AMD Athlon™ 3000G Intro

AMD Athlon™ 3000G, APU Terbaru dengan Performa Grafis Tangguh yang Terjangkau

AMD Athlon™ 3000G Intro

Prosesor adalah komponen yang sangat penting dalam komputer agar bisa berfungsi. Ibaratkan manusia, prosesor merupakan otak dari komputer, sehingga dibutuhkan prosesor yang bagus dengan performa tinggi agar komputer berfungsi optimal. Namun, seringkali sekarang ini prosesor yang bagus dan memiliki performa tinggi juga bersamaan dengan harga yang tinggi. AMD seakan mendengarkan segala keluh kesah dalam kebutuhan akan komputasi para pengguna. Memperkenalkan, AMD Athlon™ 3000G, prosesor APU yang berperforma tinggi dengan harga yang terjangkau.

Sudah dibekali dengan kartu grafis tangguh terintegrasi yang tertanam langsung di dalam chip, Radeon™ Vega 3 Graphics, sehingga tidak lagi memerlukan kartu grafis diskrit tambahan untuk menjalankan komputer dengan prosesor ini. Walaupun memiliki performa tinggi, AMD Athlon™ 3000G hanya memiliki TDP 35W, sehingga dapat dikatakan hemat energi. Prosesor AMD Athlon™ 3000G ini juga sudah dapat melibas game-game ringan dengan mudah, bahkan juga dapat digunakan untuk editing foto maupun video ringan.

 

Spesifikasi AMD Athlon™ 3000G

Spesifikasi AMD Athlon™ 3000G

 

Sudah Disematkan Kartu Grafis Radeon™ Vega 3 Graphics

AMD Athlon™ with Radeon™ Vega Graphics

Prosesor AMD Athlon™ 3000G memang dapat dikatakan sebuah prosesor APU, karena sudah disematkan kartu grafis bawaan Radeon™ Vega 3 Graphics untuk melengkapi kebutuhan komputasi. Jadi, walaupun tanpa kartu grafis diskrit, komputer yang ditenagai oleh AMD Athlon™ 3000G sudah dapat bekerja dengan optimal untuk kepentingan yang membutuhkan olah grafis seperti kegiatan gaming, multimedia, atau editing foto dan video. Performa yang dihasilkanpun tidak perlu dipertanyakan, Radeon™ Vega 3 Graphics dapat memberikan performa yang mumpuni setara dengan kartu grafis diskrit. Sudah memiliki kecepatan hingga 1100MHz, Radeon™ Vega 3 Graphics yang disematkan tentu siap menemani dan melibas segala komputasi harian, dari bermain game hingga multimedia ringan.

Penasaran dengan performa yang dihasilkan oleh AMD Athlon™ 3000G dengan kartu grafis Radeon™ Vega 3 Graphics ini? Berikut akan dibahas pengujiannya.

 

Pengujian Performa

Benchmark AMD Athlon™ 3000G

Pengujian kali ini dilakukan dengan membandingkan prosesor AMD Athlon™ 3000G dengan prosesor kompetitor yang memiliki harga lebih tinggi. Pengujian dilakukan menggunakan tiga aplikasi benchmark seperti PCMark 10, Lame MP3 Encoder, dan Cinebench 1T. Kemudian juga dilakukan pengujian pada beberapa game ringan maupun semi-ringan seperti Rocket League, Fortnite, dan Counter Strike: Global Offensive. Terlihat dalam tabel pengujian, AMD Athlon™ 3000G mengungguli semua pengujian dibanding kompetitor. Seperti salah satunya pada pengujian game Rocket League, disaat kompetitor hanya mampu melibas game tersebut mencapai 77FPS, AMD Athlon™ 3000G dapat melibas game tersebut hingga 140FPS. Angka tersebut bahkan hampir 2 kali lipat yang dihasilkan oleh kompetitor.

Kemudian, pada game Counter Strike: Global Offensive, yang notabene merupakan game First-Person Shooter, dibutuhkan spesifikasi mumpuni agar game menjadi lancar dan memainkannya pun membutuhkan FPS yang tinggi agar nyaman. Pada prosesor kompetitor yang memiliki harga lebih tinggi, FPS yang didapatkan hanya bisa mencapai 90FPS, sedangkan AMD Athlon™ 3000G dapat mencapai 150FPS! Semakin tinggi FPS yang didapatkan, tentu semakin nyaman game tersebut dimainkan. Menarik bukan? Dengan harga yang rendah, Anda sudah bisa mendapatkan performa ciamik dalam bermain game.

AMD Athlon™ 3000G Rendering Blender

Kemudian, ada juga pengujian yang dilakukan oleh TechPowerUp, Pengujian tersebut adalah pengujian rendering gambar menggunakan aplikasi Blender. Dalam pengujian ini, menguji seberapa cepat sebuah prosesor untuk memuat gambar yang disediakan. Semakin kecil angkanya atau semakin cepat gambar tersebut dimuat, maka semakin tinggi performa dari prosesor tersebut. Terlihat dalam pengujian, AMD Athlon™ 3000G dapat mengungguli performa dari prosesor kompetitor yang memiliki harga lebih tinggi.

 

Performa Overclock AMD Athlon™ 3000G

Overclock Test

Menariknya, dari segala pengujian tersebut, bahkan AMD Athlon™ 3000G masih mempunyai jurus rahasia yang dapat meningkatkan performanya lebih tinggi lagi. Ya, berbeda dengan seri Athlon™ sebelumnya, kali ini AMD Athlon™ 3000G sudah dapat di-overclock. Pada pengujian kali ini, AMD Athlon™ 3000G di-overclock hingga 3.9GHz. Pengujian dilakukan kembali menggunakan 2 aplikasi editing foto dan video seperti Adobe Photoshop dan Adobe Premiere, kemudian diuji menggunakan 3 aplikasi benchmark seperti PCMark 10, Lame MP3 Encoder, dan Cinebench 1T.

Setelah di-overclock, performa yang dihasilkan oleh AMD Athlon™ 3000G menjadi lebih tinggi, terlihat pada aplikasi benchmark PCMark 10, performa yang dihasilkan meningkat hingga 85%. Diikuti dengan pengujian dari aplikasi Lame MP3 Encoder yang meningkat hingga 43%. Namun, pentingnya, semua pengujian tersebut memperlihatkan bahwa performa yang dihasilkan oleh AMD Athlon™ 3000G lebih tinggi daripada prosesor kompetitor yang memiliki harga lebih mahal.

 

Performa Tinggi Dengan Konsumsi Daya yang Rendah

TDP Athlon™ 3000G

Walaupun performa yang dihasilkan cukup tinggi, namun konsumsi daya yang dibutuhkan dapat dikatakan cukup rendah. Terbukti dari pengujian yang dilakukan oleh Murdockcruz, dengan TDP 35W, terbukti tak banyak yang diperlukan oleh AMD Athlon™ 3000G. Pada saat menjalankan aplikasi benchmark seperti Cinebench R20, Konsumsi daya yang diperlukan oleh AMD Athlon™ 3000G hanyalah sekitar 36W. Kemudian pada saat pengujian gaming, konsumsi daya hanya mencapai 31W saja. Dan pada saat dibiarkan dalam kondisi idle, AMD Athlon™ 3000G hanya memerlukan konsumsi daya sebesar 17W. Sangat hemat daya bukan?

 

Kesimpulan

AMD Athlon™ 3000G

AMD Athlon™ 3000G memang cocok untuk Anda yang ingin merakit PC berperforma tinggi dengan budget terbatas, karena sudah tidak memerlukan lagi kartu grafis diskrit. TDP 35W cukup menarik perhatian apabila dilihat dari segi performa yang dihasilkan. Serta kemampuan untuk overclock juga membuat performa yang dihasilkan bisa lebih tinggi lagi untuk memenuhi kebutuhan harian Anda, dimana tanpa di-overclock saja sudah dapat memainkan berbagai game eSports dengan lancar.

AMD Athlon™ 3000G tidak dapat dipungkiri lagi menjadi pilihan yang tepat karena bisa Anda dapatkan dengan harga dibawah 1 juta rupiah, tepatnya hanya dengan 800 ribu-an saja! Dengan harga terjangkau, Anda sudah bisa mendapatkan segala keuntungan yang diberikan oleh AMD Athlon™ 3000G beserta kartu grafis Radeon™ Vega 3 Graphics. Tertarik? Segera nantikan kehadiran prosesor AMD Athlon™ 3000G yang terjangkau namun memiliki performa tinggi ini di toko komputer terdekat di Indonesia!

Tinggalkan Balasan