fbpx

AMD Radeon RX 6800 XT: Performa Unggulan dengan Fitur Menawan Untuk Gaming Kualitas Tinggi

Intro Radeon RX 6800 XT

Pada 18 November 2020 lalu, merupakan saat yang dapat dikatakan bersejarah bagi dunia teknologi khususnya sektor PC. Hal itu dikarenakan AMD, sebagai perusahaan teknologi, meluncurkan kartu grafis seri terbarunya yang sudah mengenyam teknologi RDNA 2. AMD Radeon™ RX 6800 XT, sudah hadir dengan memori VRAM sebesar 16GB, tentunya mampu memberikan kualitas grafis yang memukau pada game berat sekalipun.

Tentunya, AMD Radeon™ RX 6800 XT berkat teknologi RDNA 2, diklaim memiliki performance-per-watt yang lebih baik hingga 54% dibandingkan generasi sebelumnya. Dengan berbagai fitur pendukung gaming yang lebih mantap seperti variable rate shading, mesh shader, sampler feedback, hingga real-time raytracing, tentu saja mampu memberikan pengalaman gaming yang lebih maksimal lagi. Selengkapnya mengenai AMD Radeon™ RX 6000 Series, simak pada AMD Radeon RX 6000 Series: Teknologi RDNA 2 Hadirkan Performa Gaming Teratas!

 

Spesifikasi

Spesifikasi Radeon RX 6800 XT

Sudah dilengkapi dengan memori VRAM GDDR6 sebesar 16GB, AMD Radeon™ RX 6800 XT pastinya mampu memberikan kualitas grafis yang lebih memukau serta detail. Selain itu, juga dibangun menggunakan teknologi arsitektur RDNA 2 dan memiliki 72 compute units, kartu grafis ini mampu memberikan performa tinggi dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Untuk TDP-nya sendiri, kartu grafis yang memiliki kecepatan memori hingga 16 Gbps ini memiliki TDP sekitar 300W.

Penasaran bagaimana performa tinggi dari kartu grafis Radeon™ RX 6800 XT ini? Berikut adalah hasil pengujian sintetis maupun gaming yang dilakukan oleh JagatReview.

 

Pengujian Sintetis

3Dmark Fire Strike Ultra

3Dmark Fire Strike Ultra merupakan software benchmark yang umum digunakan untuk mengukur kemampuan dari kartu grafis. Software ini juga lazim digunakan untuk mengukur penggunaan serta efisiensi daya yang dibutuhkan.

3DMark FireStrike Ultra

Hasilnya, dengan menggunakan pengaturan resolusi 4K pada pengujian menggunakan API DirectX 11, kartu grafis AMD Radeon™ RX 6800 XT terlihat mampu menyaingi performa dari kartu grafis milik kompetitor sekelas. Hal ini tentunya berkat teknologi arsitektur RDNA 2 yang ditanamkan mampu memberikan performa unggul untuk rendering grafik pada saat gaming kualitas tinggi.

Power Consumption 3D Load

Untuk penggunaan dayanya sendiri, AMD Radeon™ RX 6800 XT memiliki konsumsi daya yang lebih rendah / lebih hemat dibandingkan dengan kartu grafis kompetitor sekelas. Bahkan perbedaannya mencapai 30W.

Power Efficiency 3D Mark FireStrike

Kemudian, untuk efisiensi daya dari AMD Radeon™ RX 6800 XT juga terlihat lebih baik dibandingkan kartu grafis kompetitor sekelas. Ini membuktikan teknologi RDNA 2 yang ditanamkan mampu memberikan performa yang sangat optimal dengan konsumsi daya yang rendah.

 

Pengujian Gaming

JagatReview juga melakukan pengujian gaming menggunakan kartu grafis AMD Radeon™ RX 6800 XT. Game yang diuji merupakan Assassin’s Creed Odyssey, Grid 2019, serta The Witcher 3. Semua pengujian dilakukan pada resolusi 4K.

Assassin's Creed Odyssey Game Test

Yang pertama adalah game Assassin’s Creed Odyssey. Game dengan latar belakang perang Romania ini tentunya memiliki detail grafik yang cukup menuntut, apalagi jika dijalankan pada resolusi 4K serta pengaturan grafis High. Pada pengujiannya, AMD Radeon™ RX 6800 XT mampu mendapatkan FPS hingga 84 FPS, berada tepat di atas kartu grafis sekelas milik kompetitor.

Grid 2019 Game Test

Grid 2019, game balapan ini memiliki detail graphics yang cukup menuntut. Pasalnya, sampai kotoran debu yang menempel pada mobil juga terlihat seperti nyata sesuai kondisi lapangan permainan. Namun, pada pengaturan Ultra High di resolusi 4K, kartu grafis AMD Radeon™ RX 6800 XT mampu melibas game ini hingga 128 FPS. Jauh mengalahkan kartu grafis kompetitor sekelas hingga 15 FPS.

The Witcher 3 Game Test

Yang terakhir adalah The Witcher 3. Game Action Role-Playing Game ini memiliki grafis yang menawan karena aksi serunya. Dengan menggunakan kartu grafis AMD Radeon™ RX 6800 XT, game ini juga mampu dilibas hingga 107 FPS pada pengaturan grafis Ultra di resolusi 4K. Sangat hebat bukan?

 

Kesimpulan

Kesimpulan Radeon RX 6800 XT

AMD Radeon™ RX 6800 XT, kartu grafis terbaru dari AMD yang juga berada di jajaran Radeon™ RX 6000 Series ini memiliki keunggulan yang sangat banyak untuk para gamer maupun PC Enthusiast. Mulai dari teknologi RDNA 2 yang diembannya, hingga beragam fitur gaming maupun memori VRAM yang besar. Belum lagi fitur Smart Access Memory yang ditanamkan, menjadikan kartu grafis ini dapat memberikan performa yang lebih lagi apabila dipadukan bersama prosesor AMD Ryzen™ 5000 Series. Hal ini tidak bisa Anda dapatkan pada produk kompetitor sekalipun.

Sangat cocok bagi Anda para gamer garis keras yang mendambakan kualitas grafis tinggi di resolusi 4K, tentunya dapat terpuaskan untuk bermain game kesayangan dengan mata yang juga termanjakan. Memiliki efisiensi daya yang lebih baik dibandingkan kompetitor, serta harga yang relatif lebih terjangkau dibanding kompetitor, menjadikan kartu grafis AMD Radeon™ RX 6800 XT ini memiliki daya tarik tersendiri yang patut untuk dimiliki oleh para gamer yang menginginkan kualitas terbaik dalam setiap permainan. Simak spesifikasi selengkapnya terkait AMD Radeon™ RX 6800 XT pada halaman berikut.

Latest articles

Related articles

Leave a Reply