Radeon RX 5700 Series

Radeon™ RX 5700 Series, Dari AMD Untuk Gamers

Radeon RX 5700 Series

Dunia teknologi sekarang ini seakan-akan dipenuhi oleh para gamer dan content creator. Kebutuhan akan spesifikasi komputer yang mumpuni juga semakin tinggi. Game-game AAA yang memberikan grafis lebih mantap juga membutuhkan spesifikasi komputer yang tinggi untuk gaming yang lebih maksimal. Oleh karena itu, AMD semakin mengerti dengan kebutuhan para gamer dan content creator. Setelah merilis processor dengan fabrikasi 7nm, akan cocok apabila AMD merilis GPU pendamping yang juga dibuat dengan fabrikasi 7nm. Perkenalkan AMD Radeon™ RX 5700 series, GPU gaming terbaru dari AMD yang khusus didesain untuk para gamer yang mencari pengalaman bermain game eSports maupun game AAA lebih nyata. GPU ini dimasukkan oleh AMD ke dalam jajaran keluarga GPU “NAVI”.

Fitur-Fitur Pada GPU Navi

"NAVI" GPU Family Features

Tentunya, lini GPU Navi ini dibekali dengan berbagai macam fitur hardware yang dapat memberikan pengalaman bermain game eSports dan game AAA dengan FPS yang tinggi pada pengaturan grafis rata kanan seperti :

  • Arsitektur RDNA

Arsitektur RDNA terbaru dari AMD yang tentunya dapat membuat pengalaman bermain game lebih maksimal.

  • Fabrikasi 7nm

Dengan fabrikasi terbaru, hanya 7nm. Navi dapat memberikan performa yang lebih tinggi dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan para pendahulunya yang masih menggunakan fabrikasi 14nm.

  • MemoriGDDR6

Sudah mengusung memori dengan GDDR6 yang tentunya lebih cepat sampai dengan 2 kali lipat apabila dibandingkan dengan GDDR5 akan membuat pengalaman gaming menjadi lebih lancar dan responsif.

  • PCIe 4.0

Didukung dengan menggunakan PCIe 4.0 yang menjadikan kecepatan bandwidth menjadi lebih kencang hingga 2 kali lipat apabila dibandingkan dengan PCIe 3.0.

  • Radeon Media Engine

GPU lini NAVI ini juga sudah dilengkapi dengan Radeon Media Engine yang dapat membuat segala kegiatan multimedia menjadi lebih lancar dengan kemampuan memutar video pada resolusi 4K dapat mencapai 90 FPS dan dengan resolusi 8K dapat mencapai 24 FPS.

  • RadeonDisplay Engine

Dengan kemampuan display dengan resolusi 8K dapat mencapai 60Hz dan resolusi 4K sampai dengan 240Hz, dengan tambahan kualitas gambar HDR dan warna 10-bit, dapat menjadikan pengalaman bermain game yang lebih mantap dan menyenangkan.

Selain itu, masih ada beberapa fitur yang dimasukkan oleh AMD agar menjadikan pengalaman gaming menjadi lebih nyata dan menarik, seperti :

  1. AMD Fidelity FX

AMD Fidelity FX Comparison

Dengan menggunakan algoritma post-processing, fitur AMD Fidelity FX menjadikan pengalaman bermain game dalam segi grafik menjadi lebih nyata dan detail tanpa mengurangi performa yang dihasilkan.

  1. RadeonImage Sharpening

Radeon™ Image Sharpening Comparison

Radeon™ Image Sharpening merupakan fitur yang berfungsi untuk menajamkan kontras gambar dan memberikan visualisasi yang lebih tajam sehingga gambar akan terlihat lebih jelas dan lebih nyata, sehingga dapat meningkatkan pengalaman bermain game.

AMD Radeon™ Image Sharpening

Walaupun meningkatkan visual dari game, Radeon™ Image Sharpening hampir tidak akan mengurangi performa yang dihasilkan untuk game tersebut. Terbukti dari perbandingan dengan menyalakan Radeon™ Image Sharpening dengan tidak menyalakan Radeon™ Image Sharpening, perbedaan dari FPS hanya sekitar 0.8% sampai dengan 1.4% saja.

  1. RadeonAnti Lag

Radeon™ Anti Lag

Input Latency yang lebih rendah, berarti game dapat berjalan dengan lancar dan cepat. Tingkatkan pengalaman bermain game dengan menggunakan fitur Radeon™ Anti Lag agar kinerja dan reaksi game menjadi lebih cepat dan dapat membantu gamer agar dapat menguasai musuh dengan mudah.

Varian Radeon RX 5700 Series yang Tersedia di Pasaran

Radeon™ RX 5700 Variant

GPU Radeon™ RX 5700 Series hadir dengan 2 varian, yaitu Radeon™ RX 5700 dan Radeon™ RX 5700 XT. Apabila ingin bermain game dengan resolusi 1440P dengan lancar, dapat menggunakan Radeon™ RX 5700. Namun apabila menginginkan permainan di game dengan resolusi 1440P dengan performa yang jauh lebih lancar dan kualitas grafis terbaik, Anda dapat menggunakan Radeon™ RX 5700 XT karena lebih kencang performanya. Selain itu, apa lagi perbedaan dari Radeon™ RX 5700 dengan Radeon™ RX 5700 XT? Simak dalam tabel dibawah ini.

  Radeon RX 5700 Radeon RX 5700 XT
Graphics Core 2304 SP 2560 SP
Peak Compute Performance 7.9 TFLOPS 9.7 TFLOPS
Base Clock 1465 MHz 1605 Mhz
Boost Clock 1625 MHz 1755 MHz
Game Clock 1725 MHz 1905 MHz
Memory 8GB GDDR6 8GB GDDR6
TDP 185W 225W

 

Lantas bagaimanakah performa dari Radeon™ RX 5700 maupun Radeon™ RX 5700 XT?

Radeon™ RX 5700 Game Benchmark

Radeon™ RX 5700 XT Games Benchmark

Comparison Radeon™ RX

Seakan tidak ingin kalah, Radeon™ RX 5700 dan Radeon™ RX 5700 XT bahkan tidak takut dibandingkan dengan GPU kompetitor yang memiliki harga yang lebih tinggi. Walaupun hadir dengan harga MSRP (Manufacturer’s Suggested Retail Price) yang lebih murah, performa yang dihasilkan oleh GPU Radeon™ RX 5700 dan Radeon™ RX 5700 XT tidak kalah jauh dan bahkan dapat cukup menempel dengan kompetitor yang ada.

Kesimpulan Radeon™ RX 5700 High Fidelity Gaming

Radeon™ RX 5700 Series merupakan GPU yang sangatlah cocok untuk para gamers, karena GPU ini sudah menggunakan arsitektur RDNA terbaru yang dapat memberikan lebih banyak fitur untuk memaksimalkan pengalaman bermain game, dan sudah menggunakan fabrikasi 7nm yang dapat bekerja lebih cepat dan lebih hemat daya. Selain itu, Radeon™ RX 5700 Series juga sudah dilengkapi beberapa software yang dapat meningkatkan pengalaman bermain game eSports maupun game AAA. Salah satunya adalah Radeon™ Image Sharpening yang dapat mempertajam kualitas gambar dari game yang dimainkan tanpa mengurangi performa dari GPU agar menjaga FPS tetap stabil dan nyaman dimainkan.

Selain itu, Radeon™ RX 5700 juga datang dengan harga yang lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan kompetitor, namun performa yang dihasilkan tidak jauh dari performa yang dihasilkan oleh kompetitor, sehingga Radeon™ RX 5700 dan Radeon™ RX 5700 XT terbilang relatif lebih ramah di untuk para gamer hardcore yang menginginkan kualitas terbaik saat gaming. Bagaimana? Tertarik untuk menjajal GPU canggih dari AMD kali ini? Segera miliki GPU NAVI ini dan rasakan pengalaman bermain game yang belum pernah dirasakan sebelumnya.

 

Tinggalkan Balasan