Intro Radeon™ RX 5600XT

Gaming Rata Kanan di Resolusi Full HD? AMD Radeon™ RX 5600XT Jawabannya!

Intro Radeon™ RX 5600XT

Perkembangan game semakin ciamik serta memanjakan mata para pemainnya. Mulai dari kualitas grafis memukau, hingga detail grafis yang mendalam. Tentunya hal tersebut dibutuhkan keseimbangan dari performa kartu grafis yang memadai. Namun, dengan performa yang dibutuhkan, ada faktor terpenting yang cukup menghalangi para pengguna untuk mendapatkan kartu grafis memadai. Harga yang tinggi menjadi kesulitan untuk mencapai spesifikasi mumpuni guna bermain game kekinian.

Mengatasi hal tersebut, pada CES 2020 kemarin, AMD sempat mengumumkan sebuah GPU gaming baru yang ditujukan untuk melengkapi “keluarga” AMD Radeon™ RX 5000 series, yaitu AMD Radeon™ RX 5600XT. GPU kelas mainstream ini didesain menggunakan arsitektur Navi dan ditujukan untuk memenuhi kebutuhan para gamer yang ingin bermain game di resolusi 1080p dengan harga terjangkau.

Spesifikasi Radeon™ RX 5600XT

Sama dengan GPU Radeon™ RX 5000 Series lainnya, kartu grafis satu ini sudah dibekali dengan arsitektur RDNA yang tentunya memiliki segudang fitur pendukung gaming. Sudah mengenyam fabrikasi 7nm, AMD Radeon™ RX 5600XT juga didukung oleh teknologi PCIe 4.0. Selain itu, memori GDDR6 sebesar 6GB yang disematkan juga menjadikan kartu grafis ini siap untuk mendominasi permainan pada kualitas grafis rata kanan di resolusi 1080p. Apalagi konsumsi daya yang hanya sekitar 150W, pastinya kartu grafis ini sangat layak untuk dipertimbangkan.

 

Performa Radeon RX 5600 XT

Performa Gaming Versus Kompetitor

Dari pengujian yang dilakukan, AMD Radeon™ RX 5600XT dapat melampaui performa dari kartu grafis mainstream dari kompetitor. Perbedaan performa tersebut terlihat cukup besar pada berbagai game terkenal AAA maupun eSports. Bahkan, pada game yang sedang trending seperti Apex Legends, AMD Radeon™ RX 5600XT mampu mengungguli performa hingga 46FPS pada resolusi 1080p.

Performa 1080p Gaming

Juga masih dibandingkan dengan kartu grafis sekelasnya, AMD Radeon™ RX 5600XT menawarkan performa gaming pada resolusi 1080p dengan pengaturan grafis rata kanan alias paling tinggi. Hasilnya, kartu grafis ciamik satu ini mampu mengungguli kompetitor hingga 25% lebih tinggi pada game AAA serta 18% lebih tinggi pada game eSports.

Performa Gaming 1080p Versus Kompetitor

AMD Radeon™ RX 5600XT bahkan juga sangat siap untuk dibandingkan dengan kartu grafis terbaru dari kompetitor yang sekelas. Terbukti dari pengujian yang dilakukan, Radeon™ RX 5600XT mampu memberikan performa 15% lebih tinggi pada game AAA dan 5% lebih tinggi pada game eSports.

 

Pengujian Benchmark

Penasaran bagaimana performa kartu grafis AMD Radeon™ RX 5600XT apabila diuji menggunakan beberapa aplikasi benchmark? Pengujian kali ini dilakukan oleh Jagat Review dengan menggunakan aplikasi benchmark 3DMark. Selain itu ada juga pengujian pada berbagai macam game seperti Assassin’s Creed Odyssey, Battlefield V, dan Forza Horizon 4. Pengujian ini menggunakan kartu grafis dari brand Sapphire.

Benchmark Sintetis

3DMark FireStrike

3DMark Fire Strike merupakan benchmark sintetis yang dapat mengukur kemampuan GPU pada API DX11. Kali ini benchmark dijalankan pada resolusi 1080p dan dari hasil pengujian tersebut, dapat dilihat AMD Radeon™ RX 5600XT memiliki performa DX11 diatas kartu grafis High-End kompetitor.

3DMark TimeSpy

3DMark Time Spy merupakan benchmark sintetis yang dapat mengukur kemampuan GPU pada API DX12. Benchmark dijalankan pada resolusi 1440p. Hasilnya, AMD Radeon™ RX 5600XT berhasil mendapatkan skor benchmark yang mirip dengan GPU kompetitor di kelas harga atasnya.

 

Benchmark Game

Assassin’s Creed Odyssey

Assassin's Creed Odyssey

Game action role-play Assassin’s Creed Odyssey merupakan salah satu game berlatar belakang perang romania yang memiliki kualitas grafis memukau serta detail. Pada pengujian yang dilakukan, AMD Radeon™ RX 5600XT memiliki performa yang boleh dibilang cukup gahar karena mampu menyusul berbagai GPU kelas atas dari kompetitor.

 

Battlefield V

Battlefield V

Battlefield V merupakan game First Person Shooter, AMD Radeon™ RX 5600XT dengan BIOS 14Gbps dapat terlihat memiliki keunggulan sekitar 7FPS dibandingkan dengan GPU kompetitor yang sedikit mahal. Bahkan dapat melampaui GPU-GPU pesaing yang notabene merupakan GPU gaming mainstream.

 

Forza Horizon 4

Forza Horizon 4

Forza Horizon 4 merupakan racing game yang dikembangkan oleh Microsoft. Hasil pengujian yang dilakukan pada game ini dengan menggunakan AMD Radeon™ RX 5600XT menghasilkan keunggulan hingga 12FPS pada resolusi 1080p menggunakan pengaturan grafis ultra serta berjalan menggunakan API DX12, mengalahkan jauh GPU mainstream dari kompetitor.

 

Kesimpulan

Kesimpulan Radeon™ RX 5600XT

AMD Radeon™ RX 5600XT merupakan kartu grafis dari Radeon yang sangat cocok menjadi pilihan para gamer. Selain sudah mengenyam arsitektur RDNA dengan fabrikasi 7nm, kartu grafis ini juga sudah dibekali dengan teknologi PCIe 4.0. Tentunya performa yang diberikan sangat siap untuk bermain game pada kualitas grafis rata kanan di resolusi 1080p.

Apalagi dengan hasil pengujian yang sudah dilakukan, tentu saja performa dari kartu grafis AMD Radeon™ RX 5600XT tidak dapat dianggap remeh. Mampu menyaingi kartu grafis kompetitor yang memiliki harga lebih mahal, pastinya akan sangat worth it untuk dimiliki.

Selain itu, kartu grafis AMD Radeon™ RX 5600XT juga termasuk kedalam program promosi bonus klaim game yang sedang berlangsung. Dengan melakukan pembelian terhadap kartu grafis ini pada periode 4 Februari 2020 hingga 25 April 2020, pembeli dapat melakukan klaim game antara Resident Evil 3 dan Monster Hunter: World Iceborne Expansion. Untuk info lebih lengkap mengenai promo bonus klaim game ini, Anda dapat melihat pada artikel Beli Produk Kartu Grafis AMD Radeon™, Dapatkan Bonus Game Kekinian!

4 comments

  1. Dev
    Reply

    Dear Team AMD,

    tolong dong bantu tutorial mengaktifkan Dual GPU AMD pada Asus X550ze,

    udah ikuti berbagai tutorial di internet dan update Software Radeon 2020 masih ga aktif GPU R5 nya,

    terima kasih

    • Hi Dev,
      untuk mengaktifkan dual graphics dapat dilakukan di AMD Radeon Setting, namun bila game atau aplikasi yang kamu jalankan tidak support dual grafik, maka matikan dual graphcisnya dan setting laptop kamu ke maximize performance dengan begitu kartu grafis diskrit akan berjalan ketika kamu sedang memainkan game. Cek melalui GPU-Z bagian sensor kartu grafis mana yang sebenarnya bekerja saat kamu sedang menjalankan game.

  2. Amyphotostory
    Reply

    Hallo admin saya baru beli produk ini 1 minggu yg lalu tetapi selalu gagal instalasi driver graphicnya yaitu radeon adrenaline mohon bantuannya 🙏

Leave a Reply