Spesifikasi AMD Ryzen 3000XT Series

Ryzen 3000XT Series: Suguhkan Performa Lancar Dengan Clockspeed Lebih Kencang!

AMD Ryzen 3000XT Series

Juli 2019, merupakan waktu dimana AMD menggencarkan dunia komputasi kategori PC Desktop dengan meluncurkan prosesor pertama di dunia yang mengenyam teknologi fabrikasi 7nm. AMD Ryzen™ 3000 Series, disambut dengan sangat meriah oleh para gamer maupun PC Enthusiast karena performanya yang sangat tinggi untuk gaming maupun content creation. Namun, AMD seakan terus ingin memberikan yang lebih lagi bagi para pengguna setianya. Kali ini, AMD menancapkan kukunya lebih dalam lagi dengan peluncuran Ryzen™ 3000XT Series. Menghadirkan berbagai keunggulan khas Ryzen™ 3000 Series dengan clockspeed yang lebih tinggi, sehingga dapat menghadirkan performa yang lebih menawan.

Ryzen™ 3000XT Series hadir dalam berbagai varian, yaitu Ryzen™ 5 3600XT, Ryzen™ 7 3800XT, dan Ryzen™ 9 3900XT. Penggunaan arsitektur “Zen 2” berfabrikasi 7nm yang telah disempurnakan membuat Ryzen™ 3000XT Series mampu mencapai boost clock hingga 4.7 GHz! Namun, Anda tidak perlu cemas. Karena prosesor AMD Ryzen™ 3000XT Series ini masih menggunakan socket AM4 untuk memudahkan pengguna dalam melakukan upgrade, serta dukungan PCIe 4.0 guna memberikan responsivitas yang tinggi.

 

Spesifikasi AMD Ryzen™ 3000XT Series

Spesifikasi AMD Ryzen 3000XT Series

Ryzen™ 3000XT Series hadir dalam 3 varian mulai dari Ryzen™ 5, hingga Ryzen™ 9. Memiliki clockspeed lebih tinggi dibandingkan sebelumnya, pastinya performa yang dihasilkan juga lebih tinggi lagi. Menariknya, AMD Ryzen™ 3000XT Series ini juga sudah mengenyam teknologi “Zen 2” berfabrikasi 7nm. Hal ini menandakan bahwa prosesor ini memiliki performa yang lebih tinggi, namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah.

Bahkan, prosesor ini sangat patut untuk dilirik para pengguna AMD lainnya. Karena juga masih menggunakan socket AM4, sehingga tidak perlu mengganti motherboard apabila ingin menggunakan prosesor satu ini. Dan juga, pengguna Ryzen™ 3000 Series tidak perlu melakukan update BIOS untuk mengganti menggunakan prosesor satu ini.

 

Performa AMD Ryzen™ 3000XT Series

Penasaran bagaimana dengan performa dari prosesor AMD Ryzen™ 3000XT Series ini? Berikut adalah hasil pengujian aplikasi benchmark serta pengujian gaming yang telah dilakukan oleh TechSpot. Aplikasi benchmark tersebut meliputi Cinebench R20, V-Ray Benchmark, Adobe After Effects 2020, dan System Power Consumption.

Cinebench R20

Cinebench R20 merupakan software benchmark yang digunakan untuk menguji performa rendering dari prosesor pada skenario Single-Core maupun Multi-Core.

Cinebench R20 Single Core

Terlihat pada pengujian Cinebench R20 pada skenario Single-Core, performa dari prosesor AMD Ryzen™ 5 3600XT saja sudah dapat mengungguli prosesor kelas atas milik kompetitor yang bahkan juga memiliki harga lebih mahal.

Cinebench R20 Multi Core

Sedangkan pada skenario Multi-Core, performa dari Ryzen™ 3000XT Series ini tidak perlu diragukan lagi. Salah satunya dari AMD Ryzen™ 9 3900XT yang mampu mengungguli hingga lebih dari 800 skor dibandingkan prosesor sekelas milik kompetitor.

 

V-Ray Benchmark

VRay Benchmark

V-Ray Benchmark merupakah aplikasi benchmark untuk mengukur kemampuan prosesor dalam melakukan rendering. Hasilnya, prosesor AMD Ryzen™ 9 3900XT memiliki performa lebih tinggi dibandingkan dengan kompetitor sekelas. Bahkan, AMD Ryzen™ 5 3600XT juga memiliki performa yang lebih tinggi apabila dibandingkan dengan prosesor kompetitor sekelas.

 

Adobe After Effects 2020

Adobe After Effects 2020

Adobe After Effects 2020 merupakan aplikasi editing advanced yang biasa digunakan untuk membuat suatu efek tertentu dalam video. Menggunakan prosesor AMD Ryzen™ 3000XT Series, melakukan editing pada resolusi 4K mempunya performa yang lebih tinggi bahkan dibandingkan kompetitor.

 

Power Consumption Blender

System Power Consumption Blender

TechSpot juga sempat menguji konsumsi daya yang dibutuhkan pada saat melakukan rendering. Hasilnya, terlihat prosesor AMD Ryzen™ 3000XT Series mengonsumsi daya yang lebih sedikit dibandingkan prosesor kompetitor. Terutama pada AMD Ryzen™ 9 3900XT dibandingkan dengan kompetitor sekelas, perbedaan mencapai 50 Watt! Sangat hemat daya bukan?

 

Pengujian Gaming

Selain aplikasi benchmark, adapula pengujian gaming yang sudah dilakukan oleh TechSpot. Game yang diuji ada Battlefield V dan Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint. Menariknya lagi, semua pengujian ini dilakukan pada resolusi 1080p dan pengaturan grafis Ultra Quality.

Battlefield V

Battlefield V

Ryzen™ 9 3900XT | 1080p, Ultra Quality ~157 FPS

Battlefield V, game berlatar belakang perang dunia ini membutuhkan performa prosesor maupun kartu grafis yang mumpuni, dikarenakan grafis yang dihasilkan terbilang memukau dengan efek peperangan terasa nyata. Hasilnya, prosesor AMD Ryzen™ 9 3900XT dapat menjalankan game ini dengan mudah hingga 157FPS pada kualitas grafis Ultra! Serta resolusi 1080p. Hebat banget kan?

 

Tom Clancy’s Ghost Recon Breakpoint

Tom Clancy's Ghost Recon Breakpoint

Ryzen™ 9 3900XT | 1080p, Ultra Quality ~131 FPS

Game franchise dari Tom Clancy’s ini menghadirkan kualitas grafis dan kebutuhan render yang cukup menuntut. Tentunya, untuk menjalankan game ini dengan lancar, diperlukan performa prosesor yang mumpuni. AMD Ryzen™ 9 3900XT, dapat menjalankan game ini hingga 131FPS dengan mudahnya pada pengaturan grafis Ultra dan resolusi 1080p.

 

Kesimpulan

Kesimpulan Ryzen 3000XT Series

AMD lanjut meluncurkan prosesor seri terbaru mereka, AMD Ryzen™ 3000XT Series. Memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan Ryzen™ 3000 Series, hal ini berkat peningkatan clockspeed yang diberikan, namun dengan TDP yang sama. Masih mengenyam fabrikasi 7nm, AMD Ryzen™ 3000XT series memiliki performa yang lebih tinggi dibandingkan kompetitor sekelas, terbukti dari pengujian yang dilakukan.

Yang juga merupakan lanjutan dari AMD Ryzen™ 3000 Series, prosesor AMD Ryzen™ 3000XT Series sangat cocok untuk para gamer, content creator, hingga PC enthusiast sekalipun yang membutuhkan performa lebih lagi. Tentunya, dengan prosesor berfabrikasi 7nm ini, segala kegiatan komputasi mulai dari editing, gaming, rendering, hingga komputasi berat lainnya, dapat dilakukan.

Leave a Reply