Kesimpulan ACER Nitro 5

Acer Nitro 5: Tenaga AMD Ryzen™ Lesatkan Performa Laptop Gaming Setara PC Desktop

Intro ACER Nitro 5

Di tengah maraknya aktivitas bermain game, laptop gaming pun menjadi incaran generasi milenial jaman sekarang. Dengan performa yang tinggi, tentu dapat memenuhi segala kebutuhan komputasi maupun gaming dari para penggunanya. Dan grafik yang bagus serta proses komputasi yang cepat, pastinya sudah menjadi standar utama untuk kelas laptop gaming. Sehubungan dengan kebutuhan tersebut, AMD bersama ACER telah mengeluarkan sebuah laptop gaming dengan ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 3000 H-Series dan kartu grafis diskrit Radeon™ RX Series, yakni ACER Nitro 5 yang hadir dalam 3 varian. Dengan perpaduan tersebut, tentunya laptop gaming satu ini dapat memberikan pengalaman komputasi yang ciamik, seperti bermain game AAA, rendering video, maupun editing foto/video dengan lancar tanpa hambatan.

Hal ini tentunya berkat Prosesor AMD Ryzen™ H-Series yang memang dikhususkan untuk memberikan performa gaming kelas atas. Terbukti dengan performanya yang lebih tinggi hingga 18% dibandingkan dengan pendahulunya. Serta kartu grafis yang disematkan juga memiliki performa setara kartu grafis desktop dengan TDP yang disesuaikan.

Tak sampai di situ, ACER Nitro 5 masih dapat di-upgrade dengan menggunakan RAM dual-channel supaya kegiatan multitasking menjadi lebih lancar. Dukungan dual-storage pada media penyimpanan juga memaksimalkan performa yang diberikan dan kapasitas penyimpanan yang lega untuk mengisi segala kebutuhan game Anda. Selain itu, demi meningkatkan pengalaman gaming, ACER Nitro 5 bertenaga AMD Ryzen™ 3000 H-Series ini sudah dilengkapi dengan layar IPS selebar 15.6” Full HD untuk memanjakan mata penggunanya. Bila Anda ingin mengetahui lebih lengkap mengenai pengenalan laptop ACER Nitro 5 yang ditenagai AMD Ryzen™ 3000 H-Series ini, Anda dapat membaca di artikel ACER Nitro 5 Ditenagai AMD Ryzen™ H-Series, Gaming dan Multitasking Lancar Terus!

 

Spesifikasi Laptop Acer Nitro 5 Bertenaga AMD Ryzen™ 3000 H-Series

Spesifikasi ACER Nitro 5

 

Hasil Pengujian

Ditenagai Ryzen™ 5 3550H dan Radeon RX 560X

Dalam pengujian kali ini, varian laptop yang digunakan adalah ACER Nitro 5 bertenaga AMD Ryzen™ 5 3550H (dengan Radeon™ Vega 8 Graphics) dan kartu grafis diskrit Radeon™ RX 560X. Pengujian dilakukan menggunakan berbagai aplikasi benchmark seperti Cinebench R15, 3DMark, serta Blender BMW Scene. Berikut adalah hasil pengujian benchmark sintetis yang telah dilakukan oleh Jagat Review.

 

Benchmark Sintetis

Cinebench R15

Cinebench R15 adalah software pengujian benchmark yang mengukur kemampuan dari rendering CPU. Pada kesempatan kali ini, ACER Nitro 5 bertenaga AMD Ryzen™ 3000 H-Series diuji dengan menggunakan skenario single-core dan multi-core oleh Jagat Review.

Single-Core

Cinebench R15 SC

Pada pengujian single-core, AMD Ryzen™ 5 3550H dapat mencapai skor Cinebench R15 hingga 146.  Hal tersebut dapat dikatakan cukup tinggi melihat skor yang didapatkan hampir menyamai prosesor desktop.

Multi-Core

Cinebench R15 MC

Dari single-core, dilanjutkan dengan pengujian  multi-core. Pada multi-core, terlihat peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, skor yang didapatkan adalah sebesar 785 untuk menggunakan RAM dual-channel dan 781 untuk menggunakan RAM single-channel. Skor tersebut terlihat dapat mengalahkan skor dari kompetitor pada kelas yang sama dengan cukup jauh.

 

3DMark Graphics Score

3DMark Graphics Score

3DMark merupakan aplikasi pengujian yang mensimulasikan beban kerja sebuah game dan yang diuji adalah kartu grafisnya. Pengujian dilakukan dua kali dengan tipe 3DMark Time Spy (menggunakan DX12) dan 3DMark Fire Strike (menggunakan DX11). Terlihat pada 3DMark Time Spy, performa ACER Nitro 5 berkat dukungan kartu grafis diskrit Radeon™ RX 560X cukup menyamai skor performa dari kompetitor kelas sejenis. Kemudian, pada pengujian 3DMark Fire Strike yang menggunakan DX11, Radeon™ RX 560X yang tertanam di ACER Nitro 5 dapat melampaui skor performa dari kartu grafis diskrit kompetitor sejenis.

 

Blender BMW Render Test

Blender BMW Render Test

Blender merupakan software 3D Rendering yang juga digunakan untuk mengukur kemampuan dari prosesor. Berdasarkan pengujian yang telah dilakukan Jagat Review, terlihat bahwa waktu yang dibutuhkan untuk merender gambar pengujian jauh lebih cepat daripada pendahulunya. Kemudian juga dapat dilihat bahwa performa rendering dari AMD Ryzen™ 5 3550H yang mensenjatai laptop ACER Nitro 5 juga dapat menyamai performa rendering dari prosesor APU desktop yang memiliki TDP lebih besar.

 

Benchmark Game

Setelah pengujian benchmark sintetis yang dilakukan pada beberapa aplikasi, saatnya untuk menguji performa laptop ACER Nitro 5 yang ditenagai oleh AMD Ryzen™ 5 3550H serta kartu grafis diskrit Radeon™ RX 560X dalam mengolah grafis game. Game yang akan dijalankan dalam pengujian ini adalah Counter Strike: Global Offensive, DotA 2, Grand Theft Auto V, dan Shadow of The Tomb Raider.

Counter Strike: Global Offensive

Counter Strike Global Offensive

Konfigurasi Performa
CS:GO 1080p, Very Low, Single-Channel ~ 161 avg. FPS
CS:GO 1080p, Very Low, Dual-Channel ~ 200 avg. FPS

Counter Strike: Global Offensive merupakan game multiplayer First-Person Shooter (FPS) yang termasuk dalam game eSports populer. Bahkan game yang akrab disebut CS:GO ini seringkali menjadi ajang pertandingan eSports internasional. Performa yang tinggi tentu sangat diperlukan dalam bermain game ini agar meningkatkan skill maupun kenyamanan bermain. Laptop ACER Nitro 5 bertenaga AMD Ryzen™ 5 3550H serta kartu grafis diskrit Radeon™ RX 560X, dapat melibas game ini hingga rata-rata 161 FPS pada pengaturan grafis Very Low dan RAM single-channel. Kemudian, dengan menggunakan RAM dual-channel, FPS naik menjadi rata-rata 200 FPS pada pengaturan grafis Very Low.

 

DotA 2DotA 2

Konfigurasi Performa
DotA 2 1080p, Fastest, Single-Channel ~ 81 avg. FPS
DotA 2 1080p, Fastest, Dual-Channel ~ 100 avg. FPS

Dota 2 merupakan game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang dikembangkan oleh Valve. Game yang setiap tahunnya mengadakan turnamen internasional dengan hadiah yang bukan main ini dapat dikatakan membutuhkan spesifikasi yang mumpuni. Laptop ACER Nitro 5 yang sudah disenjatai oleh AMD Ryzen™ 5 3550H ini tentunya dapat melibas game DotA 2 dengan pengaturan grafis Fastest dan resolusi 1080. Dengan RAM single-channel, ACER Nitro 5 bertenaga AMD Ryzen™ ini bisa mendapatkan rata-rata hingga 81 FPS. Kemudian dapat melibas hingga rata-rata 100 FPS dengan RAM dual-channel.

 

Grand Theft Auto V

Grand Theft Auto V

Konfigurasi Performa
GTA V 1080p, High, Single-Channel ~ 64 avg. FPS
GTA V 1080p, High, Dual-Channel ~ 70 avg. FPS

GTA V merupakan game action-adventure yang dikembangkan oleh Rockstar dan dirilis pada tahun 2015 silam. Game yang merupakan seri lanjutan dari judul terkenal, Grand Theft Auto ini memang dikatakan membutuhkan spesifikasi yang cukup berbobot agar dapat lancar dalam memainkannya. Namun, berkat dukungan dari tenaga AMD Ryzen™ 5 3550H serta kartu grafis diskrit Radeon™ RX 560X, ACER Nitro 5 dapat melibas game ini hingga rata-rata 64 FPS dengan pengaturan grafis High serta RAM single-channel. Kemudian dapat mencapai rata-rata 70 FPS dengan RAM dual-channel. Sangat hebat bukan?

 

Assassin’s Creed: Odyssey

Assassin's Creed Odyssey

Konfigurasi Performa
Assassin’s Creed: Odyssey 1080p, Low, Single-Channel ~ 34 avg. FPS
Assassin’s Creed: Odyssey 1080p, Low, Dual-Channel ~ 44 avg. FPS

Assassin’s Creed: Odyssey adalah game bergenre action role-playing yang dirilis oleh Ubisoft pada tahun 2018 silam. Game ini adalah penerus dari salah satu game sukses yang berjudul Assassin’s Creed Origins. Permainan ini cukup dipuji salah satunya karena grafis yang memukau. Tampilan grafis ala perang Romania jaman dahulu yang membutuhkan detail dan gambaran ciamik ini tentunya juga memerlukan spesifikasi yang tinggi. ACER Nitro 5, karena sudah ditenagai oleh AMD Ryzen™ 5 3550H serta kartu grafis diskrit Radeon™ RX 560X, dapat melibas game ini dengan resolusi 1080p dan pengaturan grafis Low hingga rata-rata 34 FPS pada RAM single-channel. Kemudian dapat mencapai rata-rata 44 FPS pada RAM dual-channel.

 

Shadow of The Tomb Raider

Shadow of The Tomb Raider

Konfigurasi Performa
Shadow of The Tomb Raider 1080p, Low, Single-Channel ~ 47 avg. FPS
Shadow of The Tomb Raider 1080p, Low, Dual-Channel ~ 48 avg. FPS

Shadow of The Tomb Raider, game dari Square Enix yang merupakan sekuel dari Rise of The Tomb Raider ini rilis pada tahun 2018 lalu. Game ini pada saat menjelang maupun sesudah perilisannya mendapatkan apresiasi yang tinggi dari para penikmat game ber-genre action-adventure. Bagaimana tidak, game ini memiliki detail grafis dan tampilan yang memukau. Bahkan, disebut-sebut untuk memainkan game ini, dibutuhkan spesifikasi yang high-end karena grafisnya yang sangat ciamik. Namun, hal tersebut bukanlah tak mungkin bagi ACER Nitro 5. Karena sudah dibekali dengan AMD Ryzen™ 5 3550H dan kartu grafis Radeon™ RX 560X, game ini dapat dilibas pada resolusi 1080p dan pengaturan grafis Low. Pada RAM single-channel, game ini dapat berjalan hingga rata-rata 47 FPS. Tak berbeda jauh pada RAM dual-channel yang bisa mendapatkan hingga rata-rata 48 FPS. Keren sekali bukan?

 

Kesimpulan

Kesimpulan ACER Nitro 5

Laptop ACER Nitro 5 bertenaga AMD Ryzen™ 3000 H-Series memang cocok dikatakan sebagai laptop gaming terkini dengan harga terjangkau. Sudah disematkan juga kartu grafis diskrit Radeon™ RX 560X yang siap mendongkrak lebih tinggi lagi performa yang dihasilkan, tentunya menjadi lebih siap untuk melibas segala macam game. Selain itu, RAM yang dapat di-upgrade juga memberikan kemudahan bagi para penggunanya untuk menyesuaikan sesuai kebutuhan guna mendapatkan performa multitasking yang lebih mantap.

ACER Nitro 5 juga sudah dilengkapi dengan layar 15.6” IPS Full HD yang tentunya akan memaksimalkan pengalaman bermain game. Apalagi fitur-fitur yang disematkan dalam laptop ACER Nitro 5 ini sangat mendukung dalam bermain game. Salah satunya adalah ACER CoolBoost yang dapat menstabilkan suhu pada saat bermain game sekalipun. Dengan itu, sudah pasti segala kegiatan komputasi, bermain game ringan hingga berat, ataupun editing maupun rendering dapat ditelan oleh laptop gaming satu ini. Semua hal itu bisa anda dapatkan dengan harga mulai 9 jutaan rupiah saja! Sangat menarik bukan? Langsung saja dapatkan laptop berperforma tinggi ini di toko komputer terdekat Anda!

Leave a Reply