B550 Thumbnail

B550, Chipset Terbaru AMD Untuk Socket AM4 Dengan Dukungan Teknologi PCIe 4.0

Intro B550

Saat prosesor AMD Ryzen™ 3 3100 dan Ryzen™ 3 3300X hadir di Indonesia, ternyata AMD juga menghadirkan seri terbaru untuk lini motherboardnya. B550, chipset terbaru dengan socket AM4 membawa teknologi terkini, dan sudah dapat dinikmati oleh para enthusiast mulai harga 2 Jutaan Rupiah. Sudah mendukung hingga prosesor AMD Ryzen™ 4000 Series yang akan datang, chipset motherboard kali ini menawarkan responsivitas yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya.

Menjadi motherboard AMD seri-B yang mengenyam teknologi PCIe 4.0, Dual GPU Support, hingga dukungan PCIe 3.0 pada laneGeneral Purpose”, yang dimana seri sebelumnya, hanya menggunakan PCIe Gen 2.0 saja.

 

Chipset Kelas Menengah Dengan Fitur Kelas Atas

Daftar Chipset Mobo AMD

Motherboard AMD chipset B550, memiliki lebih banyak fitur serta teknologi terbaru dibandingkan motherboard Mid-End B450. Serta lebih mendekati fitur dan teknologi dari motherboard chipset High-End X570. Yang membedakan adalah pada lane General Purpose, dimana B550 sudah menggunakan PCIe Gen 3, sedangkan B450 masih menggunakan Gen 2, dan X570 sudah menggunakan Gen 4.

Secara garis besar, berbagai fitur pada B550 ini membuat chipset ini lebih terasa seperti sebuah chipset High-End dibandingkan dengan chipset Mid-End. Hal-hal seperti dukungan GPU dan storage menggunakan PCIe gen 4.0 dan dukungan untuk Dual Graphics membuat motherboard yang menggunakan B550 terasa seperti sebuah motherboard kelas atas.

Penjelasan Kinerja Chipset B550

Kehadiran chipset AMD B550 ini seakan cahaya yang lebih terang lagi bagi para enthusiast yang mendambakan responsivitas tinggi dari PC-nya, namun memiliki budget yang cukup terbatas. Karena chipset ini dapat mengoptimalkan segala fitur yang terdapat pada prosesor AMD Ryzen™ 3000 Series, seperti untuk USB 10Gbps support, hingga dukungan PCIe 4.0 pada slot GPU maupun media penyimpanan M.2 NVMe.

 

Dukungan Untuk Processor Next-Gen

Daftar Chipset Mobo AMD Full

 

Bukan hanya disuguhkan dengan berbagai fitur serta teknologi terkini, B550, nyatanya juga sudah dapat dipasangkan dengan prosesor generasi selanjutnya yang menggunakan arsitektur “Zen 3”. Keren bukan? Menjadi salah satu chipset motherboard yang “Future Proof”.

 

Kesimpulan

Kesimpulan Motherboard B550

Selain merilis prosesor terbarunya, Ryzen™ 3 3100 dan Ryzen™ 3 3300X, AMD rupanya juga merilis sebuah chipset terbaru untuk melengkapi motherboard seri-B-nya. B550, sebagai penerus dari B450, motherboard ini juga tetap menggunakan socket AM4 guna memberikan kemudahan pengguna untuk melakukan upgrade. Sebagai motherboard Mid-End, B550 rupanya sudah mengenyam berbagai macam fitur serta teknologi yang melebihi B450, namun juga hampir menyamai X570. Mulai dari dukungan PCIe Gen 4.0, port USB berkecepatan 10Gbps, hingga dukungan dual graphics.

Menariknya lagi, dengan berbagai macam peningkatan teknologi dari motherboard seri sebelumnya, B550 juga sudah dipastikan mampu memberikan dukungan kepada prosesor berarsitektur “Zen 3” yang akan datang. Sehingga pengguna tidak perlu mengganti motherboard mereka untuk melakukan upgrade pada prosesor. Menjadikan B550 sangat patut menjadi pilihan bagi para enthusiast yang ingin merakit PC ataupun melakukan upgrade. Bagaimana? Tertarik menjajal motherboard berteknologi tinggi dengan kisaran harga yang variatif sesuai budget Anda ini?

 

 

Leave a Reply