO Dr. Lisa Su. “Produk-produk 7nm dan 12nm kami yang akan datang dibangun pada momentum prosesor-prosesor Ryzen, Radeon, dan EPYC milik kami, dan menjadikan AMD pemimpin komputasi berperforman tinggi generasi selanjutnya di pasar mulai dari perangkat premium dan gaming hingga machine learning dan pusat data.”

Computex 2018

Pembaharuan Komputasi Klien

  • AMD menghadirkan demonstrasi pertama untuk umum bagi prosesor-prosesor AMD Ryzen Threadripper generasi kedua—keluarga produk AMD 12nm kedua—yang mennghadirkan hingga 32 core dan 64 thread. Prosesor Ryzen Threadripper Generasi Kedua dijadwalkan untuk diluncurkan pada kuartal ketiga tahun 2018 dengan kinerja luar biasa yang diharapkan pada proses rendering, pasca produksi, dan beban kerja encoding.
    • AMD memamerkan protofolio notebook dan sistem desktop premium terluasnya dari partner-partner OEM global dengan APU Ryzen, prosesor-prosesor desktop Ryzen Generasi Kedua, dan grafis Radeon. Sistem baru dari partner yang diperkenalkan termasuk:
      • Notebook Acer Predator Helios 500, desktop Predator Orion 5000 dan desktop gaming Nitro 50
      • Notebook ASUS VivoBook X505ZA dan X570ZD
      • Seri terbaru dari Dell Inspiron termasuk Inspiron 13” 7000 2-in-1, notebook Inspiron 15” 5000 dan desktop gaming Inspiron 7000
      • Notebook HP Envy x360 13” dan Envy x360 15”
      • Notebook Huawei MateBook D 14”
      • Notebook Lenovo Yoga 530, IdeaPad 530S, 330S dan 330
    • AMD juga terus memperluas dan meningkatkan ekosistem desktop AM4 untuk prosesor desktop Ryzen dengan mengumumkan motherboard-motherboard berbasis chipset AMD B450. Dioptimalkan untuk prosesor desktop Ryzen Generasi Kedua, chipset B450 dirancang untuk memberikan keseimbangan hebat dari fitur-fitur, performa, dan nilai, yang akan tersedia dari partner-partner seperti ASRock, ASUS, Biostar, Gigabyte, dan MSI.

 

Pembaharuan Grafis dan Gaming

  • AMD memamerkan demonstrasi untuk umum pertama untuk GPU Radeon Vega berbasis teknologi pemrosesan 7nm yang dibuat khusus untuk aplikasi-aplikasi profesional maupun pusat data.
  • AMD mengumumkan bahwa sample Radeon Instinct 7nm berbasis arsitektur Radeon “Vega” sudah mulai diberikan ke pelanggan-pelanggan pertama dan akan diluncurkan baik dalam bentuk server maupun workstation bagi komputasi penting di paruh kedua 2018.
  • AMD juga memperlihatkan:
    • Kartu grafis Radeon™ RX Vega56 “nano” dari PowerColor yang memampukan performa antusias gaming di dalam ukuran yang kecil,
    • Adopsi teknologi Radeon FreeSync™ terbaru pada TV Samsung QLED 80” untuk permainan mulus tanpa tearing langsung dari sebuah PC bersenjata kartu grafis Radeon™ RX maupun sebuah konsol Microsoft Xbox One™ S atau Xbox One™ X,
    • Dukungan FreeSync dengan HDR[1] sekarang tersedia pada game populer yang baru saja dirilis Ubisoft, Far Cry® 5.

 

Pembaharuan Server

AMD mengumumkan pertumbuhan dalam penggunaan prosesor EPYC termasuk:

  • Penggunaan pada server UCS Cisco pertama pada varian tertinggi milik Cisco yang menawarkan 128% jumlah core lebih banyak, 50% jumlah server lebih banyak, dan 20% penyimpanan lebih banyak dalam setiap raknya[2].
  • Satu socket server HPE ProLiant DL325 Gen10 one yang sangat baru untuk aplikasi-aplikasi virtualisasi dan penyimpanan software dengan hingga 27% harga lebih murah untuk setiap mesin virtual daripada kompetitor dua soketnya.[3]
  • Ketersediaan langsung dari jasa Cloud SA1 Tencent berbasis EPYC
  • Generasi selanjutnya dari prosesor EPYC 7nm, dengan kode nama “Rome” dan menghadirkan arsitektur Zen2, sekarang sedang dijalankan di laboratorium AMD dan akan mulai disebarkan sampelnya bagi pelanggan pada paruh kedua tahun ini, sebelum diluncurkan pada tahun 2019.

 

Quote Partner

“Acer senang bisa bekerjasama dengan AMD melalui notebook gaming Predator Helios 500 yang menghadirkan prosesor AMD Ryzen 7 generasi kedua, grafis Radeon RX Vega 56, dan sebuah display 17.3 inci built in yang mendukung Radeon FreeSync,” kata Jerry Hou, General Manager, Consumer Notebooks, IT Products Business, Acer Inc. “Ini adalah predator gaming yang menawarkan performa gaming kelas desktop superior dalam sebuah notebook, yang dibangun untuk game-game AAA dengan grafis yang intensif.”

 

“ASUS berdedikasi untuk menghadirkan hardware paling inovatif bagi para gamer di seluruh level,” kata Marcel Campos, ASUS Global PC & Phone Marketing Senior Director. “Kami bangga bisa mengumumkan ASUS X570ZD terbaru, laptop pertama di dunia yang menggabungkan dengan prosesor AMD Ryzen mobile dengan grafis NVIDIA GTX 1050 untuk gaming on the go. Jika produktivitas adalah yang anda cari, laptop ASUS X505ZA yang ditenagai oleh varian prosesor-prosesor AMD Ryzen mobile dengan Grafis Radeon Vega dapat memberikan performa yang anda butuhkan”

 

“Dell bangga untuk terus mengimplementasikan solusi AMD Ryzen dan Radeon pada berbagai produk, termasuk notebook Inspiron terbaru dan Desktop Gaming Inspiron,” ujar Ray Wah, senior vice president and general manager, Dell Consumer and Small Business Product Group. “Prosesor AMD Ryzen mobile dengan Grafis Radeon Vega memberikan responsivitas dan performa yang didambakan para pengguna dan performa yang dibutuhkan oleh aplikasi-aplikasi kreatif dan produktivitas yang mereka butuhkan”

 

“Fokus HP pada desain dan teknik memberikan gaya, performa, dan keserbagunaan yang tak terbantahkan untuk para pelanggan kami,” besut Kevin Frost, vice president and general manager, consumer PCs, HP Inc. “Dan kami memberikan pengalaman PC premium tanpa tandingan dengan prosesor terbaru AMD Ryzen mobile, termasuk HP ENVY x360 13 – notebook convertible 13 inci pertama dengan prosesor AMD Ryzen™ dengan Grafis Radeon™ Vega dan HP ENVY x360 15 yang baru untuk performa multi-tasking yang menakjubkan.”

 

“AMD EPYC telah memungkinkan HPE untuk mengemas performa lebih ke dalam sebuah desain server yang efisien, menghilangkan kebutuhan prosesor kedua, dan mengurangi TCO bagi pelanggan-pelanggan kami. HPE ProLiant DL325 Gen10 memampukan konsumen untuk mencapai performa dual-prosesor pada server soket tunggal serbaguna,” kata Justin Hotard, vice president and general manager, Volume Global Business Unit, HPE. “Dengan memberikan hingga 32 core prosesor, memori sebesar 2 terabytes, dan 128 jalur PCIe I/O yang dimanfaatkan seluruhnya, kami telah menetapkan tingkat visualisasi performa prosesor tunggal, dan dengan HPE OneView, para pelanggan dapat mengoptimalkan aplikasi mereka dan secara dramatis mempercepat penyebaran mesin virtual baru.”

 

“Sebagai kerjasama pertama kami dengan AMD, Huawei merasa senang untuk bekerja dengan AMD untuk mengintegrasikan prosesor-prosesor terbaru Ryzen Mobile dengan Grafis Radeon Vega ke dalam Huawei Matebook D.” ujar Michael Young, General Manager of Xunwei technology. “Huawei MateBook D dirancang untuk memberikan performa superior dan desain ramping bagi para pengguna untuk bekerja dan bermain.”

 

“Di masa lalu, performa komputasi yang hebat dengan portabilitas praktis tidak selalu dapat diakses,” kata Jeff Meredith, Senior Vice President and General Manager of Lenovo’s Consumer PCs and Smart Devices. “Laptop Lenovo IdeaPad 530S, 330 dan 330S dan laptop Yoga 530 convertible 2-in-1 dirancang untuk merubah hal tersebut. Dibangun dengan prosesor AMD Ryzen terbaru dengan grafis Radeon Vega, laptop-laptop tersebut menawarkan lebih banyak pilihan kepada para konsumer – memampukan komputasi mobile untuk dapat dijangkau pada hampir seluruh kisaran harga.”

 Computex 2018 Computex 2018

Sumber-Sumber Pendukung

 

 

[1]HDR content requires that the system be configured with a fully HDR-ready content chain, including: graphics card, monitor/TV, graphics driver and application. Video content must be graded in HDR and viewed with an HDR-ready player. Windowed mode content requires operating system support. GD-96

[2]Per Cisco blog announcement. https://www.cisco.com/c/en/us/products/servers-unified-computing/ucs-c4200-series-rack-server-chassis/index.html

[3] Based on a comparison of the SPECvirt_sc2013 results of the ThinkSystem SR650 with 2 Intel Xeon Platinum 58164 processors versus the HPE ProLiant DL325 Gen10 with 1 AMD EPYC 7551P.  SPEC and the benchmark name SPECvirt_2013 are registered trademarks of the Standard Performance Evaluation Corporation (SPEC). The stated results are published as of 06-05-18; see spec.org. Lenovo pricing from Lenovo site as of 05-14-18. HPE pricing is internal as of 06-05-18.

Latest articles

Related articles

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here