fbpx

HP Pavilion Gaming 15: Tenaga AMD Siap Berikan Performa Gaming Banget!

Intro HP Pavilion Gaming 15

Gaming sudah merupakan suatu kegiatan yang tak dapat dipisahkan dari anak millenial jaman sekarang khususnya. Tak ayal, laptop gaming menjadi incaran para anak muda sebagai alternatif PC Desktop karena kemudahannya untuk dibawa berpergian. Namun, untuk mendapatkan performa yang tinggi dalam laptop gaming, juga harus dibarengi dengan pengeluaran budget yang sangat tinggi. Hal tersebut membuat banyak orang sulit untuk memiliki laptop berperforma tangguh. AMD, bekerja sama dengan HP memberikan sebuah jawaban bagi hal tersebut. Melalui inovasi terbarunya, laptop HP Pavilion Gaming 15 siap memberikan performa yang tangguh laptop gaming, namun dengan harga yang terjangkau di kelasnya.

Sudah ditenagai oleh AMD Ryzen™ 3000 H-Series hingga memori RAM yang dapat di-upgrade, tentunya multitasking serta performa yang diberikan tidak dapat diragukan lagi. Apalagi juga sudah disematkan penyimpanan berupa SSD, segala pembacaan data tentunya akan menjadi lebih cepat. Dengan layar IPS Full HD selebar 15.6”, serta dual-speaker dari Bang&Olufsen Play, pastinya dapat memanjakan mata dan telinga penggunanya. Tak sampai di situ, keyboard backlight dan desain laptop yang gaming banget, menjadikan laptop HP Pavilion Gaming 15 ini sebuah laptop gaming yang elegan. Lebih lengkap mengenai pengenalan HP Pavilion Gaming 15, Anda dapat melihat di artikel HP Pavilion Gaming 15: Laptop Gaming Harga Terjangkau dengan Jeroan Bukan Abal-Abal!

 

Spesifikasi HP Pavilion Gaming 15 Bertenaga AMD Ryzen™

Spesifikasi HP Pavilion Gaming 15

 

AMD Ryzen™ 3000 H-Series Siap Mempersenjatai HP Pavilion Gaming 15

AMD Ryzen™ H-Series

Hadir dengan 3 varian, laptop HP Pavilion Gaming 15 sudah ditenagai oleh AMD Ryzen™ 3000 H-Series. Seperti peruntukkannya, prosesor AMD Ryzen™ H-Series adalah seri yang dikhususkan untuk memberikan performa tinggi guna memenuhi kebutuhan akan gaming. Sudah menggunakan arsitektur “Zen+” yang dapat memberikan kecepatan lebih tinggi dari pendahulunya, hingga 4Ghz. Selain itu, AMD Ryzen™ H-Series juga sudah dilengkapi dengan kartu grafis Radeon™ Vega Graphics yang siap mendongkrak lebih tinggi lagi performa yang dihasilkan. Tentunya laptop HP Pavilion Gaming 15 bertenaga AMD Ryzen™ H-Series ini mampu melibas segala game kekinian, dan memenuhi segala kebutuhan gaming Anda. Lebih lengkap mengenai AMD Ryzen™ H-Series dapat Anda baca pada artikel AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen H-Series, Prosesor Berperforma Tinggi Untuk Laptop Gaming

 

Pengujian Benchmark

Pada pengujian benchmark dari laptop HP Pavilion Gaming 15 bertenaga AMD Ryzen™, Spesifikasi yang digunakan adalah laptop HP Pavilion Gaming 15-ec0002AX atau yang menggunakan AMD Ryzen™ 7 3750H beserta kartu grafis Nvidia GeForce GTX 1650.

 

Cinebench R15

Cinebench R15

Cinebench R15 adalah aplikasi benchmark yang mengukur performa dari CPU. Pada pengujian yang dilakukan, terlihat AMD Ryzen™ 7 3750H yang disematkan pada laptop HP Pavilion Gaming 15 ini mampu mendapatkan skor sebesar 791. Skor tersebut terbilang sangat tinggi apabila dibandingkan dengan prosesor sejenis di kelasnya. Tak ayal laptop HP Pavilion Gaming 15 dapat memberikan segala kebutuhan akan gaming Anda.

 

3DMark Fire Strike

3DMark FireStrike

Selanjutnya adalah pengujian menggunakan aplikasi 3DMark Fire Strike. Aplikasi 3DMark ini untuk mengukur benchmark dari performa prosesor dan kartu grafis. Seperti yang dijelaskan, laptop HP Pavilion Gaming 15 yang diuji sudah menggunakan AMD Ryzen™ 7 3750H (didukung oleh Radeon™ RX Vega 10 Graphics) serta kartu grafis diskrit Nvidia GeForce GTX 1650. Dari spesifikasi tersebut, didapatkan skor sebesar 8.454 pada pengujian Fire Strike.

3DMark FireStrike Extreme

Kemudian, juga dilakukan pengujian dengan Fire Strike Extreme, yang lebih menekan pengujian sekeras mungkin. Dari pengujian tersebut, AMD Ryzen™ 7 3750H (didukung oleh Radeon™ RX Vega 10 Graphics) dengan kartu grafis diskrit Nvidia GeForce GTX 1650 bisa memperoleh skor sebesar 4.313 pada pengujian Fire Strike Extreme. Sangat hebat bukan?

 

Blender

Blender

Blender adalah salah satu aplikasi benchmark yang menguji performa dari kartu grafis dalam me-render gambar. Dari pengujian yang dilakukan, berkat dukungan dari kartu grafis Radeon™ RX Vega 10 Graphics dan kartu grafis diskrit Nvidia GeForce GTX 1650, laptop HP Pavilion Gaming 15 bisa me-render gambar yang ditentukan oleh blender dengan waktu kurang dari 8 menit!

 

PCMark 10

PCMark 10

PCMark 10 adalah aplikasi benchmark yang menguji performa multitasking dari laptop tersebut. Berkat dukungan AMD Ryzen™ 7 3750H, laptop HP Pavilion Gaming 15 bisa mendapatkan skor sebesar 4.237! Skor ini terbilang tinggi mengingat harga yang diberikan cukup terjangkau. Tentunya sudah terbukti sangat mumpuni untuk segala kegiatan multitasking, hingga editing maupun rendering.

 

Pengujian Game

Selain pengujian menggunakan aplikasi benchmark, pastinya banyak juga dari Anda yang bertanya-tanya bagaimana performanya dalam bermain game? Berikut adalah hasil pengujian dari beberapa game terkenal seperti, Battlefield V, Shadow of The Tomb Raider, dan Farcry 5.

 

Battlefield V

Battlefield V

Battlefield V Ultra

Siapa yang tidak tahu game First-Person Shooter satu ini? Ya, Battlefield V adalah game bertema perang dunia yang cukup digandrungi saat ini oleh para penikmat game. Pada pengujian yang dilakukan, laptop HP Pavilion Gaming 15 dapat melibas game Battlefield V pada grafis Ultra (1920×1080) mencapai 51FPS berkat tenaga dari AMD Ryzen™ 7 3750H yang disematkan.

Battlefield V High

Merasa kurang dengan FPS yang dihasilkan? Kalian dapat mengoptimalkan grafis namun juga memanjakan mata dengan menggunakan pengaturan grafis High (1920×1080) yang dapat mencapai 69FPS.

Battlefield V Medium

Jika Anda adalah termasuk penikmat game FPS yang mementingkan segi FPS daripada grafis, maka pengaturan Medium memang cocok. Berkat performa dari AMD Ryzen™ 7 3750H didukung oleh Radeon™ RX Vega 10 Graphics serta kartu grafis diskrit Nvidia GeForce GTX 1650, pada pengaturan grafis Medium dapat mencapai hingga 81FPS! FPS tersebut terbilang tinggi mengingat rata-rata FPS yang dibutuhkan oleh para gamer adalah sekitar 60FPS untuk dikatakan nyaman dimainkan. Semua pengujian tersebut masih dapat ditingkatkan lagi FPSnya, misalkan dengan cara menurunkan resolusi, maupun menurunkan lagi kualitas grafis yang diperlukan.

 

Shadow of The Tomb Raider

SOTR

SOTR High

Game action-adventure satu ini memang cukup menjadi buah bibir pada saat menjelang perilisannya. Shadow of The Tomb Raider, game yang merupakan sekuel dari Rise of The Tomb Raider memang membutuhkan spesifikasi yang tinggi untuk menjalankannya. Namun hal tersebut bukanlah sebuah masalah bagi laptop HP Pavilion Gaming 15 yang ditenagai oleh AMD Ryzen™ 7 3750H. Dengan menggunakan pengaturan grafis High (1920×1080), HP Pavilion Gaming 15 yang dipersenjatai oleh AMD Ryzen™ 7 3750H, dapat melibas game ini hingga rata-rata 39FPS! Hal tersebut tentunya dapat ditinggikan lagi dengan mengoptimalkan kualitas grafis dan resolusi.

 

Far Cry 5

Far Cry 5

Far Cry 5 High

Game yang terakhir adalah Far Cry 5, merupakan game bergenre First-Person Shooter yang dirilis pada tahun 2018 silam. Game ini cukup membutuhkan spesifikasi yang mumpuni agar lancar dalam menjalankannya. Dengan menggunakan laptop HP Pavilion Gaming 15 yang sudah dipersenjatai dengan AMD Ryzen™ 7 3750H, terbukti game Far Cry 5 dapat dilibas dengan pengaturan grafis High (1920×1080) hingga 68FPS! Menarik bukan?

 

Kesimpulan

Kesimpulan HP Pavilion Gaming 15

Laptop HP Pavilion Gaming 15 dapat dikatakan laptop gaming yang terjangkau. Sudah ditenagai oleh AMD Ryzen™ 3000 H-Series beserta kartu grafis diskrit, HP Pavilion Gaming 15 siap untuk menjalankan segala aktivitas multimedia maupun gaming berat sekalipun. Hadir dengan 3 varian yang dapat disesuakin dengan kebutuhan maupun budget Anda, HP Pavilion Gaming 15 dapat Anda dapatkan mulai dari 9 jutaan saja!

Harga sekian terbilang sangat terjangkau, mengingat dengan semua fitur maupun spesifikasi yang didapatkan. Dengan memori RAM yang dapat di-upgrade, hingga memori penyimpanan yang sudah menggunakan SSD, tentunya membuat kegiatan multitasking menjadi lebih lancar. Belum lagi ditambah dengan layar IPS Full HD selebar 15.6” serta dukungan audio dual-stereo dari Bang&Olufsen Play yang memanjakan mata maupun telinga. Tentunya laptop HP Pavilion Gaming 15 bertenaga AMD Ryzen™ ini sangat cocok untuk Anda para pencari laptop gaming yang terjangkau, namun tetap memberikan performa yang ciamik untuk bermain game.

Latest articles

Related articles

Leave a Reply