Laptop 5 Jutaan Sanggup Libas Game Sekelas Rise Of Tomb Raider? Pakai AMD Ryzen™ Mobile!

AMD Ryzen 3

Kebutuhan akan laptop sudah mulai menjadi kebutuhan utama bagi orang-orang di masa kini. Baik untuk bekerja atau pun hiburan. Banyak pengguna mainstream yang  menginginkan laptop dengan harga terjangkau dengan performa yang tinggi untuk segala aktivitas mereka. Meski banyak beredar laptop dengan harga yang terjangkau, namub sayangnya performa yang diberikan kurang maksimal untuk aktivitas yang lebih berat seperti rendering atau gaming. Namun sekarang, berkat kehadiran processor AMD Ryzen™ 3 yang didukung kartu grafis Radeon™ Vega, Anda bisa merasakan performa tinggi dengan harga laptop 5 jutaan saja!

AMD Ryzen 3

Mengapa Anda harus memiliki laptop dengan AMD Ryzen™ 3? Berikut ini adalah keunggulannya!

  1. Processor #BeneranCepat, daya beneran hemat : Menjelajah internet, editing video hingga bermain game menjadi lancar berkat performa #benerancepat yang lebih tinggi hingga 52% dibandingkan generasi sebelumnya1. Kartu grafis Radeon™ Vega 3 juga akan memberikan performa luar biasa untuk setiap kegiatan olah grafis yang tidak Anda temukan pada laptop sekelas selain laptop yang menggunakan AMD Ryzen™ atau laptop dengan kartu grafis diskrit yang lebih mahal dibandingkan dengan laptop bertenaga AMD Ryzen™ + Vega ini. Meski performa yang ditawarkan lebih tinggi, daya tahan baterai lebih hemat di bandingkan generasi sebelumnya.
  2. Lebih ringan dan mudah di bawa kemanapun : Laptop dengan processor AMD Ryzen™ 3 dibalut dengan design kekinian yang juga memiliki bobot lebih ringan dan build quality yang baik sehingga memudahkan gaya hidup mobilitas Anda.
  3. Lebih Terjangkau : Anda tidak perlu membayar lebih mahal untuk laptop yang menggunakan kartu grafis diskrit tambahan. Karena seperti yang sudah diketahui, laptop yang ditenagai kombinasi processor AMD Ryzen™ 3 dan kartu grafis Radeon™ Vega menghasilkan performa yang lebih baik, suhu laptop yang lebih rendah dengan daya tahan baterai lebih lama.
  4. Kaya Fitur : Lakukan lebih banyak aktivitas dengan berbagai fitur tambahan yang hadir melalui Radeon™ Software Adrenalin Edition. Mulai dari streaming video game favorit, rekam aktivitas PC hingga optimalkan performa saat bermain game dengan berbagai tips dan fitur yang sudah tersedia2. Laptop AMD Ryzen™ 3 juga mendukung penuh pengalaman operasi sistem Windows 10 terbaik.

 

Segmen Pengguna yang Tepat untuk Miliki Laptop Bertenaga Processor AMD Ryzen™ 3 dengan kartu grafis Radeon™ Vega 3:

  1. Pelajar atau mahasiswa dengan mobilitas tinggi yang sering melakukan aktivitas di luar ruangan, karena sangat hemat daya memungkinkan bisa dipakai hingga berjam-jam tanpa perlu charging terlalu sering.
  2. Pekerja kantoran yang menginginkan laptop dengan harga yang ramah di kantong, namun tetap bertenaga untuk aktivitas pekerjaan dan gaming.
  3. Gamers karena mampu menjalankan beragam game populer terkini dengan lancar.
  4. Penikmat multimedia karena telah mendukung berbagai konten modern di berbagai situs streaming populer dunia.
  5. Pemula yang ingin terjun ke dunia Content Creator atau industri kreatif karena sudah cukup untuk mendukung aktivitas pembuatan content seperti editing atau rendering.

 

Uji Performa Laptop AMD Ryzen™ 3 dengan kartu grafis Radeon™ Vega

Setelah puas berbicara tentang fitur dan kelebihan processor AMD Ryzen™ 3 dengan kartu grafis Radeon™ Vega 3. Mari kita buktikan kehebatan performanya melalui pengujian berikut ini.

Pengujian dilakukan dengan menggunakan salah satu laptop bertenaga AMD Ryzen™ 3 2200U dengan kartu grafis Radeon™ Vega 3 dan RAM yang di upgrade ke Dual Channel 8GB DDR4 untuk memaksimalkan performa. Tidak lupa setting laptop ke maximize performance yang bisa dilakukan di menu Control Panel bagian Power Option.

AMD Ryzen 3

Pengujian pertama datang dari aplikasi Cinebench R15 yang menggambarkan simulasi render grafis 3D. Dimana berkat kemampuan multicore Processor AMD Ryzen™ 3, score yang didapatkan cukup tinggi untuk laptop sekelas, dan rendering akan menjadi lebih cepat.

AMD Ryzen 3 AMD Ryzen 3

Sedangkan dalam ujicoba grafis 3DMark, pada hasil test Cloud Gate dan Ice Strome, juga memberikan hasil yang tinggi dengan kombinasi Processor Ryzen™ 3 dan RAM Dual Channel.

AMD Ryzen 3 AMD Ryzen 3

Sama halnya dalam ujicoba grafis UNIGINE Heaven, score yang didapat terbilang tinggi dibandingkan dengan laptop sekelas pada pengaturan 720p high setting.

AMD Ryzen 3 AMD Ryzen 3

Aplikasi pengujian serupa yang lebih fokus ke latar pemandangan, UNIGINE Valley juga menghasilkan performa yang tinggi berkat dongkrakkan RAM Dual Channel yang bekerja lebih baik pada processor AMD Ryzen™.

AMD Ryzen 3

Pengujian dilanjutkan dengan menjajal aplikasi Blender, dimana aplikasi ini sering dipakai oleh para pembuat konten professional. Dan performa yang dihasilkan terbukti #benerancepat dalam melakukan proses olah grafis ini.

AMD Ryzen 3

Beralih ke pengujian game, kami mencoba menjalan game yang tidak asing ditelinga para gamers yakni Rise of Tomb Raider. Game ini merupakan salah satu seri dari judul game franchise yang terkenal dari masa ke masa dengan peningkatan grafis yang tinggi dibandingkan seri-seri sebelumnya. Meski tergolong game berat, processor AMD Ryzen™ 3 dan kartu grafis Radeon™ Vega 3 berhasil memberikan performa yang baik pada pengaturan High Setting di resolusi 720p. Bila Anda menginginkan FPS yang lebih tinggi, settingan bisa disesuaikan dengan kenyamanan Anda.

Anda juga bisa melihat beberapa pengujian gaming yang dilakukan oleh blogger ternama dibidangnya pada kutipan berikut ini.

WRC 7

Battlefield 1 (BF 1)

Grand Theft Auto V (GTA V)

Pro Evolution Soccer 2018 (PES 2018)

 

Kumpulan Laptop Bertenaga Processor AMD Ryzen 3

AMD Ryzen 3

Setelah melihat kehebatan dari processor AMD Ryzen™ 3 dan kartu grafis Radeon™ Vega 3,, berikut ini adalah laptop-laptop bertenaga AMD Ryzen™ 3 yang telah beredar di pasaran Indonesia.

  1. Acer Aspire 3 A315-41

AMD Ryzen 3

Acer Aspire 3 merupakan laptop layar 15 inch bertenaga processor AMD Ryzen™ 3 2200U yang dilengkapi kartu grafis Radeon™ Vega 3. Acer juga telah membekalinya dengan RAM 4GB yang bisa di upgrade ke dual channel hingga 16GB dan kapasitas media penyimpanan HDD 1 TB. Tidak hanya itu Anda juga bisa mendapatkan ekstra performa dengan menambahkan SSD, karena laptop ini telah mendukung SSD M.2 SATA.

shopee button

tokopedia button

  1. ASUS Vivobook X505ZA

AMD Ryzen 3

ASUS X505ZA merupakan laptop 15 inch yang juga ditenagai oleh processor AMD Ryzen™ 3 2200U dengan kartu grafis Radeon™ Vega 3. Dengan design bezelless, laptop ini terlihat elegant dan kekinian. RAM 4GB bisa di upgrade ke dual channel hingga 16GB dan media penyimpanan sebesar  1TB HDD,. ASUS X505ZA juga mendukung fitur fast charging ASUS SuperBattery untuk pengisian daya lebih cepat serta membuat baterai lebih awet. Windows 10 juga telah terinstall secara default.

shopee button tokopedia button

  1. HP 14 dan 15

AMD Ryzen 3

HP Series merilis dua seri laptop kelas mainstream yakni laptop HP 14 dengan layar 14 inch dan HP 15 dengan layar 15 inch. Kedua laptop ini sama-sama ditenagai oleh processor AMD Ryzen™ 3 2200U dengan kartu grafis Radeon™ Vega 3. Laptop ini sudah terinstall Windows 10 serta memiliki bobot yang ringan dengan berat hanya 1.40 Kg saja, sangat cocok bagi Anda yang suka berpergian. Laptop ini juga telah di bekali dengan RAM 4GB yang bisa di upgrade ke dual channel dan media penyimpanan sebesar 1TB HDD. Tersedia dalam beragam variant warna sesuai dengan karakteristik Anda.

shopee button tokopedia button

 

Kesimpulan

AMD Ryzen 3

Meski dibanderol dengan harga terjangkau yakni 5 Jutaan saja, bukan berarti laptop bertenaga AMD Ryzen™ 3 memiliki performa yang cukup terbatas seperti laptop sekelas lainnya. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan, kita bisa melihat bahwa processor AMD Ryzen™ 3 dengan kartu grafis Radeon™ Vega 3 membawa laptop mainstream ke level yang lebih tinggi dengan performa yang #benerancepat untuk kegiatan komputasi harian maupun komputasi yang lebih berat seperti rendering dan gaming. Anda juga bisa merasakan berbagai fitur andalan untuk pengalaman gaming lebih menyenangkan yang tersedia melalui Radeon Software Adrenalin. Tersedia dalam beberapa tipe yang cocok untuk segala kalangan dan beragam profesi yang menginginkan laptop berperforma #benerancepat dengan harga terjangkau, mulai dari 5 Jutaan saja.

 

Catatan Kaki:

  1. Performa IPC 52% lebih kencang dibandingkan “Excavator” yang ada di AMD 7th Gen APU.
  2. Fitur Radeon Software Adrenalin bisa dinikmati dengan penuh di driver terbaru yang bisa di unduh di: https://support.amd.com/en-us/download
  3. Pengujian menggunakan Laptop Acer Aspire 3 dengan RAM 8GB Dual-Channel dan driver AMD Radeon Software 17.10.

8 comments

  1. doel
    Reply

    saya beli laptop ini ASUS Vivobook X505ZA, tapi setelah telfon ke asus center katanya tidak dapat di upgrade ramnya. sedangkan disini dibilang bisa, mana yang benar ya?

    • Hi Doel,

      Informasi dari vendor laptop yang benar, kami tidak bisa memastikan apa saja laptop yang bisa diupgrade karena bergantung kebijakan vendor masing-masing.

      Semoga membantu, salam.

    • Hi Naka.

      Hasil performa (FPS) bervariasi bergantung kepada game yang dimainkan. Apabila menemui game performa (FPS) rendah, silahkan turunkan setting grafis untuk mendapatkan hasil lebih baik.

      Semoga membantu, salam.

Tinggalkan Balasan