Intro Radeon RX 5500XT

Radeon™ RX 5500XT, GPU Mainstream Terjangkau Dengan Performa Memukau

Intro Radeon RX 5500XT

Inovasi, kata yang tak luput dari teknologi ini terus berkembang dan semakin besar. AMD, sebagai salah satu perusahaan teknologi yang terus berkembang, memberikan inovasi-inovasi yang tentunya sangat membantu komputasi sehari-hari dengan harga yang terjangkau. Terbukti dari pengumuman yang dilakukan pada akhir tahun 2019 silam. AMD merilis sebuah kartu grafis yang sudah menganut fabrikasi terbaru 7nm, jadi memiliki performa yang ciamik serta konsumsi daya yang tidak terlalu tinggi, AMD Radeon™ RX 5500XT.

Sudah menggunakan arsitektur RDNA, tentunya kartu grafis yang juga merupakan lineup GPU Navi satu ini sangat siap untuk memberikan performa ciamik untuk gaming. Selain itu, Radeon™ RX 5500XT juga sudah menggunakan memori GDDR6 yang tentunya dapat memberikan performa maksimal pada kartu grafis sekelas. Tentunya kartu grafis ini sangat terjangkau untuk dimiliki. Murah dan kuat merupakan kata yang cocok untuk dijuluki kepada kartu grafis Radeon™ RX 5500XT.

 

Memiliki Performa Maksimal Dengan Konsumsi Daya yang Efisien.

Spesifikasi Radeon™ RX 5500XT

Kartu grafis AMD Radeon™ RX 5500XT hadir dengan dua varian, yaitu varian yang memiliki memori sebesar 4GB dan yang satu lagi memiliki memori sebesar 8GB. Sudah didukung oleh teknologi PCIe 4.0, tentunya performa yang diberikan akan maksimal. Kecepatan memori hingga 14Gbps juga menjadi daya tarik tersendiri bagi kartu grafis ini. Tidak lupa, AMD Radeon™ RX 5500XT sudah didukung dengan memori GDDR6 yang memastikan performa dari kartu grafis ini dapat maksimal pada saat bermain game diresolusi Full HD.

Performa per watt

Tentunya karena sudah menggunakan fabrikasi 7nm, Radeon™ RX 5500XT bisa mendapatkan performa yang lebih tinggi dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan pendahulunya. Terbukti dari pengujian yang dilakukan, AMD Radeon™ RX 5500XT memiliki konsumsi daya lebih rendah hingga 30% dibandingkan pendahulunya. Namun, dibalik angka 30% tersebut, ada kenaikan performa hingga 12%. Mantap bukan?

 

Performa AMD Radeon™ RX 5500XT

Performa Gaming AAA 1080p

Dari pengujian yang dilakukan oleh AMD pada berbagai game AAA di resolusi 1080p/Full HD, menunjukkan keunggulan performa pada AMD Radeon™ RX 5500XT 4GB jika dibandingkan dengan kartu grafis kompetitor sekelas. Salah satu yang paling signifikan adalah pada pengujian game World War Z yang menunjukkan keunggulan performa hingga 30% dibandingkan dengan GPU kompetitor.

Perbandingan Performa Radeon™ RX 5500XT

Untuk varian yang memiliki memori sebesar 8GB, tentunya dapat memberikan performa yang lebih dibandingkan memori 4GB. Terbukti dari pengujian yang dilakukan, varian yang memiliki memori 8GB dapat memberikan performa lebih besar hingga 24% dibandingkan yang memiliki memori 4GB. Anda tinggal menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan komputasi untuk memilih varian kartu grafis yang mana. Karena kedua kartu grafis ini tentu dapat memberikan Anda performa gaming yang ciamik pada resolusi 1080p maupun 1440p.

 

Berikut adalah hasil pengujian dari beberapa game terkenal yang dilakukan oleh TechSpot dengan menggunakan kartu grafis AMD Radeon™ RX 5500XT.

Shadow of the Tomb Raider

Shadow of the Tomb Raider 1080p Shadow of the Tomb Raider 1440p

Saat menjalankan game action-adventure berjudul Shadow of the Tomb Raider pada resolusi 1080p dan 1440p, AMD Radeon™ RX 5500XT 8GB memiliki performa diatas kompetitor serta RX 580 yang merupakan pendahulunya. Dengan performa rata-rata 77FPS pada resolusi 1080p dan rata-rata 51FPS pada resolusi 1440p, AMD Radeon™ RX 5500XT mendominasi performa pada kelasnya.

 

Assassin’s Creed Odyssey

Assassin's Creed Odyssey 1080p Assassin's Creed Odyssey 1440p

Assassin’s Creed Odyssey, game besutan Ubisoft yang juga merupakan game ber-genre Action Role-Playing ini memiliki latar perang romawi. Tentunya menjadikan game ini memiliki detail grafis tinggi pada latarnya. AMD Radeon™ RX 5500XT, mampu melibas game ini dengan rata-rata 71FPS pada resolusi 1080p dan rata-rata 51FPS pada resolusi 1440p. Performa ini berada tepat di bawah GPU kompetitor yang kelas harganya berada di atas Radeon™ RX 5500XT.

 

Red Dead Redemption 2

Red Dead Redemption 2 1080p Red Dead Redemption 2 1440p

Game Red Dead Redemption 2, merupakan game Action-Adventure yang cukup berjaya hingga sekarang ini. Dengan detail grafis berlatar Western, memberikan kesan ciamik bagi para pemainnya. Grafis ciamik tersebut nampaknya bukan masalah bagi Radeon™ RX 5500XT. Pada resolusi 1080p, bisa mendapatkan rata-rata 45FPS dan 34FPS pada resolusi 1440p. Angka ini tentunya lebih besar dibandingkan dengan GPU kompetitor sekelas. Menarik bukan?

 

Selain pengujian pada game, ada juga pengujian pada beberapa aplikasi benchmark seperti V-Ray GPU. Pengujian ini dilakukan oleh Guru3D.

V-RAY GPU Rendering

V-Ray GPU Benchmark

Dari hasil pengujian yang dilakukan oleh Guru3D, AMD Radeon™ RX 5500XT bisa melakukan rendering pada aplikasi V-Ray secepat 136 detik. Angka ini lebih cepat 32 detik dibandingkan dengan GPU kompetitor sekelas, membuktikan kartu grafis ini juga tangguh digunakan untuk kreasi konten seperti misalnya untuk 3D Rendering.

 

Kesimpulan

Kesimpulan Radeon™ RX 5500XT

AMD Radeon™ RX 5500XT sangat pantas dipertimbangkan untuk dijadikan pilihan kartu grafis masa kini yang terjangkau. Berkat arsitektur RDNA yang memiliki fabrikasi 7nm, menjadikan kartu grafis ini memiliki berbagai macam fitur terbaru yang dapat meningkatkan pengalaman dalam bermain game. Performa tinggi dengan konsumsi daya yang rendah juga menjadikan kartu grafis ini menarik karena harga terjangkau serta dapat menjalankan berbagai macam game berat di resolusi 1080p, bahkan 1440p bahkan digunakan untuk kreasi konten.

Hadir dengan 2 varian, yang memiliki memori sebesar 4GB dan 8GB. Tapi, kedua varian tersebut sama-sama memiliki memori GDDR6 yang pastinya dapat memberikan performa tinggi nan ciamik. Apalagi dukungan teknologi PCIe 4.0-nya tentu bisa memberikan pengalaman gaming yang semakin mantap dan lebih responsif. Berbagai pengujian juga telah membuktikan bahwa kartu grafis AMD Radeon™ RX 5500XT merupakan kartu grafis terbaik di kelasnya. Hal ini menjadikan suatu hal menarik untuk dipertimbangkan apabila memilih kartu grafis.

 

Tidak lupa juga, kartu grafis AMD Radeon™ RX 5500XT ini termasuk ke dalam promo bonus game yang sedang berlangsung. Apabila Anda melakukan pembelian kartu grafis berikut pada periode 4 Februari 2020 hingga 25 April 2020, kamu bisa melakukan klaim bonus game berupa Resident Evil 3 dan Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint. Tidak hanya kartu grafis Radeon™ RX 5500XT, ada pula kartu grafis Radeon™ lain yang termasuk ke dalam program promosi ini. Untuk lebih lengkap mengenai info promo ini, Anda dapat simak pada artikel Beli Produk Kartu Grafis AMD Radeon™ Dapatkan Bonus Game Kekinian.

Tinggalkan Balasan