VRAM 6GB Radeon List

Pakai Radeon™ RX dengan VRAM Lebih Dari 4GB untuk Pengalaman Gaming Maksimal

Intro Radeon VRAM

Kata “PC” sekarang seakan-akan tidak dapat dilepaskan dari kata “Gaming”. Rata-rata, kebutuhan anak milenial akan PC dikarenakan keinginan untuk bermain game. Karenanya, kebutuhan akan hardware yang semakin terjangkau dan bertenaga, juga sangat dituntut, dengan bermunculannya berbagai game kekinian yang merekomendasikan untuk menggunakan VRAM di atas 4GB. Salah tiganya adalah DOOM Eternal yang merekomendasikan menggunakan VRAM minimal 8GB, dan Call of Duty: Modern Warfare serta Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint yang merekomendasikan VRAM minimal 6GB.

Apalagi, kedepannya akan semakin banyak lagi bermunculan game yang menawarkan kualitas grafis tinggi, sehingga membuat sebagian besar gamer membutuhkan kartu grafis dengan VRAM semakin besar. AMD menghadirkan solusi kartu grafis Radeon™ yang sudah siap untuk gaming kualitas tinggi hadir dengan kapasitas VRAM yang mumpuni, guna memuaskan hasrat gaming para penggunanya.

 

VRAM Lebih Besar Bantu Raih Performa Lebih Baik

Performa Game VRAM 6GB

Jika menilik pada grafis yang ada di atas mengenai performa kartu grafis dalam menjalankan game kekinian pada resolusi 1080p, dapat dilihat perubahan yang signifikan. Contohnya saja dengan menggunakan kartu grafis Radeon™ RX 5500XT yang memiliki VRAM 4GB, game Doom Eternal tidak dapat dijalankan. Sedangkan menggunakan kartu grafis Radeon™ RX 5500XT yang memiliki VRAM sebesar 8GB, game tersebut dengan mudahnya dijalankan hingga 75FPS. Peningkatan juga terjadi seperti pada game Call of Duty: Modern Warfare serta Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint yang mengalami peningkatan performa hingga 32%.

Kapasitas VRAM lebih besar ini dibutuhkan untuk menyimpan aset data, bermain pada resolusi yang lebih tinggi, serta dapat menampilkan efek visual yang terbaru. Kekurangan memori grafis (VRAM) dapat memberikan beberapa masalah seperti muncul pesan error, framerate lebih buruk, permainan mengalami stutter dan tekstur yang bermasalah.

Komparasi VRAM Radeon vs Kompetitor

Walau sudah jelas kapasitas VRAM yang lebih besar akan memberikan pengalaman bermain maksimal untuk mainkan game-game terkini, nyatanya, pada tahun 2020 ini masih ada beberapa kartu grafis yang hanya menyuguhkan VRAM 4GB atau di bawahnya. AMD meluncurkan kartu grafis Radeon™ terbaru untuk mengatasi hal tersebut dengan memberikan penggunanya pilihan untuk mendapatkan kartu grafis yang memiliki VRAM lebih dari 6GB untuk performa bermain game maksimal pada resolusi 1080p, atau bahkan 1440p.

 

VRAM Lebih Besar, FPS Lebih Tinggi

Ghost Recon Breakpoint VRAM 8GB Resident Evil 3 VRAM 8GB

Pada game Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint kita bisa melihat perbedaan performa yang cukup signifikan, Radeon™ RX 570 dengan VRAM 8GB, mampu memberikan performa hingga 19% lebih tinggi dibandingkan kompetitor sekelas dengan VRAM 4GB karena memiliki VRAM yang jauh lebih besar. Kemudian pada game Resident Evil 3 Radeon™ RX 570 juga bisa memberikan performa lebih unggul hingga 33% dibandingkan kompetitor sekelas. Menariknya lagi, Radeon™ RX 5700 mampu memberikan performa hingga 9% lebih besar dibandingkan kartu grafis kompetitor kelas atas pada saat dijalankan di resolusi 1440p.

VRAM 8GB Gaming Performance

Bahkan saat membandingkan dengan kartu grafis yang sekelas harganya, kartu grafis AMD Radeon™ memiliki performa yang lebih unggul dibandingkan dengan kompetitor. Salah satunya karena memiliki VRAM yang lebih besar dibandingkan dengan kartu grafis kompetitor sekelas.

 

Kesimpulan

VRAM 6GB Radeon List

Di zaman sekarang, game membutuhkan VRAM lebih dari 4GB supaya dapat dijalankan dengan lancar dengan grafis yang memukau. Nyatanya, pada tahun 2020 ini masih banyak kartu grafis yang hadir hanya dengan VRAM sekitar 4GB saja. Hal itu menjadi salah satu faktor hambatan bagi para gamer untuk mendapatkan pengalaman gaming yang maksimal. Oleh karena itu AMD Radeon™ menghadirkan varian kartu grafis dengan VRAM lebih dari 6GB guna memberikan performa terbaik untuk bermain game. Mulai dari kartu grafis Radeon™ RX 500 Series, hingga kartu grafis Radeon™ RX 5000 Series.

Memiliki perbedaan performa yang signifikan, dengan peningkatan hingga 33% jika dibandingkan dengan kartu grafis sekelas milik kommpetitor yang mempunyai VRAM di bawah 6GB, tentunya dengan keunggulan ini, akan dapat mewujudkan impian para gamer untuk performa kartu grafis yang mumpuni dalam memainkan game kekinian yang membutuhkan VRAM lebih dari 4GB, namun dengan harga yang terjangkau. Bermain game juga terasa menjadi lebih maksimal karena terhindar dari frame rate yang rendah, serta texture detail grafis yang pecah. Kartu grafis Radeon™ RX yang memiliki VRAM lebih dari 6GB dapat menjadi pertimbangan bagi para gamer maupun enthusiast yang hendak merakit PC untuk mendapatkan pengalaman bermain game yang maksimal.

Leave a Reply