Thumbnail MSI Alpha 15

MSI Alpha 15: Laptop Gaming Berteknologi 7nm Pertama yang Dapat Melibas Game AAA di Resolusi Full HD Tanpa Hambatan!

MSI Alpha 15 Intro

Teknologi, sebuah kategori yang harus berkembang pesat karena manusia dituntut untuk lebih cepat. Memudahkan, semakin tinggi teknologi, maka semakin mudah juga pekerjaan manusia. AMD pun dengan cepat berusaha untuk memenuhi segala kebutuhan dari teknologi masa kini, termasuk pada pangsa laptop. Beragam pilihan laptop dengan prosessor AMD Ryzen™ dan Radeon™ Vega terus bermunculan. Dan pada akhir 2019 ini, AMD bekerja sama dengan MSI menghasilkan sebuah laptop gaming pertama dengan teknologi 7nm, MSI Alpha 15. Ditenagai oleh AMD Ryzen™ 7 3750H dan kartu grafis Radeon™ RX 5500M, yang sudah mengenyam fabrikasi 7nm, tentunya dapat memberikan performa tinggi serta konsumsi daya yang lebih rendah.

Memiliki layar selebar 15.6” IPS Full HD dengan refresh rate hingga 144Hz, serta dukungan berbagai macam fitur seperti AMD FreeSync™, AMD FidelityFX, dan Radeon™ Anti-Lag. Tak lupa juga keyboard yang sudah dilengkapi dengan per-key RGB, yang warnanya dapat disesuaikan dengan keadaan di dalam game. Untuk segi suara juga MSI Alpha 15 juga sudah dilengkapi dengan speaker yang 5x lebih besar dari laptop pada umumnya untuk memberikan pengalaman gaming yang lebih menegangkan.

Baca  kehebatan MSI Alpha 15 selengkapnya pada artikel MSI Alpha 15: Laptop Gaming Masterpiece Pertama dengan Teknologi 7nm dari AMD!

 

Dengan jeroan premium berperforma #BeneranCepat, pasti banyak yang ingin tahu bagaimana dengan performanya dalam melibas berbagai kegiatan komputasi?

 

Spesifikasi MSI Alpha 15

Spesifikasi MSI Alpha 15

 

Pengujian Aplikasi Benchmark

Pada pengujian kali ini, kami menggunakan varian MSI Alpha 15 A3DD bertenaga prosessor AMD Ryzen™ 7 3750H dengan kartu grafis Radeon™ RX 5500M.

Cinebench R15

Cinebench R15

Cinebench R15 merupakan aplikasi benchmark yang mengukur seberapa tinggi performa dari prosesor yang diuji. Alhasil, prosesor AMD Ryzen™ 7 3750H yang disematkan di MSI Alpha 15 bisa mendapatkan skor sebesar 781. Skor tersebut terbilang besar dikelasnya mengingat laptop MSI Alpha 15 merupakan laptop gaming-on-budget yang terjangkau.

 

Blender

Blender BMW Scene MSI Alpha 15

Lanjut dari Cinebench R15, beralih ke Blender. Blender adalah aplikasi rendering 3D yang sering digunakan untuk membuat film animasi, efek visual, ataupun model 3D. Dalam pengujiannya, MSI Alpha 15 berhasil merender BMW Scene yang cukup kompleks dengan waktu 8 menit 27 detik saja.

 

PCMark

PC MARK 10 MSI Alpha 15

PCMark digunakan untuk mengetes kemampuan menyeluruh dari sebuah komputer. Kali ini, pengujian dilakukan pada laptop MSI Alpha 15 mampu mendapatkan skor sebesar 4.411! Memiliki skor produktivitas yang tinggi, mengartikan MSI Alpha 15 sangat mumpuni untuk memenuhi segala kegiatan multitasking.

 

3DMark FireStrike

3DMark FireStrike MSI Alpha 15

3DMark FireStrike adalah aplikasi benchmark yang mengukur performa dari sebuah kartu grafis. Radeon™ RX 5500M yang disematkan pada MSI Alpha 15 ini pun bisa mencapai skor sebesar 10.346! Dengan kata lain, kegiatan olah grafis sangatlah lancar tanpa hambatan!

 

Pengujian Game

Pengujian dilakukan dengan menjalankan berbagai macam game berat masa kini, seperti Borderlands 3, Battlefield V, Shadow of The Tomb Raider, dan Far Cry 5 dengan menggunakan DirectX 12.

Borderlands 3

Borderlands 3

Borderland 3 medium

Borderlands 3 adalah game ber-genre Role Playing First-Person Shooter yang dipublikasi oleh 2K Games pada September 2019 lalu. Game ini merupakan game kekinian yang membutuhkan spesifikasi mumpuni untuk menjalankannya. Namun hal ini bukanlah masalah bagi MSI Alpha 15, karena berkat gabungan antara AMD Ryzen™ 7 3750H serta Radeon™ RX 5500M, game ini dapat dilibas hingga lebih dari 60 FPS pada kualitas grafis Medium di resolusi Full HD 1080p.

 

Battlefield V

Battlefield V

Battlefiel 5 DX12 Ultra HDR Enabled

Gamers mana yang tak kenal game bergenre First-Person Shooter yang satu ini. Game bertema perang dunia ini memang dikatakan memiliki grafis keren dan detail. Dengan efek-efek perang dan ledakan-ledakan yang detail membuat game ini menuntut spesifikasi yang cukup berat. MSI Alpha 15, mampu melibas game ini dengan ciamik hingga lebih dari 70 FPS pada pengaturan grafis Ultra! Tentunya di resolusi Full HD 1080p. Sangat menakjubkan bukan?

 

Shadow of The Tomb Raider

Shadow of The Tomb Raider

SOTR DX12 High dual channel

Sekuel dari game Rise of The Tomb Raider ini merupakan seri yang cukup demanding. Terlihat dari kualitas grafis yang bukan main-main, pastinya membutuhkan spesifikasi yang mumpuni untuk menjalankan game ini dengan mulus. Berkat kombinasi prosesor #BeneranCepat dan kartu grafis berteknologi 7nm dari AMD Ryzen™ 7 3750H serta Radeon™ RX 5500M, meski menggunakan pengaturan grafis High, MSI Alpha 15 mampu menjalankan game ini dengan mulus pada rata-rata 61 FPS pada resolusi Full HD 1080p.

 

Far Cry 5

Far Cry 5

Far Cry 5 High

Dirilis pada tahun 2018 lalu, game ber-genre First-Person Shooter ini memiliki grafis yang memukau dan memerlukan spesifikasi yang cukup tinggi. Namun, hal tersebut bukan perkara bagi MSI Alpha 15 bertenaga AMD Ryzen™. Buktinya, pada pengaturan grafis High di resolusi Full HD 1080p, MSI Alpha 15 dapat melibas game ini hingga 72 FPS! Angka yang dapat dikatakan nyaman untuk dimainkan.

 

Kesimpulan

MSI Alpha 15

Sesuai dengan titel yang diberikan oleh MSI kepada MSI Alpha 15, Laptop gaming pertama dengan teknologi 7nm. Sudah seharusnya memberikan performa yang ciamik serta menjadi “Alpha” dalam kelas laptop gaming. Maka dari itu, untuk urusan gaming, tidak perlu diragukan lagi. Dengan tenaga AMD Ryzen™ 7 3750H serta Radeon™ RX 5500M, segala macam game dapat dilibas dengan lancar oleh MSI Alpha 15. Memori RAM yang dapat di-upgrade serta penyimpanan yang sudah menggunakan SSD, tentu membuat komputasi dan multitasking pada MSI Alpha 15 menjadi lebih maksimal.

Layar selebar 15.6” IPS Full HD dengan refresh rate hingga 144Hz dan dukungan AMD FreeSync™ juga melengkapi kebutuhan akan gaming pada laptop ini. Tak hanya itu, ada pula fitur AMD FidelityFX dan Radeon™ Anti-Lag yang turut serta memperlancar dan memaksimalkan pengalaman gaming penggunanya. Sesuai dengan julukannya, laptop gaming-on-budget, Anda sudah bisa memiliki beragam performa dan fitur yang melimpah tersebut mulai dari 13 Juta Rupiah saja! Menarik bukan? Segera dapatkan laptop MSI Alpha 15 bertenaga AMD Ryzen™ ini di toko komputer terdekat Anda!

 

Catatan Kaki: Pembelian laptop MSI Alpha 15 bertenaga AMD Ryzen™ pada periode 30 September 2019 hingga 31 Desember 2019 bisa mendapatkan promo bonus game antara Borderlands 3 atau Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint. Selengkapnya, silahkan kunjungi www.amd-id.com/promogames2019.

Leave a Reply