Intro Athlon 3000

AMD Athlon™ 3000 Series Mobile: Prosesor Mobile Mainstream Rasa Premium

Intro Athlon 3000

Sepanjang tahun 2019 lalu, AMD telah merilis berbagai macam produk dengan gebrakan-gebrakan teknologinya seperti AMD Ryzen™ 3000 Series dengan teknologi 7nm pertama pada desktop, AMD Ryzen™ H-Series prosesor khusus gaming pada laptop, dan masih banyak lagi. Tapi, nampaknya hal tersebut belum membuat AMD puas untuk tetap memberikan gebrakan baru dalam dunia teknologi. Awal tahun 2020, tepatnya pada CES 2020 kemarin, AMD membuat kejutan baru pada dunia teknologi dengan merilis AMD Ryzen™ 4000 Desktop, serta prosesor mobile pertama dengan teknologi 7nm, AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series.

Selain merilis AMD Ryzen™ Mobile 4000 Series pada CES 2020 kemarin, ternyata AMD juga merilis seri terbaru dari prosesor Athlon™, yakni AMD Athlon™ 3000 Series untuk platform mobile. Prosesor mainstream dari AMD namun memiliki fitur modern dan premium, serta memiliki penggunaan daya yang rendah untuk pemakaian baterai tahan lama.

Varian AMD Athlon™

AMD Athlon™ 3000 Series hadir dalam 2 varian, yaitu AMD Athlon™ Gold 3150U (2Cores/4Threads) yang memiliki clock speed sebesar hingga 3.3GHz, serta AMD Athlon™ Silver 3050U (2Cores/2Threads) yang memiliki clock speed hingga 3.2GHz. Keduanya sama-sama memiliki TDP sebesar 15W.

AMD Athlon™ Gold 3150U dilengkapi dengan 3 Compute Unit AMD Radeon™ Graphics yang setara dengan 192 Stream Prosesor yang berjalan pada kecepatan 1000MHz. Sedangkan untuk AMD Athlon™ Silver 3050U dilengkapi dengan 2 Compute Unit AMD Radeon™ Graphics yang setara dengan 128 Stream Prosesors yang berjalan pada kecepatan 1100MHz.

Fitur AMD Athlon™ 3000 Series

AMD Athlon™ Mobile 3000 Series tentunya bukan sekadar prosesor mainstream biasa. Sudah dilengkapi dengan berbagai fitur modern nan-premium dengan konsumsi daya yang rendah sehingga pemakaian baterai menjadi lebih tahan lama, sangat cocok unutk para pelajar maupun pekerja yang membutuhkan laptop handal guna mendukung kegiatan hariannya. Adapun beberapa fitur premium yang bisa Anda nikmati adalah fitur Fast Startup, pengguna tentunya akan merasakan pengalaman booting Windows yang cukup cepat denagn fitur ini, sehingga memangkas waktu yang terbuang hanya untuk menyalakan laptop. Sedangkan dari segi keamanan, AMD Athlon™ Mobile 3000 Series juga sudah mendukung fitur Windows Hello, sebuah fitur membuka kunci dengan menggunakan wajah, jadi keamanan dari laptop yang ditenagai oleh AMD Athlon™ satu ini pastinya sangat terjaga. Fitur-fitur lain dari sistem operasi terbaru Windows 10 juga telah didukung sepenuhnya oleh AMD Athlon™ Mobile 3000 Series.

AMD Athlon™ Gold 3150U Benchmark

Lantas bagaimana dengan performanya? Temtu tidak perlu diragukan lagi, pasalnya berdasarkan pengujian dengan menggunakan prosesor AMD Athlon™ Gold 3150U, prosesor ini dapat menghasilkan nilai yang cukup memuaskan pada aplikasi benchmark ternama. Sebut saja performa dari AMD Athlon™ Gold 3150U bisa mengungguli prosesor kompetitor sekelas hingga 90% pada pengujian menggunakan 3DMark FireStrike! Sedangkan pada pengujian lainnya, hasil yang didapatkan lebih besar dari 39% dari kompetitor sekelas.

 

Kesimpulan

Kesimpulan Athlon

AMD Athlon™ Mobile 3000 Series merupakan prosesor mobile yang dirilis oleh AMD untuk pasar mainstream. Menampilkan performa tertinggi di kelas harganya serta memiliki konsumsi daya yang rendah guna pemakaian dengan baterai yang tahan lama, sangat cocok untuk Anda para pelajar maupun pekerja yang sering membawa laptop berpergian.

Hadir dengan dua pilihan, AMD Athlon™ Gold 3150U dengan 2 Cores 4 Threads dan AMD Athlon™ Silver 3050U dengan 2 Cores 2 Threads, Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan komputasi Anda. Walaupun termasuk dalam prosesor harga terjangkau, fitur yang disematkan tidak dapat diremehkan. Dengan fitur premium seperti dukungan UBS-C, Windows Hello, Fast Startup, Touch Capacitive, serta mendukung fitur premium lainnya yang ada pada Windows 10, tentu saja membuat prosesor satu ini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang mengingkan laptop tanpa merogoh kocek terlalu dalam. Jadi bagaimana? Tertarik memiliki laptop dengan prosesor satu ini? Nantikan kehadirannya segera di Indonesia!

Leave a Reply