Uji Performa Radeon™ RX 590 Kartu Grafis Andal Untuk Bermain Game di Resolusi Full HD!

Uji Performa Radeon™ RX 590: Kartu Grafis Andal Untuk Bermain Game di Resolusi Full HD!

Radeon RX 590

Pada saat ini kegiatan bermain game seakan tidak lepas dari hobi berbagai kalangan masyarakat. Mulai dari para milenial hingga para pekerja kantoran pun ikut menjadikan bermain game di PC menjadi hobinya. Berdasarkan survey terkini1 mayoritas gamers, lebih memilih membangun PC Desktop menggunakan monitor dengan layar Full HD 1080p dengan didukung kartu grafis kelas menengah di rentang harga $199-$399.

Radeon RX 590

AMD belum lama ini menghadirkan kartu grafis Radeon™ RX 590 terbaru yang dilengkapi VRAM 8GB GDDR5. Radeon™ RX 590 menggunakan chip GPU “Polaris 30” yang menggunakan fabrikasi 12nm FinFET terbaru yang menghasilkan 15% clockspeed lebih tinggi berdampak kepada peningkatan performa 12% dibandingkan generasi sebelumnya.

Radeon RX 590

Bagi Anda yang membeli kartu grafis Radeon™ RX 590 tidak hanya mendapatkan performa kencang saja, namun juga mendapatkan berbagai fitur gaming yang dapat meningkatkan pengalaman bermain menjadi lebih baik dan mengasyikkan. AMD menghadirkannya melalui Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition yang bisa di unduh gratis di tautan berikut.

Berikut fitur-fitur unggulan dari Radeon™ Software Adrenalin 2019 Edition:

  • Radeon ReLive : Rekam dan bagikan aktivitas bermain game favorit di situs jejaring sosial ternama seperti Facebook, Youtube dan Twitch.TV.
  • AMD Link : Aplikasi mobile yang tersedia di Playstore dan iOS. Pengguna bisa mengetahui aktivitas kartu grafis, streaming game, rekam aktivitas game dan lakukan banyak hal via smartphone pengguna.
  • Enchanced Sync : Pengganti V-Sync yang ada di game untuk menghasilkan bermain game yang lebih responsif dengan meminimalkan input lag.
  • Radeon WattMan : Pengguna dapat mengetahui aktivitas kartu grafis secara langsung dan tingkatkan performa kartu grafis dengan overclock2.
  • Radeon Overlay : Fitur pelengkap Radeon ReLive dimana pengguna dapat mengetahui info performa (FPS) dan mengatur opsi seperti kecerahan layar selama game berlangsung.
  • Radeon Chill : Fitur power-saving pintar yang akan menyesuaikan konsumsi daya berdasarkan aktivitas karakter game yang dimainkan pengguna.
  • AMD APP : Menjalankan berbagai aplikasi sehari-hari mulai dari navigasi menu di Windows 10 hingga edit photo dan video di Adobe CC dengan lancar, berkat fitur akselerasi grafis AMD APP yang telah didukung berbagai aplikasi ternama. 3

Ada BONUS Tiga Game Gratis Setiap Pembelian Radeon RX 590!

Radeon RX 590

Bagi pengguna yang membeli Radeon™ RX 590 pada 5 November 2018 – 6 April 2019 berkesempatan mendapatkan tiga game AAA gratis yakni Tom Clancy’s The Division® 2, Resident Evil™ 2 hingga Devil May Cry™ 5. Info selengkapnya bisa dilihat pada tautan berikut.

Pengujian Performa Gaming Radeon™ RX 590

Sapphire Radeon RX 590

Sapphire Nitro+ Radeon RX 590

PowerColor Radeon RX 590

PowerColor Red Devil Radeon RX 590

 

 

Radeon RX 590 Sapphire Nitro+ Radeon RX 590 PowerColor Red Devil Radeon RX 590
GPU Polaris (12nm) Polaris (12nm) Polaris (12nm)
GPU Clock 1469 MHz 1469 MHz (tidak diketahui)
GPU Boost Clock 1545MHz 1560 MHz 1576MHz
GPU Compute Unit 36 CU 36 CU 36 CU
Memory Clock 2000 MHz 2000 MHz 2000 MHz
Memory Bus 256 bit 256 bit 256 bit
Memory Speed 8 Gbps 8 Gbps 8 Gbps
Kapasitas Memori 8 GB GDDR5 8 GB GDDR5 8 GB GDDR5

Setelah kami menjelaskan penjelasan singkat tentang Radeon™ RX 590, pasti dari Anda ada yang penasaran akan performa kartu grafis ini. Kami akan menyajikan info performa dari kartu grafis PowerColor Red Devil Radeon™ RX 590 dan Sapphire Nitro+ Radeon™ RX 590 dari berbagai website ternama, sebagai referensi.

1. Battlefield 1 (DirectX® 12)

Battlefield 1

BF1 RADEON RX 590

Kami mengutip dari Techpowerup yang telah menguji Sapphire Nitro+ Radeon™ RX 590 di game Battlefield 1. Pengguna akan mendapatkan performa per FPS yang tinggi. Tidak hanya itu Sapphire juga menyediakan opsi Quiet BIOS yang bisa diaktifkan menghasilkan putaran kipas dan konsumsi daya lebih rendah, tanpa pengorbanan daya signifikan.

BF1 RADEON RX 590

PowerColor Red Devil Radeon™ RX 590 telah diuji oleh Guru3D dimana menghasilkan performa per FPS lebih tinggi di 110 FPS.

2. FarCry 5 (DirectX® 11)

Far Cry 5

FAR CRY 5 RADEON RX 590

Game FarCry 5 terkenal akan keindahan grafis pesona alam yang dihadirkan di dalamnya. Sapphire Nitro+ Radeon™ RX 590 menghadirkan performa yang andal di dua mode BIOS yang dihadirkan serta lebih kencang dibandingkan kartu grafis generasi sebelumnya.

FAR CRY 5 RADEON RX 590

Hal yang sama juga ditemui pada PowerColor Red Devil Radeon™ RX 590 yang menghadirkan performa lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya bahkan setara dengan kartu grafis kelas atas yang dirilis 2-3 tahun yang lalu.

3. The Witcher 3 (DirectX® 11)

The Witcher 3

The Witcher 3 Radeon RX 590

Walaupun sudah berumur namun game The Witcher 3 ini masih banyak dimainkan oleh gamer. Sapphire Nitro+ Radeon™ RX 590 kembali membuktikan keunggulan dibandingkan kartu grafis Radeon™ generasi sebelumnya.

The Witcher 3 Radeon RX 590Hal yang sama juga ditemui pada PowerColor Red Devil Radeon™ RX 590 yang lagi-lagi menghadirkan performa lebih unggul dibandingkan kompetitor dan hampir setara dengan kartu grafis yang lebih mahal lainnya.

4. Strange Brigade (DirectX® 12)

Strange Brigade

Strange Brigade Radeon RX 590

Strange Brigade adalah game terbaru dari Activision (developer dibalik Sniper Elite Series). Kartu grafis Sapphire Nitro+ Radeon™ RX 590 menghasilkan performa per FPS yang tinggi dan lebih kencang dibandingkan kompetitor.

Strange Brigade Radeon RX 590

Pada pengujian PowerColor Red Devil Radeon™ RX 590 juga menghasilkan performa yang kencang untuk game ini dan juga setara dengan kartu grafis kelas atas yang dirilis pada beberapa tahun sebelumnya.

5. Deus Ex Mankind Divided (DirectX® 12)

Deus Ex Mankind Divided

Deus Ex Mankind Divided Radeon RX 590

Pada pengujian game terkenal lainnya, Deus EX: Mankind Divided Sapphire Nitro+ Radeon™ RX 590 menghasilkan performa per FPS yang kencang serta hampir setara dengan kartu grafis kelas atas kompetitor.

Deus Ex Mankind Divided Radeon RX 590

Hasil yang baik juga di tunjukan oleh PowerColor Red Devil Radeon™ RX 590 yang menghasilkan performa mendekati kartu grafis kompetitor. Tidak hanya itu kartu grafis ini juga memiliki performa gaming setara dengan kartu grafis kelas atas yang dirilis sebelumnya.

Kesimpulan

Radeon RX 590

Berdasarkan pengujian di atas kita mendapatkan kesimpulan bahwa kartu grafis Radeon™ RX 590 memang mampu memenuhi permintaan sebagian besar gamers yang menginginkan kartu grafis yang andal untuk gaming pada setting grafis maksimal di resolusi Full HD 1080p.

Radeon RX 590

Bagi Anda yang menginginkan pengalaman bermain game yang lebih mulus tanpa stuttering Anda bisa membeli monitor yang sudah mendukung fitur Radeon FreeSync™ yang saat ini sudah didukung pada lebih dari 500 unit monitor dari berbagai brand ternama dengan harga yang terjangkau tidak jauh berbeda dengan monitor biasa.

Alasan Tepat Untuk Membeli kartu Grafis Radeon RX 590!

  1. Radeon™ RX 590 menggunakan fabrikasi 12nm terbaru yang menghadirkan 12% peningkatan performa dan 15% performa per clock lebih tinggi dibandingkan sebelumnya.
  2. Andal untuk digunakan bermain game di resolusi Full HD 1080p, dimana berbagai game bisa dijalankan dengan sangat lancar diatas 60 FPS dengan ALL Max Setting.
  3. Kaya fitur gaming dengan dukungan Radeon Software Adrenalin 2019 Edition serta mendukung bermain game minim stuttering dengan dukungan Radeon FreeSync™.
  4. Setiap pembelian Radeon™ RX 590 dilengkapi GRATIS bonus tiga game AAA terbaru. Kartu grafis Radeon™ RX 590 sudah tersedia dari berbagai vendor ternama.

Catatan:

  1. Berdasarkan Steam Hardware Survey 2018.
  2. Kegiatan overclocking berpotensi merusak kartu grafis apabila tidak dilakukan dengan benar dan AMD tidak bertanggung jawab mengenai kerusakan yang terjadi. Harap cari terlebih dahulu informasi overclocking melalui forum atau website terkait.
  3. Fitur akselerasi grafis AMD APP bisa di dapatkan melalui aplikasi yang mendukung teknologi OpenCL, DXVA, Microsoft C++ AMP dan DirectCompute.

Tinggalkan Balasan