Lenovo Yoga 530: Laptop Convertible Handal untuk Content Creator dan Gaming!

Benchmark Lenovo Yoga 530

Banyak pengguna yang mengandalkan laptop untuk perangkat penunjang aktivitas hariannya di jaman yang serba modern ini. Laptop dipilih karena berfungsi selayaknya PC Desktop, namun memiliki design yang bisa dibawa berpergian sehingga berbagai aktivitas pekerjaan maupun hiburan bisa dilakukan di luar rumah.

Keunggulan Ryzen

AMD Ryzen™ di kenal dengan kemampuan processing handal dan dukungan grafis pada processornya yang mumpuni dalam melakukan berbagai pekerjaan dengan cepat termasuk hiburan seperti bermain game terkini dengan lancar. Untuk itu Lenovo menyematkan teknologi Ryzen™ mobile pada produk yoga 530 yang bertujuan memberikan pengalaman terbaik dalam setiap kegiatan komputasi Anda.

Benchmark Lenovo Yoga 530

Lenovo Yoga 530 termasuk dalam jenis laptop convertible, dimana Anda bisa menggunakan laptop ini dalam berbagai mode untuk mempermudah aktivitas mobilitas Anda, baik di dalam maupun luar ruangan. Dan tidak seperti laptop convertible kebanyakan yang hanya mengedepankan desain yang tipis dan ringan, Lenovo Yoga 530 yang ditenagai oleh AMD Ryzen™ 5 2500U dan Radeon™ Vega Graphics ini memiliki performa yang juga mampu melibas game terkini dan editing tanpa hambatan.

 

Segmen Pengguna yang Tepat untuk Lenovo Yoga 530 Bertenaga Ryzen™ Mobile:

  1. Mahasiswa yang menginginkan perangkat tipis dan ringan yang nyaman untuk dibawa saat mobilitas. Serta bertenaga untuk beraktivitas sehari-hari termasuk untuk hiburan seperti memainkan game eSports terkini dengan lancar.
  2. Pembuat konten yang menginginkan laptop untuk mengerjakan aktivitasnya dengan nyaman, mengingat Lenovo Yoga 530 bisa digunakan dalam beragam mode.
  3. Eksekutif muda yang menginginkan laptop beneran cepat dalam mengerjakan aktivitas pekerjaan terutama saat multitasking namun daya tahan baterai yang lama. Serta nyaman digunakan saat presentasi di depan client karena laptop ini bisa digunakan dalam berbagai macam mode.

Untuk informasi lengkap mengenai spesifikasi dan fitur-fitur lainnya Anda bisa kunjungi artikel Tunjukan Kreativitasmu dengan Lenovo Yoga 530 Ultrathin Convertible Ditenagai AMD Ryzen™ Mobile.

 

Uji Performa Lenovo Yoga 530 dengan Ryzen™ Mobile 5 2500U dan Radeon™ Vega 8

Benchmark Lenovo Yoga 530

Setelah mengetahui spesifikasi dari laptop Lenovo Yoga 530, saatnya untuk kita buktikan performa dari laptop ini melalui pengujian aplikasi produktivitas, pengujian gaming serta aplikasi benchmark.

Dalam pengujian kali ini, kami menggunakan 2 versi driver berbeda yakni driver bawaan Radeon™ Software Crimson serta driver terbaru Radeon™ Software Adrenalin versi 18.8.1 yang bisa Anda unduh di website resmi Lenovo pada tautan berikut. Pengujian dengan dua driver ini bertujuan untuk menampilkan seberapa besar peningkatan yang ada pada driver versi terbaru. Kami juga sudah merubah pengaturan power plan ke mode high performance untuk memaksimalkan performa.

Benchmark Lenovo Yoga 530

Dalam aplikasi benchmark Cinebench, CPU baik dalam pengujian single thread maupun multi thread menghasilkan skor yang sama, tidak ada perubahan pada driver terbaru. Hal ini wajar mengingat pengujian ini terfokuskan kepada pengujian performa CPU saat digunakan untuk render grafis 3D.

Benchmark Lenovo Yoga 530

Berbeda halnya dengan benchmark Cinebench OpenGL yang menggunakan kartu grafis Radeon™ Vega untuk proses render grafis 3D. Dimana terjadi peningkatan sekitar 22% saat menggunakan driver terbaru dibandingkan versi sebelumnya.

Benchmark Lenovo Yoga 530

Sedangkan dalam pengujian Geekbench walaupun terfokuskan pada performa CPU. Namun dengan menggunakan driver terbaru, terjadi optimalisasi yang berdampak kepada peningkatan nilai skor hingga 7% lebih tinggi.

Benchmark Lenovo Yoga 530

Dalam pengujian benchmark 3D terkenal yang lazim digunakan yakni 3DMark, Lenovo Yoga 530 bertenaga Ryzen™ 5 2500U dan Radeon™ Vega 8 kembali menghadirkan peningkatan performa di driver terbaru hingga 3% lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

Benchmark Lenovo Yoga 530

Pada pengujian aplikasi benchmark Unigine Heaven yang menguji performa grafis 3D real time, terlihat juga peningkatan sebesar 10% dibandingkan driver versi sebelumnya.

Benchmark Lenovo Yoga 530

Pengujian lain yakni Unigine Valley yang kurang lebih serupa dengan Unigine Heaven, memperlihatkan peningkatan performa lebih merata di driver terbaru, mencapai hingga 10%.

Benchmark Lenovo Yoga 530

Selain melakukan pengujian melalui aplikasi benchmark terkenal, kami juga melakukan pengujian melalui aplikasi Blender 3D yang sudah tidak asing lagi ditelinga para pembuat konten. Dalam pengujian ini driver Radeon Software Adrenaline terbaru memberikan peningkatan performa hingga 2% lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

 

Uji Performa Saat Bermain Game

Benchmark Lenovo Yoga 530 Benchmark Lenovo Yoga 530

Untuk Anda yang juga gemar bermain game, kami melakukan pengujian dari salah satu game terkenal yang memiliki spesifikasi grafis cukup tinggi, yakni Rise of Tomb Raider. Saat bermain game diresolusi 720p kami mendapatkan performa bermain game mencapai 30 FPS dimana hal ini menunjukkan bahwa game dapat dimainkan dengan nyaman pada settingan yang disesuaikan.

Benchmark Lenovo Yoga 530 Benchmark Lenovo Yoga 530

Kami juga melakukan pengujian pada game yang sangat mendunia, GTA V. Pada settingan normal dan resolusi HD 720p, game ini bisa dimainkan dengan lancar di 30 FPS.

 

Kesimpulan

Benchmark Lenovo Yoga 530

Berdasarkan pengujian yang sudah kami lakukan, Lenovo Yoga 530 bertenaga processor AMD Ryzen™ Mobile,  mampu menyuguhkan performa yang handal untuk beragam kegiatan, mulai dari bekerja di aplikasi pembuat konten ternama, hingga bermain game terkini dengan lancar. Hal ini berkat dukungan teknologi muktahir dari AMD Ryzen™ Mobile dan Radeon™ Vega Graphics yang sudah terbukti menyuguhkan peforma kelas atas yang hemat daya dengan harga terjangkau di kelasnya. Ditambah dengan ragam mode yang bisa digunakan serta layar sentuh dukungan terhadap stylus, Anda semakin bebas mengekspresikan diri Anda!

 

Alasan untuk membeli Lenovo Yoga 530 bertenaga Ryzen™ Mobile:

  1. Ditenagai oleh processor AMD Ryzen Mobile dengan kartu grafis Radeon Vega terkini yang handal, serta efisien.
  2. Menggunakan media penyimpanan data super cepat, SSD M.2 NVMe. Menghasilkan performa multitasking yang lebih responsif serta performa booting yang lebih cepat.
  3. Menggunakan layar sentuh FHD 1080p dengan panel IPS yang jernih dan cocok untuk para pembuat konten. Lenovo Yoga 530 juga menghadirkan beberapa gaya yang bisa meningkatkan produktivitas pengguna menjadi lebih baik.
  4. Didukung oleh Radeon Software Adrenaline yang menghadirkan peningkatan performa menjadi lebih baik. Peningkatan performa ini akan terus berlangsung di driver versi terbaru kedepannya yang akan disediakan di website resmi Lenovo.

7 comments

  1. Min, boleh minta tolong kasi update bios jntuk membuang limitasi vram di 256mb ngga ?. Saya tau ada fitur shared vram otomatis, tapi ini sangat bermasalah untuk menjalankan gpu acceleration di adobe cc 2018 illustrator, photohop bahkan keluar peringatan bahwa vram kurang, di illustratir cc 2018 tidak bsa menyalakan gpu perfomance. Bahka di autocad yg kompleks jadi lemot karena ada jeda untuk alokasi vram. Sedangkan didevice HP dan Acer sudah dibuang limitasinya dan lancar..

    My device is Lenovo Yoga 530 14 ARR Ryzen 7 2700u

  2. min saya mau lapor dikit, sering kejdian nih ketika saya cari pc atau laptop amd di toko konventional, kebanyakan mereka bilang kosong dan gak nyediain terutama yg seri AMD RYZEN, terus diarahin buat beli yg pake prosesor merek sebelah, ayolah amd klo bisa di tingkatin marketingnnya kita konsumen juga perlu liat langsung produknya di pasaran ga online shop mulu

  3. Adam Dermawan
    Reply

    Min , itu caranya enable virtualization di yoga ku tanpa oprek BIOS gimana? Buat emulator android soalnya, btw good product 👍 baru beli kemaren hehe

Tinggalkan Balasan