HP Envy X360 13”: Laptop Ultrathin yang Tangguh Jalankan Game Battlefield 1 Dengan Lancar!

HP Envy X360 Benchmark

Laptop merupakan perangkat andalan banyak pekerja saat ini. Sebut saja pekerja kantoran, pebisnis muda hingga konten kreator kebanyakan menggunakan laptop untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, seperti menuntaskan dokumen, membuat konten, presentasi, streaming video hingga bermain game untuk melepas penat sehabis bekerja. Tingginya tuntutan untuk selalu produktif juga menjadikan para pekerja menginginkan sebuat laptop yang tipis serta ringan agar mudah dibawa kemanapun.

HP Envy X360 Benchmark

Kendati mewujudkan keinginan tersebut, AMD bekerjasama dengan HP meluncurkan HP Envy X360 13” yang ditenagai oleh processor AMD Ryzen™ Mobile dengan kartu grafis Radeon™ RX Vega yang merupakan perpaduan berperforma tercepat saat ini untuk segmen laptop tipis.

Dengan ketipisan hanya 0.74 inch, HP Envy X360 13” masuk ke dalam kategori laptop super tipis. Laptop ini juga memiliki bobot yang ringan yakni hanya 1.3 Kg sehingga cocok untuk kebutuhan para pekerja yang menjalankan berbagai aktivitas secara di luar ruangan.

HP Envy X360 Benchmark

HP Envy X360 13” juga dapat digunakan dalam beragam mode yang akan membantu Anda dalam aktivitas tertentu. Selain mode laptop standar, Anda bisa gunakan mode tablet untuk menggambar ataupun membaca, streaming video juga bisa menggunakan stand mode agar lebih nyaman, ingin browsing sambil melakukan kegiatan lain? Maka tent mode adalah salah satu pilihannya.

Hebatnya lagi, berbeda dengan laptop convertible ultrathin pada umumnya yang hanya menonjolkan desain yang tipis dan ringan, HP Envy X360 juga telah mampu menawarkan performa gahar yang sangat mumpuni untuk menjajal performa grafik tinggi berkat dukungan dari kartu grafis Radeon™ Vega didalamnya. Mari kita buktikan performanya melalui serangkaian pengujian berikut ini!

 

Uji Performa HP X360 13” Bertenaga Ryzen Mobile dan Kartu Grafis Radeon Vega

HP Envy X360 Benchmark

Tampilan HP Thermal Profile

Pada pengujian kali ini kami menggunakan varian HP Envy X360 dengan processor Ryzen™ 7 2700U dengan kartu grafis Radeon™ RX Vega 10. Namun sebelum kita lanjut ke pembahasan hasil uji, kami akan berikan sedikit tips bagi Anda yang menginginkan performa dan daya tahan baterai terbaik dari HP Envy X360.

Caranya mudah karena HP sudah menyediakan aplikasi yang disebut HP Command Center yang didalamnya terdapat fitur yang bernama Thermal Profile. Fitur ini memiliki tiga opsi di antaranya:

Balanced Performance: opsi dengan ikon “gerigi” ini direkomendasikan bagi Anda yang menggunakan HP Envy X360 dalam keadaan laptop mode seperti saat  mengerjakan dokumen atau multitasking membuka beberapa aplikasi sekaligus. Opsi ini akan memberikan kombinasi yang seimbang antara performa responsif dengan daya tahan baterai yang lama.

High Performance: Opsi dengan ikon “Speedometer” ini sangat direkomendasikan untuk kegiatan berat seperti bermain game atau ketika hendak editing video dalam waktu yang lama. Opsi ini akan memberikan performa maksimal processor dan kartu grafis. Ketika mengaktifkan fitur ini daya tahan baterai akan lebih cepat berkurang dibandingkan opsi lainya, hal ini wajar mengingat performa yang dihadirkan juga maksimal.

Mobile Mode: Opsi dengan icon “Salju” sangat cocok bagi Anda yang sering menggunakan HP Envy X360 dalam tablet mode. Anda akan merasakan bagian palm rest yang tetap dingin sehingga tidak menggangu kenyamanan dalam bekerja. Saat mode ini diaktifkan, kecepatan kipas bawaan akan ditingkatkan dan performa akan dioptimalkan agar berjalan lebih hemat baterai.

 

Dan pada pengujian kali ini, kami menggunakan mode High Performance yang direkomendasikan untuk kegiatan berat.

 

  1. Cinebench R15

HP Envy X360 Benchmark

Seperti biasa, pengujian pertama yang dilakukan menggunakan Cinebench yang merupakan aplikasi benchmark 3D, dimana aplikasi ini akan menguji kemampuan CPU dalam mengolah grafis 3D. Dan HP Envy X360 bertenaga AMD Ryzen 7 2770U menghasilkan skor yang lumayan tinggi untuk kategori laptop tipis. Yang artinya Anda bisa menjalankan kegiatan design 3D sekalipun dengan lancar.

 

  1. Geekbench 4

HP Envy X360 Benchmark

Pada pengujian Geekbench yang menguji “Raw Performance” dari processor, lagi-lagi HP Envy X360 menghasilkan nilai yang tinggi baik pengujian single maupun multi-core, hal ini lagi-lagi membuktikan prosessor AMD Ryzen™ 7 2700U benar-benar memberikan performa tinggi dengan daya yang efisien sehingga bisa menjadi otak bagi laptop ultrathin sekalipun.

 

  1. 3DMark FireStrike

HP Envy X360 Benchmark

Pada pengujian 3DMark Firestrike, HP Envy X360 kembali menghasilkan performa terbaik dengan skor yang tinggi untuk ukuran laptop ultrathin. Tidak hanya itu, performa FPS yang dihadirkan juga stabil.

 

  1. Fortnite Battle Royale

HP Envy X360 Benchmark

Publisher: Epic Games
Resolusi: 720p
Setting Grafis : Medium
Hasil : 42 FPS

Usai melakukan pengujian benchmark, saatnya kita memasuki pengujian game dimana game pertama yang kita coba adalah game online yang sedang ramai digandrungi para gamers ini, Fortnite Battle Royale. Dan menjalankan game ini bukanlah hal yang sulit bagi HP Envy X360 13” bertenaga AMD Ryzen™ 2700U dan Radeon™ RX Vega 10, pasalnya Anda dapat memainkan game ini dengan lancar pada resolusi 720p dengan 42 FPS.

 

  1. Battlefield 1

HP Envy X360 Benchmark

Publisher: EA
Resolusi: FHD 1080p
Setting Grafis: Low
Hasil: 35 FPS

Battlefield 1 adalah game bergenre FPS yang menggunakan setting latar perang dunia pertama dengan kualitas grafis yang tinggi. Meski membutuhkan system requirment yang cukup tinggi, lagi-lagi HP Envy X360 13” mampu melibasnya di resolusi Full HD 1080p pada setting low dengan hasil FPS 35. Ini berkat kekuatan olah grafis Radeon™ Vega  yang tidak Anda temukan pada laptop tipis kebanyakan. Bila Anda menginginkan FPS yang lebih tinggi, maka Anda bisa menyesuaikan settinga kembali sesuai dengan preference Anda.

 

Kesimpulan

HP Envy X360 Benchmark

Berdasarkan berbagai pengujian yang dilakukan di HP Envy X360 varian Ryzen™ 7 2700U dan Radeon™ RX Vega 10, performa laptop ultrathin yang satu ini memang handal dan berbeda dari laptop tipis kebanyakan untuk berbagai kebutuhan baik produktifitas seperti design 3D sekalipun hingga bermain game sekelas Battlefield 1 bukanlah hal yang mustahil. Kapan lagi Anda bisa merasakan performa tinggi untuk segala kegiatan komputasi pada laptop tipis multifungsi yang mudah dibawa kemanapun?

 

Alasan untuk membeli laptop ultrathin HP Envy X360 13” Bertenaga Ryzen 7 2700U:

  1. Menggunakan layar sentuh 13 inch yang telah dilengkapi bonus HP Stylus gratis yang bermanfaat untuk kegiatan navigasi di internet dan pembuatan konten.
  2. Bisa digunakan dalam berbagai gaya yang membantu aktivitas mobilitas sehari-hari kamu.
  3. Bertenaga untuk berbagai aktivitas termasuk bermain game sekalipun dengan didukung processor AMD Ryzen dengan kartu grafis Radeon Vega.
  4. Menghadirkan dukungan performa yang maksimal dan mudah berkat fitur HP Thermal profile.

Tinggalkan Balasan