Laptop Untuk Game Berat Thumbnail

Cari Laptop Untuk Game Berat? Cek Rekomendasinya di Sini!

Intro Laptop Untuk Game Berat

Gaming, merupakan sebuah aktivitas yang cukup sulit untuk dipisahkan dari kebanyakan kaum milenial jaman sekarang. Berbagai developer berlomba-lomba untuk menghadirkan game-game yang menarik dengan grafis memukau. Tentunya, dengan adanya tuntutan akan grafis memukau tersebut, juga dibutuhkan spesifikasi perangkat yang mumpuni untuk menjalankannya. Maka dari itu, AMD bekerja sama dengan beberapa produsen laptop, untuk menghasilkan jajaran laptop untuk game berat yang mumpuni dalam memenuhi hasrat bermain game penggunanya. Namun, sering kali masih banyak yang kebingungan dalam memilih laptop untuk game berat.

 

Ada beberapa komponen penting yang harus diperhatikan dalam memilih laptop untuk game berat. Mulai dari prosesor, kartu grafis, kapasitas RAM, media penyimpanan HDD/SSD, hingga layar mumpuni dalam bermain game.

Prosesor

Central Processing Unit (CPU) atau biasa disebut prosesor, merupakan komponen utama pada laptop. Performa yang dihasilkan juga berbeda-beda berdasarkan beberapa faktor, seperti jumlah core dan thread yang terdapat pada satu prosesor, teknologi yang digunakan, konsumsi dayanya, dll. AMD menghadirkan prosesor laptop Ryzen™ 4000 H-Series dan HS-Series yang dirancang khusus untuk memberikan performa tinggi dalam gaming maupun editing. Juga menjadi prosesor pertama di dunia yang sudah berteknologi fabrikasi 7nm, memiliki jumlah core hingga 8 core, hingga performance per-Watt yang lebih dibandingkan generasi sebelumnya. Tentunya dengan semua itu, AMD Ryzen™ 4000 H-Series ini mampu memberikan performa tinggi dalam menjalankan laptop untuk game berat. Selengkapnya mengenai prosesor ini simak pada artikel Ryzen™ 4000 Series Mobile Processor, Prosesor Laptop Tercanggih, Pertama dan Satu-Satunya Prosesor 7nm Untuk Laptop.

 

Kartu Grafis

Video Graphics Array (VGA), biasa disebut juga sebagai kartu grafis. Komponen ini yang bekerja dalam mengolah grafis yang sedang dijalankan pada suatu komputer. Semakin kuat kartu grafisnya, semakin mumpuni game berat dapat dijalankan dengan mudah. AMD sebelumnya menghadirkan kartu grafis Radeon™ Graphics pada prosesor Ryzen™ Mobile yang memiliki performa setara dengan kartu grafis diskrit. Selain itu, AMD juga menghadirkan kartu grafis diskrit Radeon™ RX 5500M bagi laptop untuk game berat. Sudah dibekali dengan teknologi 7nm, serta berbagai fitur Radeon™ dalam menunjang kegiatan gaming, tentunya dapat memberikan performa mumpuni bagi para penggunanya.

 

RAM

Random-Access Memory (RAM), merupakan memori sementara dimana prosesor mengambil data-data sehingga peranannya cukup penting dalam memastikan komputer dapat menjalanakan berbagai macam program dengan lancar. Semakin besar kapasitas RAM yang dimiliki, maka semakin besar data yang dapat disimpan, sehingga berpengaruh pada performa multitasking. Menariknya lagi, Anda dapat lebih mengoptimalkan multitasking dengan menggunakan RAM dual-channel, dikarenakan beban kerja yang dititikkan menjadi terbagi dua, sehingga menjadi lebih cepat.

 

Storage

Terdapat dua pilihan media penyimpanan yang dapat digunakan, mulai dari HDD (Hard Disk Drive), hingga SSD (Solid State Drive). Mudahnya, HDD cenderung memiliki harga yang lebih terjangkau untuk kapasitas penyimpanan yang lebih besar. Sebaliknya, SSD memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan HDD untuk kapasitas penyimpanannya. Namun, SSD memiliki kecepatan membaca data yang lebih tinggi dibandingkan HDD. Sehingga, bila Anda menginginkan load lebih cepat pada game, maka penggunaan SSD merupakan solusi yang tepat. Tapi, bila membutuhkan kapasitas yang lebih besar namun terhalang budget, maka HDD bisa menjadi solusinya. Bila memungkinkan, penggunaan dual-storage (HDD+SSD) juga merupakan kombinasi yang menarik.

 

Layar

Tidak dapat diremehkan, layar juga menjadi salah satu faktor dalam memilih laptop untuk game berat. Terdapat laptop dengan pilihan layar selebar 14”, hingga 15.6”. Bagi Anda yang mendambakan penglihatan lebih luas, dapat memilih laptop dengan layar selebar 15.6”. Namun, jika Anda juga membutuhkan laptop yang minimalis agar mudah dibawa berpergian, laptop dengan layar selebar 14” pastinya cocok dengan Anda. Refresh rate juga tidak kalah pentingnya, semakin tinggi refresh rate, maka semakin mulus gambar yang dapat ditampilkan.

 

Dari beberapa faktor utama dalam memilih laptop untuk game berat, tentunya AMD bekerja sama dengan beberapa produsen sudah memberikan banyak pilihan bagi para calon penggunanya. Berikut kami rangkum untuk menjadi pilihan Anda dalam memilih laptop untuk game berat yang bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 4000 H-Series dan HS-Series.

ACER Nitro 5

ACER Nitro 5

Laptop hasil kerja sama antara AMD dengan ACER ini patut dilirik apabila Anda membutuhan laptop untuk game berat yang mumpuni. Sudah ditenagai oleh prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H yang memiliki 8 Core 16 Thread pertama di dunia untuk kategori prosesor mobile, dan juga dukungan kapasitas RAM yang dapat di-upgrade hingga 32GB! Belum lagi media penyimpanan yang sudah menggunakan SSD M.2 PCIe, pastinya pembacaan data bisa menjadi lebih cepat lagi. Untuk layar, tidak perlu dipertanyakan lagi. Full HD IPS selebar 15.6” dengan 144Hz refresh rate sudah siap untuk mentenagai kebutuhan bermain game penggunanya. Sangat menggiurkan bukan?

 

ASUS ROG Zephyrus G14

ASUS ROG Zephyrus G14

Laptop yang diklaim oleh ASUS menjadi laptop 14” terkuat di dunia ini memang sangat menarik untuk dilirik. Dapat dikatakan menjadi laptop yang sangat kuat untuk gaming di kelasnya, karena sudah ditenagai hingga prosesor AMD Ryzen™ 9 4900HS, laptop ini dipercaya memiliki performa yang tinggi, bahkan dapat menyamai performa dari prosesor desktop sekelas. Namun dibalik performa tingginya, daya yang dikonsumsi juga rendah untuk ukuran laptop gaming, karena hanya sekitar 35W saja. Hal ini berkat teknologi 7nm yang disematkan pada prosesornya, sehingga ASUS ROG Zephyrus G14 dapat memenuhi kebutuhan akan laptop untuk game berat. Selain itu, tersedia juga pilihan yang memiliki layar selebar 15”, ASUS ROG Zephyrus G15. Simak selengkapnya mengenai performa laptop ini pada ASUS ROG Zephyrus G14: Pengujian Laptop Gaming 14” 8 Core Pertama di Dunia, Libas Game Hingga 111FPS!

 

ASUS TUF FX506

ASUS TUF FX506

Kemudian ASUS TUF juga kembali hadir di Indonesia untuk memenuhi pasar laptop kuat gaming menengah. Hadir dengan 4 varian, namun hanya ada 2 pilihan prosesor, yakni yang ditenagai AMD Ryzen™ 5 4600H dan Ryzen™ 7 4800H. Sama-sama sudah dibekali dengan teknologi 7nm, tentunya dapat memberikan performa yang lebih tinggi, namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Tak lupa dukungan RAM sebesar 8GB DDR4, dan dukungan media penyimpanan yang sudah SSD, ASUS TUF FX506 juga sudah dilengkapi dengan layar IPS FHD selebar 15.6” serta 144Hz refresh rate. Simak selengkapnya kemampuan dari laptop ini pada artikel ASUS TUF Gaming FX506: Laptop Gaming Mid-End Dengan Performa High-End yang Hasilkan 80FPS Pada Far Cry 5 di Settingan Tertinggi!

 

HP OMEN 15

HP OMEN 15

Bertenaga prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H, laptop untuk game berat besutan Hewlett-Packard (HP) ini sangat patut untuk dilirik. Bagaimana tidak? Juga sudah dilengkapi dengan kapasitas RAM dual-channel sebesar 16GB, serta media penyimpanan yang sudah menggunakan SSD NVMe M.2 sebesar 512GB, tak perlu khawatir lagi untuk menyimpan data game yang besar sekalipun. Tidak lupa dukungan layar IPS selebar 15.6” dengan refresh rate sebesar 144Hz, pastinya dapat memuaskan visual dari penggunanya. Untuk tampilannya, HP OMEN 15 ini memiliki desain yang simpel, namun terlihat kokoh. Menarik sekali bukan?

 

HP Pavilion Gaming 15

HP Pavilion Gaming 15

Masih hasil kerja sama antara AMD dengan HP, laptop untuk game berat yang satu ini memiliki harga yang lebih terjangkau. Ditenagai hingga prosesor AMD Ryzen™ 7 4800H yang mempunyai performa gaming hingga 39% lebih tinggi dibandingkan prosesor kompetitor sekelas, juga sudah dilengkapi dengan RAM sebesar 8GB yang memiliki kecepatan 3200MHz. Tidak lupa dukungan PCIe NVMe M.2 SSD sebesar 512GB guna mempercepat proses pembacaan data. Layar yang disematkan juga sudah Full HD IPS selebar 15.6” dengan refresh rate sebesar 144Hz. pastinya menggunakan laptop ini, segala aktivitasmu dari content creation, editing, hingga gaming, semua dapat dilakukan dengan lancar.

 

Lenovo Legion 5

Lenovo Legion 5

Dari Lenovo juga menghadirkan laptop gaming bertenaga AMD Ryzen™ 4000 H-Series terbaru, Lenovo Legion 5. Hadir dalam 3 varian, namun hanya ada 2 pilihan prosesor, yakni bertenaga AMD Ryzen™ 5 4600H, dan Ryzen™ 7 4800H. Menariknya, laptop ini sudah dibekali dengan kapasitas RAM dual-channel sebesar 16GB DDR4 3200MHz. Media penyimpanan yang disematkan juga sudah M.2 NVMe PCIe SSD sebesar 512GB. Untuk layar, sudah dihadirkan menggunakan layar IPS FHD selebar 15.6” dan refresh rate hingga 144Hz. Bukan hanya performa jeroannya, laptop ini juga dibekali dengan segudang fitur khas Lenovo untuk menunjang pengalaman gaming yang maksimal. Simak selengkapnya mengenai laptop untuk game berat satu ini pada artikel Lenovo Legion 5: Laptop Gaming Dengan Prosesor Pertama 7nm Wujudkan Performa Idaman Para Gamer.

 

MSI Bravo 15

MSI Bravo 15

Kemudian ada laptop penerus dari seri MSI Alpha, yakni MSI Bravo 15. Laptop untuk game berat ini juga menjadi laptop pertama di dunia bertenaga prosesor hingga Ryzen™ 7 4800H dan kartu grafis Radeon™ RX 5500M, yang keduanya sudah mengenyam teknologi 7nm. Ditambah lagi dengan segudang fitur dari Radeon™ yang dapat mendongkrak performa dalam bermain game, pastinya sangat meningkatkan pengalaman bermain dari penggunanya. Tak lupa dukungan RAM sebesar 8GB yang dapat di-upgrade hingga 64GB, tentunya multitasking to the max banget. Media penyimpanan yang sudah menggunakan SSD PCIe NVMe semakin melancarkan produktivitas. Penampilan, keyboard backlit single-color berwarna merah telah disematkan untuk menambah suasana gaming. Simak selengkapnya mengenai laptop ini pada artikel MSI Bravo 15: Laptop Gaming Pertama Dengan CPU dan GPU Berteknologi 7nm!

 

Kesimpulan

Kesimpulan Laptop Untuk Game Berat

Berbagai macam laptop untuk game berat hadir di Indonesia dengan ditenagai oleh prosesor Ryzen™ 4000 H-Series, maupun Ryzen™ 4000 HS-Series. Tidak hanya prosesor, ada pula yang sudah ditenagai dengan kartu grafis Radeon™ RX 5500M. Baik prosesor maupun kartu grafis besutan AMD ini, sama-sama sudah mengenyam fabrikasi 7nm, yang tentunya dapat memberikan performa yang lebih tinggi, namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan generasi sebelumnya. Rekomendasi laptop kuat gaming di Indonesia hadir untuk menjawab kebingungan calon pengguna dalam memilih laptop yang mumpuni.

Dalam memainkan berbagai game berat dengan resolusi 1080p, rekomendasi laptop untuk game berati ini sangat mumpuni dalam memberikan bukan hanya frame rate yang tinggi, namun juga kualitas grafis yang memukau. Tidak hanya didukung dengan prosesor maupun kartu grafis berperforma tinggi serta berteknologi 7nm, laptop untuk game berat ini juga didukung dengan kapasitas RAM yang besar dan berkecepatan tinggi, hingga 3200MHz. Tidak lupa media penyimpanan yang sudah menggunakan SSD, tentunya pembacaan data dalam bermain game menjadi lebih cepat.

Jadi pengen laptop Gaming? Tapi budget terbatas? Ini Dia Laptop 4 Juta-an yang Bisa Buat Main Game!

 

Dapatkan segera laptop untuk game berat yang direkomendasikan di atas melalui tombol di bawah ini:

BliBli

shopee button

tokopedia button

2 comments

Leave a Reply