Intro Ryzen™ Threadripper 3990X

AMD Ryzen™ Threadripper 3990X, Prosesor 64 Core Pengguncang Dunia!

Intro Ryzen™ Threadripper 3990X

AMD sebagai perusahaan yang terus berkembang dan berinovasi, tentunya selalu menginginkan teknologi terdepan bagi para konsumennya. Setelah awal tahun 2020 ini mengeluarkan prosesor mobile pertama berteknologi 7nm pertama di dunia, AMD juga meluncurkan prosesor kategory High-End Desktop (HEDT) pertama di dunia yang menggunakan teknologi 7nm, serta memiliki 64 Core 128 Thread!

Bagi para enthusiast, tentu saja prosesor HEDT satu ini telah menggemparkan dunia teknologi. Bagaimana tidak, dalam sejarah, belum pernah pasar HEDT disuguhi prosesor dengan spesifikasi serupa. Tentunya menjadikan kegiatan komputasi berat seperti editing tingkat tinggi, 3D modelling, hingga rendering menjadi lebih gahar.

64 Core Topology

Beginilah bagaimana 64 core dapat muat dalam satu paket prosesor. Dengan 8 buah CCD yang masing-masing terdiri atas 8 core serta difabrikasi menggunakan transistor 7nm dan I/O Die yang difabrikasi menggunakan transistor 12nm, membuat AMD Ryzen™ Threadripper 3990X dapat memiliki kepadatan transistor yang luar biasa, berikan luas terkecil untuk performa terbesar.

 

Menggunakan Chipset Terbaru TRX40

Platform TRX40

AMD Ryzen™ Threadripper 3990X diluncurkan bersamaan dengan pasangan platformnya, TRX40. Bila dipasangkan dengan TRX40, AMD Ryzen™ Threadripper dapat memanfaatkan 72 lane PCIe 4.0, 12 port USB berkecepatan hingga 10Gbps, serta bandwidth 4x lipat lebih cepat dibandingkan chipset generasi sebelumnya.

 

Performa Tertinggi Dengan Value Terbaik

Performa Cinebench R20

CEO AMD, Lisa Su, bahkan sempat mengatakan bahwa beliau membutuhkan 3 layar pada saat ingin menampilkan hasil pengujian benchmark Cinebench R20 dari AMD Ryzen™ Threadripper 3990X karena dinilai memiliki skor yang sangat tinggi. Skor tersebut sebesar 25.399, memberikan performa hampir 1,5 kali lebih cepat dibandingkan AMD Ryzen™ Threadripper 3970X.

V-Ray Render vs Kompetitor

Pada peluncurannya, beliau juga memperlihatkan hasil pengujian V-Ray Render dari AMD Ryzen™ Threadripper 3990X dibandingkan dengan prosesor HEDT tertinggi kompetitor. Hasilnya, AMD Ryzen™ Threadripper 3990X senilai US$3990 dapat melakukan rendering hingga 30% lebih cepat dibandingkan dengan dua prosesor kompetitor yang digabungkan memiliki 56 Core dan harga hingga US$20000.

 

Pengujian Aplikasi Benchmark

Selain itu, ada juga berbagai pengujian aplikasi benchmark yang dilakukan oleh Guru3D, seperti pengujian Cinebench R15, Blender, dan V-Ray.

Cinebench R15

Cinebench R15

AMD Ryzen™ Threadripper 3990X, berkat teknologi 7nm serta tenaga 64 core, tentunya dapat meraih performa tertinggi secara mudah. Pada pengujian Cinebench R15, prosesor HEDT penggebrak dunia komputasi ini mampu meraih skor multi-core sebesar 10320 poin! Angka tersebut sangat jauh di atas prosesor tertinggi dari kompetitor.

 

Blender

Blender 2.81a

AMD Ryzen™ Threadripper 3990X juga diuji menggunakan aplikasi Software 3D Rendering, Blender versi 2.81a. Pada pengujiannya, lagi-lagi AMD Ryzen™ Threadripper 3990X menjadi prosesor teratas dengan waktu rendering tercatat secepat 31 detik saja! Waktu tersebut jauh lebih cepat dibandingkan dengan prosesor kelas tinggi kompetitor yang membutuhkan waktu 100 detik pada skala rendering serupa.

 

V-RAY

V-Ray Render

V-RAY merupakan software untuk melakukan image rendering menggunakan komputer. Mari lihat performanya:

Pengujian juga dilakukan menggunakan software image rendering, V-Ray, yang dimana AMD Ryzen™ Threadripper 3990X tetap melampaui performa dari prosesor kompetitor. Pada pengujiannya, prosesor HEDT 64 core ini hanya membutuhkan waktu 14 detik untuk melakukan rendering test. Jauh lebih cepat dibandingkan prosesor HEDT tertinggi dari kompetitor yang membutuhkan waktu 36 detik untuk melakukan rendering pada gambar yang sama.

 

Pengujian Performa Game

Tidak asik nampaknya jika kita tidak memberikan hasil pengujian dalam bermain game. Tentunya, Guru3D juga sudah melakukan pengujian dari prosesor HEDT 64 core ini. Pengujian dilakukan pada beberapa game AAA berat seperti Shadow of the Tomb Raider dan Formula 1. Penasaran bagaimana hasilnya? Simak di bawah ini.

Shadow of the Tomb Raider

Shadow of the Tomb Raider

Konfigurasi Performa
SOTR | 1440p 114 FPS

Rasanya kurang asik jika melakukan uji coba performa dalam bermain game berat menggunakan prosesor ini hanya di resolusi 1080p saja. Kali ini Guru3D melakukan pengujian pada resolusi 1440p! hasilnya, AMD Ryzen™ Threadripper 3990X dapat menjalankan game Shadow of the Tomb Raider yang memiliki grafis berat ini sebesar 114 FPS! Angka yang tinggi bukan untuk resolusi serta grafis yang memukau?

 

Formula 1

Formula One

Konfigurasi Performa
Formula 1 | 1440p 147 FPS

Game official dari Formula 1 ini tidak bisa dianggap remeh. Dengan grafis yang sangat memukau, hampir terlihat seperti nyata, tentunya membutuhkan performa komputasi yang sangat tinggi, apalagi pada resolusi 1440p. AMD Ryzen™ Threadripper 3990X, dengan mudahnya melibas game ini hingga 147 FPS! Angka ini sangat tinggi mengingat grafis yang disuguhkan sangatlah nyata.

 

Kesimpulan

Kesimpulan Ryzen™ Threadripper 3990X

AMD Ryzen™ Threadripper 3990X merupakan processor yang cocok diambil sebagai pilihan bagi para content creator, maupun gamer professional yang membutuhkan sebuah workstation dengan performa tertinggi. Berkat kemampuan 64 Core 128 Thread, prosesor ini mampu menawarkan performa gaming tinggi namun juga sangat mumpuni untuk digunakan bekerja dan melakukan berbagai macam komputasi sangat berat.

Selain performanya yang tinggi, AMD Ryzen™ Threadripper 3990X juga dibekali dengan teknologi-teknologi terbaru yang masih belum ditawarkan oleh kompetitor seperti PCIe 4.0 dan juga teknologi fabrikasi 7nm. Tidak lupa pula banyaknya opsi I/O yang ditawarkan oleh prosesor dengan chipset TRX40 ini.

Tidak perlu diragukan lagi dalam dunia komputasi, prosesor AMD Ryzen™ Threadripper 3990X ini hadir mengguncangkan teknologi terkini dalam memenuhi kebutuhan para enthusiast, gamer pro, maupun content creator.

Leave a Reply