Radeon™ RX 5700

Performa Kencang dengan Berbagai Fitur Terbaru, AMD Radeon™ RX 5700 Series

Radeon™ RX 5700

Kartu grafis terbaru dari AMD, Radeon™ RX 5700 series merupakan GPU “Navi” yang hadir dengan dua varian, yaitu Radeon™ RX 5700 dan Radeon™ RX 5700XT. Kedua varian dari kartu grafis Radeon™ RX 5700 Series tersebut sama-sama sudah menggunakan arsitektur gaming terbaru dari AMD yaitu arsitektur RDNA. Radeon™ RX 5700 Series sudah menggunakan memori GDDR6 yang pastinya jauh lebih kencang daripada pendahulunya, GDDR5. Serta, Radeon™ RX 5700 Series juga telah menggunakan fabrikasi 7nm yang menghasilkan performa lebih tinggi, namun mengkonsumsi daya lebih rendah dibandingkan dengan pendahulunya.

 

Radeon™ RX 5700 Series dengan Arsitektur RDNA untuk Gaming Maksimal

RDNA

RDNA (Radeon DNA), merupakan arsitektur terbaru dari AMD yang menggantikan arsitektur lamanya, yaitu GCN (Graphic Core Next) yang memiliki umur sebanyak lima generasi. Melalui arsitektur terbaru ini, GPU “Navi” dapat mencapai performa 1,25 kali lebih baik dari GCN pada GPU core clock yang sama serta performa per watt 1,5 kali lebih baik daripada GCN.

RDNA Architecture

Arsitektur RDNA itu sendiri diciptakan untuk fokus pada setidaknya tiga area, yaitu :

  • Performa

Optimal pada berbagai macam beban, meskipun fokus pada gaming namun tidak mengurangi performa pada tugas komputasi lainnya.

  • Efisiensi

Walaupun memberikan performa yang kencang untuk gaming, arsitektur dari RDNA membutuhkan lebih sedikit daya tanpa mengurangi performa. Sehingga hal tersebut membuat arsitektur ini menjadi lebih efisien dalam pemakaian dayanya.

  • Skalabilitas

Arsitektur yang sama tidak terbatas pada satu segmen saja, namun juga dapat digunakan pula pada perangkat lainnya seperti mobile, konsol, desktop, hingga cloud.

 

Selain dari arsitektur RDNA yang ditonjolkan oleh Radeon™ RX 5700 Series, terdapat berbagai macam fitur yang tentunya menjadikan kartu grafis satu ini sangat ciamik dan mantap untuk dimiliki. Fitur-fitur ini dipercaya dapat meningkatkan pengalaman dalam bermain game agar menjadi lebih maksimal dan mantap.

 

Radeon Anti-Lag, Input Lebih Cepat, Permudah Kuasai Permainan

Radeon™ Anti-Lag

Bermain dengan FPS yang tinggi memang menjadi salah satu hal yang sangat penting dalam bermain game, namun ada 1 hal lagi yang tidak kalah pentingnya saat bermain game, yaitu input lag atau click to response time. Click to response time merupakan ukuran waktu yang diperlukan untuk menampilkan respons dari input yang kita berikan.

Click-to-response Radeon™ Anti-Lag

Dengan menghidupkan fitur RAL (Radeon™ Anti-Lag), game dapat memiliki click to response time lebih rendah sehingga permainan dapat terasa lebih lancar dan lebih responsif dari biasanya tanpa mengurangi performa GPU.

Radeon™ setting RAL

Secara default, fitur Radeon™ Anti-Lag dapat diaktifkan menggunakan tombol “Alt + L” pada saat bermain game, namun dapat diganti dengan tombol lain pada setting driver. Aktifkan fitur Radeon™ Anti-Lag dan rasakan sendiri betapa game menjadi jauh lebih responsif dan menyenangkan dengan fitur ini.

 

Radeon Image Sharpening, Tampilkan Kualitas Gambar Terbaik

Radeon™ Image Sharpening

Anda sangat mengidamkan bermain game dengan grafis yang sungguh memukau? Tapi tidak ingin FPS dari game tersebut turun? Tenang saja, karena pada kartu grafis Radeon™ RX 5700 Series ini sudah hadir fitur Radeon™ Image Sharpening. Dengan menggunakan fitur Radeon™ Image Sharpening, tampilan grafis dari game meningkat menjadi lebih baik lagi namun tidak mengurangi performa secara signifikan. Terbukti dari pengujian yang dilakukan pada beberapa game, perbedaan saat menyalakan fitur Radeon™ Image Sharpening ataupun mematikannya hanya terjadi 0.5% sampai dengan 1.3% penurunan FPS, yang pasti tidak akan terasa efek performanya saat permainan berlangsung.

Radeon™ Image Sharpening

 

AMD FidelityFX, Tingkatkan Kontras Pada Frame

FidelityFX comparison

Fitur AMD FidelityFX merupakan fitur yang juga disematkan pada kartu grafis Radeon™ RX 5700 Series, dengan menggunakan algoritma untuk memperjelas gambar dan memanfaatkan kontras pada game, fitur AMD FidelityFX menjadikan grafis yang ditampilkan menjadi lebih jelas dan detail. Dengan meningkatkan kontras pada game, segala detail yang terdapat pada frame menjadi lebih terlihat. Jadi, semakin asik juga para gamers untuk menikmati pengalaman gaming yang semakin nyata.

 

AMD Radeon™ FreeSync, Selamat Tinggal Gambar Pecah dan Patah-Patah

Radeon™ FreeSync Comparison

Radeon™ FreeSync

Dengan fitur AMD Radeon™ FreeSync, GPU dan Monitor akan saling sinkron satu sama lain sehingga gambar yang ditampilkan pada layar menjadi tidak pecah dan tidak patah-patah. Gambar yang sinkron akan lebih enak dilihat dan juga lebih akurat karena menampilkan gambar yang sesuai dari atas ke bawah. Namun, fitur ini baru dapat diaktifkan apabila monitor yang digunakan juga sudah mendukung fitur Radeon™ FreeSync juga. Selengkapnya terkait fitur ini bisa Anda simak di link berikut.

 

AMD Radeon Chill, GPU Lebih Dingin dan Konsumsi Daya Lebih Rendah

AMD Radeon™ Chill

AMD Radeon™ Chill Optimize

Memang, Kartu grafis Radeon™ RX 5700 Series sudah menggunakan fabrikasi 7nm, yang berarti penggunaan dayanya menjadi lebih sedikit. Tetapi, Radeon™ tetap memaksimalkan dengan menghadirkan fitur Radeon™ Chill. Dengan fitur Radeon™ Chill, kartu grafis Radeon™ RX 5700 Series dapat menstabilkan suhu GPU agar tetap dingin dan konsumsi daya menjadi lebih efisien. Fitur ini bekerja pada game yang menggunakan dukungan DirectX® 9, DirectX® 11, DirectX® 12 dan juga VulkanTM.Radeon™ Chill Setting

Secara default, AMD Radeon™ Chill dapat dinyalakan saat bermain game menggunakan tombol “F11”. Namun, tombol tersebut dapat diubah pada halaman setting driver pada Radeon™ setting.

Radeon™ Chill Setting

Radeon™ Chill Setting

Untuk memanfaatkan fitur Radeon™ Chill secara spesifik pada game tertentu, Anda dapat membuka Radeon™ Setting dan melakukan setting di game yang diinginkan. Nyalakan pengaturan Chill(FPS), kemudian akan muncul pengaturan untuk mengatur Chill Min (FPS minimal dalam game) dan Chill Max (FPS maksimal dalam game).

Namun semenjak update  driver AMD Radeon™ Adrenaline 2019 Edisi 19.7.1, Radeon™ Chill memiliki setting auto yang disesuaikan dengan refresh rate layar monitor yang digunakan.

 

Kesimpulan :

Radeon™ RX 5700 Series

Kartu grafis AMD Radeon™ RX 5700 Series yang sudah menggunakan arsitektur RDNA, tentunya sudah menganut fabrikasi 7nm yang membuat penggunaan dayanya menjadi lebih sedikit namun memberikan performa yang lebih tinggi. Selain itu, fitur-fitur yang disematkan pada Radeon™ RX 5700 Series juga dapat dikatakan sangatlah mumpuni untuk meningkatkan pengalaman gaming.

Tak hanya mendukung gaming pada resolusi 4K, fitur-fitur seperti AMD FidelityFX, Radeon™ Image Sharpening, dan Radeon™ FreeSync dapat meningkatkan lagi grafis dari game yang dimainkan agar lebih baik, sehingga para gamers bukan hanya bermain game, namun juga dapat merasakan setiap detail yang terdapat pada game tersebut. Fitur-fitur lainnya seperti Radeon™ Anti-Lag dan Radeon™ Chill juga sangat berpengaruh dalam memberikan respon yang ciamik dalam bermain game dan mempertahankan performa yang dihasilkan agar tetap stabil.

Sangat jelas, Radeon™ RX 5700 Series sangatlah cocok untuk para gamer yang mendambakan pengalaman gaming maksimal dengan kualitas grafis tinggi tanpa mengurangi performa secara signifikan.

Tinggalkan Balasan