fbpx

ASUS ROG Flow X13: 2-in-1 Convertible Gaming Ultrathin dengan AMD Ryzen™ 5000 H-Series. Tipis, Ringan, dan Bertenaga!

Intro ASUS ROG Flow X13

Kebutuhan akan laptop ringan namun bertenaga semakin diminati di era modern nan sibuk seperti sekarang ini. Sejumlah produsen pun berlomba-lomba meracik kombinasi komponen dan menciptakan desain ergonomis untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Maka dari itu, AMD dan ASUS menghadirkan ASUS ROG Flow X13 GV301 sebagai alternatif dari permasalahan tersebut.

ASUS ROG Flow X13 GV301 memiliki desain convertible 2-in-1 yang membuatnya dapat digunakan sebagai tablet maupun sebagai laptop. Layar yang dapat diputar ke belakang 360° dengan teknologi layar sentuh sangat cocok untuk digunakan sebagai media kreatif seperti kreasi konten gambar maupun model 3D. Ditenagai oleh prosesor terkencang untuk laptop gaming portabel yaitu AMD Ryzen™ 5000 H-Series dengan inti pemroses hingga 8 core dan 16 thread menjadikan laptop ini memiliki performa prima dengan konsumsi daya maupun baterai yang tetap minim.

Mengenai spesifikasi yang diusungnya, ASUS ROG Flow X13 GV301 dilengkapi dengan RAM LPDDR4X sebesar 32 GB, serta media penyimpanan SSD 1 TB M.2 NVMe. ASUS juga melengkapi laptop ini dengan layar monitor sentuh dengan resolusi WQUXGA (3840 x 2400). Layar yang disematkan juga bisa ditekuk hingga 360°, sehingga memudahkan pengguna untuk membawa laptop ini pergi kemanapun dan kapanpun.

 

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus Duo 15 SE GX551: Laptop Gaming Generasi Terbaru Berteknologi Zen 3

 

Spesifikasi ASUS ROG Flow X13 GV301

Spesifikasi ASUS ROG Flow X13 GV301

 

Prosesor Terkencang untuk Laptop Gaming Ultrathin

Prosesor Terkencang untuk Laptop Gaming Ultrathin

ASUS ROG Flow X13 GV301 dipersenjatai dengan prosesor paling efisien untuk laptop gaming tipis yaitu Prosesor AMD Ryzen™ 5000 HS-Series. Prosesor ini memiliki arsitektur Zen 3 yang memungkinkan berbagai aplikasi dari gaming hingga kreasi konten berjalan lebih cepat. Selain dari sisi arsitektur, prosesor ini juga dibuat dengan fabrikasi 7 nm yang hemat daya sehingga memungkinkan desain laptop yang irit baterai.

Laptop besutan ASUS ini dikonfigurasi dengan prosesor hingga AMD Ryzen™ 9 5980HS yang memiliki 8 core 16 thread dan clock hingga 4.8 GHz. Spesifikasi tersebut akan menambah kelancaran multi-tasking maupun gaming dengan batasan TDP hanya 35W. TDP rendah tersebut menjadikan prosesor ini bisa diaplikasikan dengan mudah ke laptop tipis berkat pengeluaran panas yang rendah dibanding prosesor kompetitor di kelas yang sama.

 

Baca juga: AMD Ryzen™ 5000 Series Mobile Processors: Prosesor Terbaik dengan Efisiensi Daya Luar Biasa

 

Desain Layar Ergonomis untuk Berbagai Situasi Penggunaan

Desain Layar Ergonomis untuk Berbagai Situasi Penggunaan

Layar touch screen yang dapat ditekuk hingga belakang membuat laptop ini bisa dikonfigurasi menjadi berbagai mode. Laptop ini dapat digunakan sebagai laptop pada umumnya yang enak untuk mengetik dan gaming maupun digunakan sebagai tablet yang enak untuk menggambar dan desain. Kenyamanan penggunaan tentunya bukan cuma dari sisi engsel, namun juga kualitas layar. ASUS ROG Flow X13 GV301 menjembatani hal tersebut dengan resolusi layar yang tidak main-main yaitu 3840×2400. Dari sisi spesifikasi panel layar, laptop gaming ultrathin satu ini sudah dilengkapi dengan lapisan Corning Gorilla Glass untuk perlindungan terhadap goresan benda luar. Ditambah lagi dengan dukungan Fast Charging melalui USB Type-C yang memungkinkan pengisian daya baterai hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit saja. Tentu menjadikan laptop gaming satu ini sangat nyaman untuk dibawa berpergian kemanapun dan kapanpun.

 

Dilengkapi dengan RAM Kencang dan Ruang Penyimpanan Luas

Dilengkapi dengan RAM Kencang dan Ruang Penyimpanan Luas

ASUS ROG kali ini tidak main-main dengan menyematkan RAM LPDDR4X berkecepatan tinggi hingga 4266 MHz sebesar 32 GB. RAM LPDDR4X merupakan standar terbaru yang lebih kencang dibandingkan dengan RAM DDR4 biasa yang maksimal hingga 3200 MHz saja. Kapasitas memori hingga 32 GB juga membantu laptop ini untuk bisa menjalankan segala jenis program dengan lancar tanpa kendala. Tidak hanya RAM kencang, ASUS ROG Flow X13 GV301 ini juga dilengkapi dengan SSD M.2 NVMe hingga 1 TB sehingga pengguna tidak perlu risau akan kehabisan ruang penyimpanan.

 

Pendinginan Canggih dengan Liquid Metal untuk Performa Maksimal

Pendinginan Canggih dengan Liquid Metal untuk Performa Maksimal

ASUS menggunakan thermal compound liquid metal untuk perantara penghantar panas antara chip prosesor dan grafis ke material pendingin. Liquid metal ini bekerja dengan jauh lebih efisien bila dibandingkan dengan thermal compound berbasis silikon yang ada pada laptop pada umumnya. Selain itu ASUS mengklaim sistem ASUS ROG Flow X13 GV301 ini mampu membersihkan dirinya sendiri dengan teknologi Self-Cleaning Cooling 2.0 sehingga pengguna tidak perlu takut akan debu yang menumpuk dan mengurangi efektivitas pembuangan panas dari laptop.

 

Baca juga: ASUS ZenBook 14 UM425IA: Laptop Ultrathin Eksotis Berperforma Kelas Atas, dengan Fitur Premium

 

Kesimpulan

Kesimpulan ASUS ROG Flow X13

ASUS ROG Flow X13 GV301 adalah laptop dengan desain futuristik berdimensi ramping dan ringan namun tetap siap untuk digunakan gaming berat saat dibutuhkan. Prosesor AMD Ryzen™ 5000 HS-Series hingga 8 Core dan 16 Thread yang tersemat di dalamnya memungkinkan laptop ini untuk bekerja secara kencang namun tetap dingin dan hemat daya berkat fabrikasi 7 nm. Spesifikasi pelengkap yaitu RAM LPDDR4X hingga 32 GB dan SSD M.2 NVMe hingga 1 TB memungkinkan seluruh aplikasi baik pembuatan konten hingga game terbaru berjalan lancar tanpa kendala.

Fitur-fitur kekinian yang unik seperti layar yang bisa ditekuk untuk dijadikan tablet, layar sentuh, pendinginan menggunakan liquid metal, dan kecepatan pengisian baterai hingga 50% hanya dalam 30 menit menjadi nilai lebih laptop ini dibanding laptop gaming lainnya.

 

Alasan untuk Membeli ASUS ROG Flow X13 GV301

  1. Bertenaga hingga prosesor AMD Ryzen™ 9 5980HS yang memiliki konfigurasi 8 Core 16 Thread berteknologi 7nm.
  2. Layar ergonomis dengan resolusi tinggi yang juga sudah didukung fitur touchscreen.
  3. Spesifikasi pendinginan menggunakan liquid metal yang menjaga suhu laptop tetap stabil serta dukungan Self-Cleaning untuk menjaga efisiensi suhu yang dibuang.
  4. Pengisian baterai kencang hingga 100W memungkinkan pengisian baterai 50% dalam 30 menit sehingga laptop ini siap untuk dibawa-bawa tanpa takut kehabisan baterai di manapun dan kapanpun

 

Pengguna yang Cocok dengan ASUS ROG Flow X13 GV301

  1. Gamer dengan mobilitas tinggi yang membutuhkan laptop yang mudah dibawa namun tetap kencang saat dibutuhkan.
  2. Kreator konten yang membutuhkan layar ergonomis dengan layar sentuh dan membutuhkan spesifikasi mumpuni.

Latest articles

Related articles

2 Comments

  1. mimin mau nanya dong laptop saya AMD A-9 9425 Radeon R5, RAM 4GB, VRAM 2GB, tapi yang terbaca hanya 80mb, jika saya nambah ram 4+8GB=12GB akan bertambah jadi berapa min VRAMnya?

    • Hi Kak, menambah RAM tidak meningkatkan jumlah VRAM, karena kapasitas VRAM sudah diatur secara otomatis oleh sistem menyesuaikan dengan aplikasi atau game yang sedang dijalankan dengan maksimal VRAM yang dapat di shared hingga 2GB

Leave a reply

Please enter your comment!
Please enter your name here