Kesimpulan Lenovo IdeaPad C340 Performa

Lenovo IdeaPad C340: Laptop Convertible Untuk Maksimalkan Produktifitas yang Sanggup Mainkan Game Ternama dengan Lancar

Intro Pengujian Performa Lenovo IdeaPad C340

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, kebutuhan akan perangkat yang mumpuni untuk memenuhi kebutuhan komputasi harian sangatlah penting terutama pada perangkat laptop. Dibutuhkan laptop yang mampu menunjang kebutuhan komputasi harian dengan lancar dan mantap guna meningkatkan produktifitas penggunanya. Lenovo C340 bertenaga AMD Ryzen™, hadir menjawab pertanyaan akan kebutuhan komputasi tersebut.

Lenovo C340 merupakan laptop convertible yang sudah dilengkapi dengan Prosesor AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen. Memiliki desain yang sederhana dengan ukuran layar IPS Touchscreen selebar 14” dan dapat ditekuk hingga 360 derajat. Bukan hanya itu, Lenovo IdeaPad C340 juga sudah dilengkapi dengan media penyimpanan SSD dan RAM dual-channel yang tentunya menjadikan segala komputasi menggunakan laptop ini menjadi lebih cepat dan lancar. Terpenting, ukuran laptop ini terbilang kecil sehingga mudah untuk dibawa berpergian kemanapun. Lebih lengkap mengenai pengenalan umum Lenovo C340 bertenaga AMD Ryzen™ serta fiturnya, simak pada artikel Kerja Fleksibel di Era Modern dengan Lenovo C340 Bertenaga AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen.

 

Spesifikasi Singkat Lenovo C340

Opening Spesifikasi Lenovo C340

Laptop Lenovo IdeaPad C340 hadir di Indonesia dengan spesifikasi sebagai berikut:

Spesifikasi Lenovo C340

 

Hasil Pengujian

Pertama-tama, pengujian dilakukan untuk mengetahui seberapa tinggi daya tahan dari baterai laptop Lenovo IdeaPad C340 bertenaga AMD Ryzen™. Pengujian dilakukan oleh JagatReview yang menghasilkan:

Browsing dan Memutar Video Full HD

Pengujian yang dilakukan oleh Jagat Review menunjukkan bahwa laptop ini dapat digunakan untuk browsing selama 8 jam 20 menit, dan untuk memutar video Full HD didapatkan waktu selama 7 jam 55 menit. Hal ini menunjukkan bahwa daya tahan Lenovo IdeaPad C340 ini cukup tinggi, jadi sangat cocok untuk para pengguna yang sering berpergian.

Charging / Pengisian Daya

Jika sudah menguji daya tahan baterainya, kini mari kita cari tahu seberapa cepat pengisian daya dari laptop Lenovo IdeaPad C340 bertenaga AMD Ryzen™ ini. Hasilnya, Lenovo IdeaPad C340 membutuhkan waktu sekitar 2 jam 30 menit untuk pengisian daya hingga 100% dan mencapai 1 jam 30 menit dengan menggunakan fitur Rapid Charge yang disematkan pada laptop ini. Jadi, tidak perlu khawatir lagi untuk menghabiskan waktu yang lama dalam mengisi daya laptopnya. Anda pun siap menghadapi aktivitas diluar ruangan dengan lebih cepat.

 

Benchmark Sintetis

Pengujian selanjutnya menggunakan beberapa aplikasi benchmark seperti Cinebench R15, 3DMark, dan CrystalDiskMark.

Cinebench R15

Cinebench R15 merupakan aplikasi CPU intensive yang digunakan untuk mengukur kemampuan CPU dari sebuah komputer. Pengujian dari Lenovo IdeaPad C340 bertenaga AMD Ryzen™ ini dilakukan tiga kali, yaitu menggunakan cooling yang diatur dengan mode intelligent, performance, dan quiet.

Cinebench R15 Intellegent

Pada mode intelligent, performa terlihat cukup konsisten dengan skor berkisar antara 346-360. Mode intelligent ini sangat cocok untuk user yang membutuhkan performa yang cukup tinggi namun dengan kipas yang tidak terlalu berisik dan tidak terlalu boros daya.

Cinebench R15 Performance

Untuk mode performance, skor yang dicapai berkisaran antara 356-366. Skor ini cukup tinggi dibandingkan dengan mode intelligent, namun mengorbankan beberapa hal seperti konsumsi daya yang lebih tinggi serta suara yang dihasilkan cooling menjadi lebih sedikit berisik. Mode ini lebih cocok digunakan oleh user yang menuntut performa maksimal.

Cinebench R15 Quiet Mode

Pada mode quiet, skor yang dicapai berkisar antara 301-318. Skor tersebut memang lebih rendah dibandingkan dua mode lainnya, namun mode ini dikhususkan untuk menjaga agar konsumsi daya listrik lebih rendah serta menurunkan tingkat kebisingan cooling. Mode ini cocok digunakan saat pengguna ingin daya tahan laptop lebih lama serta tidak berisik.

 

3DMark

3DMark merupakan aplikasi pengujian sintetis yang menguji kemampuan prosesor maupun kartu grafis dari laptop dalam mengolah grafis. Pengujian dilakukan menggunakan 3DMark Firestrike, sebuah pengujian yang berjalan menggunakan DX11.

3DMark FireStrike

Hasilnya, laptop Lenovo C340 bertenaga AMD Ryzen™ 3 3200U ini dapat mencapai skor grafis hingga 1462 dan skor fisik hingga 5759 serta skor kombinasi 432. Angkat tersebut terbilang cukup ciamik bagi sebuah laptop yang difokuskan untuk bekerja atau kegiatan mainstream, bukan gaming. Dengan ini, pengguna dapat memainkan game-game terkini sebagai hiburan dikala senggang.

 

CrystalDiskMark

CrystalDiskMark

CrystalDiskMark merupakan software yang digunakan untuk mengukur kemampuan storage, dalam pengujian kali ini adalah SSD M.2 SATA yang terdapat pada Lenovo Ideapad C340 bertenaga AMD Ryzen™. Dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat dilihat SSD tersebut memiliki kecepatan Read/Baca hingga 529MB/s dan kecepatan Write/Tulis hingga 302MB/s. Kecepatan tersebut tentunya jauh diatas Hard disc konvensional, hal ini menjadikan akses file ataupun sistem operasi pada Lenovo Ideapad C340 dapat lebih cepat dibandingkan laptop yang menggunakan Hard disc.

 

Benchmark Game

Lenovo C340 bertenaga AMD Ryzen™ memang bukan dikhususkan untuk bermain game. Namun, laptop ini tetap bisa diajak bermain game mainstream seperti Counter Strike: Global Offensive, DotA 2, Dirt Rally, dan Tomb Raider.

Counter Strike: Global Offensive

Counter Striker Global Offensive

Konfigurasi Performa
CS:GO | 720p | very Low 90 – 150FPS

Counter Strike: Global Offensive merupakan game ber-genre First-Person Shooter yang pastinya sudah tidak asing lagi. Game ini membutuhkan FPS (Frame per Second) yang tinggi guna memberikan kenyamanan dalam bermain game. Lenovo IdeaPad C340 bertenaga AMD Ryzen™ 2nd Gen, mampu mendapatkan 90 – 150FPS pada kualitas grafis very low. Angka tersebut terbilang sangat nyaman untuk memainkan game tersebut. Mengingat laptop Lenovo IdeaPad C340 ini diperuntukkan para pekerja, sangat fantastis bukan?

 

DotA 2

DotA 2

Konfigurasi Performa
DotA 2 | 720p | Fastest 30 – 50FPS

Defense of The Ancient 2 atau yang biasa disebut DotA 2, merupakan game ber-genre MOBA yang sangat digandrungi selama bertahun-tahun. Terkenal dengan kualitas grafis dan permainan yang kompleks, tentunya membutuhkan performa mumpuni untuk menjalankan game ini dengan lancar. Lenovo IdeaPad C340 bertenaga AMD Ryzen™, walaupun bukan didesain untuk bermain game, namun dapat menjalankan game ini dengan 30 – 50FPS pada pengaturan grafis Fastest.

 

Dirt Rally

Dirt: Rally

Konfigurasi Performa
Dirt Rally | 720p | Low 45 – 70FPS

Dirt Rally, game balapan ini cukup digemari oleh berbagai kalangan. Disuguhkan dengan kualitas grafis yang indah serta detail yang menawan. Seperti percikan air maupun pasir yang berpacu dengan lajunya mobil, memberikan efek memukau yang dapat memuaskan mata pemainnya. Meski detail tersebut membutuhkan performa yang mumpuni untuk dijalankan, bukanlah sebuah masalah bagi Lenovo IdeaPad C340 bertenaga AMD Ryzen™, karena laptop ini dapat menjalankannya dengan mudah pada kualitas grafis Low dan mendapatkan 45 – 70FPS.

 

Tomb Raider

Tomb Raider

Konfigurasi Performa
Tomb Raider | 720p | Normal 45 – 60FPS

Tomb Raider merupakan game ber-genre Action-Adventure yang dirilis pada 2013 silam. Walaupun sudah lama, game ini tetap membutuhkan spesifikasi yang mumpuni dalam menjalankannya. Terlihat dari kualitas grafis yang memanjakan mata, seakan-akan pemain diajak langsung ke dunianya. Dan Lenovo IdeaPad C340 bertenaga AMD Ryzen™ lagi-lagi dapat mengatasi hal tersebut. Dengan resolusi 720p serta pengaturan grafis Normal, Lenovo IdeaPad C340 mampu mendapatkan 45 – 60FPS.

 

Kesimpulan

Kesimpulan Lenovo IdeaPad C340 Performa

Lenovo IdeaPad C340, dijuluki sebagai laptop convertible masa kini yang tentunya dapat memaksimalkan produktifitas. Dengan dukungan layar IPS Touchscreen selebar 14” yang dapat ditekuk hingga 360 derajat, tentunya menjadikan nyaman digunakan disaat apapun dan kapanpun. Performa tinggi dan daya tahan baterai yang tahan lama juga dapat Anda nikmati berkat disematkannya Prosesor AMD Ryzen™ Mobile 2nd Gen.  Apalagi dengan tambahan fitur seperti Rapid-Charge, tidak perlu khawatir kehabisan daya saat berada di luar ruangan. Gaya hidup mobilitas tinggi pengguna pun terpenuhi dengan apik.

Media penyimpanan SSD dan RAM dual-channel juga akan meningkatkan pengalaman komputasi menjadi lebih lancar lagi. Berdasarkan hasil pengujian yang terpapar dalam artikel ini, tak hanya untuk bekerja, Lenovo IdeaPad C340 mampu menjalankan game mainstream dengan lancar. Karenanya laptop ini sangat cocok bagi Anda yang mencari kenyamanan berkomputasi harian serta laptop tangguh untuk menyokong mobilitas tinggi dengan harga yang terbilang terjangkau.

Leave a Reply