Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X: Pilihan Lebih Terjangkau untuk Megatasking dan Pembuatan Konten!

Ryzen Threadripper

Rilis prosessor AMD Ryzen™ Threadripper menandakan kembalinya AMD ke ranah persaingan prosessor performa tinggi yang umumnya sangat dibutuhkan oleh para pembuat konten dan juga gamer enthusiast yang menggunakan PC Desktop dengan Dual-GPU atau Multi-Monitor. Melanjutkan kesuksesan generasi pertama, AMD dengan bangga merilis prosessor performa tinggi AMD Ryzen Threadripper Generasi ke-2 di tahun 2018 ini.

AMD Ryzen™ Threadripper hadir dengan berbagai fitur unggulan, mari kita simak infonya dibawah ini:

Ryzen Machine Intelligence

AMD Ryzen™ Threadripper 2nd Gen hadir dengan teknologi power-saving AMD SenseMI. Teknologi ini memanfaatkan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) yang secara pintar beradaptasi dengan kegiatan pengguna agar menghasilkan performa dan efisiensi daya yang tepat.

Precision Boost Overdrive

Mengingat AMD menghadirkan jumlah Core/Thread yang melimpah, maka AMD merilis fitur Precision Boost 2 (PB2) agar memastikan pengguna mendapatkan potensi dari semua jumlah Core/Thread dengan memastikan clockspeed yang hadir merata sehingga menghasilkan peningkatan performa hingga 13% dibandingkan tanpa kehadiran fitur PB2. Fitur ini bisa diaktifkan melalui software AMD Ryzen Master.

Teknologi AMD StoreMI

AMD Ryzen™ Threadripper Generasi ke-2 juga mendukung teknologi AMD StoreMI. Teknologi ini memanfaatkan potensi storage yang ada (RAM, SSD dan HDD) di sistem komputer agar menghasilkan satu virtual storage dengan performa tinggi. Fitur yang mampu menggabungkan RAM, SSD dan HDD menjadi satu virtual storage ini mampu menghasilkan hingga 9.8x performa lebih kencang saat startup aplikasi dibandingkan saat menggunakan harddisk saja.

Motherboard X399 Threadripper

Pengguna juga tidak butuh menunggu lagi jika ingin segera membangun PC berbasiskan Ryzen™ Threadripper Generasi ke-2, mengingat AMD Ryzen™ Threadripper 2nd Gen mendukung kompatibilitas backward dengan motherboard socket TR4 berbasis chipset AMD X399 yang digunakan oleh prosessor Ryzen™ Threadripper generasi pertama.

(Baru) AMD Dynamic Local Mode, Kini Bisa Dinikmati pada Sistem Bertenaga Ryzen Threadripper

dynamic local modeAMD juga telah menghadirkan fitur terbaru yakni AMD Dynamic Local Mode untuk prosessor-prosessor seri Ryzen™ Threadripper, fitur ini akan mengoptimalkan performa aplikasi dengan memastikan core/thread yang sering dipakai untuk selalu diutamakan untuk mendapatkan time on core terbaik dengan memori lokal. Anda cukup menginstall software AMD Ryzen Master dan anda bisa langsung menggunakan fitur ini.

hasil uji performa fitur dynamic local mode

Pada uji coba berikut, sistem mendapatkan hasil peningkatan performa hingga 47% dalam uji coba game dan simulasi apikasi 3D (SPECwpc).

Box Retail Threadripper

AMD Ryzen™ Threadripper Generasi ke-2 juga hadir dengan kotak retail yang terlihat “Garang” menyesuaikan dengan kesan performa tinggi yang dihadirkan oleh prosessor tersebut.

Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X Pilihan Terjangkau untuk Para Pembuat Konten

Ryzen Threadripper Chip

Setelah menghadirkan varian tertinggi Ryzen™ Threadripper 2990WX yang hadir hingga 32 Cores 64 Threads sebelumnya untuk kalangan professional dan juga Ryzen™ Threadripper 2950X berkekuatan 16 Cores 32 Threads untuk enthusiast dengan harga terjangkau, AMD kembali merilis varian Ryzen™ Threadripper 2nd Gen terbaru yakni Ryzen™ Threadripper 2970WX dengan 24 Cores 48 Threads dan AMD Ryzen™ Threadripper 2920X dengan 12 Cores 24 Threads.

Ryzen Threadripper 2920X

Varian pertama adalah Ryzen™ Threadripper 2920X yang hadir dengan 12 Cores 24 Threads dengan clockspeed hingga 4.3 GHz. Prosessor ini bisa didapatkan dengan harga mulai dari 10 jutaan Rupiah. Menghadirkan jumlah Cores/Threads performa tinggi yang lebih banyak dibandingkan prosessor kompetitor di harga yang sama, tentunya prosessor ini sangat menarik dari segi value yang ditawarkan untuk dimiliki oleh enthusiast yang menginginkan performa tinggi dalam segala aktivitas, mulai dari gaming kualitas tinggi, multimedia hingga editing konten.

Ryzen Threadripper 2970WX

Varian kedua adalah AMD Ryzen™ Threadripper 2970WX yang mampu menghadirkan 24 Cores 48 Threads dengan clockspeed hingga 4.2 GHz, yang mampu menghasilkan performa yang tinggi dan sangat direkomendasikan untuk para professional di bidang pembuatan konten seperti animasi 3D, rendering video berat, dan lain sebagainya, dimana cocok digunakan di studio-studio besar yang membutuhkan sistem komputasi bertenaga tinggi.

Uji Performa Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X

Ryzen Threadripper

Setelah kami menjelaskan tentang fitur dan spesifikasi dari prosessor Ryzen™ Threadripper Generasi ke-2, sekarang mari kita berlanjut kepada tahap pembahasan lainnya yakni performa. Anda bisa melihat info lebih lengkapnya pada pembahasan di bawah ini:

1. Cinebench R15

Tes Benchmark Cinebench Single-Core Threadripper

Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Toms Hardware pada aplikasi benchmark 3D terkenal Cinebench R15, membuktikan AMD Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X memiliki performa yang bersaing dengan berbagai prosessor performa tinggi lainnya.

Tes Benchmark Cinebench Multi-Core Threadripper

Sedangkan pada pengujian performa Multi-Core pada Cinebench R15, membuktikan performa kedua prosessor ini, Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X memang lebih unggul dibandingkan prosessor unggulan kompetitor untuk segmen enthusiast. Peran fitur Precision Boost (PBO) dan Dynamic Cache tentunya sangat membantu dalam performa Ryzen™ Threadripper untuk menghasilkan performa terbaik.

2. 7-Zip

Tes Benchmark 7-Zip Threadripper

Pada pengujian menggunakan 7-Zip yang merupakan aplikasi produktivitas yang sering dipakai pembuat konten, kembali membuktikan keunggulan AMD Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X yang menunjukkan adanya peningkatan performa yang dihasilkan saat fitur Precision Boost (PBO) dan Dynamic Local Mode aktif di pengujian Multi-Core.

3. Handbrake

Tes Benchmark Handbrake Threadripper

Pada pengujian menggunakan aplikasi Handbrake, Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X menghasilkan performa yang sangat bersaing dengan kompetitor yang berharga lebih mahal.  Apalagi didukung dengan fitur Precision Boost (PBO) dan Dynamic Local Mode yang dapat membantu meningkatkan performa Ryzen™ Threadripper.

4. Adobe Premiere

Adobe Premiere 4K ThreadripperKami juga mengutip pengujian yang dilakukan Forbes. Website ini melakukan pengujian pembuatan video 4K melalui Adobe Premiere yang sering dipakai pembuat konten professional. Hasilnya membuktikan keunggulan dari Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X yang mampu berikan performa cukup bersaing dengan  kompetitor yang berharga lebih mahal.

5. Gaming : FarCry 5

far-cry-5-1920-1080 Threadripper

Pada pengujian game, kami mengambil data dari TechPowerUP dan berdasarkan tes yang dilakukan pada game FarCry 5 terlihat Ryzen™ Threadripper 2920X menghasilkan performa gaming yang mumpuni setara dengan prosessor lainnya akan tetapi Ryzen™ Threadripper 2970WX menghasilkan performa yang terlihat kurang mumpuni untuk bermain game ini.

far-cry-5-3840-2160 Threadripper

Hal yang sama terjadi saat game ini di uji coba menggunakan resolusi 4K. Terlihat performa yang dihadirkan Ryzen Threadripper™ 2920X lebih unggul untuk gaming resolusi tinggi dibandingkan Ryzen™ Threadripper 2970WX. Namun hal ini bukan berarti Ryzen™ Threadripper 2970WX merupakan sebuah prosessor jelek, melainkan prosessor ini memang lebih tepat digunakan oleh kaum professional yang membutuhkan performa super tinggi untuk berbagai tugas megatasking dan kreasi konten berat dan intensif, bukan untuk bermain game.

6. Game: Rise of Tomb Raider

rise-of-the-tomb-raider-1920-1080 Threadripper

Hasil berbeda terlihat pada game Rise of Tomb Raider yang memperlihatkan kedua prosessor AMD Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X yang menghasilkan performa yang setara. Salah satu faktor alasan adalah karena dukungan DirectX® 12 API yang bisa memanfaatkan potensi prosessor multi-core dengan sebaik mungkin.

rise-of-the-tomb-raider-3840-2160 Threadripper

Pengujian pada resolusi 4K di game yang sama juga menunjukkan hasil yang serupa, dimana kedua prosessor AMD Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X menghasilkan performa yang setara untuk memainkan game ini.

Kesimpulan

Kenapa Harus Pilih Ryzen Threadripper

Berdasarkan penjelasan fitur serta pengujian yang kami ungkap di pembahasan sebelumnya, membuktikan bahwa Ryzen™ Threadripper 2970WX dan 2920X terbaru mampu menghadirkan performa tinggi yang bisa diandalkan untuk kegiatan megatasking yang menjalankan beberapa aplikasi berat sekaligus yang umumnya dibutuhkan oleh gamer enthusiast dan pembuat konten professional.

Lalu Harus Pilih Ryzen Threadripper 2970WX atau 2920X?

Kenapa Harus Pilih Ryzen Threadripper

Bagi Anda professional di bidang pembuatan konten dan sudah bekerja di studio besar yang membutuhkan komputer yang handal untuk melakukan berbagai pekerjaan render sekaligus (Megatasking) maka Ryzen™ Threadripper 2970WX adalah pilihan yang paling tepat untuk Anda.

Kenapa Harus Pilih Ryzen Threadripper

Kehadiran 24 Cores 48 Threads yang tersemat pada Ryzen™ Threadripper 2970WX membuat Anda bisa melakukan kegiatan Megatasking dengan sangat lancar dan mulus. Ditambah dukungan fitur seperti AMD StoreMI dapat juga membantu meningkatkan performa saat bekerja.

Kenapa Harus Pilih Ryzen Threadripper

Namun, apabila Anda seorang gamer enthusiast yang biasa memainkan game di resolusi tinggi atau bahkan multi-monitor sekaligus dan tidak membutuhkan performa yang terlalu berat dan cenderung ingin memiliki sebuah PC yang serba bisa untuk kegiatan multi-tasking harian, maka Ryzen™ Threadripper 2920X adalah pilihan yang tepat. Hadir dengan 12 Cores 24 Threads, tentunya sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan menjalankan tugas harian sambil bermain game, dan tentunya Anda sudah bisa mendapatkannya pada harga yang relatif terjangkau dibanding kompetitor sekelasnya dengan harga hanya 10 jutaan Rupiah.

Kenapa Harus Pilih Ryzen Threadripper

Pengguna bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mendapatkan PC Gaming enthusiast yang handal dan relatif terjangkau untuk kegiatan seperti bermain game di multi-monitor dengan mulus dan lancar sambil merender video tanpa nge-lag atau untuk kegiatan nge-game  sambil livestreaming. Apalagi didukung dengan fitur Precision Boost 2 (PB2) dan AMD Dynamic Local Mode, Anda bisa mendapatkan peningkatan performa tambahan untuk game favorit Anda seperti yang sudah kami jelaskan pada awal artikel.

Radeon RX Vega Threadripper

Agar menghasilkan performa terbaik, kami rekomendasikan baik Ryzen™ Threadripper 2970WX atau 2920X untuk dipasangkan menggunakan kartu grafis Radeon™ RX Vega 56/64 sebagai penunjang produktivitas harian Anda agar memperoleh performa yang optimal.

Pasangkan Radeon RX dengan Ryzen Threadripper

Selain handal untuk bermain game kartu grafis Radeon™ RX Vega juga telah didukung software AMD Radeon™ Pro Render. Perangkat lunak ini menghadirkan pengalaman render 3D Ray Tracing menjadi lebih nyata. Anda bisa mendapatkanya gratis disini dimana sudah mendukung beragam software pembuatan konten terkenal.

Jadi apa nih varian prosessor 2nd Gen Ryzen™ Threadripper idaman Anda? Segera beli di toko terdekat untuk rasakan ketangguhannya melibas dengan sempurna semua pekerjaan berat yang Anda butuhkan!

Tinggalkan Balasan