fbpx

AMD Radeon RX 6900 XT: Maksimalkan Kebutuhan Gaming 4K Serta Kreasi Kontenmu!

Intro Radeon RX 6900 XT

Pada akhir 2020 lalu, AMD meluncurkan seri kartu grafis terbaru yang juga sudah menggunakan teknologi arsitektur terbaru RDNA 2, AMD Radeon™ RX 6000 Series. Peluncuran seri kartu grafis ini menjadi sebuah langkah lanjutan bagi AMD untuk semakin memuaskan penggunanya dalam bermain game pada resolusi 4K dengan kualitas tertinggi. Varian kartu grafis tertinggi dari seri ini, AMD Radeon™ RX 6900 XT, tentunya dipercaya mampu memberikan performa tinggi nan-lancar dalam melibas segala game berat pada resolusi 4K sekalipun, tak lupa juga untuk kebutuhan kreasi konten.

Baca juga: AMD Radeon RX 6000 Series: Teknologi RDNA 2 Hadirkan Performa Gaming Teratas!

Sudah mengusung teknologi RDNA 2 dan juga berfabrikasi 7nm, kartu grafis AMD Radeon™ RX 6900 XT pastinya mampu memberikan performa yang lebih lagi, namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan generasi terdahulunya. Penasaran bagaimana dengan spesifikasi lengkap dari kartu grafis terkuat dari AMD satu ini? Simak pembahasan selengkapnya di artikel berikut.

 

Spesifikasi

Spesifikasi Radeon RX 6900 XT

Berteknologi RDNA 2, AMD Radeon™ RX 6900 XT dapat dikatakan merupakan kartu grafis terkuat dari AMD saat ini. Dilengkapi dengan 80 compute units dan sudah mengenyam fabrikasi 7nm, serta dilengkapi VRAM GDDR6 sebesar 16GB tentunya mampu memberikan performa gaming 4K yang luar biasa. Menariknya, kartu grafis High-End satu ini memiliki TDP yang sama seperti kartu grafis di bawahnya, yakni sekitar 300W saja.

 

Pengujian Benchmark

Walaupun begitu, bagaimana dengan performanya? Kali ini ada hasil pengujian benchmark yang telah dilakukan oleh JagatReview.

3DMark

3DMark merupakan aplikasi benchmark yang umum digunakan untuk mengetahui performa dari suatu kartu grafis.

Pengujian 3DMark FireStrike Ultra

Pada scene Fire Strike Ultra yang dijalankan dengan menggunakan DX11 pada resolusi 4K, AMD Radeon™ RX 6900 XT terlihat mampu melampaui performa dari kartu grafis sekelas. Hal ini tentunya berkat teknologi RDNA 2 yang ditanamkan.

Pengujian 3DMark FireStrike Ultra Load Power Consumption

Bahkan, pada saat dilakukan pengujian tersebut, konsumsi daya yang dibutuhkan oleh kartu grafis AMD Radeon™ RX 6900 XT lebih sedikit daripada kartu grafis milik kompetitor. Membuktikan bahwa walaupun performa yang dihasilkan lebih tinggi, namun kartu grafis ini tetap hemat daya.

Pengujian Power Efficiency 3DMark Fire Strike Ultra

Soal efisiensi dayapun tidak perlu diragukan lagi. AMD Radeon™ RX 6900 XT memiliki efisiensi daya yang lebih tinggi dibandingkan dengan kartu grafis milik kompetitor. Hal ini lagi-lagi tentunya berkat teknologi RDNA 2 serta fabrikasi 7nm yang ditanamkan. Sehingga kartu grafis ini memiliki performa yang lebih tinggi, serta konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan pendahulunya.

 

Blender Cycles

Selain itu, ada juga pengujian yang dilakukan oleh AMD terhadap kartu grafis berfabrikasi 7nm ini. Blender Cycles merupakan aplikasi benchmark yang lazim digunakan untuk mengukur performa kartu grafis dalam mengolah 3D Rendering.

Blender Cycles

Dibandingkan dengan kartu grafis pendahulunya, AMD Radeon™ VII, kartu grafis kekinian AMD Radeon™ RX 6900 XT memiliki performa 3D Rendering yang lebih mumpuni hingga 2.7x lebih cepat pada scene Pavilion. Pada scene Classroom juga terlihat lebih tinggi hingga 2.1x.

AMD Radeon ProRender

AMD Radeon™ RX 6900 XT juga hadir dengan fitur AMD Radeon™ ProRender 2.0. Fitur ini dapat meningkatkan lagi performa kartu grafis dalam melakukan rendering. Terbukti dengan menyalakan fitur tersebut, kemampuan rendering dari kartu grafis AMD Radeon™ RX 6900 XT ini meningkat drastis. Pada Scene Classroom dapat meningkat mencapai 2.8x lebih tinggi, serta pada scene Car Demo dapat meningkat hingga 2.1x lebih tinggi lagi. Menjadikan kartu grafis ini juga sangat mumpuni untuk dipakai oleh para Content Creator.

 

Pengujian Game

Selain pengujian benchmark, JagatReview juga melakukan pengujian gaming menggunakan kartu grafis terkuat dari AMD serta menyalakan fitur SAM (Smart Access Memory).

AMD Smart Access Memory

Terlihat pada pengujian yang dilakukan dengan mengkombinasikan kartu grafis AMD Radeon™ RX 6900 XT bersama dengan prosesor AMD Ryzen™ 9 5950X, performa yang diberikan dapat jauh lebih tinggi lagi pada saat menyalakan fitur Smart Access Memory. Peningkatan yang paling signifikan terlihat pada game Forza Horizon 4 yang meningkat hingga 20 FPS pada saat menggunakan fitur SAM.

 

 

Kesimpulan

Kesimpulan Radeon RX 6900 XT

AMD Radeon™ RX 6900 XT, kartu grafis seri tertinggi dari AMD satu ini tentu menyita perhatian para PC gamer maupun PC enthusiast. Hal ini disebabkan oleh teknologi arsitektur RDNA 2 serta fabrikasi 7nm yang dibawakannya. Menjadikan kartu grafis satu ini memiliki performa yang lebih tinggi lagi, namun dengan konsumsi daya yang lebih rendah dibandingkan dengan pendahulunya. Belum lagi fitur Smart Access Memory yang memungkinkan kartu grafis ini mendongkrak performa lebih tinggi lagi apabila dipadukan dengan prosesor AMD Ryzen™ 5000 Series, tentunya performanya tidak dapat dianggap remeh.

Terbukti dari pengujian-pengujian yang dilakukan, performa dari kartu grafis AMD Radeon™ RX 6900 XT mampu mengalahkan kartu grafis milik kompetitor sekelas yang bahkan mempunyai harga jauh lebih mahal. Tentunya, dengan menggunakan kartu grafis AMD Radeon™ RX 6900 XT, pengguna bisa mendapatkan kenyamanan bermain game pada resolusi 4K pada pengaturan grafis tinggi sekalipun. Tidak hanya itu, bahkan untuk berkreasi editing maupun rendering, kartu grafis berteknologi arsitektur RDNA 2 ini juga dapat memenuhi segala kebutuhan tersebut. Simak spesifikasi selengkapnya terkait AMD Radeon™ RX 6900 XT pada halaman berikut.

Latest articles

Related articles

4 Comments

Leave a Reply