intro 9 3950X

AMD Ryzen™ 9 3950X, Raja Baru Prosesor Mainstream!

intro 9 3950X

Perkembangan teknologi, khususnya dalam komponen prosesor memang sudah meningkat tajam. Semakin banyaknya Core dalam prosesor tentu menjadi daya tarik sendiri agar proses komputasi menjadi lebih lancar. Terbaru ini, AMD meluncurkan prosesor mainstream terbarunya, AMD Ryzen™ 9 3950X. Seri Ryzen™ yang satu ini memang spesial, karena merupakan prosesor mainstream pertama yang memiliki 16 cores serta 32 threads!

Sudah menganut teknologi fabrikasi 7nm, tentu saja menjadikan prosesor ini mempunyai performa yang sangat ciamik dibandingkan dengan pendahulunya. Seri AMD Ryzen™ 9 3950X ini dapat dikatakan seri prosesor High-end karena berada tepat dibawah prosesor AMD Ryzen™ Threadripper 3960X. Jelasnya, dengan TDP sekitar 105W, serta clock speed sebesar 3.5GHz (dapat di-boost hingga 4.7GHz), pastinya AMD Ryzen™ 9 3950X saat ini menjadi seri prosesor mainstream terkuat di dunia.

 

Spesifikasi AMD Ryzen™ 9 3950X

Spesifikasi Ryzen 9 3950X

 

Performa yang Lebih Ciamik Dibandingkan Pendahulunya

Test Cinebench R20 Single Thread

Sebagai prosesor terkuat di dunia untuk saat ini, tentu saja performanya dapat dikatakan bukan main-main. Dibandingkan dengan pendahulunya, pada pengujian menggunakan aplikasi benchmark Cinebench R20 (Single Thread), AMD Ryzen™ 9 3950X dapat melampaui performa dari pendahulunya hingga 22%, angka tersebut merupakan lompatan performa yang cukup mantap.

Gaming Test

Untuk performa dalam bermain game tentunya tidak perlu diragukan lagi. AMD Ryzen™ 9 3950X dengan berani diuji berbandingan dengan prosesor yang memiliki harga hampir 2 kali lipat lebih tinggi. Hasilnya? Dengan pengaturan resolusi 1080p, AMD Ryzen™ 9 3950X dapat melampaui FPS yang dicapai dari segala prosesor tersebut. Game-game mulai dari eSports hingga game AAA kekinian, semua dapat dilibas hingga lebih dari 100FPS!

Benchmark Test Ryzen 9 3950X

Jangankan gaming, AMD Ryzen™ 9 3950X juga terbilang sangat mumpuni dalam menjalankan segala kegiatan kreasi konten. Masih dibandingkan dengan prosesor kompetitor yang memiliki harga jauh di atasnya, AMD Ryzen™ 9 3950X dapat dengan sangat mudah mengalahkan performa prosesor kompetitor tersebut. Salah satunya pada pengujian Cinebench R20 yang dilakukan, prosesor kompetitor yang sejenis dapat dengan mudahnya dikalahkan performanya hingga 79% lebih tinggi. Sangat mantap sekali bukan prosesor satu ini?

Watt Eficiency Test

Walaupun memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan prosesor performa tinggi milik kompetitor, bukan berarti penggunaan daya dari AMD Ryzen™ 9 3950X menjadi lebih tinggi juga. Dalam pengujian yang dilakukan menggunakan aplikasi Cinebench R20 nT, AMD Ryzen™ 9 3950X memiliki penggunaan daya yang jauh lebih rendah dibandingkan prosesor kompetitor, mencapai hingga selisih 131W! Performa yang dihasilkan per Watt-nya juga lebih baik, hingga 2.34 kali lebih tinggi  dibandingkan dengan kompetitor! Sebuah hasil yang menggemparkan dunia teknologi prosesor.

Optimized for Liquid Cooling

Suhu yang meningkat saat menggunakan prosesor performa tinggi merupakan hal yang tidak dapat dipungkiri. Demi menjaga kestabilan suhu, dan memaksimalkan performa yang dihasilkan oleh AMD Ryzen™ 9 3950X, disarankan bagi kamu yang ingin menggunakan prosesor satu ini untuk mendampinginya dengan Liquid Cooling berkualitas tinggi.

Eco Mode 9 3950X

AMD Ryzen™ 9 3950X juga dapat diatur ke dalam mode Eco dengan menggunakan Ryzen™ Master Software. Walaupun dikatakan mode Eco, selain berdampak pada penggunaan dayanya menjadi lebih hemat, dan dengan suhu yang terbilang lebih dingin, namun performanya tidak terpaut jauh. Dengan mode Eco, performa yang dihasilkan sebesar 77% dari performa aslinya sehingga tidak terlalu mempengaruhi produktivitas Anda, namun dengan keuntungan suhu yang lebih terjaga dan daya listrik menjadi lebih hemat.

 

Kesimpulan

AMD Ryzen™ 9 3950X

AMD Ryzen™ 9 3950X, prosesor yang menjadi rajanya kelas mainstream ini tidak hanya sekedar kata-kata. Bukti performa yang sudah valid juga patut dipertimbangkan. Sudah memiliki 16 Cores 32 Threads, serta sudah menggunakan fabrikasi 7nm, tentu saja tidak perlu diragukan lagi atas performa per watt yang sangat efisien di kelasnya. Memiliki performa gaming yang lebih tinggi dibandingkan dengan prosesor kompetitor sekelas, serta performa yang lebih tinggi hingga 27% untuk kreasi konten dibandingkan dengan prosesor kompetitor yang memiliki harga hampir 2 kali lebih tinggi, menjadikan AMD Ryzen™ 9 3950X sebagai pilihan untuk produktivitas dan kegiatan hiburan sekalipun.

Selain itu, AMD Ryzen™ 9 3950X juga sudah sangat cocok untuk dipasangkan dengan motherboard X570, karena sudah dilengkapi dengan dukungan PCIe 4.0 untuk performa yang lebih responsif. Selain itu, AMD Ryzen™ 9 3950X juga sudah dilengkapi dengan fitur Eco mode yang tentunya menjadikan konsumsi daya lebih rendah lagi dengan suhu yang lebih stabil, namun performa yang dihasilkan tidak menurun terlalu jauh. Prosesor AMD Ryzen™ 9 3950X tentunya sangat siap memberikan performa yang lebih ciamik dibandingkan dengan prosesor kompetitor sekelas, bahkan yang lebih mahal sekalipun. Bahkan, ada bonus game juga di setiap pembelian prosesor ini mulai 30 September 2019 – 15 Februari 2020 mendatang, lho! Jadi, tertarik untuk mencoba raja prosesor mainstream satu ini? Segera dapatkan di toko-toko terdekat di kota Anda.

Tinggalkan Balasan